51 Film Tentang Perselingkuhan Terbaik

Inilah daftar beberapa film bertemakan perselingkuhan terbaik yang harus kalian tonton jika kalian memang suka film-film dengan cerita seperti ini.
Film Tentang Perselingkuhan Terbaik.jpg

Perselingkuhan bukanlah hal yang diharapkan setiap orang dalam hubungan yang mereka jalani. Menjadi korban perselingkuhan memang sangat menyakitkan tapi menjadi pelakunya juga bukanlah hal yang bijak, ingat karma itu benar-benar ada.

Dalam dunia perfilman, perselingkuhan sering kali disajikan entah itu sebagai menu utama atau penambah cita rasa untuk film tersebut. Menonton film bertemakan perselingkuhan bukanlah suatu hal yang aneh, karena ini hanya film, kembali ke diri masing-masing bagaimana kita menyikapi apa saja yang kita tonton.

Film perselingkuhan seru untuk ditonton karena menyajikan ketegangan yang berbeda. Beberapa film bertemakan perselingkuhan memang kerap kali menyajikan adegan sensual sebagai penguat cerita film tersebut. Jadi, film-film yang ada di daftar ini kemungkinan tidak cocok ditonton bersama keluarga. Untuk kalian yang pernah menjadi korban perselingkuhan pasangan kalian pasti agak terganggu ketika menonton film tentang perselingkuhan dan sebaiknya kalian yang memang punya pengalaman pahit seperti itu tidak perlu menonton film-film yang ada di daftar ini, kecuali kalau kalian sudah kuat.

Beberapa film perselingkuhan juga memberikan pesan moral tersendiri terkait perselingkuhan yang bisa kalian ambil setelah menontonnya. Jadi, menonton film ini dengan pikiran positif tentu akan memberikan dampak positif juga untuk kita seperti kita akan melihat dampak buruk dari berselingkuh dan apa akibatnya untuk kita. Tenang saja, karma berselingkuh di film-film yang ada di daftar ini disajikan tidak semurahan tontonan-tontonan televisi kita.

Saya harap setelah menonton film-film dengan tema cerita perselingkuhan di bawah ini tidak menginspirasi kalian untuk berselingkuh, setia itu lebih menantang.

Berikut daftar film tentang perselingkuhan terbaik versi AzizPedia

1. The Graduate (1967)

"The Graduate" adalah sebuah film rilisan tahun 1967 yang disutradarai oleh Mike Nichols dan ditulis oleh Buck Henry serta Calder Willingham. Film ini merupakan adaptasi novel berjudul sama keluaran 1963 karya Charles Webb.

"The Graduate" menceritakan seorang pemuda berumur 21 tahun bernama Benjamin Braddock (Dustin Hoffman) yang baru saja lulus perguruan tinggi. Ia kemudian tergoda oleh wanita yang usianya jauh diatasnya, wanita itu adalah Nyonya Robinson (Anne Bancroft), istri dari rekan kerja ayah Benjamin. Saat menjalin hubungan gelap itu, Benjamin justru malah jatuh cinta dengan putri Nyonya Robinson, Elaine (Katharina Ross).

Secara pendapatan, film berdurasi 106 menit ini sangat sukses, menjadi film dengan pendapatan worldwide tertinggi pada tahun 1967 dengan pendapatan total mencapai $104,9 juta. Sementara dari segi penilaian, "The Graduate" berhasil mendapatkan 7 nominasi di Academy Awards termasuk Best Picture dan memenangkan Best Director.

2. Fatal Attraction (1987)

"Fatal Attraction" adalah film dari Amerika Serikat yang dirilis pada tahun 1987 dan disutradarai oleh Adrian Lyne dengan skenario yang ditulis James Dearden dari sebuah film pendek keluaran tahun 1980, "Diversion". Film ini dibintangi oleh Michael Douglas, Glenn Close dan Anne Archer.

Daniel "Dan" Gallagher (Michael Douglas) adalah seorang pengacara yang hidup bahagia bersama istri dan anaknya. Suatu ketika, ia terlibat perselingkuhan dengan Alexandra "Alex" Forrest (Glenn Close). Dan berharap hubungan mereka hanya untuk sesaat saja, sementara Alex ingin lebih dari sekadar cinta satu malam. Alex mulai terobsesi pada Dan, ia mulai melakukan hal-hal berbahaya untuk mendapatkan Dan.

"Fatal Attraction" menerima ulasan yang positif dari para kritikus namun juga mendapatkan beberapa kontroversi saat perilisannya. Film ini berhasil menjadi film terlaris di dunia pada tahun 1987 dengan pendapatan total $320,1 juta dari biaya produksi yang hanya sekitar $14 juta. "Fatal Attraction" juga mendapatkan 6 nominasi di ajang Academy Awards ke-60 yakni Best Picture, Best Director, Best Actress, Best Supporting Actress, Best Adapted Screenplay, dan Best Film Editing.

3. Indecent Proposal (1993)

"Indecent Proposal" adalah film drama keluaran tahun 1993 yang merupakan adaptasi novel berjudul sama karya Jack Engelhard. Film ini disutradarai oleh Adrian Lyne dan dibintangi Robert Redford, Demi Moore dan Woody Harrelson. Meskipun mendapat penilaian kurang baik dari kritikus, film ini sukses secara komersial dengan pendapatan total $267 juta dari seluruh dunia sementara budget-nya sekitar $38 juta.

David (Woody Harrelson) dan Diana (Demi Moore) adalah pasangan suami-istri yang hidup bahagia sampai mereka dihadapkan pada masalah ekonomi. Mereka berdua kemudian bertemu dengan John Gage (Robert Redford), seorang miliarder yang menawarkan pasangan tersebut $1 juta untuk satu malam bersama Diana.

Bagi saya pribadi, "Indecent Proposal" berhasil membuat saya kesal, dalam artian bagus. Saya sempat gregetan dengan beberapa karakter disini, meskipun di ending penilaian saya terhadap karakter-karakter tersebut memang sedikit membaik.

4. The Piano (1993)

"The Piano" adalah sebuah film drama tahun 1993 yang ditulis dan disutradarai oleh Jane Campion dan dibintangi Holly Hunter, Harvey Keitel, Sam Neill Dan Anna Paquin.

Ada McGrath (Holly Hunter), seorang perempuan bisu yang sudah mempunyai putri bernama Flora McGrath (Anna Paquin), dikirim ke Selandia Baru untuk dijodohkan dengan Alisdair Stewart (Sam Neill). Namun, disana Ada malah jatuh cinta dengan seorang pria yang memintanya untuk diajari bermain piano, George Baines (Harvey Keitel).

"The Piano" sukses secara komersial maupun ulasan. Film berdurasi 117 menit ini berhasil mengumpulkan pendapatan dari seluruh dunia sebesar $140,2 juta dengan biaya produksi yang hanya $7 juta. Pada pagelaran Cannes Film Festival 1993, film ini berhasil mendapatkan Palme d'Or, menjadikan Campion sutradara wanita pertama dan satu-satunya yang berhasil mendapatkan penghargaan tersebut. "The Piano" juga berhasil membawa pulang tiga piala di Academy Awards 1994 dari delapan nominasi yaitu Best Actress untuk Hunter, Best Supporting Actress untuk Paquin dan Best Original Screenplay untuk Campion. Khusus untuk Paquin yang kala itu baru berusia 11 tahun, ia menjadi orang termuda kedua yang berhasil meraih penghargaan di Academy Awards pada kategori kompetitif.

