Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Misteri Robert the Doll, Boneka yang Dipercaya Hidup dan Bisa Bergerak

Misteri Robert the Doll, Boneka yang Dipercaya Hidup dan Bisa Bergerak.jpg

Boneka adalah mainan favorit anak-anak terutama perempuan meskipun anak laki-laki juga bisa saja memilikinya. Boneka sering dibuat dalam bentuk yang lucu, menawan, dan menggemaskan. Namun, ada beberapa boneka di dunia ini yang memiliki bentuk kurang enak dipandang bahkan memiliki cerita mengerikan dibaliknya.

Sebenarnya kisah boneka-boneka menyeramkan kerap kali kita jumpai di dunia perfilman seperti Annabelle atau Chucky. Tapi, pernah enggak sih kalian membayangkan kalau kisah tersebut beneran ada di dunia nyata?

Robert the Doll, sebuah boneka yang benar-benar ada di dunia nyata, sekarang dipajang di Martello Gallery-Key West Art and Historical Museum, boneka ini dipercaya bisa bergerak, berbicara, dan melakukan hal-hal supranatural. Bagaimana kisah boneka yang satu ini?

Awal Mula Kisah Robert the Doll

Sebenarnya banyak versi tentang cerita boneka ini, saya sendiri tidak tahu mana yang benar.

Awal 1900-an hidup sebuah keluarga tersohor di Key West, Florida. Di keluarga tersebut ada seorang anak laki-laki bernama Robert Eugene Otto. Nah, banyak cerita berbeda bagaimana si kecil Otto bisa mendapatkan boneka tersebut.

Ada yang menyebutkan kalau boneka tersebut pemberian kakeknya yang dibeli pada tahun 1904 saat sang kakek melakukan perjalanan ke Jerman. Boneka tersebut diberikan sebagai hadiah ulang tahun ke-4 Otto.

Versi lain menyebutkan kalau sang ayah, Thomas Otto adalah seorang yang suka bersikap keras terhadap para pegawainya. Mereka memiliki seorang pembantu yang bertugas menjaga si kecil Otto, si pembantu tersebut pernah terlihat melakukan ritual voodoo, semacam ritual santet. Si pembantu itu memberikan sebuah boneka yang kabarnya sudah diberi mantra voodoo untuk menghukum si kecil Otto ketika nakal. Atau mungkin si pembantu memberikan boneka itu sebagai pembalasan untuk keluarga Otto atas sikap kasar Thomas kepada para pegawainya. Ada juga versi yang menyatakan kalau boneka itu pemberian seorang gadis kecil keturunan Bahama.

Teror Robert the Doll

Otto kecil sangat menyukai boneka tersebut hingga ia menamakannya dengan nama depannya sendiri, Robert. Sementara Otto lebih senang dipanggil Eugene atau Gene. Kedekatan Gene dan Robert (si boneka) sangat luar biasa, jika disana ada Gene pasti ada Robert. Saking sayangnya, sebuah kamar lengkap dengan mainan dan furnitur dibangun oleh orang tua Gene khusus untuk Robert. Suatu ketika ibu Gene sempat melihat Gene berbicara dengan boneka tersebut dan terdengar ada 2 suara berbeda, si ibu berpikir itu hanya suara Gene yang sengaja dibuat berbeda yang seakan berbicara dengan Gene sendiri, biasalah anak kecil imajinasinya masih tak terkontrol. Namun, semakin hari si ibu mulai merasa kalau si boneka Robert benar-benar bisa bicara.

Banyak keanehan terjadi setelah Gene memiliki Robert, barang-barang berpindah dengan sendirinya dan kadang posisi Robert juga kerap berpindah dari posisi awal dengan sendirinya. Jika ada barang yang rusak dan orang tua Gene memarahi Gene, jawaban yang Gene berikan adalah "Robert yang melakukannya". Ada juga yang percaya Robert bisa hidup karena selalu jadi pelampiasan Gene atas kesalahan di masa kecilnya, itu dipercaya bisa memicu kekuatan gaib memasuki Robert.

Para tetangga juga kerap merasa terganggu dengan boneka tersebut. Jika melewati rumah Gene para tetangga selalu melihat Robert di jendela dan merasa kalau mata boneka tersebut bergerak mengikuti mereka.

