11 Lagu Ed Sheeran Terbaik

Daftar lagu-lagu terbaik dan enak didengar dari Ed Sheeran sepanjang masa, mana lagu Ed Sheeran favorit kalian?
Lagu Ed Sheeran Terbaik.jpg

Edward Christopher Sheeran atau kita mengenalnya dengan nama Ed Sheeran saja adalah seorang penyanyi yang lahir pada 17 Februari 1991 di Halifax, West Yorkshire namun ia tumbuh besar di Framlingham, Suffolk. Ed sudah mulai menulis lagu di usinya yang sebelas tahun.

Debut album studio Ed yaitu "+" (dibaca "plus") dirilis pada September 2011 dan berhasil merajai UK Albums Chart. Dalam album tersebut juga ada hit singel pertama Ed yang berjudul "The A Team". Pada 2012, ia berhasil memenangkan Brit Awards di kategori Best British Male Solo Artist dan British Breakthrough Act. Album studio kedunya, "×" (dibaca "multiply"), dirilis pada Juni 2014 dan berhasil memuncaki tangga lagu beberapa negara di dunia. Album tersebut juga menjadi album kedua paling laris di dunia pada tahun 2015. Di tahun yang sama, "×" menjadi pemenang Album of the Year di Brit Awards. Ed juga mendapatkan penghargaan Ivor Novello Award untuk Songwriter of the Year dari British Academy of Songwriters, Composers and Authors. Salah satu singel dari "×", yaitu "Thinking Out Loud" berhasil membuat Ed membawa pulang dua piala dari Grammy Awards 2016 untuk kategori Song of the Year dan Best Pop Solo Performance.

Album studio ketiganya yaitu "÷" (dibaca "divide") dirilis pada Maret 2017 dan menjadi album terlaris di dunia pada 2017. Dua singel dari album ini yaitu "Shape of You" dan "Castle on the Hill" memecahkan rekor di beberapa negara saat perilisannya dengan debut di posisi pertama dan kedua pada tangga lagu. Ed Sheeran juga menjadi musisi pertama yang memiliki dua lagu debutan di posisi sepuluh besar pada tangga lagu di Amerika Serikat dalam satu pekan yang sama.

Ed Sheeran adalah salah satu musisi tersukses dan terlaris sepanjang masa, ia masuk dalam daftar tersebut dengan total penjualan 150 juta kopi. Spotify menempatkan namanya dalam posisi kedua sebagai musisi dengan jumlah streaming terbanyak dalam satu dekade. Konser turnya untuk album "÷" dinobatkan sebagai tur konser dengan penghasilan terbanyak sepanjang masa.

Kali ini saya akan membuat daftar lagu-lagu Ed Sheeran terbaik sepanjang masa menurut penilaian saya pribadi, jadi daftar ini sifatnya subjektif.

Berikut Daftar 11 Lagu Ed Sheeran Terbaik Versi AzizPedia

1. Thinking Out Loud

"Thinking Out Loud" adalah lagu Ed Sheeran yang masuk ke album "×". Dalam album tersebut lagu ini menjadi singel ketiga. "Thinking Out Loud" ditulis oleh Ed bersama Amy Wadge dan dirilis pada 24 September 2014.

Di Britania Raya, lagu ini menghabiskan 19 pekan di 40 besar tangga lagu disana dan berhasil mencapai posisi pertama di awal November 2014. Menjadi singel kedua dari Ed Sheeran yang memuncaki tangga lagu di Britania Raya. Lagu ini juga berhasil merajai tangga lagu di beberapa negara seperti di Australia, Irlandia, Selandia Baru, Denmark, Belanda, Slovakia, dan Afrika Selatan. Sementara di Billboard Hot 100 dan Canadian Hot 100 menjadi runner-up. Meskipun hanya mampu mencapai posisi kedua, tapi lagu ini waktu itu menjadi lagu Ed Sheeran dengan posisi tangga lagu tertinggi di Amerika Utara, sebelum akhirnya dipecahkan oleh "Shape of You" yang mampu menduduki peringkat pertama di kedua chart tersebut pada 2017. Pada Juni 2015, "Thinking Out Loud" menjadi singel pertama dalam sejarah yang mampu bertahan selama satu tahun penuh di posisi top 40 tangga lagu di Britania Raya dan menjadi singel ketujuh yang mendapatkan sertifikat 3× platinum di Britania Raya pada abad ke-21. Sementara pada Oktober 2015, lagu ini menjadi yang pertama yang diputar sebanyak 500 juta kali di Spotify. Lagu ini juga berhasil dinominasikan pada kategori Record of the Year, Song of the Year, dan Best Pop Solo Performance di ajang Grammy Awards, berhasil memenangkan dua kategori terakhir.