5. Payback (1995)

"Payback" adalah film kriminal tahun 1995 yang disutradarai oleh Anthony Hickox dan ceritanya ditulis oleh Sam Bernard. Film ini dibintangi oleh C. Thomas Howell dan Joan Severance.

Oscar Bonsetter (C. Thomas Howell) keluar dari penjara dengan dendam untuk membalaskan kematian sahabatnya di sel pada seorang sipir yang sekarang buta setelah mengalami kecelakaan. Namun, Oscar malah terpikat oleh istri sang sipir dan mulai menjalin hubungan terlarang dengannya.

6. The English Patient (1996)

"The English Patient" adalah film romantis, perang dan drama yang dirilis pada 1996 dan disutradarai oleh Anthony Minghella, ia juga yang menulis skenario film ini yang berdasarkan novel berjudul sama tahun 1992 karya Michael Ondaatje.

"The English Patient" sukses besar secara penilaian maupun pendapatan. Film berdurasi 162 menit ini berhasil merajai pagelaran Academy Awards 1997 dengan menjadi nominasi di 12 kategori dan memenangkan 9 diantaranya, menjadi yang paling banyak membawa piala pada perhelatan Academy Awards ke-69 tersebut. Film ini juga memenangkan 5 penghargaan di BAFTA Awards dan 2 di Golden Globes. The British Film Institute bahkan memasukan "The English Patient" di posisi 55 dalam daftar BFI Top 100 British films.

Pada akhir Perang Dunia 2, seorang suster (Juliette Binoche) merawat seorang pasien (Ralph Fiennes) korban kecelakaan pesawat dengan luka yang serius. Kemudian masa lalu si korban ditampilkan, memperlihatkan bagaimana ia pernah terlibat pada sebuah perselingkuhan.

7. A Walk on the Moon (1999)

"A Walk on the Moon" adalah sebuah film drama tahun 1999 yang dibintangi Diane Lane, Viggo Mortensen, Liev Schreiber dan Anna Paquin. Film ini diarahkan oleh sutradara Tony Goldwyn, film ini juga menjadi debut penyutradaraannya.

Pearl Kantrowitz (Diane Lane), seorang istri yang merasa dirinya kehilangan masa remajanya karena pernikahan di usia mudanya. Ia kemudian bertemu dengan Walker Jerome (Viggo Mortensen), seorang penjual blus dengan gaya hidup bebas. Pearl kemudian menjalin hubungan perselingkuhan dengan Walker karena Pearl merasa Walker seperti memberikan masa-masa remaja yang pernah terlewat dalam hidupnya.

8. The End of the Affair (1999)

"The End of the Affair" adalah sebuah film drama percintaan yang diarahkan oleh Neil Jordan. Untuk para pemainnya ada Ralph Fiennes, Julianne Moore dan Stephen Rea. Film ini merupakan adaptasi novel berjudul sama keluaran tahun 1951 karya Graham Greene. Ini bukanlah film pertama yang mengadaptasi novel tersebut, pada tahun 1955 pernah ada film arahan sutradara Edward Dmytryk yang juga menjadikan novel tersebut sebagai sumber ceritanya.

Maurice Bendrix (Ralph Fiennes) adalah seorang penulis yang menjalin hubungan dengan seorang wanita (Julianne Moore) yang sudah bersuami. Namun, sebuah kejadian membuat si wanita meninggalkan Bendrix. Setelah 2 tahun berlalu, Bendrix berkesempatan kembali bertemu dengan si wanita dan mencari tahu alasan si wanita meninggalkannya dulu.

9. Eyes Wide Shut (1999)

"Eyes Wide Shut" adalah film erotis, drama, misteri dan psikologi keluaran tahun 1999 yang disutradarai oleh Stanley Kubrick. Di film ini, Kubrick juga menjadi produser dan penulis skenarionya bersama Frederic Raphael. Film ini berdasarkan novel tahun 1926 berjudul Traumnovelle karya Arthur Schnitzler. Film ini juga menjadi film terakhir yang disutradarai oleh Kubrick, karena dia meninggal enam hari setelah memperlihatkan final cut film ini ke Warner Bros. Pictures.

Bill Harford (Tom Cruise) adalah seorang dokter yang sudah memiliki istri bernama Alice Harford (Nicole Kidman). Ia mengalami malam yang liar setelah istrinya mengaku kalau dirinya pernah berselingkuh.

10. Unfaithful (2002)

"Unfaithful" adalah sebuah film arahan sutradara Adrian Lyne dimana ia juga menjadi produser di film ini bersama G. Mac Brown. Untuk pemainnya ada Richard Gere, Diane Lane, Olivier Martinez, Erik Per Sullivan, Chad Lowe dan Dominic Chianese. Ini film kedua yang dibintangi Diane Lane yang masuk dalam daftar ini, sebelumnya ada "A Walk on the Moon". Akting Diane juga mengingatkan saya dengan aktingnya di film "A Walk on the Moon", entah mungkin karena penokohan karakter yang dia perankan mirip dengan yang ada di "A Walk on the Moon". Berkat aktingnya di film ini, Diane masuk nominasi di kategori Best Actress pada ajang penghargaan Golden Globe dan Academy Award. "Unfaithful" sendiri merupakan adaptasi dari film berjudul "The Unfaithful Wife" dari Prancis yang dirilis pada tahun 1969.

Constance "Connie" Sumner (Diane Lane) adalah wanita yang sudah berkeluarga dan memiliki seorang putra. Dikenal sebagai wanita baik-baik, Connie justru terlibat hubungan gelap dengan seorang pria bernama Paul Martel (Olivier Martinez). Hubungan gelap tersebut akhirnya berakibat fatal untuk semuanya.

Sebelum menulis postingan ini, saya sempat terlebih dulu mencari daftar film-film bertemakan perselingkuhan terbaik di Google dan YouTube. Dari banyaknya daftar yang saya baca dan tonton, "Unfaithful" jadi yang paling sering disebut.

"Unfaithful" tampil dengan panas namun juga menegangkan di paruh akhir. Film ini menunjukkan kalau perselingkuhan akan selalu berakhir dengan sebuah bencana.

11. Young Adam (2003)

"Young Adam" bisa dibilang termasuk film erotis karena banyaknya adegan panas di dalamnya. Film yang dirilis pada tahun 2003 ini disutradarai oleh David Mackenzie serta dibintangi Ewan McGregor, Tilda Swinton, Peter Mullan, Ewan Stewart dan Emily Mortimer. Film ini diadaptasi dari novel berjudul sama keluaran tahun 1954 yang ditulis oleh Alexander Trocchi.

"Young Adam" menceritakan seorang pria bernama Joe Taylor (Ewan McGregor). Film ini akan berfokus ke kisah percintaan Joe, dimana ia terlibat dalam sebuah kematian seorang wanita yang sedang hamil dan ia juga menjalin perselingkuhan dengan istri dari rekan kerjanya.

Secara keseluruhan kualitas film ini tidaklah begitu memuaskan hanya saja jika kalian suka film bertemakan perselingkuhan mungkin ini cocok untuk kalian. Meskipun harus diakui konsep perselingkuhannya juga terbilang berlebihan.

