10 Film dengan Biaya Produksi Termahal di Dunia

Inilah daftar film-film dengan biaya produksi termahal di dunia yang pernah dibuat sepanjang masa. Budgetnya memang sangat besar.
Film dengan Biaya Produksi Termahal di Dunia.jpg

Film adalah salah satu media hiburan paling diminati banyak orang saat ini. Tak dapat dipungkiri menonton film adalah salah satu cara paling ampuh melepas lelah dan penat dari aktivitas sehari-hari.

Karena menjadi salah satu hiburan yang paling disukai orang-orang, tak heran jika perputaran uang di industri perfilman tidaklah sedikit. Saat ini tak jarang rumah produksi berani mengeluarkan budget gila-gilaan untuk membuat sebuah film karena mereka tahu potensi uang yang bisa mereka dapatkan juga sangat banyak.

Kali ini saya akan memberikan daftar film dengan biaya produksi termahal sepanjang sejarah yang dirangkum situs Wikipedia. Daftar ini dibuat tanpa menghitung nilai inflasi.

Berikut film dengan biaya produksi termahal di dunia sepanjang sejarah

10. Batman v Superman: Dawn of Justice (2016) [$263 Juta]

Disutradarai oleh Zack Snyder, "Batman v Superman: Dawn of Justice" adalah film kedua dari waralaba DC Extended Universe (DCEU). Film ini dibintangi oleh Ben Affleck, Henry Cavill, Amy Adams, Jesse Eisenberg, Diane Lane, Laurence Fishburne, Jeremy Irons, Holly Hunter, dan Gal Gadot. Film ini adalah film live-action pertama yang menampilkan Batman dan Superman secara bersama-sama, juga menjadi film live-action pertama yang menampilkan Wonder Women. Film ini menceritakan Lex Luthor yang memanipulasi kedua superhero Batman dan Superman untuk saling bertarung.

Meskipun diserang habis-habisan oleh kebanyakan kritikus terkait kualitas film ini, nyatanya "Batman v Superman: Dawn of Justice" mendapatkan pendapatan yang mencapai $873,6 juta dan berhasil menutupi biaya produksinya yang besar.

9. John Carter (2012) [$264 Juta]

"John Carter" adalah film action sci-fi yang disutradarai oleh Andrew Stanton dimana ia juga menjadi penulis naskah ceritanya bersama Mark Andrews dan Michael Chabon. Film ini mengadaptasi buku berjudul A Princess of Mars karya Edgar Rice Burroughs yang dirilis pada tahun 1912.

Ini adalah film live-action pertama bagi sang sutradara setelah sebelumnya ia hanya menyutradarai film animasi seperti "Finding Nemo" dan salah satu film terbaik bagi saya, "WALL-E". Sayangnya film ini tak berhasil secara pendapatan, dan membuat Disney sebagai studio yang memproduksi film ini mengalami kerugian yang tidak sedikit. Karena hasil box office yang jauh dari kata memuaskan tersebut, Disney membatalkan sekuel untuk film ini sekaligus juga membatalkan trilogi yang sudah disiapkan oleh Stanton.

8. Star Wars: Episode IX - The Rise of Skywalker (2019) [$275 Juta]

"Star Wars" adalah salah satu waralaba paling populer untuk saat ini. Tak heran jika setiap film terbaru dari waralaba ini dirilis pasti orang-orang berbondong-bondong untuk menontonnya. Karena itulah, pihak-pihak di balik waralaba ini tak akan segan mengeluarkan budget ratusan juta dolar untuk produksi film-film "Star Wars".

"Star Wars: Episode IX - The Rise of Skywalker" arahan sutradara J. J. Abrams memiliki biaya produksi yang menyentuh angka $275 juta. Untungnya biaya produksi yang besar tersebut tidak sia-sia karena film ini berhasil mendapatkan pendapatan kotor yang mencapai $1 miliar. Selain pendapatannya yang lumayan besar, film yang diproduksi oleh Lucasfilm Ltd. dan Bad Robot Productions ini juga menjadi nominasi di tiga kategori pada ajang Academy Awards yakni Best Original Score, Best Visual Effects, dan Best Sound Editing.

