Review Game Android Beatstar - Touch Your Music

Beatstar - Touch Your Music adalah game bergenre musik di Android. Game ini memiliki gamplay yang tergolong umum di game sejenisnya.
Review Game Android Beatstar - Touch Your Music.jpg

Video Trailer

Gambar

Review

Beatstar - Touch Your Music (selanjutnya akan saya sebut Beatstar saja) adalah sebuah game bergenre musik di Android dan iOS. Game ini dirilis secara global pada 31 Agustus 2021. Untuk pengguna Android, Beatstar bisa kalian instal secara gratis di Play Store. Di Play store sendiri game ini sudah diunduh lebih dari 10 juta kali dan mendapatkan rating 4,8/5 dari lebih dari 553 ribu ulasan. Game yang memiliki rating usia 12+ di Play Store ini adalah game online, jadi kalian harus terhubung ke internet untuk dapat memainkan game ini.

Beatstar dikembangkan oleh Space Ape, sebuah developer game yang didirikan pada tahun 2012 dan bermarkas di London. Space Ape bisa dibilang bukan merupakan developer game yang terlalu terkenal, game-gamenya di Play Store tidak terlalu banyak bahkan saya sendiri belum pernah memainkan game besutan developer satu ini selain Beatstar. Dalam mengembangkan Beatstar, Space Ape berkolaborasi dengan Supercell. Hal ini bisa terjadi lantaran Supercell pada 2017 sudah mangakuisisi 60% dari Space Ape. Berbeda dengan Space Ape, Supercell bukanlah developer game abal-abal, developer yang satu ini adalah pihak dibalik pembuatan game-game yang cukup punya nama seperti Hay Day, Clash of Clans, Boom Beach, Clash Royale, dan Brawl Stars. Dengan kolaborasi ini, Supercell ID yaitu semacam layanan untuk menyimpan progres game dari Supercell juga tersedia di game Beatstar.

Gameplay Beatstar ini sebenarnya tergolong hal yang lumrah ditemui di berbagai game musik di Android. Jika kalian pernah memainkan game Guitar Hero mungkin paham cara memainkan game ini. Jadi, kita harus menekan semacam tombol yang muncul di layar dengan tepat. Untuk mendapatkan poin yang lebih banyak kalian harus menekan tombol di tempat yang tepat. Ada empat hasil yang bisa kalian dapat ketika menekan tombol yaitu perfect+, perfect, great, dan missed. Perfect+ ini tentu saja adalah yang terbaik dimana poin yang kalian dapatkan menjadi lebih besar tapi cukup sulit didapatkan karena kalian harus benar-benar menekan tombol di area yang tepat. Sementara perfect juga tergolong lumayan, mungkin meleset sedikit dari area yang ditentukan masih bisa mendapatkan perfect. Kalau great ini kalian asal menekan tombol saja, tak perlu di area yang ditentukan, maka kalian akan mendapatkan great. Kalau missed sudah pasti artinya meleset, ini bisa terjadi ketika kalian melewatkan tombol yang muncul atau kalian menekan bagian layar yang salah, bukan menekan tombolnya. Permainan akan seketika itu juga berakhir jika kalian mendapatkan missed.

Tantangan lainnya adalah jenis tombol yang muncul ada beberapa jenis. Ada yang hanya harus kalian tekan, ada yang harus kalian tekan lalu tahan, dan yang paling ribet adalah tombol yang harus kalian geser tergantung tanda panah yang muncul di tombol tersebut. Jika tanda panahnya mengarah ke atas maka kalian harus tekan kemudian geser ke atas, begitu juga tanda panah yang menunjuk ke arah yang lain, kalian harus menggeser ke arah panah itu menunjuk.

Untuk tingkat kesulitan di game ini setiap lagu memiliki tingkat kesulitannya sendiri. Ada normal, hard, dan extreme.

Ada fitur pengali di game ini, poin kalian bisa dikalikan 2x, 3x, atau 4x, tergantung kesulitan lagu yang kalian pilih, semakin tinggi tingkat kesulitan lagunya, semakin tinggi juga maksimal pengali yang bisa kalian dapatkan. Untuk mengaktifkan fitur pengali ini, kalian harus berhasil menekan tombol dengan hasil perfect atau perfect+ secara berturut-turut.

Berbicara soal lagu-lagu yang ada di Beatstar, saya cukup suka kebanyakan lagu di game ini. Lagu-lagu yang ada di game ini bisa dibilang sangat populer jadi kalian yang memang suka mendengarkan lagu-lagu luar pasti tahu kebanyakan lagu di game ini.

Untuk membuka lagu baru di game ini kalian bisa membelinya di Music Library menggunakan diamond. Untuk mendapatkan diamond kalian bisa membelinya dengan uang sungguhan, tapi saya tidak menyarankannya karena tanpa membelipun kalian tetap bisa mendapatkannya lewat hadiah harian atau menonton iklan. Harga diamond-nya juga tergolong cukup mahal.