12. Closer (2004)

"Closer" merupakan film percintaan asal Amerika Serikat yang dirilis pada tahun 2004 dan disutradarai oleh Mike Nichols dengan cerita yang ditulis oleh Patrick Marber. Untuk para pemainnya ada Julia Roberts, Jude Law, Natalie Portman dan Clive Owen. Film ini berhasil memenangkan kategori Best Supporting Actor dan Best Supporting Actress untuk Clive Owen serta Natalie Portman di ajang Golden Globe Awards. Di BAFTA Awards, Clive juga menang di kategori yang sama dan Natalie hanya masuk nominasi. Sementara di Academy Awards keduanya hanya mampu menjadi nominasi, masih di kategori yang sama.

"Closer" menceritakan dua pasangan kekasih yang kemudian hubungan mereka menjadi rumit setelah masing-masing diantara mereka terlibat perselingkuhan.

"Closer" memiliki penyajian cerita yang menurut saya menarik. Awalnya saya dibuat bingung karena cerita di film ini terkesan lompat-lompat langsung ke puncak konflik tapi semakin berjalannya durasi saya jadi sedikit demi sedikit menikmati film ini. "Closer" akan langsung menyuguhkan adegan-adegan puncak tanpa bertele-tele, kita juga akan tahu apa yang dilakukan tiap karakter dari dialog menegangkan di agegan-adegan puncak konflik tersebut. Kita akan mengetahui si ini melakukan ini dan si itu melakukan itu dari dialog para karakternya, kita tidak diberikan visual adegannya. Saya rasa ini cukup menarik, menambah kesan penasaran bagi kita para penontonnya.

13. Antares (2004)

"Antares" merupakan film keluaran tahun 2004 asal Austria yang disutradarai oleh Gotz Spielmann. Film ini menjadi perwakilan Austria di ajang Academy Awards ke-77 untuk kategori Best Foreign Language Film namun tidak berhasil masuk nominasi. Film ini berfokus pada tema perselingkuhan, hubungan yang melibatkan kekerasan dan keresahan seksual.

"Antares" berisi beberapa cerita tentang hubungan percintaan dari beberapa orang yang tanpa sadar bersinggungan satu sama lain.

14. Levottomat 3 - kun mikaan ei riita (2004)/Addiction: When Nothing Is Enough (2004)

"Addiction: When Nothing Is Enough" yang memiliki judul asli "Levottomat 3 - kun mikaan ei riita" ini adalah sebuah film drama romantis yang dirilis pada tahun 2004 dan disutradarai oleh Minna Virtanen.

Jonna (Mi Gronlund) adalah seorang wanita yang menjalani hidup yang sempurna. Pekerjaan yang bagus, sudah menikah dengan seorang lelaki yang juga sukses dan memiliki dua orang anak. Namun, dibelakang itu semua Jonna kerap menjalin hubungan satu malam dengan pria asing, ia biasanya hanya menjalani hubungan satu malam, tak lebih, ia tak pernah melakukan perselingkuhan dua kali dengan pria yang sama. Sampai ia bertemu dengan Aleksi (Jasper Paakkonen) yang membuatnya terobsesi dan menyadari bahwa ada yang salah dengan dirinya.

15. Asylum (2005)

"Asylum" adalah sebuah film drama keluaran tahun 2005 yang disutradarai oleh David Mackenzie sementara dibagian penulisan skenario ceritanya ada Patrick Marber dan Chrysanthy Balis. Film ini diproduksi oleh Mace Neufeld Productions, Samson Films, Seven Arts Productions dan Zephyr Films Ltd serta didistribusikan oleh Paramount Classics. Film ini merupakan adaptasi novel berjudul sama karya Patrick McGrath.

Dr. Max Raphael (Hugh Bonneville) dan istrinya, Stella Raphael (Natasha Richardson), pindah ke lingkungan sebuah rumah sakit jiwa setelah Max mendapatkan pekerjaan disana. Stella kemudian tergoda pada seorang pasien bernama Edgar Stark (Marton Csokas), seorang pasien yang dulu pernah membunuh dan memutilasi istrinya karena rasa cemburu.

Film yang cukup sakit dengan ending yang bisa dibilang tragis.

16. Match Point (2005)

"Match Point" adalah film rilisan tahun 2005 yang disutradarai dan ditulis ceritanya oleh Woody Allen. Untuk para pemainnya ada Jonathan Rhys Meyers, Scarlett Johansson, Emily Mortimer, Matthew Goode, Brian Cox dan Penelope Wilton.

Chris Wilton (Jonathan Rhys Meyers) adalah mantan petenis yang memilih pensiun dini dan bekerja sebagai pengajar tenis. Ia kemudian bertemu dengan Tom Hewett (Matthew Goode) dan berteman baik dengannya. Chris lalu bertemu dengan adik Tom, Chloe Hewett (Emily Mortimer), dan mereka menjalin hubungan. Namun, Chris mulai tergoda dengan Nola Rice (Scarlett Johansson) yang merupakan tunangan Tom.

Film ini menggambarkan tentang kerakusan, moralitas, nafsu, uang dan keberuntungan dalam hidup. Di film ini ada Scarlett Johansson, dia adalah pemeran Black Widow di MCU. Kalian tertarik melihat Black Widow melakukan adegan panas, kalian akan melihatnya di film ini, meskipun aksinya di film ini bukan yang paling frontal yang pernah ia mainkan.

17. Derailed (2005)

"Derailed" adalah film kriminal thriller yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya James Siegel. Film ini diarahkan oleh Mikael Håfström serta dibintangi Clive Owen, Jennifer Aniston, Vincent Cassel, Giancarlo Esposito, David Morrissey, RZA dan Xzibit. Ini merupakan film pertama yang dirilis oleh The Weinstein Company di Amerika Serikat.

Charles Schine (Clive Owen) adalah seorang yang bekerja di bidang periklanan. Ia sudah memiliki istri serta seorang putri yang menderita diabetes dan membutuhkan pengobatan. Suatu pagi saat di dalam kereta untuk berangkat kerja, ia bertemu dengan seorang wanita bernama Lucinda Harris (Jennifer Aniston). Charles kemudian menjalin perselingkuhan dengan Lucinda, namun saat di hotel mereka di rampok oleh seorang kriminal dan orang tersebut mulai memeras Charles.

"Derailed" hanya mendapatkan rating 21% dari 126 penilaian di Rotten Tomatoes. Ya, saya tidak bohong, hanya 21%. Tapi, entahlah saya justru cukup menikmati film ini.

18. My Brother's Wife (2005)/La mujer de mi hermano (2005)

"My Brother's Wife" adalah sebuah film adaptasi novel karya Jaime Bayly. Film yang memiliki judul lain "La mujer de mi hermano" ini diarahkan oleh Ricardo de Montreuil. Sementara untuk jajaran cast-nya ada Barbara Mori, Manolo Cardona, Christian Meier dan Angelica Aragon.

Zoe (Barbara Mori) dan Ignacio (Christian Meier) adalah sepasang suami istri yang tidak bisa punya anak, setidaknya itulah yang mereka kira. Selain tidak mampu memiliki keturunan, Zoe juga merasa tidak mendapatkan kepuasan secara seksual dari sang suami. Ia kemudian terlibat perselingkuhan dengan adik iparnya sendiri, Gonzalo (Manolo Cardona).