7. Solo: A Star Wars Story (2018) [$275 Juta]

Selain "Star Wars: Episode IX - The Rise of Skywalker", film lainnya dari waralaba "Star Wars" yang masuk ke dalam daftar 10 film dengan biaya produksi termahal di dunia adalah "Solo: A Star Wars Story" atau dikenal juga hanya dengan judul "Solo". Film ini diarahkan oleh sutradara Ron Howard dan berfokus pada cerita karakter Han Solo. Untuk para pemain di film ini ada Alden Ehrenreich, Woody Harrelson, Emilia Clarke, Donald Glover, Thandiwe Newton, Phoebe Waller-Bridge, Joonas Suotamo, dan Paul Bettany.

Film "Solo: A Star Wars Story" dirilis di Amerika Serikat pada 25 Mei 2018 dan mendapatkan pendapatan sebesar $393,2 juta, menjadikannya film live-action "Star Wars" dengan pendapatan terendah. Film ini mendapatkan nominasi Best Visual Effects di Academy Awards.

6. Justice League (2017) [$300 Juta]

"Justice League" menjadi installment kelima dari DCEU dan ceritanya melanjutkan cerita dari film "Batman v Superman: Dawn of Justice". Film ini akan menceritakan upaya Batman serta Wonder Women mengumpulkan para superhero untuk menghadapi ancaman Steppenwolf dan pasukannya. Para pemainnya ada Ben Affleck, Henry Cavill, Amy Adams, Gal Gadot, Ezra Miller, Jason Momoa, Ray Fisher, Jeremy Irons, Diane Lane, Connie Nielsen, J. K. Simmons, dan Ciaran Hinds.

"Justice League" sempat bikin heboh karena pada masa produksinya sang sutradara yaitu Zack Snyder memutuskan mundur setelah putrinya melakukan aksi bunuh diri. Posisinya digantikan oleh Joss Whedon namun sayangnya hasilnya tidak sesuai ekspektasi. Para penggemar merasa versi Snyder akan jauh lebih bagus ketimbang versi Whedon hingga akhirnya "Justice League" versi Snyder dirilis di HBO Max dengan judul "Zack Snyder's Justice League".

5. Pirates of the Caribbean: At World's End (2007) [$300 Juta]

"Pirates of the Caribbean: At World's End" adalah film ketiga dari seri film "Pirates of the Caribbean". Film yang disutradarai oleh Gore Verbinski ini akan mengisahkan Will Turner, Elizabeth Swann, Hector Barbossa, dan kru Black Pearl yang hendak menyelamatkan Kapten Jack Sparrow dari Davy Jones' Locker.

Dengan biaya produksi yang diperkirakan mencapai $300 juta, film ini berhasil menjadi film terlaris di tahun 2007 dengan pendapatan $960 juta. Selain itu film ini juga dinominasikan pada kategori Best Makeup dan Best Visual Effects di Academy Awards. Sementara sang pemeran Kapten Jack Sparrow, Johnny Depp, berhasil menjadi aktor terfavorit pada Kids' Choice Awards 2008.

4. Avengers: Infinity War (2018) [$325 Juta]

Kali ini ada film dari semesta MCU yaitu "Avengers: Infinity War". Film ini merupakan film ke-19 di MCU dan disutradarai oleh Anthony dan Joe Russo dengan naskah cerita yang ditulis oleh Christopher Markus dan Stephen McFeely. Film ini dibintangi bintang-bintang ternama yaitu Robert Downey Jr., Chris Hemsworth, Mark Ruffalo, Chris Evans, Scarlett Johansson, Benedict Cumberbatch, Don Cheadle, Tom Holland, Chadwick Boseman, Paul Bettany, Elizabeth Olsen, Anthony Mackie, Sebastian Stan, Danai Gurira, Letitia Wright, Dave Bautista, Zoe Saldana, Josh Brolin, dan Chris Pratt. "Avengers: Infinity War" akan menceritakan usaha para anggota Avengers untuk menghentikan Thanos yang berupaya melenyapkan setengah populasi di semesta.