Selain dengan diamond, kalian bisa membuka lagu baru di game ini dengan Beatcoins. Beatcoins ini bisa kalian dapatkan setelah menyelesaikan sebuah lagu. Maksimal jika kalian berhasil menyelesaikan lagunya akan mendapatkan 150 Beatcoins tapi jika kalian gagal menyelesaikan lagunya maka kalian akan mendapatkan kurang dari 150 Beatcoins, jumlahnya bervariasi tergantung progres kalian saat gagal di lagu tersebut. Dengan Beatcoins kalian bisa membuka koper, dari koper tersebut kalian akan mendapatkan kartu. Ada berbagai macam kartu disini untuk mengelompokkan lagu-lagunya. Setelah mengumpulkan kartu dalam jumlah yang cukup berdasarkan kategorinya, kalian akan membuka box yang didalamnya terdapat sebuah lagu random tergantung kategori kartu yang kalian kumpulkan. Oh ya, untuk membuka koper yang berisi kartu-kartu tadi kalian harus menunggu agak cukup lama yaitu berjam-jam. Ada tiga slot koper yang bisa kalian simpan, ketika ketiga slotnya terisi maka kalian tidak bisa bermain lagi. Kalian harus menunggu koper terbuka terlebih dahulu. Sistem yang agak payah menurut saya, ini bukan game online multiplayer tapi seperti membatasi waktu kita dalam bermain di game ini. Entah gunanya untuk apa, jika di game-game online multiplayer mungkin sistem pembatasan tersebut berguna untuk mengurangi beban kerja server, tapi untuk game semacam Beatstar ini saya tidak tahu gunanya apa.

Setiap lagu memiliki lima bintang dan tiga medali. Bintang ini gunanya untuk progres kita di Journey. Untuk mendapatkan bintang kita harus mencapai jumlah poin tertentu, jumlah poinnya tergantung kesulitan lagu yang kalian mainkan. Journey sendiri di game ini seperti level. Dengan bintang maka progres di Journey kita akan naik dan akan membuka fitur-fitur di game ini, termasuk kesulitan lagu yang lebih tinggi dan jumlah lagu yang tersedia untuk kita buka juga akan bertambah. Sementara untuk medali ini semacam achievement yang akan ditampilkan di halaman profil atau papan peringkat.

Beatstar memiliki fitur Tour Pass. Ini seberti premium membership layaknya Starlight Member di Mobile Legends dimana kita akan mendapatkan kelebihan-kelebihan tertentu, terutama dari item seperti kartu yang kalian dapatkan akan lebih banyak dengan membeli fitur Tour Pass ini. Sayangnya bagi saya harganya sendiri terlalu mahal, mungkin ini tergantung perspektif masing-masing.

Beatstar sayangnya tidak atau mungkin belum menyediakan fitur multiplayer sampai saat postingan ini ditulis. Padahal ada beberapa game sejenis yang sudah menyediakan fitur ini dan bagi saya ini fitur yang penting untuk memberikan kita kesan kompetitif. Satu-satunya unsur kompetitif yang ada di game adalah papan peringkat yang akan menunjukkan total poin kita dan medali yang kita dapat. Di papan peringkat itu semua pemain akan bersaing untuk menjadi pemuncaknya dengan poin tertinggi. Hanya sebatas itu unsur kompetitif yang ada di Beatstar.

Overall, Beatstar adalah sebuah game musik dengan gameplay yang klise meskipun ada tambahan agar sedikit bisa terlihat fresh, tapi tetap saja secara garis besar gameplay game ini bisa ditemui di game sejenis. Sistem permainan yang membuat kita tidak bisa sepuasnya bermain di Beatstar ini harus saya akui cukup mengganggu, namun itu sebenarnya bisa jadi solusi untuk kalian yang memang tidak ingin terlalu sering bermain game ini karena dengan sistem ini kalian akan dipaksa berhenti bermain untuk beberapa saat. Tidak adanya fitur multiplayer juga membuat kesan kompetitif game ini kurang terasa.

Rating: 7/10

Untuk kalian yang suka mendengarkan musik di ponsel harus punya dong earphone/headset dengan kualitas yang mamadai. Ingin membeli earphone/headset dengan kualitas terbaik dan harga murah, cek link dibawah ini:
- Rekomendasi Headset/Earphone Terbaik & Termurah Untuk Ponsel

Referensi:
https://play.google.com/
https://beatstar.com/
https://beatstar.fandom.com/
https://en.m.wikipedia.org/

Keywords: Game Beatstar - Touch Your Music Download, Apk, Trivia, Informasi Lengkap, Fakta Unik, Terbaru, Mod, Cheats, Permainan, Berita, Review, Ulasan, Resensi, Konsol, Permainan PC, Laptop, Playstation, PS 1, 2, 3, 4, Xbox One, 360, HD, Gratis, Free, Gim, Mobile, Ponsel, Android, Guide, Bahasa Indonesia, Tutorial