Membaca sekilas ceritanya di atas mungkin akan mengingatkan kalian dengan premis film-film JAV, itu juga kalau kalian pernah menontonnya, kalau tidak, syukurlah, setidaknya kalian belum terkontaminasi hal-hal negatif seperti itu. Tapi, sebenarnya film ini terkesan tanggung, adegan panasnya sebenarnya tidak terlalu panas, bahkan di daftar ini ada yang jauh lebih vulgar. Dari segi cerita pun sebenarnya tidak terlalu kuat, hanya saja untuk kalian yang ingin menonton film perselingkuhan tanpa berekspektasi pada kualitas secara keseluruhan, film ini masih layak untuk ditonton.

19. Survival Island (2005)/Three (2005)

"Survival Island" atau dikenal juga dengan judul "Three" adalah sebuah film arahan sutradara Stewart Raffill dan dibintangi oleh Billy Zane, Kelly Brook serta Juan Pablo Di Pace.

Tiga orang terdampar di sebuah pulau terpencil setelah kapal mereka meledak. Mereka adalah Jack (Billy Zane) dan Jenny (Kelly Brook), sepasang kekasih kaya raya serta Manuel (Juan Pablo Di Pace), salah seorang awak kapal. Usaha mereka untuk bertahan hidup semakin sulit setelah Jenny terlibat perselingkuhan dengan Manuel dan membuat keadaan kacau.

Film perselingkuhan yang lumayan menarik karena ada unsur survival-nya.

20. Little Children (2006)

"Little Children" adalah sebuah film drama arahan sutradara Todd Field. Film ini merupakan adaptasi novel berjudul sama karya Tom Perrotta, dimana di film ini Tom juga menulis skenarionya bersama Todd. Film ini dibintangi Kate Winslet, Patrick Wilson, Jennifer Connelly, Jackie Earle Haley, Noah Emmerich, Gregg Edelman, Phyllis Somerville dan Will Lyman.

"Little Children" akan menceritakan Sarah Pierce (Kate Winslet) dan Brad Adamson (Patrick Wilson), mereka berdua adalah orang-orang yang kurang menikmati pernikahan mereka masing-masing hingga akhirnya terlibat perselingkuhan. Selain mereka berdua, ada juga Ronnie (Jackie Earle Haley), seorang pelaku kejahatan seksual terhadap anak kecil yang baru saja keluar dari penjara dan mendapatkan penolakan dari masyarakat sekitarnya. Sementara itu, ada juga Larry Hedges (Noah Emmerich), ia adalah mantan polisi yang dulu pernah melakukan kesalahan.

"Little Children" berhasil mendapatkan 3 nominasi Academy Awards yakni Best Actress untuk Kate Winslet, Best Supporting Actor untuk Jackie Earle Haley serta Best Adapted Screenplay untuk Todd Field dan Tom Perrotta.

21. Notes on a Scandal (2006)

"Notes on a Scandal" adalah film tahun 2006 dari Inggris yang disutradarai oleh Richard Eyre, sementara di bagian produser ada Robert Fox serta Scott Rudin. Film yang naskah skenarionya ditulis oleh Patrick Marber ini merupakan adaptasi novel berjudul sama keluaran tahun 2003 karya Zoe Heller. Dua bintang utama film ini adalah Judi Dench dan Cate Blanchett. Film berdurasi 91 menit ini berhasil menjadi nominasi di empat kategori pada ajang Academy Award, yakni Best Actress, Best Supporting Actress, Best Adapted Screenplay dan Best Original Score.

Barbara Covett (Judi Dench) adalah seorang wanita tua yang masih bekerja sebagai guru di sebuah sekolah. Ia kemudian berteman dengan guru seni baru di sekolah tempat ia mengajar, Sheba Hart (Cate Blanchett). Ternyata Sheba berselingkuh dengan salah satu murid yang masih berusia 15 tahun. Barbara coba memanfaatkan situasi karena ternyata ia menginginkan lebih dari sekadar pertemanan dengan Sheba.

22. The Painted Veil (2006)

"The Painted Veil" adalah film drama tahun 2006 yang merupakan adaptasi dari novel berjudul sama keluaran tahun 1925 karya W. Somerset Maugham. Film ini diarahkan oleh John Curran dengan skenario yang ditulis oleh Ron Nyswaner. Untuk para pemainnya ada Edward Norton, Naomi Watts, Toby Jones, Anthony Wong Chau Sang dan Liev Schreiber.

Walter Fane (Edward Norton) adalah seorang dokter yang sedang manangani wabah kolera di sebuah desa terpencil di Cina dan terjebak dalam pernikahan tanpa cinta dengan istri yang tak setia.

23. Tristan + Isolde (2006)

"Tristan + Isolde" adalah sebuah film drama-romantic yang disutradarai oleh Kevin Reynolds dan merupakan adaptasi legenda kisah abad pertengahan, Tristan dan Isolde. Jujur saya baru tahu kisah ini saat menonton film ini dan saya harus akui kisah cinta antara Tristan dan Isolde yang ditampilkan di film "Tristan + Isolde" ini (saya tidak tahu kalau ada versi lain dari cerita Tristan dan Isolde) tak kalah tragisnya dengan kisah yang lebih populer, Romeo dan Juliet. Di bagian produser ada Ridley Scott dan Tony Scott sementara para pemainnya ada James Franco, Sophia Myles, Rufus Sewell, Mark Strong serta Henry Cavill.

Sederhananya, "Tristan + Isolde" menceritakan perselingkuhan seorang istri raja dengan anak angkat dari sang raja. Ya, itu secara sederhananya dan jika kita berfokus pada tema perselingkuhannya. Namun, keseluruhan cerita tidak sesederhana itu. Ada intrik perebutan kekuasaan antar kelompok di film ini.

24. The Duchess (2008)

"The Duchess" adalah sebuah film drama tahun 2008 asal Britania Raya yang diarahkan oleh Saul Dibb. Film ini berdasarkan biografi karya Amanda Foreman yang menceritakan Georgiana Cavendish, seorang aristokrat Inggris yang hidup di akhir abad ke-18. Film ini dirilis pada September 2008 di Britania Raya dan berhasil memenangkan kategori Best Costume Design di Academy Awards, juga masuk nominasi pada kategori Best Art Direction di ajang tersebut.

"The Duchess" menceritakan kisah hidup Georgiana (Keira Knightley), seorang aristokrat Inggris yang menikah dengan seorang bangsawan, William Cavendish (Ralph Fiennes). Georgiana mulai mengalami masalah dalam rumah tangganya ketika ia tidak kunjung memberikan anak laki-laki untuk penerus sang suami. William mulai melakukan perselingkuhan dengan wanita lain, di lain sisi Georgiana kembali bertemu dan menjalin hubungan dengan Charles Grey (Dominic Cooper), teman masa kecilnya.

Pihak lelaki dan wanita disini memang melakukan perselingkuhan dan rasa simpati kita kadang dipermainkan di film ini. Kadang kita merasa Georgiana yang lebih tersakiti, di momen yang lain kita juga ditunjukan bahwa William juga tak sepenuhnya menikmati situasi yang terjadi, keharusan untuk memiliki anak laki-laki sebagai pewaris takhta juga kadang membebani William bukan hanya Georgiana. Bagaimana dengan ending-nya? Kalian nilai sendiri saja.