Dengan biaya produksi yang mencapai $325 juta, "Avengers: Infinity War" berhasil menjadi film superhero pertama yang pendapatannya menyentuh angka $2 miliar sekaligus menjadi film dengan pendapatan terbesar di tahun 2018. Saat perilisannya film ini menempati posisi empat sebagai film terlaris sepanjang masa.

3. Avengers: Endgame (2019) [$356 Juta]

"Avengers: Endgame" adalah direct sequel dari "Avengers: Infinity War" yang akan menceritakan aksi para anggota Avengers yang tersisa untuk memperbaiki kekacauan yang dibuat oleh Thanos. Film ini masih diarahkan oleh sutradara yang sama dengan film sebelumnya yakni Anthony dan Joe Russo, pun begitu di departemen penulisan masih diisi oleh Christopher Markus dan Stephen McFeely.

"Avengers: Endgame" tak kalah suksesnya di box office seperti film pendahulunya. Total "Avengers: Endgame" mendapatkan pendapatan sebesar $2,798 miliar dan menjadikannya film terlaris sepanjang masa untuk saat itu. Film berdurasi 181 menit ini juga menjadi nominasi untuk kategori Best Visual Effects di Academy Awards.

2. Avengers: Age of Ultron (2015) [$365 Juta]

Masih dari semesta MCU, kali ini ada film "Avengers: Age of Ultron". Seri "Age of Ultron" ini dirilis sebelum seri "Infinity War" dan "Endgame". Film berdurasi 141 menit ini disutradarai oleh Joss Whedon yang juga merangkap sebagai penulis ceritanya.

"Avengers: Age of Ultron" memiliki budget sebesar $365 juta dan berhasil mengumpulkan pendapatan sebesar $1, 4 miliar sekaligus menjadi film ke-4 terlaris di tahun 2015.

1. Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides (2011) [$379 Juta]

"Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides" adalah film keempat dari seri film "Pirates of the Caribbean". Film ini menjadi yang pertama di seri film "Pirates of the Caribbean" yang tidak disutradarai oleh Gore Verbinski, kursi sutradara film ini ditempati oleh Rob Marshall. Untuk penulis naskah ceritanya ada Ted Elliott dan Terry Rossio.

Film berdurasi 137 menit ini menggunakan kamera 3D yang sama yang digunakan dalam pembuatan film "Avatar". Ada sepuluh perusahaan yang terlibat dalam pembuatan efek visual untuk film ini. Dengan biaya produksi mencapai $379 Juta, "Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides" berhasil menjadi film ketiga terlaris di tahun 2011.

Itulah tadi daftar film dengan biaya produksi terbesar sepanjang masa. Melihat daftar di atas, kebanyakan filmnya berada di bawah naungan rumah produksi Disney. Sepertinya Disney memang menjadi raksasa di industri perfilman.

Semakin berjalannya waktu tentu saja daftar tersebut akan berubah, pastinya akan ada film-film dengan biaya produksi gila lainnya kedepannya. Kita tunggu saja.

Keywords: film termahal di dunia, film termahal di dunia 2021, film termahal indonesia, film termahal di india, film termahal netflix, film termahal india, film termahal di korea, film termahal dunia, film termahal shahrukh khan, film termahal 2021, film dengan biaya produksi termahal, film dengan biaya produksi termurah, film dengan biaya pembuatan termahal, film dengan biaya termahal di dunia, film dengan biaya produksi termahal di indonesia, film dengan biaya murah tapi sukses, film dengan biaya mahal tapi gagal, film dengan biaya termurah, film indonesia dengan biaya produksi termahal, film korea dengan biaya termahal