Cara Mendaftarkan Blog di Blogger ke Google Webmaster Tools (Search Console) Lewat Ponsel Android

Inilah cara mendaftarkan dan memverifikasi blog di Blogger ke Google Webmaster Tools atau sekarang lebih dikenal dengan Google Search Console.
Cara Mendaftarkan Blog di Blogger ke Google Webmaster Tools (Search Console) Lewat Ponsel Android.jpg

Google Search Console (dulu bernama Google Webmaster Tools) adalah sebuah layanan dari Google yang dibuat khusus untuk para pengelola website, termasuk blog. Layanan ini memberikan beberapa fitur yang memudahkan kita sebagai pengelola situs agar situsnya bisa muncul di hasil pencarian Google.

Google adalah mesin pencari yang paling sering digunakan saat ini, sebagai bloger tentu saja Google menjadi tempat yang potensial untuk mencari pengunjung blog. Dengan cara blog kita muncul di hasil pencarian Google maka pengunjung pasti berdatangan.

SEO adalah sebutan untuk cara-cara mengoptimasi blog kita agar tampil di hasil mesin pencarian, salah satunya Google. Mendaftarkan blog kita ke Google Search Console mungkin bisa disebut juga salah satu cara SEO.

Google Search Console selalu di-update oleh pihak Google dengan fitur-fitur menarik. Salah satu update yang paling terasa adalah tampilannya yang sekarang sudah mobile-friendly atau mudah diakses lewat perangkat mobile. Dulu, saya masih ingat tampilan layanan Google yang satu ini tidak memiliki tampilan mobile, alhasil pengguna Android kadang kesulitan ketika menggunakan layanan ini. Sekarang tidak lagi, pengguna Android bisa dengan mudah menggunakan dan mendaftarkan blognya ke Google Search Console.

Kali ini saya akan memberikan tutorial cara mendaftarkan blog di Blogger ke Google Search Console menggunakan ponsel Android.

Cara mendaftarkan blog di Blogger ke Google Search Console menggunakan HP Android

Jika gambar agak buram klik saja gambarnya untuk memperbesar agar kelihatan lebih jelas.

Disini saya akan membagikan dua cara untuk mendaftarkan blog di Blogger ke Google Search Console yaitu untuk blog yang sudah memasang domain TLD dan untuk blog yang masih menggunakan subdomain blogspot. Tutorial ini sebaiknya dilakukan menggunakan Chrome, jangan aplikasi browser yang lain.

Tutorial untuk blog yang sudah menggunakan domain TLD

- Kalian bisa masuk ke menu Setelan di Blogger kemudian di bagian Crawler dan pengindeksan ada tulisan Google Search Console. Klik saja tulisan tersebut maka kalian akan dibawa ke Google Search Console.

- Jika kalian sudah mempunyai blog yang didaftarkan ke Google Search Console maka pilih Tambahkan properti.

- Tapi, karena disini saya menganggap kalian belum mendaftarkan blog manapun ke Google Search Console maka langkah di atas akan kalian lewati dan kalian akan langsung disuruh memasukkan domain blog kalian seperti gambar di bawah. Di bagian ini pilih DOMAIN, jangan AWALAN URL. Kemudian masukan domain blog kalian, tanpa www, contoh azizpedia.com. Kemudian klik tombol TERUS.

- Setelah langkah ini akan ada dua kemungkinan yang terjadi yaitu blog kalian langsung terverifikasi atau kalian harus terlebih dahulu melakukan tahap verifikasi domain. Kenapa bisa begitu? Jika kalian mendaftarkan blog kalian ke Google Search Console dengan akun yang sama saat kalian memasang domain ke blog kalian maka otomatis blog kalian akan langsung terverifikasi di Google Search Console. Sementara jika kalian menggunakan akun yang berbeda, kalian harus terlebih dahulu melakukan tahapan verifikasi domain. Ada baiknya walaupun blog kalian otomatis terverifikasi, kalian harus tetap melakukan tahapan verifikasi domain. Bagaimana caranya?

- Gambar dibawah adalah tangkapan layar jika blog kalian terverifikasi secara otomatis. Selanjutnya klik BUKA PROPERTI.

- Selanjutnya pergi ke Setelan > Verifikasi kepemilikan lalu klik Penyedia nama domain.

- Salin kode yang muncul dengan mengklik tombol SALIN.