25. A Frozen Flower (2008)

"A Frozen Flower" adalah sebuah film dari Korea Selatan yang dirilis pada tahun 2008. Film ini disutradarai oleh Yoo Ha serta dibintangi Jo In-sung, Joo Jin-mo dan Song Ji-hyo. Di Korea Selatan film ini menempati posisi keenam sebagai film yang paling banyak ditonton pada tahun 2008 dengan penjualan tiket mencapai 3.772.976 tiket.

Sederhananya, "A Frozen Flower" tentang cinta segitiga antara raja, permaisuri dan pengawal raja. Hati-hati ketika menonton film ini karena ada adegan yang bikin perih mata, khususnya untuk laki-laki.

26. The Other Man (2008)

"The Other Man" adalah sebuah film drama arahan sutradara Richard Eyre. Richard yang sebelumnya sukses mengarahkan film "Notes on a Scandal" sampai masuk di empat nominasi Academy Awards kali ini bisa dibilang gagal dengan "The Other Man". Meskipun film ini dibintangi pemain-pemain kelas atas yakni Liam Neeson, Antonio Banderas dan Laura Linney, "The Other Man" hanya mendapatkan penghasilan di angka $1 juta sementara biaya produksinya mencapai $15 juta.

"The Other Man" akan menceritakan kisah seorang pria bernama Peter Riley (Liam Neeson) yang mencoba melacak keberadaan selingkuhan istrinya.

Meskipun gagal dari segi pendapatan dan penilaian dimana film ini mendapatkan rating 15% di Rotten Tomatoes, tapi karena unsur perselingkuhannya menurut saya lumayan, maka "The Other Man" masih layak masuk dalam daftar ini.

27. Chloe (2009)

Diarahkan oleh sutradara Atom Egoyan, "Chloe" merupakan sebuah remake dari film Prancis yang berjudul "Nathalie...". Film ini dibintangi Julianne Moore, Liam Neeson dan Amanda Seyfried. Untuk penulis naskah skenarionya ada Erin Cressida Wilson.

Dr. Catherine Stewart (Julianne Moore) adalah seorang ginekolog yang curiga bahwa suaminya, David Stewart (Liam Neeson), melakukan perselingkuhan. Ia kemudian menyuruh seorang wanita bernama Chloe Sweeney (Amanda Seyfried) menggoda David untuk melihat seberapa besar kesetiaannya.

Film ini mendapatkan ulasan beragam namun dari pendapatan ini merupakan film dengan pendapatan terbesar jika dibandingkan dengan film-film arahan Egoyan sebelumnya.

28. Du yeoja (2010)/Love in Between (2010)

"Love in Between" adalah sebuah film Korea Selatan keluaran tahun 2010 yang disutradarai oleh Jeong Yun-su. Film ini merupakan adaptasi dari film Finlandia keluaran tahun 2007 yang berjudul "Black Ice".

Ketika menemukan bahwa suaminya berselingkuh, Han So-young (Shin Eun-kyung), mencoba mendekati selingkuhan suaminya tersebut. Hubungan kedua wanita itu kemudian semakin dekat.

Film berdurasi 105 menit ini merupakan film tentang kisah cinta segitiga yang lumayan menarik dengan ending yang juga cukup tragis untuk semua pihak di film ini.

29. L'envahisseur (2011)/The Invader (2011)

"The Invader" atau yang memiliki judul asli "L'envahisseur" ini merupakan film drama asal Belgia yang diarahkan oleh Nicolas Provost. Film ini ditayangkan di beberapa festival film internasional pada 2011, salah satunya di Toronto International Film Festival. Film ini juga berhasil menjadi nominasi pada kategori Best Production Design dan Best Supporting Actor di ajang penghargaan Magritte Award. Sementara pada Flanders International Film Festival Ghent, film berdurasi 107 menit ini berhasil menjadi pemenang Best Original Music dan Sound Design.

"The Invader" menceritakan tentang seorang imigran ilegal dari Afrika yang mencoba mencari kehidupan lebih baik di Brussels, Belgia. Namun, ia malah terlibat banyak masalah disana dari mulai membuat keributan dengan bosnya sampai tergoda oleh seorang wanita cantik yang sudah memiliki suami.

"The Invader" memiliki adegan interracial sex, dan ini adalah adegan interracial sex terpanas yang yang pernah saya tonton.

30. Take This Waltz (2011)

"Take This Waltz" adalah sebuah film romance, komedi dan drama yang dirilis pada tahun 2011. Film ini disutradarai oleh Sarah Polley yang juga menjadi penulis ceritanya. Polley juga menjadi produser di film ini bersama Susan Cavan. Film berdurasi 116 menit ini dibintangi oleh Michelle Williams, Seth Rogen, Luke Kirby dan Sarah Silverman.

Margot (Michelle Williams) adalah seorang wanita yang sudah berumah tangga dan bisa dibilang hidup bahagia. Sampai suatu ketika di ia bertemu dengan Daniel (Luke Kirby), seorang seniman yang ternyata tinggal di dekat rumah Margot. Margot kemudian tergoda oleh Daniel yang berujung dirinya harus memilih pilihan yang sulit.

Sebuah film yang kembali mempertemukan saya dengan karakter wanita yang sangat menjengkelkan setelah Summer di "(500) Days of Summer". Ending film ini sungguh tidak adil untuk suami Margot.

31. The Dilemma (2011)

"The Dilemma" diarahkan oleh sutradara Ron Howard dengan cerita yang ditulis oleh Allan Loeb. Untuk para pemainnya ada Vince Vaughn, Kevin James, Jennifer Connelly, Winona Ryder, Channing Tatum, dan Queen Latifah.

Ronny (Vince Vaughn) dan Nick (Kevin James) adalah sahabat dekat yang sedang mendapatkan proyek agar perusahaan mereka bisa berkembang. Namun, di tengah usaha mereka, Ronny memergoki bahwa Geneva (Winona Ryder), istri Nick, melakukan perselingkuhan di belakang Nick. Kini Ronny dihinggapi dilema yang luar biasa antara memberitahu Nick dengan resiko mengacaukan proyek mereka atau menyimpan rahasia itu dan menanggung beban moral yang berat.

Film yang dirilis oleh Universal Pictures pada 14 Januari 2021 ini sebenarnya mendapatkan penilaian yang buruk dari kritikus bahkan pendapatannya juga tidaklah memuaskan bahkan mungkin bisa dibilang mengecewakan karena tidak mampu menutupi biaya produksinya yang diperkirakan mencapai $70 juta, dimana "The Dilemma" hanya mendapatkan pendapatan sebesar $69,7 juta. Tapi, saya tertarik dengan ceritanya dimana film ini tidak berfokus pada pelaku atau korban perselingkuhan melainkan saksinya yang merupakan teman dari si korban.

32. The Descendants (2011)

"The Descendants" adalah sebuah film drama keluaran tahun 2011 dari Amerika Serikat yang disutradarai oleh Alexander Payne. Naskah skenarionya yang ditulis oleh Payne, Nat Faxon, dan Jim Rash merupakan adaptasi novel berjudul sama keluaran tahun 2007 karya Kaui Hart Hemmings. Film ini dibintangi oleh George Clooney, Shailene Woodley, Amara Miller, Beau Bridges, Judy Greer, Matthew Lillard, dan Robert Forster. "The Descendants" dirilis pada 18 November 2011 oleh Fox Searchlight Pictures setelah sebelumnya ditayangkan di Toronto International Film Festival.

