Review dan Sinopsis Film Malignant (2021)

"Malignant" adalah film terbaru James Wan, film ini menceritakan seorang wanita yang mendapatkan penglihatan aksi seorang pembunuh berantai.
Review dan Sinopsis Film Malignant (2021).jpg

 
     

"Malignant" adalah karya terbaru dari seorang James Wan, sosok dibalik beberapa tontonan horror-thriller kelas atas seperti "The Conjuring", "Saw", dan "Insidious". Wan memang dikenal berkat film-film bergenre horornya, namun ia juga pernah berhasil menggarap film dari genre yang berbeda seperti "Furious 7" dan "Aquaman". Untuk skenarionya ditulis oleh Akela Cooper dari cerita yang digarap oleh Cooper, Wan, serta Ingrid Bisu. Ini adalah debut Bisu dalam departemen penulisan, sementara Cooper lebih sering menulis untuk serial TV.

"Malignant" yang datang dari rumah produksi New Line Cinema, Starlight Culture Entertainment, dan Atomic Monster ini dirilis di Indonesia pada 6 Oktober 2021 sementara di Amerika Serikat pada 10 September 2021. Film yang mendapatkan rating R dari MPAA ini juga tayang di HBO Max selama satu bulan sejak perilisannya.

Film ini hanya mendapatkan pendapatan sekitar $33 juta dari budget sebesar $40 juta. Namun, saya kurang tahu apakah pendapatan itu sudah dihitung dengan yang ada di layanan streaming HBO Max atau tidak, lagi pula saya tidak tahu bagaimana perhitungan pendapatan untuk layanan streaming dan dimana mendapatkan informasinya.

Untuk para pemain di film ini ada Annabelle Wallis, Mckenna Grace, Maddie Hasson, George Young, Michole Briana White, Jean Louisa Kelly, Madison Wolfe, Susanna Thompson, Jake Abel, dan masih banyak lagi.

Seorang Stephen King sempat memuji film ini di Twitter, ia mengatakan; "I watched Malignant on HBO and thought it was brilliant".

Sinopsis

Madison Mitchell (Annabelle Wallis) adalah seorang wanita hamil yang sudah beberapa kali keguguran. Suatu malam suaminya dibunuh secara misterius dan Madison kehilangan bayi dalam kandungannya. Setelah kejadian tersebut Madison kerap mendapatkan penglihatan dari aksi seorang pembunuh misterius. Siapa pembunuh tersebut dan kenapa Madison memiliki semacam penglihatan saat si pembunuh akan melakukan aksinya?

Review

Review ini mungkin mengandung spoiler!

Sang maestro horor kembali lagi. James Wan kembali dengan film terbarunya, "Malignant". Sebuah film yang jika dilihat dari trailernya tampak menyeramkan, apalagi ini seorang James Wan, tentu kita langsung memberikan ekspektasi tingkat keseraman tinggi untuk film ini. Apakah film ini memang menyeramkan?

"Malignant" dibuka dengan adegan yang memberikan banyak tanda tanya dan adegan tersebut akan terus menjadi pertanyaan sampai akhirnya dijelaskan menjelang bagian akhir film. "Malignant" bukanlah film seram layaknya film horor garapan Wan lainnya, sebut saja "The Conjuring" dan "Insidious" yang bagi saya pribadi sangatlah menyeramkan. Film ini hanya menyeramkan di bagian awalnya saja, saya memang mengakui cukup menyeramkan di bagian awal film dimana Wan bermain-main dengan jump scare yang sebenarnya mudah ditebak namun entah mengapa disini tetap berkesan. Tapi, kemudian adegan gore dan disturbing ditebar disana-sini, memberikan kita kesan menonton film Wan yang lain yaitu "Saw". Yang paling bikin ngilu adalah adegan tangan patah yang sampai terlihat tulangnya keluar, ini adegan yang cukup sering ditampilkan dan harus diakui memang bikin ngilu parah. Setelah adegan gore menjadi hidangan utama, kesan seram di film ini hilang entah kemana, berganti dengan kesan sadis yang amat terasa.

Yang membuat film ini sangat seru untuk terus ditonton adalah misteri yang dibawanya. Siapa sebenarnya si pembunuh dan kenapa Madison seperti punya ikatan dengan si pembunuh tersebut menjadi pertanyaan yang mendorong kita untuk terus menonton "Malignant". Saya sudah mulai mengeluarkan asumsi dari awal, setidaknya setelah kejadian penglihatan pertama Madison saya berpikir ini bukan tentang hantu atau hal gaib, adegan pembuka di awal film membawa saya pada pemikiran tersebut. Apakah itu benar, film ini bukan tentang hantu? Kalian harus menontonnya untuk tahu jawabannya.

Kekurangan dari segi cerita film "Malignant" ini adalah motif atas tindakan beberapa karakternya termasuk sang karakter utama, sebuah hal yang lumrah ditemui di film semacam ini. Contohnya saat Madison kembali ke rumah dimana ia melihat suaminya tewas mengenaskan dan dia juga diserang sesosok makhluk mengerikan hingga ia keguguran, wanita normal mana yang mau kembali ke rumah tersebut. Masuk akal jika Madison punya motif kuat untuk kembali ke rumah tersebut tapi disini tidak ditunjukkan, hanya ada adegan dimana Madison berbicara pada adiknya "ini rumahku, aku tak akan membiarkan rumahku direnggut dariku", motif macam apa itu?!

Ending-nya juga bagi saya agak kurang, ending-nya malah adu genjutsu.

Meskipun begitu harus saya akui, cerita yang ditulis Wan bersama Ingrid Bisu dan Akela Cooper ini di bagian misterinya memang susah ditebak, saya tidak berpikir jawaban dari misteri siapa jati diri si pembunuh dan apa hubungan si pembunuh dengan Madison akan segila itu. Pemikiran saya tidak sampai kesana, padahal sepanjang film beberapa clue sudah ada, seperti bentuk tubuh si pembunuh yang terbalik.

Scoring musik "Malignant" juga cukup mencuri perhatian. Terdengar unik dan di beberapa momen memberikan nuansa yang seram. Visual saat Madison mendapatkan penglihatan juga disajikan dengan gaya yang cukup keren. Kelihatan sekali ini bukan film murahan dan asal jadi.

Akting para pemainnya juga sudah cukup baik. Yang paling menonjol adalah Annabelle Wallis sebagai Madison, meskipun tidak bisa dikatakan luar biasa juga sih. Pemain lainnya sudah lebih dari cukup, setidaknya akting mereka tidak merusak kualitas film ini.

Pada akhirnya "Malignant" masih belum layak disejajarkan dengan "The Conjuring" atau "Insidious", setidaknya dari tingkat keseramannya. Ceritanya punya plus minusnya, tapi di bagian misterinya memang berkesan, saya tidak akan mudah melupakan jawaban dari misteri di film ini. Visual dan musiknya juga oke punya, berperan sebagaimana fungsinya.

Rating: 8/10

Keywords: Review & Ulasan Sinopsis Alur Cerita Film Malignant (2021), Informasi Lengkap, Daftar Pemain Kru, Fakta Unik, Trivia, Penghargaan, Full Movie Download Subtitle Bahasa Indonesia, Bluray, Mp4, Mkv, Avi, DVDRip, HD, IMDb, Wikipedia, Rotten Tomatoes, Review, Ulasan, Rating, Nilai, Plot, Sub Indo, Nonton Online Streaming, Trailer, LK21, Pahe, HBO Max Go, Netflix, Disney Plus Hotstar