Ed Sheeran mempersembahkan lagu ini untuk pacarnya saat itu, Athina Andrelos. Sayangnya mereka sudah berpisah pada awal 2015 setelah menjalin hubungan kurang lebih satu tahun.

2. Perfect

Lagu "Perfect" ini masuk ke album studio ketiga Ed Sheeran, "÷". Pada 21 Agustus 2017, melalui majalah Billboard lagu diumumkan sebagai singel keempat dari album. Lagu ini mencapai posisi pertama di UK Singles dan Billboard Hot 100 pada Desember 2017.

Lagu ini didedikasikan untuk istri Sheeran, Cherry Seaborn, yang pada saat itu masih menjadi tunangannya.

Sheeran merasa takut kalau lagu "Thinking Out Loud" akan selalu menjadi lagu terbaiknya dan mendefinisikan ia dan kariernya. Karena itulah dia berusaha membuat lagu yang bisa mengalahkan "Thinking Out Loud". "Perfect" adalah lagu yang pada akhirnya menurut Sheeran bisa mengalahkan "Thinking Out Loud".

3. Photograph

"Photograph" masuk ke album studio kedua Ed Sheeran, "×", sebagai singel kelima di album. Ia bekerja sama dengan anggota Snow Patrol, Johnny McDaid, dalal menulis lagu ini.

Lagu ini berhasil menduduki posisi lima besar di tangga lagu di lebih dari lima negara. Di Amerika Serikat, "Photograph" berhasil mencapai posisi sepuluh, menjadikannya singel ketiga dari album yang mencapai sepuluh besar di tangga lagu tersebut. Di Britania Raya lagu ini mencapai posisi 15 dan mendapatkan sertifikat quadruple platinum. Lagu ini juga mendapatkan sertifikasi double platinum di Australia dan Kanada, serta platinum di Selandia Baru dan Italia.

Lagu ini dirilis pada 23 Juni 2014 diikuti oleh video klipnya pada 9 Mei 2015. Video klipnya memperlihatkan rekaman-rekaman masa kecil Ed Sheeran. Video klipnya dinominasikan pada kategori Best Video di ajang Brit Awards 2016.

Lagu ini ditulis Ed Sheeran tentang salah satu mantannya, Nina Nesbitt. Lagu ini bercerita tentang menyimpan kenangan-kenangan indah bersama orang terkasih dalam sebuah foto jadi ketika kita merindukan orang tersebut kita bisa melihat foto itu dan kembali membayangkan kenangan indah dan kebahagiaan saat foto tersebut diambil.

4. Castle on the Hill

"Castle on the Hill" adalah lagu dari Ed Sheeran yang dirilis pada 6 Januari 2017 sebagai satu dari dua singel utama dari album "÷", singel lainnya adalah "Shape of You". Lagu "Castle on the Hill" ditulis dan diproduseri oleh Ed Sheeran bersama dengan Benny Blanco.

Dirilis bersamaan dengan "Shape of You", "Castle on the Hill" berhasil debut di nomor satu di beberapa tangga lagu yaitu di Islandia, Skotlandia, dan Israel. Lagu ini juga menjadi nomor dua di beberapa negara seperti Britania Raya, Australia, dan Jerman, disaat bersamaan "Shape of You" berada di nomor satu. Ini menjadi yang pertama kali dalam sejarah di negara-negara tersebut dimana posisi pertama dan kedua dipegang oleh satu penyanyi yang sama dengan dua lagu barunya. Sementara di Amerika Serikat, "Castle on the Hill" debut di posisi enam dan "Shape of You" di posisi pertama, ini menjadikan Ed Sheeran sebagai musisi pertama yang memiliki dua lagu debutan yang masuk di sepuluh besar dalam waktu bersamaan. "Castle on the Hill" mendapatkan sertifikat 9× platinum di Australia, 6× platinum di Kanada, dan multiplatinum di beberapa negara lainnya.

