Review dan Sinopsis Film The Suicide Squad (2021)

"The Suicide Squad" menceritakan tentang sekelompok kriminal dengan kekuatan unik yang mendapatkan misi berbahaya.
Review dan Sinopsis Film The Suicide Squad (2021).jpg

"The Suicide Squad" disebut sebagai standalone sequel dari "Suicide Squad" garapan David Ayer. Film ini bisa disebut sekuel tapi tidak berhubungan secara langsung dan tidak melanjutkan cerita dari film "Suicide Squad" tahun 2016 tersebut. Versi 2016 bisa dibilang lebih banyak kritikan dibanding pujiannya, dirilisnya "The Suicide Squad" arahan sutradara James Gunn ini mungkin mencoba menebus kesalahan film pendahulunya sekaligus mencoba membawa penyegaran pada DCEU yang mana kerap dilanda masalah ini-itu.

James Gunn yang sempat didepak oleh Disney dan Marvel Studios dari proyek "Guardians of the Galaxy Vol. 3" gara-gara kasus postingan lamanya di Twitter (Kini ia sudah kembali ke proyek tersebut), 'diculik' oleh Warner Bros. untuk menggarap film ini. Selain menjadi sutradara, Gunn disini juga menjadi penulis naskah ceritanya.

Film ini menetapkan rating R sebagai rating usianya, berbeda dengan pendahulunya yang mendapatkan rating PG-13. Secara penilaian "The Suicide Squad" cukup baik, film berdurasi 2 jam 12 menit ini mendapatkan rating 7,5/10 di IMDb, 72 di Metacritic, dan 91% (dengan certified fresh) di Rotten Tomatoes.

Film ini membawa nama-nama karakter serta pemain baru, salah satu pemain yang dibawa dari film sebelumnya adalah Margot Robbie sebagai Harley Quinn. Untuk pemain baru ada Idris Elba sebagai Bloodsport, ia awalnya ditunjuk untuk menggantikan Will Smith sebagai karakter Deadshot namun kemudian diputuskan Elba memainkan sebuah karakter baru untuk jaga-jaga jika Smith akan kembali ke franchise ini sebagai Deadshot. Ada juga John Cena sebagai Peacemaker yang awalnya karakter ini ditawarkan pada Dave Bautista sebelum akhirnya Bautista menolaknya karena lebih memilih bermain di film "Army of the Dead" arahan Zack Snyder. Pemain lainnya ada Joel Kinnaman, Sylvester Stallone, Daniela Melchior, Viola Davis, David Dastmalchian, Michael Rooker, Peter Capaldi, Alice Braga, Pete Davidson, Jai Courtney, dan lain-lain.

Sinopsis

Sekelompok narapidana dengan kemampuan khusus dipaksa untuk menjalankan misi menghancurkan sebuah fasilitas bernama Jotunheim yang dipercaya menjadi tempat untuk Project Starfish yang berbahaya.

Review No Spoiler

DCEU kita tahu selalu penuh dengan masalah sementara MCU sebagai rival justru melesat jauh di depan. DCEU terus berkutat dengan masalahnya, baik itu masalah studionya, sutradaranya sampai pemerannya.

Namun, harus diakui beberapa film DCEU berhasil secara kualitas. Sebut saja "Shazam!" yang berhasil membuat DCEU sedikit lepas dari kesan dark yang melekat pada mereka, yang mana hal tersebut kerap kali menjadi lelucon untuk DCEU.

"The Suicide Squad" yang memiliki rating usia R ini tampil cukup ceria namun jelas tidak diperuntukkan untuk semua usia. James Gunn tahu bagaimana memaksimalkan rating R tersebut, ia tidak segan menampilkan adegan brutal namun kesannya jauh dari kata mengerikan, setidaknya bagi saya begitu. Gunn mengaku di beberapa wawancara kalau ia diberikan kebebasan kreativitas saat menggarap film "The Suicide Squad" ini.

Komedi yang dihadirkan juga cukup segar, meskipun di beberapa bagian saya kurang nyaman melihat tingkah Harley Quinn. Tingkahnya dibuat gila untuk mengundang tawa namun saya tidak merasakan kelucuannya sedikitpun. Bagian dimana film ini mencoba sedikit emosional juga agak mengganggu, saya tahu tujuannya untuk membuat karakter Bloodsport memunculkan naluri sebagai seorang ayah pada karakter Ratcatcher 2, tapi penyajiannya kurang menarik.

Cerita di "The Suicide Squad" memiliki gaya penceritaan yang tidak murahan dan mengejutkan di beberapa bagian. Jika dibandingan film "Suicide Squad"-nya David Ayer, jelas secara penceritaan versi James Gunn ini lebih menarik. Karakter sentralnya yaitu Bloodsport juga lebih baik jika dibandingkan Deadshot yang diperankan Will Smith. Idris Elba sangat baik memerankan Bloodsport dengan sedikit kesan komedi yang dibawanya. Jujur saja saya merasa unik melihatnya sedikit menyuguhkan unsur humor karena peran-peran lain darinya yang sudah saya tonton itu semua terkesan serius.

Penampilan John Cena juga lebih baik dibanding penampilannya di "F9". Cena sepertinya cocok memerankan karakter dengan celotehan-celotehan lucunya seperti Peacemaker ini bukan yang sok serius dan sok gagah seperti Jacob di "F9".

Karakter lainnya yang mencuri perhatian adalah King Shark, saya tidak tahu bagaimana latar belakangnya, apakah dia hasil eksperimen atau bagaimana yang jelas saya suka karakternya. Tingkahnya lucu namun juga mematikan dalam waktu yang bersamaan. Sepanjang film saya terus berharap dia tidak akan mati. Di film ini memang karakternya banyak yang mati, saya suka film seperti ini tapi agak sakit juga sih ketika karakter favorit kita yang mati.

Bentuk monster yang tampil di akhir film ini juga unik. Ternyata monster ini adalah villain pertama yang dilawan Justice League di komik, tapi bagi saya yang tidak membaca komiknya ini adalah monster yang baru dan tampilannya cukup fresh. Seru juga kalau monster ini muncul di salah satu film DCEU dengan tone yang lebih serius, "Batman v Superman: Dawn of Justice" misalnya. Entah akan bagaimana reaksi para penonton. 😅

Adegan laga di film ini juga sangat menghibur dengan unsur komedinya. Saat mencoba lebih serius di adegan pertempuran akhir, film ini juga berhasil. Memang bukan pertarungan terbaik di film superhero tapi sudah dalam level yang seru untuk ditonton.

"The Suicide Squad" adalah kemajuan untuk DCEU. Saya harap kedepannya jika ada film tentang Suicide Squad yang baru tetap mempertahankan rating R-nya agar adegan brutalnya tetap terjaga. Masalah nuansa film mau lebih ceria atau dark itu terserah sutradaranya, karena sebenarnya saya tidak pernah masalah dengan nuansa dark di DCEU.

Rating: 8/10

Keywords: Review & Ulasan Sinopsis Alur Cerita Film The Suicide Squad (2021), Informasi Lengkap, Daftar Pemain Kru, Fakta Unik, Trivia, Penghargaan, Full Movie Download Subtitle Bahasa Indonesia, Bluray, Mp4, Mkv, Avi, DVDRip, HD, IMDb, Wikipedia, Rotten Tomatoes, Review, Ulasan, Rating, Nilai, Plot, Sub Indo, Nonton Online Streaming, Trailer, LK21, Pahe, HBO Max Go, Netflix, Disney Plus Hotstar