Review Game Android Epic Conquest

Epic Conquest adalah sebuah game Android bergenre RPG yang dikembangkan oleh developer asal Indonesia, Gaco Games.
Review Game Android Epic Conquest.jpg

Video Trailer

Gambar

Review

Game Epic Conquest adalah sebuah game yang tersedia di perangkat Android. Game ini berasal dari Indonesia tepatnya dari developer Gaco Games. Gaco Games sendiri sebenarnya sudah merilis Epic Conquest 2, tapi saya memainkan yang pertamanya dulu, mungkin setelah ini saya akan memainkan yang keduanya. Game ini memiliki storyline jadi saya berpikir harus memainkan game ini dari yang pertama sebelum memainkan yang keduanya, meskipun sebenarnya saya juga tidak yakin akan menyelesaikan cerita di game ini.

Game bergenre aksi-RPG ini dirilis di Play Store pada 5 Oktober 2017. Game ini tersedia secara gratis namun ada beberapa pembelian yang bisa kalian lakukan di dalam gamenya tapi sebenarnya melakukan pembelian di dalam game ini tidak terlalu penting. Ini bukanlah game pay to win, kalian bisa menikmati game ini secara maksimal tanpa mengeluarkan uang berlebih. Epic Conquest juga merupakan game offline jadi kalian tidak perlu terhubung ke internet untuk memainkannya tapi ada gunanya kalian terhubung ke internet saat memainkan game ini yaitu saat akan menyimpan progres kalian. Progres kalian akan disimpan di Google Play jadi terhubung dengan akun Google kalian. Jika suatu saat kalian pindah perangkat atau mencopot dulu game ini, kalian bisa melanjutkan progres kalian asal kalian masih login dengan akun Google yang sama.

Epic Conquest juga tidak memerlukan spesifikasi ponsel yang terlalu tinggi, ponsel di kisaran dua jutaan sudah dapat dengan nyaman memainkan game ini.

Di Play Store game ini sudah diunduh sebanyak 5 juta kali dan mendapatkan rating 4,8/5 dari sekitar 300 ribu ulasan.

Cerita berlatar di sebuah dunia fantasi dimana dunia tersebut diserang oleh iblis yang muncul lewat portal dimensi. Akibat kakacauan itu kerajaan-kerajaan yang ada kemudian bersatu dan membuat aliansi untuk mengalahkan para iblis. Bertahun-tahun berlalu sejak kedatangan iblis, darah campuran tak bisa terelakkan. Beberapa orang terlahir dengan setengah manusia dan setengah iblis, mereka kemudian disebut sebagai penyihir. Karena darah iblisnya, penyihir punya kekuatan-kekuatan magis yang tidak dimiliki manusia biasa. Aliansi menganggap para penyihir sama berbahayanya dengan iblis meskipun mereka masih berwujud manusia. Karena itulah para penyihir kemudian diburu.

Itu adalah premis cerita di game ini, untuk cerita lebih detailnya kalian akan mendapatkannya saat memainkan gamenya, jadi saya tidak mau menceritakannya disini. Tenang saja, karena game ini berasal dari Indonesia, tentu saja bahasanya juga ada Bahasa Indonesia yang akan membuat kalian bisa dengan mudah dan nyaman mengikuti jalan cerita game Epic Conquest ini.

Saat menulis postingan ini saya belum menyelesaikan game ini jadi keseluruhan cerita dan ending-nya belum saya ketahui. Namun, meskipun begitu sedikit penilaian saya untuk awal cerita game ini adalah cukup memuaskan. Ceritanya bisa dibilang cukup seru dengan sedikit bumbu romansa percintaan yang klise, kalian pasti paham, yang dari awalnya terlihat saling benci dan kerap terlibat pertengkaran sepele kemudian mulai muncul tanda-tanda saling suka. Cerita romansa percintaannya yang memang terkesan pasaran, tapi dengan latar cerita di dunia fantasi semuanya terasa lebih seru dan berbeda.

Di game ini total ada empat karakter yang bisa kalian mainkan yaitu Alaster, Edna, Louisa, dan Zerav. Tiap karakter ini gaya bermainnya berbeda-beda tergantung role-nya. Untuk jarak jauh kalian bisa menggunakan Edna atau Louisa, untuk jarak dekat kalian bisa menggunakan Alaster atau Zerav. Di awal kalian hanya bisa memainkan Edna dan Alaster. Seiring berjalannya cerita, kalian akan membuka karakter Louisa dan Zerav untuk kalian mainkan. Karakter yang menurut saya paling gampang dimainkan di game ini adalah Edna yang memiliki role mage. Gaya serangannya yang jarak jauh dan daya jangkau serangannya yang cukup luas memungkinkan kita mengenai banyak musuh dalam waktu bersamaan. Karakter yang lain sebenarnya juga memiliki daya serang yang luas di beberapa skill tapi Edna ini paling gampang.

Kontrol di game ini juga tergolong mudah. Bahkan tanpa tutorial sekalipun saya rasa kalian akan dengan mudah memahami kegunaan tiap tombol di game ini. Kunci dari bermain game ini adalah timing yang tepat dan membaca gerakan musuh. Gerakan musuh di game ini baik musuh biasa ataupun boss-nya terstruktur dan bisa dibaca atau ditebak jika kalian sudah memahami gerakannya, jadi akan ada celah untuk mengalahkannya dengan mudah asal kalian bisa sabar dan memiliki ketepatan dalam menyerangnya.

