Review dan Sinopsis Film The Guilty (2021)

"The Guilty" menceritakan seorang petugas penerima panggilan darurat yang menerima panggilan telepon dari korban penculikan.
Review dan Sinopsis Film The Guilty (2021).jpg

Trailer

 
     

Gambar

Sinopsis

Joe Baylor (Jake Gyllenhaal), seorang petugas penerima panggilan darurat mendapatkan panggilan dari seorang wanita bernama Emily (Riley Keough) yang sedang diculik. Dengan keadaan yang tidak mendukung, Joe mencoba berusaha sebisa mungkin untuk menyelamatkan si wanita tersebut lewat penggilan telepon.

Review

"The Guilty" disutradarai oleh Antoine Fuqua sementara naskah skenarionya ditulis oleh Nic Pizzolatto. Film ini merupakan remake dari film Denmark yang juga berjudul "The Guilty".

Film ini tayang perdana pada 11 September 2021 di Toronto International Film Festival. Kemudian tayang secara terbatas pada 24 September 2021 dan dirilis di Netflix pada 1 Oktober 2021.

Film ini dibintangi Jake Gyllenhaal, Christina Vidal, Adrian Martinez, Riley Keough, Peter Sarsgaard, Eli Goree, dan Ethan Hawke. Bagi Gyllenhaal, ini adalah kedua kalinya ia bekerja sama dengan sutradara Antoine Fuqua, setelah sebelumnya mereka ikut terlibat pada film "Southpaw" di tahun 2015. Ini juga menjadi kali kedua Gyllenhaal membintangi remake film Denmark, yang pertama adalah "Brothers" di tahun 2009.

"The Guilty" hanya melakukan syuting selama 11 hari pada Oktober 2020 karena adanya pandemi COVID-19. Karena seseorang di dekat sang sutradara mendapatkan test positif COVID-19, Fuqua harus melakukan isolasi. Akibatnya ia hanya memantau proses syuting film ini dari van lewat sebuah monitor.

Film ini mengingatkan saya dengan film "Locke" yang dibintangi Tom Hardy. Sama-sama mengusung konsep membangun ketegangan hanya lewat panggilan telepon, meskipun secara cerita jelas jauh berbeda. Apakah film ini sama bagusnya dengan "Locke" yang berhasil memberikan ketegangan dramatis hanya bermodalkan dialog lewat panggilan telepon?

Film tentang orang yang berada di balik penerima panggilan darurat tergolong baru bagi saya, jadi di mata saya "The Guilty" membawa cerita yang fresh. "The Guilty" tampil dengan sangat bagus kalau kita berbicara soal ketegangan dan keseruan yang dibawanya. Meskipun harus diakui, tidak semua orang akan nyaman menonton film dengan pembawaan semacam ini. Untungnya, saya adalah tipe orang yang bisa menikmati bahkan mungkin terhibur dengan film ini. Beberapa momen membuat saya gregetan dan rasanya ingin mengumpat seperti yang dilakukan sang karakter utama. Saya seperti merasakan bagaimana kesalnya si karakter utama menghadapi laporan penculikan tersebut.

"The Guilty" tidak hanya berfokus pada upaya penyelamatan wanita yang diculik tersebut, tapi konflik sang karakter utama juga menambah keseruan film ini. Permasalahan yang sedang dialami Joe Baylor akan menjadi plot yang menarik dan nantinya berpengaruh besar pada plot laporan penculikan Emily. Bahkan mungkin judul film ini sebenarnya mengambil permasalahan si karakter utama, bukan laporan penculikannya.

Plot twist yang lumayan meskipun masih ada plot hole. Plot hole-nya cukup mengganggu ketika plot twist-nya diungkapkan. Tapi, plot hole ini tidak membuat keseluruhan cerita jadi ampas.

Penampilan Jake Gyllenhaal disini berhasil mencuri perhatian. Ia sangat berhasil memerankan karakter Joe Baylor yang bermasalah. build-up karakter Joe Baylor disini juga sangat baik. Layaknya karakter Ivan Locke di "Locke", kita akan disuguhkan latar belakang dan masalah apa yang sedang dihadapi Joe sedikit demi sedikit sampai akhirnya kita akan tahu cukup detail nantinya di ending tentang masalah apa yang sedang dihadapi Joe.

Film ini tidak memberikan suguhan apa-apa di visualnya, sinematografinya juga terkesan biasa saja. Memang tidak buruk tapi juga tidak spesial. Sama halnya untuk scoring musiknya, tidak ada upaya untuk membuat scoring menambah ketegangan.

Netflix semakin sering memberikan tontonan berkualitas. Tinggal menunggu waktu sampai suatu saat nanti bisa saja peraih Best Picture di Oscar datang dari layanan streaming yang satu ini.

Rating: 8/10

Untuk kalian yang suka menonton film di ponsel smartphone, tentu kalian membutuhkan earphone/headset dengan kualitas yang mamadai agar pengalaman menonton kalian semakin maksimal. Cek link di bawah ini untuk melihat rekomendasi earphone/headset terbaik dengan harga yang murah!
- Rekomendasi Headset/Earphone Terbaik & Termurah Untuk Ponsel

Referensi:
https://m.imdb.com/
https://en.m.wikipedia.org/
https://www.rottentomatoes.com/

Keywords: Review & Ulasan Sinopsis Alur Cerita Film The Guilty (2021), Informasi Lengkap, Daftar Pemain Kru, Fakta Unik, Trivia, Penghargaan, Full Movie Download Subtitle Bahasa Indonesia, Bluray, Mp4, Mkv, Avi, DVDRip, HD, IMDb, Wikipedia, Rotten Tomatoes, Review, Ulasan, Rating, Nilai, Plot, Sub Indo, Nonton Online Streaming, Trailer, LK21, Pahe, HBO Max Go, Netflix, Disney Plus Hotstar