Lagu ini merupakan persembahan dari Ed Sheeran untuk kota tempat ia berasal, Framlingham di Suffolk. Kastil yang dimaksud disini adalah Kastil Framlingham.

5. Shape of You

Lagu "Shape of You" dirilis pada 6 Januari 2017 dan masuk ke album "÷" sebagai singel utama bersama "Castle on the Hill". Lagu ini ditulis oleh Sheeran, Steve Mac, dan Johnny McDaid. Karena interpolasi lagu "No Scrubs" dari TLC, Kandi Burruss, Tameka Cottle, dan Kevin Briggs ditambahkan ke kredit sebagai penulis lagu.

"Shape of You" berhasil memuncaki tangga lagu di 34 negara, termasuk Billboard Hot 100. Pada 10 Desember 2018, "Shape of You" menjadi lagu pertama di Spotify yang menyentuh angka pemutaran streaming sebanyak 2 miliar kali. Pada Desember 2019, lagu terlaris pada tahun 2017 ini juga menjadi yang paling sering diputar di Spotify dalam satu dekade terakhir. "Shape of You" dinominasikan pada kategori Single of the Year dan Video of the Year di ajang Brit Awards 2018. Sementara di Grammy Award, lagu ini menjadi pemenang dalam kategori Pop Solo Performance. Pada 2018, majalah Billboard menempatkan lagu ini di posisi kesembilan dalam daftar lagu tersukses sepanjang masa.

Dalam lagu ini Sheeran menceritakan tentang seseorang yang bertemu dengan pasangannya di sebuah bar. Dari segi lirik dan makna, lagu ini cukup berbeda dari kebanyakan lagu-lagu Sheeran sebelumnya, dimana "Shape of You" lebih menekankan hubungan fisik ketimbang perasaan.

6. I Don't Care (ft. Justin Bieber)

"I Don't Care" adalah lagu dari Ed Sheeran yang berkolaborasi dengan Justin Bieber. Lagu yang dirilis pada 10 Mei 2019 ini adalah singel utama dari album studio keempat Sheeran, "No.6 Collaborations Project".

"I Don't Care" memuncaki tangga lagu di 26 negara, termasuk di Britania Raya. Lagu ini juga menempati posisi kedua di tujuh negara, termasuk di Billboard Hot 100. Lagu ini mendapatkan sertifikat diamond di Brasil dan Prancis, 6× platinum di Kanada, serta multiplatinum di 12 negara lainnya.

Lagu "I Don't Care" menandai keempat kalinya Sheeran dan Bieber bekerja sama dalam sebuah lagu dimana sebelumnya mereka sama-sama menjadi guest vocal di lagu "Earth" dari Lil Dicky dan dua kerja sama lainnya ketika Sheeran membantu Bieber dalam penulisan lagu "Love Yourself" serta "Cold Water".

Lagu ini menceritakan seseorang yang sedang berada di sebuah pesta tapi ia merasa tidak nyaman dalam pesta tersebut karena ia merasa kesepian atau memiliki masalah social anxiety dan ia pun ingin pergi. Namun, seseorang yang spesial datang dan pada akhirnya membuat ia tidak merasa kesepian hingga mampu melewati pesta yang awalnya tak nyaman tersebut.

7. Nancy Mulligan

"Nancy Mulligan" masuk ke deluxe edition dari album "÷". Setelah perilisan albumnya, lagu ini berhasil menduduki posisi 13 di UK Singles.

Sheeran memproduksi musik untuk lagu ini bersama dengan Beoga. Beoga sendiri adalah sebuah band folk dari Irlandia. Jadi, tak heran musik yang dibawakan di lagu ini adalah musik rakyat tradisional Britania Raya di pertengahan abad ke-20. Jika kalian sering menonton film-film dengan latar Britania Raya era pertengahan abad ke-20 pasti tak asing dengan jenis musik di lagu ini. Musiknya di "Nancy Mulligan" ini memang sangat ikonik.

