Review Game Android Modern Age 2

Modern Age 2 adalah sekuel dari Modern Age. Di game ini kita akan berperan sebagai seorang presiden dari sebuah negara dan mencoba mengembangkannya.
Review Game Android Modern Age 2.jpg

Modern Age 2 adalah seri terbaru atau lanjutan dari Modern Age. Game ini seperti pendahulunya masih dikembangkan oleh Oxiwyle. Game bergenre strategi ini dirilis pada 28 Oktober 2021.

Modern Age 2 seperti seri sebelumnya tersedia dalam versi gratis dan premium alias berbayar. Saya sendiri memainkan yang versi premium karena harganya sendiri memang tidak begitu mahal, hanya sekitar Rp15 ribu saja. Lantas apa perbedaan versi premium dan gratisnya? Perbedaannya sebenarnya tidak banyak namun cukup berpengaruh pada permainan. Yang saya tahu perbedaanya adalah versi premium tentu saja tanpa iklan sementara versi gratis sudah pasti ada iklan. Perbedaan lainnya adalah di versi premium kita bisa mempercepat waktu, ini yang menurut saya berpengaruh pada permainan dan bagi saya ini penting agar permainan bisa terasa lebih cepat serta tidak membosankan. Sejauh ini hanya itu perbedaan yang saya tahu dan bisa saya rasakan.

Versi premiumnya di Play Store sudah di-download lebih dari 100 ribu kali dengan rating 4/5 dari sekitar 10 ribu ulasan.

Di game ini kalian akan berperan sebagai presiden sebuah negara. Kalian di awal bisa nemilih negara mana yang ingin kalian pimpin. Menariknya disini sumber daya, jumlah populasi, agama mayoritas, ideologi, dan kekuatan militer tiap negara berbeda-beda disesuaikan seperti di keadaan sebenarnya. Lantas apa tugas kita sebagai presiden di game ini?

Salah satu tugas kalian adalah mengatur militer seperti menambah fasilitas serta memutuskan pasukan mana yang akan diperbanyak. Tugas lainnya adalah mengatur kementerian. Ini sangat penting untuk mengatur negara kita agar menjadi lebih aman dan damai serta masyarakat memiliki kepercayaan pada kita. Kalian juga bisa mengatur agama, ideologi, dan tipe pemerintahan di negara kalian, ini tentu akan berpengaruh pada reaksi masyarakat. Jangan lupa juga untuk memproduksi berbagai produk, entah itu makanan untuk masyarakat ataupun keperluan produksi pembangunan serta militer.

Selain mengurusi hal-hal dalam negeri, kalian juga harus memperhatikan urusan di luar negeri seperti hubungan kalian dengan negara-negara lainnya. Sangat penting menjaga hubungan kita dengan negara lain agar negara kita tidak mudah diserang negara lain. Selain itu, peluang resolusi kita disetujui di PBB juga akan meningkat jika kita memiliki hubungan baik dengan banyak negara. Tapi, jika kalian adalah tipe pemimpin yang agresif kalian juga bisa memicu konflik dengan negara lain dan menguasai negara tersebut, namun bijaklah dalam melakukannya, ada beberapa proses yang harus kalian lalui, tidak bisa asal serang begitu saja. Ancaman lainnya selain dari negara lain adalah bajak laut serta teroris, kalian harus mengatasinya segera jika mereka muncul di wilayah kalian.

Melihat penjelasan singkat tentang apa saja yang disajikan game ini diatas sepertinya seru ya, memberikan kita kesan layaknya berperan sebagai presiden sungguhan. Sayangnya karena ini adalah sebuah sekuel maka kita harus membandingkan dengan pendahulunya. Disinilah letak kekurangan game ini, jika kita bandingkan dengan seri pertamanya maka kita tak akan merasakan banyak perubahan. Untuk kalian yang memainkan Modern Age yang pertama saya yakin kalian juga tak akan merasakan banyak perubahan terutama dari segi fitur. Perubahan yang terasa adalah di segi tampilan, Modern Age 2 menggunakan tampilan landscape, berbeda dengan Modern Age pertama yang menggunakan tampilan portrait. Letak tombol-tombolnya juga sudah pasti berbeda.

Sebenarnya bukan hanya itu saja perbedaannya, mungkin ada juga perbedaan lainnya. Tingkat kesulitan di game yang sudah tersedia dalam Bahasa Indonesia ini juga cukup berbeda dengan seri pertama. Yang saya rasakan ketika saya memilih Indonesia sebagai negara yang saya pimpin, saya merasakan ada cukup tantangan di Modern Age 2 ini. Sementara dulu di Modern Age yang pertama saya merasa cukup mudah memainkan game ini bahkan ketika saya menggunakan Indonesia.

Untuk kalian yang ingin memainkan Modern Age 2 jangan pernah memainkan versi mod atau menggunakan cheat ketika memainkannya. Keseruan game ini terletak diprogresnya, dimana kita mengembangkan negara kita dari negara biasa menjadi negara yang maju dalam berbagai aspek. Keseruan dalam mengembangkannya itulah yang akan membuat kalian menikmati game ini, jika menggunakan cheat atau versi mod keseruan itu akan hilang.

Overall, Modern Age 2 sebenarnya masih seru untuk dimainkan namun untuk sebuah game sekuel tentu game ini masih banyak kurangnya lantaran tak banyak penambahan fitur dibanding pendahulunya.

Rating: 6/10

Beberapa game biasanya terus mendapatkan update dari developer. Jadi ulasan, deskripsi fitur, dan informasi tentang game di postingan ini bisa saja sudah berbeda dengan gamenya jika game sudah di-update oleh pihak pengembang.

Game mungkin dirilis juga di platform lain, tapi postingan ini khusus membahas game Modern Age 2 yang dirilis di platform Android.

Referensi:
https://play.google.com/

Keywords: Game Modern Age 2 Download, Apk, Trivia, Informasi Lengkap, Fakta Unik, Terbaru, Mod, Cheats, Permainan, Berita, Review, Ulasan, Resensi, Konsol, Permainan PC, Laptop, Playstation, PS 1, 2, 3, 4, Xbox One, 360, HD, Gratis, Free, Gim, Mobile, Ponsel, Android, Guide, Bahasa Indonesia, Tutorial