Wake Me Up When September Ends dari Green Day, Lagu dari Sang Vokalis tentang Ayahnya

"Wake Me Up When September Ends" menceritakan tentang ayah Billie Joe Armstrong, sang vokalis Green Day, yang meninggal pada bulan September.
Wake Me Up When September Ends dari Green Day, Lagu dari Sang Vokalis tentang Ayahnya.jpg

 
     

Summer has come and passed
The innocent can never last
Wake me up when September ends

Like my father's come to pass
Seven years has gone so fast
Wake me up when September ends
Here comes the rain again
Falling from the stars
Drenched in my pain again
Becoming who we are

As my memory rests
But never forgets what I lost
Wake me up when September ends

Summer has come and passed
The innocent can never last
Wake me up when September ends

Ring out the bells again
Like we did when spring began
Wake me up when September ends

Here comes the rain again
Falling from the stars
Drenched in my pain again
Becoming who we are

As my memory rests
But never forgets what I lost
Wake me up when September ends

Summer has come and passed
The innocent can never last
Wake me up when September ends
Like my father's come to pass
Twenty years has gone so fast
Wake me up when September ends
Wake me up when September ends
Wake me up when September ends

Untuk kalian yang suka mendengarkan musik di ponsel, tentu kalian harus punya earphone/headset dengan kualitas yang mamadai. Ingin membeli earphone/headset dengan kualitas terbaik dan harga murah, cek link dibawah ini:
- Rekomendasi Headset/Earphone Terbaik & Termurah Untuk Ponsel

Berbicara soal Green Day pasti kalian semua sudah tahu dengan band punk rock yang satu ini, kecuali kalian memang orang yang anti banget sama lagu-lagu luar mungkin memang akan asing dengan Green Day. Green Day didirikan pada 1987 dan awalnya menggunakan nama Sweet Children sampai 1989. Band asal East Bay, California, Amerika Serikat ini didirikan oleh sang gitaris sekaligus vokalis, Billie Joe Armstrong, serta bassis, Mike Dirnt. Formasi mereka dilengkapi dengan Tre Cool sebagai drumer. Posisi Cool sebelummya pernah diisi oleh John Kiffmeyer sampai tahun 1990.

Green Day disebut-sebut sebagai salah satu band yang mengangkat genre punk rock ke permukaan dan disukai banyak orang, kerap disejajarkan dengan band punk rock asal California lainnya seperti Sublime, the Offspring, dan Rancid. Green Day masuk dalam daftar musisi terlaris di dunia dengan penjualan yang mencapai 75 juta kopi di seluruh dunia. Sepanjang kariernya, Green Day pernah 20 kali masuk nominasi Grammy Awards dan memenangkan 5 diantaranya.

Lagu dari Green Day yang akan kita bahas kali ini adalah "Wake Me Up When September Ends". Lagu yang dirilis pada 13 Juni 2005 ini masuk ke album "American Idiot", menjadi salah satu singel di album tersebut bersama "Boulevard of Broken Dreams", "American Idiot", "Holiday", dan "Jesus of Suburbia". Album "American Idiot" sendiri adalah album studio ke-7 dari Green Day yang dirilis pada 12 September 2004 melalui label Reprise Records. Album "American Idiot" sangat sukses hingga masuk nominasi Album of the Year dan memenangkan Best Rock Album pada  Grammy Awards 2005. Selain itu, album ini juga memenangkan kategori Best Album pada ajang Europe Music Awards dan menjadi nominasi pada Billboard Music Awards. Pada 2012, Rolling Stone menempatkan album ini di posisi 225 dalam daftar 500 Greatest Albums of All Time.

Lagu "Wake Me Up When September Ends" ini diciptakan oleh para personel Green Day dan memiliki durasi 4 menit 45 detik untuk versi album dan 4 menit 19 detik untuk versi radio edit. Lagu ini berhasil menjadi hit, mencapai posisi 6 di Billboard Hot 100, posisi top 10 di Britania Raya, Belgia, dan Selandia Baru serta posisi pertama di Republik Ceko. Lagu ini berhasil mendapatkan sertifikat platinum di Amerika Serikat, Britania Raya, Italia, Denmark, dan Kanada.

