Review dan Sinopsis Film Free Guy (2021)

"Free Guy" akan menceritakan seorang NPC bernama Guy di dalam sebuah game berjudul Free City yang melawan programnya dan menjadi NPC yang unik.
Review dan Sinopsis Film Free Guy (2021).jpg

Trailer

 
     

Gambar

Sinopsis

Guy (Ryan Reynolds) adalah seorang NPC di sebuah game bernama Free City. Ia diprogram sebagai seorang karyawan bank namun suatu ketika ia mulai melawan program tersebut setelah melihat seorang pemain perempuan.

Guy kemudian melakukan berbagai cara untuk mendekati perempuan tersebut salah satunya dengan mengambil kaca mata yang biasa dipakai para pemain. Setelah mengambil kaca mata tersebut Guy mulai melihat dunianya sebagai seorang pemain, bukan lagi NPC.

Guy kemudian mulai dekat dengan perempuan tersebut yang menyeretnya pada sebuah upaya untuk melawan perusahaan pengembang game Free City itu sendiri.

Review

Perhatian, review mungkin mengandung spoiler!

Yang pertama kali terlintas di benak saya saat menonton "Free Guy" adalah film "Ready Player One" yang punya konsep agak-agak mirip, meskipun cerita dan nuansa yang dibawa jelas beda. "Free Guy" layaknya versi komedi dari "Ready Player One".

"Free Guy" memberikan cerita yang fresh dan secara pembawaan ceritanya juga nyaman untuk diikuti. Tentu saja daya tarik film ini adalah referensinya terhadap game-game populer semacam Fortnite, Cyberpunk 2077, dan Grand Theft Auto. Film ini rasanya akan sangat disukai oleh orang-orang yang suka bermain video game.

Komedi yang dibawa "Free Guy" bagi saya juga segar dan menghibur. Ini tak lepas dari akting Ryan Reynolds yang brilian dalam memainkan Guy. Karakter seperti ini memang santapan yang empuk bagi Reynolds.

Cerita "Free Guy" rasanya akan kurang dimengerti oleh orang yang jarang bermain game atau yang kurang paham istilah-istilah di dunia game. Target film ini sudah jelas adalah para pemain game, meskipun begitu saya rasa penonton secara umum akan tetap bisa menikmati film ini mengingat game sudah menjadi budaya pop untuk sekarang ini dan saya rasa istilah-istilah di dunia game juga bisa dipahami oleh orang pada umumnya yang jarang bermain game.

Selain performa brilian Reynolds, akting Jodie Comer dan Joe Keery patut diacungi jempol. Saat film ini mencoba menambahkan drama percintaannya, Comer dan Keery berhasil menampilkannya dengan sangat renyah tanpa ada bumbu-bumbu berlebihan, simpelnya unsur percintaan di film ini tidak lebay. Untuk para pemeran lainnya juga tampil cukup meyakinkan terutama urusan menghadirkan kesan komedinya.

Visual "Free Guy" sangatlah cantik dan mempesona serta akan memanjakan kalian para penggila video game. Mungkin setelah menonton film ini kalian berharap bisa masuk ke dalam game dan hidup layaknya Guy di film ini. CGI-nya memang masih jelas terasa, tapi maklumlah memang adegan yang ditampilkan terbilang cukup gila dan nampaknya ini sudah hasil yang maksimal dari departemen visual film ini.

Selain visual, musik di film ini juga berhasil mencuri perhatian. Beberapa musik yang mungkin sudah kalian tahu memberikan warna tersendiri bagi film ini.

Overall, "Free Guy" memberikan sebuah cerita yang menarik. Memang bukan film pertama yang mengangkat konsep cerita seperti ini tapi kalau diingat-ingat lagi walaupun memang ada film dengan konsep yang serupa tapi film seperti ini memang bukan film yang muncul setiap bulan. Untungnya, "Free Guy" berhasil dengan konsep cerita ini karena didukung akting solid, serta visual yang sudah cukup bagus meskipun tidak bisa dibilang spesial. Dan jangan lupakan musiknya juga.

Rating: 8/10

Referensi:
https://m.imdb.com/
https://en.m.wikipedia.org/
https://www.rottentomatoes.com/

Keywords: Review & Ulasan Sinopsis Alur Cerita Film Free Guy (2021), Informasi Lengkap, Daftar Pemain Kru, Fakta Unik, Trivia, Penghargaan, Full Movie Download Subtitle Bahasa Indonesia, Bluray, Mp4, Mkv, Avi, DVDRip, HD, IMDb, Wikipedia, Rotten Tomatoes, Review, Ulasan, Rating, Nilai, Plot, Sub Indo, Nonton Online Streaming, Trailer, LK21, Pahe, HBO Max Go, Netflix, Disney Plus Hotstar