Review dan Sinopsis Film Black Widow (2021)

"Black Widow" akan menceritakn kisah sang superhero wanita dari Avengers, Natasha Romanoff, serta mengungkap masa lalu sang superhero.
Review dan Sinopsis Film Black Widow (2021).jpg

 
     

"Black Widow" adalah film ke-24 dalam semesta MCU dan film ketiga MCU yang menjadi prekuel setelah sebelumnya ada "Captain America: The First Avengers" dan "Captain Marvel".

Film ini diarahkan oleh Cate Shortland setelah Chloe Zhao yang awalnya ditawari posisi ini lebih memilih menyutradarai proyek MCU lainnya, "Eternals". Sementara di bagian penulis skenario ada Eric Pearson yang pernah menulis cerita untuk film "Thor: Ragnarok", film lainnya dari semesta "MCU". Selain Pearson, ada nama Jac Schaefferdan Ned Benson yang juga turut andil di departemen penulisan film ini.

Film ini dirilis di Amerika Serikat pada 9 Juli 2021 dan juga bisa ditonton di layanan streaming Disney+ dengan premier access. Film ini memecahkan berbagai rekor saat pendemi dan berhasil mendapatkan pendapatan $379 juta dari seluruh dunia, menjadikannya film ke-7 terlaris di tahun 2021, setidaknya sampai saat postingan ini ditulis.

Untuk jajaran para pemainnya ada Scarlett Johansson, Florence Pugh, David Harbour, O-T Fagbenle, Olga Kurylenko, William Hurt, Ray Winstone, dan Rachel Weisz.

Sinopsis

Setelah menjadi buronan pasca "Captain America: Civil War", Natasha Romanoff (Scarlett Johansson) mencoba bersembunyi namun kemudian ia mengetahui fakta bahwa Red Room masih ada dan masih beroperasi sampai saat ini. Natasha kemudian kembali bertemu dengan orang-orang dari masa lalunya, Yelena (Florence Pugh), Alexei Shostakov (David Harbour), dan Melina (Rachel Weisz) . Bersama-sama mereka bekerja sama meruntuhkan Red Room.

Review

Perhatian, review mungkin mengandung spoiler!

"Black Widow" coba memberikan kita sentuhan emosional sayangnya itu jauh dari kata berhasil, drama keluarganya tidak berkesan sama sekali. Selama saya menonton film-film MCU memang belum ada film MCU yang berhasil memberikan sentuhan emosional kecuali "Endgame", itu pun sebenarnya tidak terlalu bagi saya pribadi. Kenapa "Black Widow" berani-beraninya mencoba hal tersebut, sangat beresiko dan hasilnya memang mengecewakan. Mungkin karena kita sudah tahu karakter Natasha sudah mati di "Endgame" makanya film ini mencoba lebih emosional, padahal kenyataannya fakta bahwa karakter Natasha sudah mati di "Endgame" dan ini merupakan film terakhir sang karakter tersebut tidak memberikan efek apa-apa.

Lelucon yang dihadirkan juga terasa hambar, kalau saja tidak ada seorang Red Guardian rasanya lelucon dan humor di film ini akan benar-benar terasa mati. Dialog-dialog yang dilemparkan antara karakter Natasha dan Yelena untuk memperkuat chemistry mereka juga tidak berdampak apa-apa, lucu enggak, berasa mendekatkan kedua karakter itu juga tidak.

Villain di film ini juga masuk kategori yang paling tidak berkesan diantara villain lain di MCU. Taskmaster yang saya pikir akan jadi lawan tangguh Natasha dan akan terjadi pertarungan hebat diantara mereka malah terasa disia-siakan begitu saja. Adegan laga di "Black Widow" juga biasa saja, tidak adanya pertarungan yang keren satu lawan satu di film ini jadi kekurangan tersendiri. Ada pertarungan satu lawan satu tapi sangat mengecewakan, jauh dibawah ekspektasi saya.

CGI di "Black Widow" sedikitnya berhasil menolong kualitas film ini dan berhasil menunjukkan kalau setidaknya ini bukan film murah. Apalagi di adegan akhir, jelas sekali kualitas CGI berperan dalam mempercantik film ini secara visual. Jika saja visual film ini ikut-ikutan busuk, maka itu pasti akan semakin parah.

Soal akting, saya justru lebih tertarik dengan penampilan David Harbour sebagai Red Guardian. Celotehannya mengingatkan saya dengan perannya di "Stranger Things" dan jujur saya suka itu. Yang lainnya? Hanya mencapai tahap baik-baik saja.

Menarik melihat bagaimana nanti peran karakter-karakter seperti Yelena, Taskmaster, dan Red Guardian di semesta MCU, apakah mereka akan dalam waktu dekat muncul kembali di salah satu film dan serial MCU atau justru disimpan terlebih dulu.

Saya menonton film ini sebagai seorang penonton umum yang tidak begitu mengikuti cerita versi komiknya, bagi saya karakter seperti Taskmaster dan Red Guardian adalah karakter yang benar-benar baru, berbeda dengan orang-orang yang membaca komiknya dan sudah tahu cerita mereka di komiknya.

Rating: 5/10

Keywords: Review & Ulasan Sinopsis Alur Cerita Film Black Widow (2021), Informasi Lengkap, Daftar Pemain Kru, Fakta Unik, Trivia, Penghargaan, Full Movie Download Subtitle Bahasa Indonesia, Bluray, Mp4, Mkv, Avi, DVDRip, HD, IMDb, Wikipedia, Rotten Tomatoes, Review, Ulasan, Rating, Nilai, Plot, Sub Indo, Nonton Online Streaming, Trailer, LK21, Pahe, HBO Max Go, Netflix, Disney Plus Hotstar