Lagu ini dibawakan oleh Green Day dengan pelan di awal, terdengar hanya ada permainan gitar sederhana yang mengiringi awal lagu, sampai akhirnya gebukan drum masuk.

"Wake Me Up When September Ends" adalah sebuah lagu tentang ayah Billie Joe Armstrong yang sudah meninggal pada 1 September 1982 karena kanker. Judul lagu ini terinspirasi dari momen setelah pemakaman ayahnya dimana waktu itu Billie mengunci dirinya sendiri di kamarnya dan ketika ibunya mengetuk pintu, Billie berteriak "Wake me up when September ends" yang artinya bangunkan aku ketika September selesai, September adalah bulan dimana ayahnya meninggal.

Lagu ini awalnya disiapkan untuk masuk ke album kompilasi "Shenanigans", namun karena belum berada dalam kondisi emosional yang pas, Billie menundanya sampai album "American Idiot". Karena itulah, ini adalah satu-satunya lagu di album "American Idiot" yang ceritanya tidak berkaitan dengan lagu-lagu lainnya di album tersebut. Album "American Idiot" sendiri ceritanya mengikuti Jesus of Suburbia, seorang antihero warga menengah bawah Amerika Serikat. Semua lagu di album "American Idiot" saling berkaitan dalam menceritakan karakter Jesus of Suburbia tersebut, kecuali lagu "Wake Me Up When September Ends" ini.

Lirik "Seven years has gone so fast" mereferensikan saat Billie dan Mike mendirikan band Sweet Children yang kelak menjadi Green Day, itu 7 tahun sejak kematian ayahnya. Sementara lirik "Twenty years has gone so fast" merujuk pada saat Billie menulis lagu ini, 20 tahun setelah kematian ayahnya. Ini adalah lagu yang sangat berarti dan emosional bagi Billie, ia bahkan pernah menangis saat menyanyikan lagu ini di atas panggung.

Sayangnya, ada beberapa pihak yang mungkin tidak tahu lagu ini punya makna yang dalam hingga mengartikan judul lagu ini secara harfiah dan membuat meme sebagai bentuk lelucon terhadap lagu ini. Biasanya ketika memasuki bulan September meme-meme lagu "Wake Me Up When September Ends" bermunculan, biasanya berupa lelucon untuk menyuruh Billie tidur. Bahkan, ketika memasuki bulan Oktober, meme lelucon lain muncul yang menyuruh Billie untuk bangun karena September telah selesai. Billie sendiri mengaku sempat merasa risih dengan hal ini. Jadi, buat kalian yang berpikir untuk membuat meme lelucon tentang lagu ini di bulan September nanti sebaiknya pikir-pikir lagi, tidak keren membuat lelucon dari sesuatu yang menurut orang lain punya makna dan arti tersendiri.

Video klip lagu ini disutradarai oleh Samuel Bayer yang dikenal juga menyutradarai video klip dari Nirvana dan Metallica. Video klip ini bercerita tentang sepasang kekasih yang berpisah karena si pria harus pergi ikut dalam Perang Irak. Kabarnya semua ledakan yang ada di video klip ini asli, bahkan seorang kru hampir terkena roket yang terbang melalui jendela tempatnya bertugas. Video klip "Wake Me Up When September Ends" menempati posisi kedua di daftar video terbaik 2005 dari majalah Rolling Stone berdasarkan polling para pembacanya.

Cerita video klipnya dengan latar belakang cerita terciptanya lagu ini memang berbeda, namun inti cerita keduanya punya kesamaan, sama-sama tentang kehilangan orang tersayang.

Keywords: Review Lirik Lagu Wake Me Up When September Ends dari Green Day, Mp3, Audio, Download, Unduh, Ulasan, Trivia, Informasi Lengkap, Terbaru, Kabar, Update, Fakta Unik, Artinya, Makna, Lyrics Terjemahan Bahasa Indonesia, Video Klip, Video Music, Latar Belakang, Interpretasi, Chord, Kunci Gitar, Reff, Acoustic, Acapella, Akustik, Cover