Review dan Sinopsis Film The Dude in Me (2019)

"The Dude in Me" menceritakan seorang gangster yang bertukar tubuh dengan seorang murid sekolah yang culun dan sering menjadi korban bullying.
Review dan Sinopsis Film The Dude in Me (2019).jpg

Trailer

Gambar

Sinopsis

Jang Pan-soo, seorang pemimpin gangster karismatik dan Kim Dong-hyun, seorang anak sekolahan yang cupu bertukar tubuh karena sebuah insiden. Setelah bertukar tubuh, Jang harus menghadapi dilema masa lalunya dengan tubuh seorang remaja.

Review

Perhatian, review mungkin mengandung spoiler!

"The Dude in Me" adalah sebuah film bergenre aksi, komedi dengan sedikit unsur fantasi dari Korea Selatan. Film ini disutradarai oleh Kang Hyo-jin yang juga merangkap sebagai penulis naskah ceritanya bersama Shin Han-sol dan Jo Joong-hoon. Sementara di bagian produser ada Kim Dong-joon, Lee Seo-yeol, dan Lee Seung-hyo.

Film ini dirilis di Korea Selatan pada 9 Januari 2019 sementara di Indonesia pada 13 Februari 2019. "The Dude in Me" diproduksi oleh ECHO Film sementara untuk pendistribusiannya ada Finecut. Film berdurasi 2 jam 2 menit ini berhasil mengumpulkan pendapatan sebanyak $14 juta dari seluruh dunia, sementara untuk biaya produksinya saya tidak mendapatkan informasinya.

Untuk para pemain di "The Dude in Me" ini ada Jung Jin-young sebagai Kim Dong-hyun, Park Sung-woong sebagai Jang Pan-soo, Ra Mi-ran sebagai Oh Mi-Sun, Lee Jun-hyeok sebagai Man Chul, Lee Soo-min sebagai Oh Hyun-jung, Kim Kwang-kyu sebagai Kim Jong-ki, Kim Hyun-mok sebagai Kim Jae-ik, Yoon Kyung-ho sebagai Boss Yang, dan masih banyak lagi.

Film yang di Indonesia diberikan rating usia 17+ ini mendapatkan penilaian 6,9/10 di IMDb dari sekitar 1900 rating.

Konsep pertukaran tubuh meskipun terdengar aneh dan rasanya tidak mungkin nyatanya konsep ini bukanlah konsep yang asing di dunia perfilman. Ada beberapa film lain yang mengusung premis cerita serupa. Untungnya "The Dude in Me" berhasil membuat konsep tersebut tampak tidak membosankan. Pertukaran tubuh seorang gangster dan seorang murid sekolah yang culun berhasil memberikan kita komedi yang cukup seru. Banyak hal-hal kocak yang terjadi entah itu saat si gangster dalam tubuh si murid culun ataupun sebaliknya. Sayangnya fokus cerita terasa tidak berimbang. Cerita "The Dude in Me" rasanya terlalu berfokus pada kisah Jang Pan-soo, si gangster. Lawan mainnya yaitu si murid culun, Kim Dong-hyun, terasa kurang mendapatkan porsinya. Fokus cerita Jang Pan-soo juga bukan di bagian gangsternya tapi lebih ke masa lalu dan kehidupan percintaannya. Sisi kehidupan gangsternya tidak digali lebih dalam lagi. Sangat disayangkan.

Meskipun fokus ke kehidupan percintaan Jang Pan-soo, "The Dude in Me" nyaris tak memberikan kita banyak momen yang bikin baper.

Jung Jin-young dan Park Sung-woong, keduanya harus memainkan dua kepribadian yang sangat bertolak belakang di film ini. Keduanya lumayan berhasil bagi saya. Jin-young ini di Korea Selatan juga dikenal sebagai penyanyi atau lebih tepatnya anggota boyband B1A4. Ia berhasil mendapatkan ketenaran sebagai aktor lewat perannya di serial televisi "Love in the Moonlight" dan "Police University". Sementara Sung-woong sudah memulai debutnya sebagai aktor sejak tahun 1997. Ia dikenal bermain sebagai seorang gangster di "New World" dan seorang pembunuh berantai di "The Deal". Jadi, perannya di sini sebagai seorang gangster adalah jenis karakter yang sudah familier dengan dirinya. Menariknya, Sung-woong bisa juga tampil meyakinkan sebagai sosok culun di film ini ketika karakternya bertukar kepribadian.

Pemeran lainnya sudah cukup lumayan. Setidaknya tidak menggangu dengan aktingnya, masih bisa membuat film ini tidak terlihat buruk dari segi akting.

"The Dude in Me" sebenarnya menyajikan humor, drama keluarga, serta sedikit isu bullying dengan porsi yang pas. Tidak adanya hal-hal yang bikin baper mungkin karena dari awal ini bukan film romance, di IMDb saya lihat genrenya bukan romance. Jangan lupakan juga ada sedikit bagian aksi di film ini, meskipun bukan yang istimewa tapi setidaknya adegan pertarungan sedikitnya membuat nuansa gangsternya lebih terasa.

"The Dude in Me" pada akhirnya menjadi sebuah tontonan yang masih bisa dinikmati dengan optimal berkat cerita yang walaupun premisnya tidak bisa dibilang fresh tapi berhasil dieksekusi dengan baik, lewat humor yang pas serta akting dua pemeran utamanya yang bagus. Sedikit kekurangan di film ini masih bisa ditoleransi.

Rating: 8/10

Referensi:
https://m.imdb.com/
https://www.rottentomatoes.com/
https://en.m.wikipedia.org/

Keywords: Review & Ulasan Sinopsis Alur Cerita Film The Dude in Me (2019), Informasi Lengkap, Daftar Pemain Kru, Fakta Unik, Trivia, Penghargaan, Full Movie Download Subtitle Bahasa Indonesia, Bluray, Mp4, Mkv, Avi, DVDRip, HD, IMDb, Wikipedia, Rotten Tomatoes, Review, Ulasan, Rating, Nilai, Plot, Sub Indo, Nonton Online Streaming, Trailer, LK21, Pahe, HBO Max Go, Netflix, Disney Plus Hotstar