Matt (George Clooney) mencoba memperbaiki hubungannya dengan kedua putrinya setelah istrinya koma karena sebuah kecelakaan. Ia kemudian dihadapkan pada permasalahan lainnya setelah ia mengetahui bahwa istrinya ternyata berselingkuh di belakangnya.

"The Descendants" sukses secara ulasan dan komersial dengan berhasil mengumpulkan pendapatan sebesar $177 juta dari modal produksi yang hanya $20 juta. Film ini juga berhasil masuk menjadi nominasi dalam 5 kategori pada pagelaran Academy Awards ke-84. Selain itu pada ajang Golden Globe Awards, film berdurasi 115 menit ini berhasil keluar sebagai pemenang Best Picture - Drama dan Best Actor – Drama untuk Clooney. Akting Clooney disini memang luar biasa, pergulatan batin karakter yang ia perankan berhasil ia tunjukkan dengan maksimal.

33. 28 Hotel Rooms (2012)

"28 Hotel Rooms" adalah debut penyutradaraan Matt Ross untuk film panjang. Film berdurasi 82 menit ini dibintangi oleh Chris Messina dan Marin Ireland.

"28 Hotel Rooms" akan menceritakan seorang novelis dan seorang akuntan yang bertemu saat sedang dalam kunjungan untuk pekerjaan mereka masing-masing. Mereka kemudian menjalin hubungan, meskipun mereka tahu bahwa masing-masing dari mereka sudah memiliki pasangan. Hubungan yang awalnya dari one night stand ini terus berlanjut untuk waktu yang cukup lama, dimana mereka akan bertemu di sebuah hotel yang jauh dari tempat tinggal mereka.

"28 Hotel Rooms" menyajikan film perselingkuhan yang unik namun mungkin tidak bisa dinikmati semua orang karena keseluruhan film hanya berfokus pada kedua karakter utama ketika bertemu di hotel, bahkan nama dari kedua karakter utamanya juga tidak disebutkan. Film ini akan membuat kita sedikit berempati pada kedua pasangan yang menjalin hubungan gelap tersebut, di beberapa momen kita mungkin mengharapkan kalau mereka berdua bersatu saja dan meninggalkan pasangan mereka masing-masing.

34. En kongelig affære (2012)/A Royal Affair (2012)

"A Royal Affair" atau yang memiliki judul lain "En kongelig affære" ini adalah sebuah film historical drama yang disutradarai oleh Nikolaj Arcel sementara untuk para pemainnya ada Mads Mikkelsen, Alicia Vikander, dan Mikkel Folsgaard.

"A Royal Affair" menceritakan kisah seorang ratu yang berselingkuh dengan dokter pribadi raja. Film ini memasukkan unsur-unsur politik yang cukup seru ke dalam ceritanya dan juga semakin menarik karena ternyata ini diangkat dari kisah nyata. Ending-nya lumayan bikin nyesek.

"A Royal Affair" berhasil mendapatkan 2 Silver Bears di Berlin International Film Festival. Film berdurasi 137 menit ini juga menjadi nominasi di kategori Best Foreign Language Film pada ajang penghargaan Academy Awards dan Golden Globe Awards.

35. Locke (2013)

"Locke" adalah sebuah film psychological-drama yang disutradarai dan ditulis oleh Steven Knight. Film ini didistribusikan oleh A24 dan dibintangi oleh Tom Hardy, Olivia Colman, Ruth Wilson, Andrew Scott, Ben Daniels, Tom Holland dan Bill Milner.

Ivan Locke (Tom Hardy), seorang pria yang sudah beristri, mengendarai mobil menuju London untuk menemui selingkuhannya yang sedang melahirkan anaknya. Ia mempertaruhkan keluarga dan pekerjaannya dengan keputusannya tersebut.

Yang unik dari film berdurasi 85 menit ini adalah hanya Hardy seorang yang tampil di layar, aktor dan aktris lainnya yang saya sebutkan di atas hanya muncul dalam bentuk suara saja. Bagaimana kita bisa kuat selama 85 menit hanya menonton seorang pria mengendarai mobilnya menuju London? Nyatanya, film ini jauh dari kata membosankan, setidaknya itu yang saya rasakan ketika menontonnya. Sepanjang film, sedikit demi sedikit kita akan mengetahui konflik yang dialami karakter Locke ini, dari mulai pekerjaannya, keluarganya dan tentu saja perselingkuhannya. Semuanya disajikan dengan rapi lewat percakapan di telepon, mudah kita cerna dan berhasil membawa kita masuk merasakan lebih dalam pada konflik satu malam yang dihadapai si karakter tersebut. Hidup ini memang kadang mengerikan, kita bisa kehilangan semuanya hanya dalam satu malam. Keseruan film ini tak lepas dari performa akting Hardy yang keren parah, ia berhasil menjadi aktor terbaik pada Los Angeles Film Critics Association Award.

36. 5 to 7 (2014)

Dirilis pada 3 April 2015, film "5 to 7" disutradarai dan ditulis oleh Victor Levin. Untuk para pemainnya ada Anton Yelchin, Bérénice Marlohe, Olivia Thirlby, Lambert Wilson, Frank Langella, dan Glenn Close.

Seorang penulis muda berusia 24 tahun, Brian Bloom (Anton Yelchin), menjalin hubungan dengan seorang wanita berusia 33 tahun yang sudah menikah, Arielle Pierpont (Berenice Marlohe). Uniknya, hubungan tersebut diketahui dan diperbolehkan oleh suami Arielle dengan aturan Brian dan Arielle hanya bisa bertemu dari jam 5 sore sampai 7 malam.

37. Madame Bovary (2014)

Film "Madame Bovary" ini diarahkan oleh sutradara Sophie Barthes dan ceritanya mengadaptasi novel berjudul sama dari Prancis keluaran tahun 1856 karya Gustave Flaubert. Barthes juga menjadi penulis naskah film ini bersama Felipe Marino sementara untuk para pemainnya ada Mia Wasikowska, Rhys Ifans, Ezra Miller, Logan Marshall-Green, Henry Lloyd-Hughes, Laura Carmichael, Olivier Gourmet, dan Paul Giamatti.

Emma Bovary (Mia Wasikowska), seorang wanita yang baru saja menikah merasakan ketidakbahagiaan dalam hidupnya. Kini, ia mencari sesuatu yang baru yang bisa membahagiakannya, tak peduli apa resikonya.

38. yeo-ja jeon-jaeng: bi-yeol-han geo-lae (2015)/Female War - Lousy Deal (2015)

Ini adalah film semi Korea. Film semi Korea memang cukup menarik karena berbeda dengan JAV (Japanese Adult Video) yang kontennya 90% adegan dewasa dan 10% cerita. Film semi Korea cukup seimbang antara adegan dewasa dan ceritanya. Adegan panasnya cukup buka-bukaan yang membuat kita tidak penasaran namun ceritanya juga tidak terabaikan. "Female War - Lousy Deal" adalah salah satu semi Korea terbaik yang layak ditonton apalagi buat kalian yang mencari film bertemakan perselingkuhan.