Lagu berdurasi 2 menit 59 detik ini bisa dibilang adalah lagu paling personal bagi Sheeran karena lagu ini menceritakan kisah kakek-nenek dari keluarga ayahnya. Nancy Mulligan yang dijadikan sebagai judul lagu ini adalah nenek Sheeran. Nancy Mulligan adalah seorang katolik dari Republik Irlandia sementara kakek Sheeran, William Sheeran, adalah seorang Protestan dari Belfast, Irlandia Utara. Mereka bertemu dan jatuh cinta pada Perang Dunia Ke-2, kemudian mereka menikah di perbatasan Wexford. Sheeran menganggap kisah cinta kakek dan neneknya itu layaknya kisah terkenal Romeo dan Juliet, menurut Sheeran kisah mereka sangat romantis.

8. All of the Stars

"All of the Stars" adalah lagu Sheeran yang menjadi soundtrack untuk film "The Fault in Our Stars" di bagian credit-nya. Lagu ini juga menjadi lagu bonus di deluxe edition album "x".

Sheeran sendiri mengatakan kalau lagu ini terinspirasi dari keseluruhan cerita film "The Fault in Our Stars".

9. Eraser

"Eraser" adalah lagu pembuka di album "÷". Lagu ini ditulis dan diproduseri oleh Sheeran dan Johnny McDaid. Setelah albumnya dirilis, "Eraser" mampu berada di posisi 15 pada UK Singles.

"Eraser" adalah pelampiasan tentang apa yang terjadi pada Sheeran dalam beberapa tahun terakhir. Ini tentang bagaimana hidupnya berjalan sebagai seorang musisi terkenal.

10. What Do I Know?

"What Do I Know?" masuk ke album "÷" sebagai lagu kesepuluh. Lagu yang dirilis pada 3 Maret 2017 mendapatkan sertifikat emas di Amerika Serikat dan platinum di Britania Raya.

Sheeran mengakui kalau ini lagu tercepat yang ia tulis. Itu berawal dari pertemuannya dengan salah satu eksekutif label, Sheeran kemudian mencoba membuktikan dirinya kalau ia bisa menulis dengan sangat cepat. Makna dari lagu ini sendiri adalah keinginan Sheeran untuk mengubah dunia dengan cara yang damai yaitu dengan musiknya.

11. Don't

"Don't" masuk ke album Sheeran yang berjudul "×". Lagu ditulis oleh Sheeran dan Benny Blanco sementara di bagian produsernya ada Benny Blanco dan Rick Rubin. "Don't" awalnya akan menjadi singel utama dari album namun kemudian lagu "Sing" yang dipilih sebagai singel utamanya. Lagu ini malah dirilis di iTunes pada 13 Juni 2014 sebagai promotional single dari album "×". Lagu berdurasi 3 menit 42 detik ini mendapatkan sertifikat 4× platinum di Amerika Serikat dan 2× platinum di Britania Raya.

Lagu ini sendiri diambil dari pengalaman Sheeran dalam sebuah hubungan singkat dengan penyanyi lainnya. Lagu ini sendiri menceritakan seseorang yang bertemu dengan orang baru dihidupnya. Ia melihat si orang tersebut tampak polos, lugu, dan terlihat seperti orang baik. Namun, ternyata kenyataannya tidak seperti itu.

Jika biasanya Sheeran selalu terbuka tentang siapa orang yang menginspirasi lagunya, tidak dengan lagu "Don't". Sheeran tidak pernah mengkonfirmasi tentang siapa lagu ini. Banyak rumor bertebaran, ini lagu tentang Ellie Goulding atau Selena Gomez. Itulah tadi daftar lagu-lagu terbaik dari Ed Sheeran versi saya pribadi. Mana lagu Ed Sheeran favorit kalian? Apakah ada dalam daftar diatas? Jika tidak ada, coba tulis di kolom komentar dibawah ya!

Referensi:
https://en.m.wikipedia.org/
https://genius.com/

Keywords: lagu ed sheeran terbaru, daftar lagu ed sheeran, lagu ed sheeran terpopuler, ed sheeran 2020, lagu2 ed sheeran, 10, terjemahan, lagu ed sheeran terbaik, not angka, full album, chord, makna, yang ada suara hantu, lirik, tentang apa, romantis, arti dari, maksud lagu, apa arti lagu, sedih, tentang apa