Pernah suatu ketika ada tukang pipa yang bertugas melakukan perbaikan di rumah Gene dan saat itu ia mendengar suara anak kecil tertawa padahal di rumah sedang tidak ada anak kecil. Ia kemudian menyadari kalau Robert sudah berpindah tempat dari tempat pertama kali ia melihatnya seolah boneka tersebut bisa bergerak dengan sendirinya.

Robert sering diajak makan bersama oleh Gene dan kabarnya makanan yang pura-pura disajikan untuk sang boneka bisa tiba-tiba menghilang seperti si boneka benar-benar memakannnya. Waktu tidur, boneka ini bisa tiba-tiba masuk ke dalam selimut bersama Gene.

Gene sempat berpisah dengan Robert. Saat Gene harus belajar seni di New York dan Paris, Robert tetap di rumah Gene di 534 Eaton Street di Key West. Gene kemudian menikah dengan Annette Parker pada 1930. Pasangan tersebut kembali ke rumah Gene dulu yang di dalamnya terdapat Robert. Gene kembali dipertemukan dengan Robert dan hubungan aneh mereka kembali terjadi. Sang istri, Parker bahkan merasa risih dengan keberadaan boneka tersebut. Pasalnya, Gene lebih peduli pada Robert dibanding istrinya.

Robert Setelah Kematian Gene sampai Berada di Museum

Gene meninggal pada 1974 dan istrinya 2 tahun kemudian. Rumah Gene selanjutnya dibeli oleh Myrtle Reuter beserta boneka Robert yang ada di dalamnya. Reuter memiliki rumah itu selama 20 tahun dan selama itu pula Robert terus melancarkan terornya. Sering terdengar suara langkah kaki di loteng tempat Robert di simpan, anak Reuter juga sempat diteror dan bahkan mengaku akan dibunuh oleh Robert.

Pada 1994 rumah kembali dijual dan kemudian dijadikan sebuah wisma oleh pemilik barunya. Robert pun diberikan pada East Martello Museum. Pihak museum awalnya tidak memamerkan boneka ini namun entah dari mana asalnya, kabar tentang boneka Robert yang misterius pun diketahui banyak orang dan orang-orang juga tahu kalau boneka tersebut sekarang berada di East Martello Museum, kemudian orang-orang pun mendesak pihak museum untuk memamerkannya.

Kini Robert terpampang di museum tersebut dengan pakaian pelaut yang kemungkinan adalah pakaian Gene ketika bayi karena perusahaan pembuat Robert yakni Steiff Company tidak mendandaninya seperti itu dan beberapa sobekan yang menjadi pertanda kalau boneka ini sudah berusia tua. Steiff Company mengklaim kalau Robert dibuat sedemikian rupa karena boneka ini memang tidak dimaksudkan untuk dijadikan boneka mainan. Namun hanya sebatas untuk dipajang di balik jendela layaknya patung maneken atau action figure.

Kabarnya, kengerian Robert terus ada sampai sekarang. Pengunjung kerap melihat raut wajah boneka tersebut berubah. Orang-orang yang datang ke museum dan memotret Robert tanpa izin akan menerima kesialan seperti kameranya akan rusak. Orang-orang yang ingin mengambil gambar Robert harus meminta izin pada Robert sendiri dengan sopan, jika kepala Robert bergerak maka itu pertanda kalau orang tersebut diperbolehkan mengambil gambar, jika kepalanya tidak bergerak sebaiknya jangan coba-coba. Robert banyak menerima surat dari para pengunjung yang minta maaf karena sudah berlaku tidak sopan terhadap Robert dan kena sial. Terdengar mustahil sih, tapi kalian boleh percaya boleh tidak.

Referensi:
www.wikipedia.org
www.travel.tribunnews.com
www.yukepo.com
www.anehdidunia.com
www.kaskus.co.id

Keywords: Boneka Hantu, Cerita, Robert the Doll, Kisah, Informasi Lengkap, Fakta Unik, Trivia, Horor, Kisah Nyata

Posting Komentar untuk "Misteri Robert the Doll, Boneka yang Dipercaya Hidup dan Bisa Bergerak"

close