Review dan Sinopsis Film Army of the Dead (2021)

"Army of the Dead" akan menceritakan sekelompok orang yang mempunyai misi membawa uang dari kota yang dipenuhi zombie.
Review dan Sinopsis Film Army of the Dead (2021).jpg

Setelah menggarap film bertemakan zombie berjudul "Dawn of the Dead" pada 2004 sebagai debut penyutradaannya, Zack Snyder kembali lagi membuat film bertemakan mayat hidup tersebut pada tahun 2021 ini. FYI, film ini tidak ada kaitannya dengan film "Dawn of the Dead" yang disutradarai Snyder dulu.

"Army of the Dead" adalah film bertemakan zombie produksi Netflix yang diarahkan oleh Snyder. Film ini kabarnya memakan biaya produksi hingga $70 juta, menjadikannya film zombie kedua dengan biaya produksi terbesar dibawah "World War Z".

Selain sebagai sutradara, Snyder juga menjadi penulis skenario untuk film ini dibantu oleh Shay Hatten dan Joby Harold. Sementara untuk para pemainnya ada Dave Bautista, Ella Purnell, Omari Hardwick, Ana de la Reguera, Theo Rossi, Matthias Schweighofer, Nora Arnezeder, Hiroyuki Sanada, Tig Notaro, Raúl Castillo, Huma Qureshi, Garret Dillahunt, Samantha Win, Richard Cetrone, dan Athena Perample. Dave Bautista sampai menolak tawaran bermain di film "The Suicide Squad" dan lebih memilih tampil di film ini. Entah apa alasannya, entah karena bayarannya atau apa saya kurang tahu.

Film ini dirilis di layanan streaming Netflix dan menjadi salah satu film dengan perilisan terbaik di platform tersebut berkat peraihan 72 juta penonton selama empat pekan pertamanya.

Sinopsis

Saat terjadi sebuah wabah virus zombie, pemerintah cepat tanggap dengan membuat blokade Las Vegas yang merupakan sarang zombie tersebut. Scott Ward mendapatkan tawaran pekerjaan untuk masuk kembali ke kota tersebut dengan tujuan mengambil uang yang ada di sebuah brankas. Dengan bayaran menggiurkan Scott Ward kemudian mengumpulkan orang-orang untuk melakukan misi berbahaya tersebut.

Review

Review mungkin mengandung spoiler!

Sebagai film zombie, "Army of the Dead" mencoba tampil layaknya "Zombieland" dan "Shaun of the Dead" dengan nuansa komedi yang sangat terasa. Harus diakui, humor di "Army of the Dead" cukup berhasil, sayangnya tidak dimaksimalkan, Zack Snyder malah mencoba bermain-main dengan menyuguhkan bumbu drama keluarga yang mana gagal total. Disini penampilan Dave Bautista memang tidak mendukung sama sekali untuk menekankan unsur dramanya, khususnya drama keluarganya.

Selain itu, tingkah bodoh salah satu karakter yang terkesan dipaksakan untuk memuluskan jalan cerita juga cukup mengganggu. Tonton saja, kalian akan tahu siapa karakter bodohnya, dengan motif tindakannya yang juga terasa lemah jika kita mempertimbangkan sebab akibat dari tindakan tersebut.

Di beberapa momen film ini juga terasa lambat dengan dialog tak berbobotnya. Kembali lagi, durasi ini disia-siakan untuk mencoba mendramatisir cerita lewat drama keluarganya yang seperti saya bilang di atas, gagal total.

Untuk akting saya tidak melihat yang spesial, satu-satunya yang mencuri perhatian adalah Matthias Schweighofer yang memerankan karakter Dieter dimana dia kerap jadi pusat humor di film ini. Dave Bautista justru melempem disini, salah satu momen dimana ia harusnya bertarung dengan emosional benar-benar hambar.

Yang saya suka datang dari konsep zombienya yang terkesan fresh. Zombie di film ini lebih mirip seperti suku pedalaman dengan satu kepala sukunya. Yang lebih unik, zombie disini bisa hamil. Memang tidak dijelaskan apakah si zombie wanita itu sudah hamil sebelum tergigit dan menjadi zombie atau hamil setelah menjadi zombie karena melakukan hubungan intim dengan sesama zombie. Agak gila juga sih membayangkannya. Kalian yang punya fetish zombie agak dikontrol ya pemikirannya, hehe.

Soal visual baik itu penggambaran zombie manusia, zombie harimau sampai kota yang hancur berhasil disuguhkan dengan sangat baik. Film ini tidak murahan kalau masalah visual, Zack Snyder memang selalu total kalau soal visual.

Kabarnya dua film prekuel "Army of the Dead" sudah disiapkan yaitu satu film berjudul "Army of Thieves" dan sebuah seri animasi berjudul "Army of the Dead: Lost Vegas". Menarik, meskipun "Army of the Dead" bukan sebuah film zombie terbaik yang pernah saya tonton tapi ceritanya memang harus diakui berpotensi untuk dikembangkan lebih luas lagi.

Rating: 7/10

Keywords: Review & Ulasan Sinopsis Alur Cerita Film Army of the Dead (2021), Informasi Lengkap, Daftar Pemain Kru, Fakta Unik, Trivia, Penghargaan, Full Movie Download Subtitle Bahasa Indonesia, Bluray, Mp4, Mkv, Avi, DVDRip, HD, IMDb, Wikipedia, Rotten Tomatoes, Review, Ulasan, Rating, Nilai, Plot, Sub Indo, Nonton Online Streaming, Trailer, LK21, Pahe, HBO Max Go, Netflix, Disney Plus Hotstar