Game Epic Conquest ini memang memiliki unsur game petualangan namun bukan tipe open-world melainkan tipe stage. Ada map di game ini tapi bukan berarti untuk dijelajahi secara luas, kita hanya bisa bertarung dari tempat satu ke tempat lainnya.

Epic Conquest juga memiliki sistem permainan seperti game-game RPG pada umumnya. Kita akan menaikkan level karakter yang kita gunakan. Menaikkan level ini berguna untuk membuka skill-skill pada karakter kita. Dalam game ini kita juga memungkinkan mengembangkan karakter kita sesuai keinginan kita, apakah kita akan menguatkan sisi penyerangan, pertahanan, kecepatan, atau yang lainnya itu tergantung keputusan kita. Setiap level karakter naik kita akan mendapatkan 3 SP (stat points). SP ini yang akan kita alokasikan ke bagian mana kita akan mengembangkan karakter kita. Game RPG seperti ini juga tak lengkap rasanya tanpa equipment atau perlengkapan yang bisa kita pakaikan ke karakter kita. Kita bisa mendapatkan equipment ini dari mengalahkan monster atau membuatnya dari bahan-bahan tertentu. Equipment ini adalah hal yang sangat penting karena bisa menaikkan statistik karakter kalian dengan cukup signifikan. Selain equipment ada item-item yang juga bisa sangat membantu kalian dalam pertarungan seperti item untuk menambah HP atau MP.

Di game ini juga ada pets yang bisa menemani kita dalam bertarung menghadapi para monster. Ada 3 pets yaitu Snow Fairy, Wood Golem, dan Flame Fox. Pets ini akan membantu kita dalam pertarungan dimana kita bisa menggunakan skill milik pets kita. Kita bisa memberi makan pets untuk menambah levelnya. Selain itu jika pets tidak kelaparan saat kita bawa dalam pertarungan, ia akan membantu kita lebih baik dengan mengeluarkan serangan-serangan otomatis.

Game ini memang menyediakan pembelian item di dalam game. Tapi, seperti saya bilang diatas ini bukan game pay to win, kalian tak mengeluarkan uang di game ini pun tidak masalah, keseruannya tidak akan berkurang sedikitpun. Usahakan saja kalian selalu mengambil daily reward di game ini. Daily reward-nya bisa diambil setiap lima jam sekali. Dari daily reward ini kalian bisa mendapatkan banyak uang, item, bahkan bahan-bahan untuk membuat equipment.

Bermain game RPG sejenis "Epic Conquest" ini bisa dibilang akan membosankan karena harus menaikkan level agar bisa sebanding dengan musuh di stage selanjutnya. Untuk menaikkan level ini kita harus memainkan stage yang sudah selesai berulang kali. Sebenarnya kalian bisa memaksakan melawan musuh yang kuat saat level kalian masih rendah tapi peluang menangnya sangat kecil. Damage serangan kita tidak akan terasa sementara serangan lawan dengan damage yang besar akan membuat kita terpongkeng dalam waktu yang singkat. Biasanya untuk mengatasi hal semacam ini saya hanya bermain "Epic Conquest" beberapa kali dalam sehari, sekitar 5-7 kali bermain di stage yang sudah pernah kita selesaikan. Itu tidak memakan waktu sampai setengah jam, paling hanya 15 menit. Jika terlalu sering bermain saya akan merasa bosan. Barulah di akhir pekan biasanya di hari Minggu saya bermain untuk melanjutkan progres cerita dengan memainkan stage-stage selanjutnya. Dengan bermain 5-7 kali sehari dan daily reward yang kalian kumpulkan selama satu minggu, rasanya beberapa stage selanjutnya akan mudah diselesaikan dengan level karakter kita yang sudah naik dan tentu saja equipment yang sudah bagus.

Untuk sebuah game lokal, "Epic Conquest" memiliki visual grafis yang bisa dibilang menakjubkan. Gaya visualnya terkesan khas anime. Visual seperti ini bisa sangat mendukung kesan unsur romansa yang coba dibawanya. Bagi saya, Gaco Games berhasil memenuhi ekspektasi saya dari segi visual ini.

Overall, "Epic Conquest" memberikan kita harapan untuk industri game lokal. Cerita yang apik dan seru, serta visual yang menarik rasanya cukup menjadi bukti menjanjikannya developer game lokal jika memang mereka serius. Kontrolnya juga nyaman dan mudah dipahami. Meskipun gameplay dan sistem permainan memang tidak bisa dibilang fresh, setidaknya game ini sudah memenuhi standar game RPG di perangkat mobile, untuk saya pribadi.

Rating: 8/10

Referensi:
https://epic-conquest.fandom.com/
https://play.google.com/

Keywords: Game Epic Conquest Download, Apk, Trivia, Informasi Lengkap, Fakta Unik, Terbaru, Mod, Cheats, Permainan, Berita, Review, Ulasan, Resensi, Konsol, Permainan PC, Laptop, Playstation, PS 1, 2, 3, 4, Xbox One, 360, HD, Gratis, Free, Gim, Mobile, Ponsel, Android, Guide, Bahasa Indonesia, Tutorial