- Jangan ditutup dulu halaman ini. Buka tab baru selanjutnya kalian pergi ke situs dimana kalian membeli domain yang kalian pasang di blog. Setiap situs penyedia domain punya tampilan yang berbeda-beda tapi intinya sama saja kalian harus pergi ke bagian pengaturan DNS dan menambahkan kode TXT tersebut. Disini saya contohkan menggunakan domain yang saya beli di Namecheap. Pergi ke bagian Manage domain yang kalian daftarkan di Google Search Console selanjutnya pergi ke bagian Advanced DNS. Lalu kalian klik ADD NEW RECORD.

- Record Type: Pilih TXT Record.
Host: Isikan saja @.
Value: Tempelkan kode yang kalian salin dari Google Search Console tadi.
TTL: Biarkan saja Automatic.
Selanjutnya klik tombol Save Changes.

- Kembali lagi ke tab Google Search Console lalu klik tombol VERIFIKASI.

- Sekarang blog kalian sudah berhasil didaftarkan ke Google Search Console dengan verifikasi domain.

- Jika setelah menekan tombol VERIFIKASI blog kalian belum terverifikasi juga tunggu beberapa saat kemudian coba lagi untuk menekan tombol VERIFIKASI. Memang kadang butuh waktu beberapa saat sampai kode TXT yang dipasang di domain terbaca.

Melakukan verifikasi dengan cara ini juga otomatis melakukan verifikasi untuk setiap subdomain dari domain yang kalian daftarkan, misal disini saya mendaftarkan domain azizpedia.com, maka jika saya membuat blog dengan subdomain android.azizpedia.com maka blog itu bisa langsung didaftarkan ke Google Search Console tanpa tahapan verifikasi, asalkan masih menggunakan akun Google yang sama dengan yang digunakan ketika mendaftarkan domain azizpedia.com.

Tutorial untuk blog yang masih menggunakan subdomain blogspot

Untuk blog yang masih menggunakan subdomain blogspot caranya agak berbeda di bagian tahapan verifikasinya. Sebenarnya kalian bisa menggunakan cara diatas asalkan kalian masih menggunakan akun Google yang sama ketika kalian membuat blog yang akan kalian daftarkan tersebut. Nantinya kalian tak perlu melakukan tahapan verifikasi karena kalian akan terverifikasi secara otomatis. Kalian memang tidak akan bisa melakukan verifikasi domain seperti tutorial diatas saat masih menggunakan subdomain blogspot, tapi lewat verifikasi otomatis saja seharusnya cukup. Beda cerita jika akun Google yang kalian gunakan untuk mendaftarkan blog ke Google Search Console berbeda dengan akun Google saat kalian membuat blog tersebut, cara di atas tidak bisa dilakukan.

- Masuk ke menu Setelan di Blogger kemudian di bagian Crawler dan pengindeksan ada tulisan Google Search Console. Klik tulisan Google Search Console tersebut. Nah, disini bedanya kalian pilih AWALAN URL, bukan DOMAIN. Lalu seperti cara diatas, isi kolom yang tersedia dengan link blog kalian. Disini masukkan tanpa www, misalnya https://aziztutorialpedia.blogspot.com. Lalu klik tombol TERUS.

- Pilih Tag HTML.

- Salin kode yang diberikan dengan menekan tombol SALIN.

- Buka tab baru, selanjutnya kalian pergi ke Blogger, lalu masuk ke bagian Tema > Edit HTML. Tempelkan kode yang kalian salin tadi dibawah kode head lalu simpan perubahan tersebut.

- Kembali ke tab Google Search Console lalu klik tombol VERIFIKASI.

- Kalian berhasil mendaftarkan dan memverifikasi blog kalian yang masih memakai subdomain blogspot ke Google Search Console.

- Jika setelah menekan tombol VERIFIKASI blog kalian masih belum terverifikasi, tunggu beberapa saat kemudian coba klik kembali tombol VERIFIKASI.

Itulah tutorial cara mendaftarkan blog di Blogger ke Google Search Console. Tutorial diatas bisa dilakukan lewat ponsel Android kalian.

Jika ada yang ingin ditanyakan terkait tutorial ini silakan bertanya di kolom komentar di bawah atau bisa menghubungi admin melalui halaman Hubungi Kami. Jika saya bisa menjawabnya pasti akan saya jawab.

Keywords: blogger google search console, google webmaster tools, google webmaster tools adalah, google webmaster tools blog, google search console adalah, google search console login, google search console blogger, google search console indonesia, google search console tools, google search console blog, daftar google search console, daftar search engine selain google, daftar search engine google, daftar search engine adalah, daftar google search console, daftar pustaka search engine, daftar google search, cara daftar google webmaster tools