Pechka, Game Sederhana dengan Cerita yang Kelam

Pechka adalah sebuah game gratis di Android yang punya jalinan cerita yang menarik dan kelam tentang era 90-an awal di Rusia Timur Jauh.
Pechka, Game Sederhana dengan Cerita yang Kelam.jpg

 
     

Pechka adalah sebuah game Android yang datang dari developer MazM. Game ini memiliki pembawaan yang unik karena mengedepankan cerita sekelas novel. MazM memang dikenal dengan game-game semacam ini, Pechka menandai kelima kalinya developer satu ini membuat game dengan konsep serupa.

Game Pechka bisa kalian download secara gratis lewat Play Store untuk perangkat Android. Game yang di Play Store dirilis pada 20 April 2021 ini sudah di-download sebanyak 100 ribu kali dan mendapatkan rating 4,2/5 dari sekitar 6 ribu ulasan.

Game ini berlatar di Rusia Timur Jauh di awal abad ke-20. Menceritakan orang-orang yang saling bertempur untuk negaranya, yaitu Rusia, Jepang, dan Korea. Game ini memang memiliki latar tempat dan waktu yang benar-benar ada di dunia nyata, bahkan beberapa karakter disini diambil dari orang sungguhan yang pernah hidup di era tersebut. Namun, cerita di game ini hanyalah fiksi, tidak mengambil kejadian nyata yang pernah terjadi di sejarah manapun.

Pechka akan menceritakan Pyotr, seorang pria keturunan Korea namun tinggal dan memiliki kewarganegaraan Rusia. Ia dimanfaatkan oleh pihak Jepang untuk menjalankan berbagai misi kotor. Ia tak bisa lari dari misi tersebut karena ia terlebih dulu sudah dijebak dalam kasus kematian ayahnya. Pyotr sebenarnya tidak ingin menjalankan misi-misi tersebut namun ia tak bisa lari kemana-mana, hidupnya terjebak dalam lingkaran setan tersebut.

Gameplay Pechka sangatlah sederhana. Game ini memang menjadikan cerita sebagai sajian utamanya. Kalian di game ini bisa mengontrol karakter kalian dengan sistem tap and move yaitu kalian menyentuh salah satu area di layar dan karakter kalian akan bergerak kesana. Ketika mendekati benda atau karakter lain, akan ada semacam tanda yang bisa kalian klik yang nantinya kalian bisa berdialog dengan karakter tersebut atau melakukan sesuatu jika itu sebuah barang, atau hanya akan muncul beberapa informasi. Selebihnya tak ada hal lain di game ini dari segi gameplay, fokus utama game ini memang bukan di bagian sana.

Kalian tidak sepenuhnya hanya mengikuti alur cerita saja karena bagaimana ending cerita di game ini tergantung bagaimana kalian memainkan gamenya dan pilihan-pilihan yang kalian pilih saat memainkam game ini. Saya tidak tahu ada berapa kemungkinan ending di game ini, karena saya belum pernah menyelesaikannya.

Visual dan musik di Pechka sangat berpengaruh untuk keberhasilan game ini membuat kita sebagai pemain larut ke dalam cerita yang dibawa. FYI, cerita yang dibawa game ini bukanlah cerita yang ringan dan bahagia melainkan berat dan kelam.

Visualnya memang kartun tapi saking kuatnya cerita yang dibawa, karakter-karakter yang hanya divisualkan dalam bentuk kartun tersebut terasa benar-benar hidup. Kita bahkan akan langsung menjalin perasaan emosional dengan sang karakter utama saking kuatnya penokohan yang dibuat untuk karakternya. Pergelutan batin yang dialami sang karakter utama akan mudah kita terima, suara peluru yang meletus saat Pyotr menjalankan misinya akan terasa 'menembak' perasaan kita juga.

Musik game ini juga akan dengan mudah terpasang di kepala kita. Musiknya unik namun tak menghilangkan kesan dark agar selaras dengan tema cerita yang dibawa.

Dengan menjadikan cerita sebagai suguhan utamanya, Pechka sayangnya belum tersedia dalam Bahasa Indonesia. Jadi, ini akan cukup mengganggu untuk kalian yang kurang paham dengan Bahasa Inggris. Kalian tidak akan merasakan keseruan yang maksimal dari cerita game ini. Menurut saya disinilah letak kekurangan game Pechka. Ini layaknya kalian akan memakan sate yang sebenarnya enak tapi kalian adalah seorang vegetarian. Sulit untuk bisa menikmatinya.

Game Pechka memang game gratis tapi nyatanya game ini mengharuskan kita membayar untuk dapat dengan nyaman memainkannya. Kalian tidak akan langsung bisa menyelesaikan cerita di game ini jika tidak membayarnya. Jadi, di Pechka cerita di bagi ke beberapa bagian. Untuk membuka setiap bagian, kalian harus menggunakan gold. Jika gold habis maka kalian bisa mendapatkannya dengan menonton iklan, itupun terbatas, sehari hanya bisa dua kali menonton iklan. Pada akhirnya tak ada cara lain selain membayar untuk keanggotan khusus atau membeli gold-nya untuk membuka bagian selanjutnya dari cerita di Pechka. Tipuan yang cerdik dari sang developer. Untuk kalian yang sudah jatuh hati pada cerita di game ini dan penasaran untuk melihat akhir ceritanya pasti terpikat untuk melakukan pembelian di game ini. Memang harganya tidak begitu mahal tapi tetap saja saya merasa tertipu dengan game ini, kenapa MazM tidak sekalian menjadikan Pechka sebagai game berbayar saja di Play Store.

Rating: 6/10

Keywords: Game Pechka Download, Apk, Trivia, Informasi Lengkap, Fakta Unik, Terbaru, Mod, Cheats, Permainan, Berita, Review, Ulasan, Resensi, Konsol, Permainan PC, Laptop, Playstation, PS 1, 2, 3, 4, Xbox One, 360, HD, Gratis, Free, Gim, Mobile, Ponsel, Android, Guide, Bahasa Indonesia, Tutorial