F9 (2021), Hanya Tontonan untuk Hiburan, Jangan Mengharapkan Tontonan Sekelas Film Festival

"F9" adalah seri terbaru dari waralaba "Fast & Furious" yang akan memperlihatkan konflik Dom dengan adiknya, Jacob.
F9 (2021), Hanya Tontonan untuk Hiburan, Jangan Mengharapkan Tontonan Sekelas Film Festival.jpg

Dengan dirilisnya "F9", maka franchise "Fast & Furious" sudah genap berusia 20 tahun. Meskipun banyak orang mulai protes karena jalan cerita yang mulai kemana-mana, tapi nyatanya setiap seri "Fast & Furious" selalu meraih kesuksesan di box office, tak terkecuali "F9" ini. "F9" sampai saat tulisan ini dibuat berhasil mengumpulkan pendapatan sebanyak $662 juta dari seluruh dunia.

"F9" disutradarai oleh Justin Lin, dimana ia adalah sutradara "Fast & Furious 6". Dibagian departemen penulisan ada Justin Lin, Daniel Casey, dan Alfredo Botello. Film dengan durasi terpanjang diantara film-film "Fast & Furious" lainnya ini dirilis di Amerika Serikat pada 25 Juni 2021 sementara di Indonesia pada 16 juni 2021. Sayangnya film yang didistribusikan oleh Universal Pictures ini walaupun berhasil secara komersial namun tidak secara penilaian. Film ini hanya mendapatkan rating 5,2/10 dari sekitar 65 ribu ulasan di IMDb. Sementara di Rotten Tomatoes juga mendapatkan tomat busuk dengan rating yang hanya 59% dari 294 review.

Untuk jajaran cast-nya ada Vin Diesel, John Cena, Michelle Rodriguez, Tyrese Gibson, Chris "Ludacris" Bridges, Nathalie Emmanuel, Jordana Brewster, Sung Kang, Michael Rooker, Helen Mirren, Kurt Russell, dan Charlize Theron.

Sinopsis: Dom (Vin Diesel) yang diawal mencoba menjalani hidup normal kembali harus bergabung dengan tim lamanya dengan misi menghentikan aksi teroris mengambil teknologi untuk menguasai dunia. Misinya kali ini membawa Dom berhadapan dengan saudaranya yang tidak pernah disebutkan sebelumnya.

Cerita franchise "Fast and Furious" memang harus diakui mulai kemana-mana dan mulai gila. Tapi, itukan yang selalu disajikan film ini, sebuah kegilaan yang luar biasa. Di "F9" ceritanya makin tidak karuan, muncul karakter baru yang terkesan dipaksakan, pun begitu kemunculan karakter lama yang dalam ceritanya sudah mati membuat franchise ini seperti sudah kehilangan arah.

Ketika saya membahas penceritaan yang buruk itu termasuk dialognya yang hambar. Entah itu saat mencoba lebih emosional atau menyampaikan lelucon, dialog-dialog di "F9" gagal menjalankan tugasnya.

Film ini kembali membawa karakter baru yang diperankan oleh orang yang sudah punya nama besar. Lagi-lagi, memakai formula yang sama saat aktor-aktor seperti Dwayne Johnson, Luke Evans, dan Jason Statham hadir di franchise ini, proses yang berbeda hasilnya sama. Sungguh membosankan.

Dari segi cerita "F9" jelas keteteran dan tidak karuan, tapi seperti yang saya bilang diatas kegilaannya untuk tiap seri selalu terjaga bahkan terkesan meningkat. "F9" membawa sebuah hiburan yang menarik dari segi visual, meskipun ambyar dari segi penceritaan.

Alih-alih bersusah payah menyuguhkan cerita yang lebih baik, film ini lebih fokus pada apa yang disukai penonton dari franchise ini, ya, adegan kejar-kejaran mobilnya serta adegan aksi gila lainnya. Adegan ledakan, mobil tertabrak, dan permainan magnetnya harus diakui sangat menghibur. Tapi, beberapa bagian saking gilanya kadang bikin risih juga sih.

Akting beberapa pemainnya juga kurang saya sukai. Entah mengapa saya mulai bosan dengan akting sok epik Vin Diesel sebagai Dom di film ini. Bagaimana John Cena? Mungkin diantara kalian ada yang excited untuk melihat akting pemain WWE yang satu ini, saya cuma mau bilang, jangan terlalu berekspektasi.

Pada akhirnya, "F9" adalah sebuah tontonan yang murni hiburan, jangan mengharapkan cerita sekelas film-film jawara di festival film ternama, "F9" dari awal tidak pernah mencoba seperti itu. Maafkan saja kualitas ceritanya yang memang semenjana atau bahkan lebih buruk dari itu, nikmati suguhan visual dan aksi-aksi gilanya saja, karena memang disana letak kualitas dan hiburan film ini.

Rating: 6/10

Keywords: Review & Ulasan Cerita Film F9 (2021), Informasi Lengkap, Daftar Pemain Kru, Fakta Unik, Trivia, Penghargaan, Sinopsis, Full Movie Download Subtitle Bahasa Indonesia, Bluray, Mp4, Mkv, Avi, DVDRip, HD, IMDb, Wikipedia, Rotten Tomatoes, Review, Ulasan, Rating, Nilai, Plot, Alur Cerita, Sub Indo, Nonton Online Streaming, Trailer, LK21, Pahe, HBO Max Go, Netflix, Disney Plus Hotstar