Seorang wanita yang suaminya mengalami kecelakaan hingga matanya buta, membuat sebuah kesepakatan dengan seorang kakek untuk menjalin hubungan perselingkuhan dengannya untuk pertukaran matanya nanti.

Untuk sebagian orang mungkin adegan panas disini agak-agak gimana gituh, karena adegannya antara seorang kakek dan wanita muda cantik.

39. The Boy Next Door (2015)

"The Boy Next Door" disutradarai oleh Rob Cohen dengan cerita yang ditulis oleh Barbara Curry. Film berdurasi 90 menit ini sebenarnya mendapatkan ulasan yang buruk namun sukses secara komersial dengan berhasil mengantongi $52,4 juta dari modal yang hanya $4 juta. Untuk para pemainnya ada Jennifer Lopez, Ryan Guzman, Ian Nelson, John Corbett, dan Kristin Chenoweth.

Claire Peterson (Jennifer Lopez) adalah seorang wanita yang sedang berpisah rumah dengan suaminya karena suaminya ketahuan selingkuh. Kini Claire tinggal bersama putranya, Kevin (Ian Nelson). Ia kedatangan seorang tetangga baru bernama Noah Sandborn (Ryan Guzman), seorang pemuda yang diawal terlihat baik namun ternyata menyimpan masa lalu yang misterius. Claire dan Noah kemudian menjalin hubungan satu malam yang ternyata membawa bencana dan bahaya bagi hidup Claire.

40. Careful What You Wish For (2015)

"Careful What You Wish For" adalah film dari Amerika Serikat yang di sutradarai oleh Elizabeth Allen Rosenbaum sementara di bagian penulisan ceritanya ada Chris Frisina. Untuk para pemain ada Nick Jonas, Isabel Lucas, Paul Sorvino, Kandyse McClure, Graham Rogers, dan Dermot Mulroney. Film ini dirilis pada 10 Juni 2016 di Amerika Serikat oleh Starz Digital.

Doug (Nick Jonas) adalah seorang pemuda yang belum pernah memiliki hubungan dengan wanita lainnya. Ia kemudian tergoda oleh istri tetangga barunya dan mulai menjalin hubungan dengannya. Doug tidak sadar hubungannya tersebut mengarah pada sebuah hal yang tidak ia bayangkan sebelumnya.

Cerita film ini terinspirasi dari sebuah film berjudul "Body Heat" yang dirilis pada tahun 1981.

41. Avouterie (2015)/Adulterers (2015)

"Adulterers" yang memiliki judul lain "Avouterie" ini adalah sebuah film drama tahun 2015 yang disutradarai dan ceritanya ditulis oleh H. M. Coakley. Film berdurasi 91 menit ini dibintangi oleh Sean Faris, Mehcad Brooks, Danielle Savre, Stephanie Charles, dan Steffinnie Phrommany.

Samuel (Sean Faris) pulang ke rumahnya untuk memberikan kejutan pada istrinya karena hari ini adalah hari anniversary pernikahan mereka. Namun, sesampainya di rumah ia mendapati istrinya sedang berselingkuh dengan pria lain. Apa tindakan yang akan diambil oleh Samuel? Apakah sesuatu yang akan ia sesali?

Di bagian awal tertulis keterangan based on true story tapi saya tidak menemukan informasi kejadian mana yang menjadi inspirasi film ini. Entahlah, mungkin itu hanya gimmick atau bagaimana saya kurang tahu.

42. Newness (2017)

"Newness" disutradarai oleh Drake Doremus dengan skenario yang ditulis oleh Ben York Jones. Untuk para pemainnya ada Nicholas Hoult, Laia Costa, Courtney Eaton, Danny Huston, Jessica Henwick, dan Esther Perel. Film pertama kali ditayangkan di Festival Film Sundance pada 25 Januari 2017 kemudian dirilis secara komersial pada 3 November 2017.

Martin (Nicholas Hoult) dan Gabi (Laia Costa) adalah pasangan yang bertemu melalui aplikasi kencan online. Hubungan mereka yang awalnya indah dan bergairah kemudian mulai dihadapkan pada masalah soal kejujuran satu sama lain.

43. An Affair (2018)

"An Affair" adalah sebuah film drama yang berasal dari Norwegia. Film berdurasi 92 menit ini disutradarai oleh Henrik Martin Dahlsbakken dan dirilis secara komersial pada 5 Oktober 2018 di Norwegia.

Anita (Andrea Bræin Hovig) mendapatkan pekerjaan barunya sebagai seorang guru di sebuah sekolah SMA. Ia kemudian mendapati dirinya selalu diikuti oleh orang misterius yang ternyata adalah muridnya, Markus (Tarjei Sandvik Moe). Anita kemudian menjalin hubungan dengan Markus walaupun ia sudah memiliki suami.

"An Affair" memiliki beberapa adegan panas dengan ending-nya yang cukup bikin jengkel, namun bukan berarti jelek. Film ini menunjukan konsekuensi dari perselingkuhan, ditambah fakta bahwa ini adalah hubungan antara guru dan murid yang semakin menambah parah keadaan di akhir.

44. Wanbyeokhan tain (2018)/Intimate Strangers (2018)

Film asal Korea Selatan ini memiliki cerita yang cukup unik. Menceritakan tentang sekelompok teman yang kembali berkumpul untuk merayakan salah satu diantara mereka yang pindah rumah. Mereka datang bersama pasangannya masing-masing, kecuali Young-bae yang datang sendiri karena pacarnya sedang sakit. Mereka kemudian melakukan sebuah permainan dimana mereka akan meletakkan ponsel mereka di atas meja dan setiap pesan, panggilan bahkan email akan diketahui oleh semuanya. Permainan ini kemudian membuka rahasia masing-masing dari mereka.

"Intimate Strangers" merupakan remake dari film asal Italia berjudul "Perfect Strangers" yang dirilis pada tahun 2016. Film ini diarahkan oleh Lee Jae-kyoo dengan naskah yang ditulis oleh Bae Se-young.

45. Balam balam balam (2018)/What a Man Wants (2018)

Bong-soo (Shin Ha-kyun) awalnya adalah seorang suami yang setia namun setelah menemani kakak iparnya berselingkuh ia pun mulai tergoda untuk berselingkuh. Ia kemudian mulai menjalin hubungan dengan seorang wanita bernama Jenny (Lee El), wanita yang sebelumnya menjadi selingkuhan kaka iparnya.

"What a Man Wants" adalah sebuah film perselingkuhan yang dibawakan dengan lebih humoris dan tidak terlalu serius. Cukup seru dan unik, karena kebanyakan film perselingkuhan yang masuk dalam daftar ini memiliki nuansa yang serius bahkan terkesan kelam.

Film "What a Man Wants" ini disutradarai oleh Lee Byeong-heon dimana ia juga menjadi penulis ceritanya bersama Jang Kyu-sung. Film berdurasi 100 menit asal Korea Selatan ini dibintangi Lee Sung-min, Shin Ha-kyun, Song Ji-hyo, dan Lee El.

46. Life Like (2019)

"Life Like" adalah sebuah film drama fiksi-ilmiah tahun 2019 yang disutradarai Josh Janowicz dan didistribusikan oleh Grindstone Entertainment Group. Film ini dibintangi Steven Strait, Addison Timlin, James D'Arcy dan Drew Van Acker.

James (Drew Van Acker) dan Sophie (Addison Timlin) adalah pasangan yang bahagia walaupun hidup tidak dalam kemewahan. James kemudian mendapatkan kabar bahwa ayahnya meninggal kemudian ia menjadi CEO dari sebuah perusahaan besar menggantikan ayahnya. Mereka berdua kini hidup sebagai orang kaya dengan beberapa pelayan di rumahnya, sayangnya Sophie merasa para pelayan agak mengganggu hidupnya hingga ia memutuskan untuk memecat mereka. Namun, ternyata mengurus rumah yang cukup besar bukanlah hal yang mudah bagi mereka berdua hingga akhirnya mereka membeli sebuah robot yang bisa membantu pekerjaan rumah mereka. Kedatangan robot tersebut justru membawa masalah baru bagi keluarga James ketika si robot mulai merasakan emosi dan semakin manusiawi.

Ketika selingkuh dengan manusia sudah terlalu mainstream, "Life Like" menyuguhkan perselingkuhan dengan sebuah robot, meskipun ya tampilan robotnya seperti manusia namun perilakunya memang seperti robot.

47. Palm Swings (2019)

"Palm Swings" dirilis pada 3 Oktober 2019 di Amerika Serikat dan merupakan sebuah film besutan sutradara Sean Hoessli dengan cerita yang ditulis oleh Amanda Lockhart. Untuk jajaran cast-nya ada Tia Carrere, Sugar Lyn Beard, Jason Lewis, Diane Farr, Madison McKinley, Gentry White, Jackson Davis, Trish Cook dan lain-lain.

Allison (Sugar Lyn Beard) dan Mark (Jackson Davis) adalah pasangan muda yang baru saja menikah kemudian pindah ke Palm Springs. Mereka kemudian masuk ke dalam gaya hidup yang aneh setelah mengetahui bahwa tetangga mereka adalah seorang swingers (orang yang suka bertukar pasangan).

Jika dilihat dari kualitas keseluruhan, film ini memang tidak ada apa-apanya. Tapi, jika kalian ingin menonton film perselingkuhan yang agak liar dan bikin sedikit gerah, rasanya "Palm Swings" harus kalian tonton, bukan bersama keluarga tentunya.

48. Vernost (2019)

"Vernost" atau yang memiliki judul lain "Fidelity" ini merupakan film drama asal Rusia yang diarahkan oleh Nigina Sayfullaeva.

Lena (Evgeniya Gromova), seorang wanita berusia 30-an sedang menjalani kehidupannya yang bisa dibilang cukup berhasil. Pekerjaannya sebagai dokter kandungan berjalan lancar dan ia juga punya suami seorang pemain teater. Namun, kehidupan seks Lena dan suaminya bisa dibilang bermasalah. Meskipun begitu, Lena tampak baik-baik saja sampai ia mencurigai suaminya berselingkuh. Tidak ambil pusing, Lena juga malah melakukan perselingkuhan tanpa mencari tahu terlebih dahulu kebenaran terkait dugaan perselingkuhan suaminya.

Film ini terbilang cukup erotis dengan visualnya yang terbilang berani, namun bukan berarti film ini nihil kualitas dan hanya menjual adegan-adegan panasnya. Film ini menunjukkan bagaimana pentingnya keterbukaan antara pasangan dan saling mengungkapkan apapun yang dirasa kurang dari hubungan yang sedang dijalani.

49. Dronningen (2019)/Queen of Hearts (2019)

"Queen of Hearts" adalah film asal Denmark yang disutradarai oleh May el-Toukhy yang juga menjadi penulis naskah ceritanya bersama Maren Louise Kaehne. Film ini pertama kali ditayangkan pada 26 Januari 2019 di Festival Film Sundance. Sempat menjadi wakil Denmark untuk kategori Best International Feature Film di Academy Awards namun gagal masuk nominasi.

Cerita "Queen of Hearts" sendiri akan mengikuti hubungan terlarang antara seorang wanita dengan anak tirinya. Sebuah cerita yang cukup tabu untuk diangkat ke dalam sebuah film mainstream.

50. Obsession (2019)

"Obsession" adalah sebuah film thriller keluaran tahun 2019 yang disutradarai oleh Goran Dukic dengan naskah cerita yang ditulis Michael Andrews. Film yang dirilis pada 27 September 2019 ini dibintangi oleh Mekhi Phifer, Elika Portnoy, Brad Dourif, Ruben Santiago-Hudson, dan Kerry Cahill.

Sonny (Mekhi Phifer), seorang mekanik yang sedang kesulitan mencari kerja, menyelamatkan seorang pria tua bernama George (Brad Dourif) yang hendak dirampok. Sebagai upaya balas budi, George memberikan pekerjaan pada Sonny di tempatnya.

George yang sudah tua ternyata memiliki seorang istri muda yang cantik bernama Larissa (Elika Portnoy). Sonny kemudian menjalin hubungan gelap dengan Larissa yang menuntun mereka pada tindakan yang melebihi batas.

Bukan sebuah film perselingkuhan yang menyuguhkan sesuatu yang luar biasa, tapi setidaknya lumayan menghibur dan ada plot twist di akhirnya. Untuk kalian penyuka interracial sepertinya juga akan terhibur dengan "Obsession". 🤭

51. Ammonite (2020)

"Ammonite" adalah film drama-romance yang dirilis pada tahun 2020 dan disutradarai oleh Francis Lee. Ceritanya berdasarkan kisah hidup seorang ahli paleontologi bernama Mary Anning. Film akan berfokus pada hubungan Anning dan wanita bernama Charlotte Murchison. Untuk para pemainnya ada Kate Winslet, Saoirse Ronan, Gemma Jones, James McArdle, Alec Secareanu, dan Fiona Shaw.

Berlatar tahun 1840-an di Inggris, Mary Anning (Kate Winslet), seorang wanita pemburu fosil yang diakui namun terabaikan serta Charlotte Murchison (Saoirse Ronan), seorang wanita yang sedang menjalani pemulihan diri melalui laut terlibat hubungan yang intens dan dalam.

"Ammonite" berhasil menjadi nominasi pada ajang British Independent Film Awards di kategori Best Costume Design dan Best Make Up & Hair Design. Harus diakui, penggambaran abad ke-19 baik itu dari tempat, pakaian, dan makeup di film ini memang sangatlah terasa.

Ini adalah film lesbian dan ada adegan seks yang cukup parah, jadi berhati-hatilah ketika menonton film ini dan jika kalian memang tidak nyaman dengan adegan seks semacam ini bisa melewatkan film ini. Walaupun film ini mengambil kisah hidup seseorang yang benar-benar ada di dunia nyata, tapi keakuratan sejarah film ini dipertanyakan khususnya menyangkut orientasi seksual sang karakter utama. Dua kerabat jauh Anning memiliki pandangan berbeda terkait hal ini, Lorraine Anning mendukung film ini sementara Barbara Anning mengkritik penggambaran Mary Anning sebagai lesbian.

Itulah tadi daftar film tentang perselingkuhan terbaik versi AzizPedia. Daftar ini dibuat menurut penilaian saya pribadi. Mungkin kalian tahu film bertemakan perselingkuhan yang seru lainnya dan belum masuk dalam daftar ini, silakan tulis judulnya di kolom komentar.

Keywords: film tentang perselingkuhan pernikahan, film tentang perselingkuhan pernikahan korea, Film Tentang Perselingkuhan Terbaik