Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Hobi Ngegame di HP? Ini Tipsnya Agar Badan Tetap Fit Saat Gaming

Hobi Ngegame di HP? Ini Tipsnya Agar Badan Tetap Fit Saat Gaming.jpg

Memiliki hobi main game memang sah-sah saja. Tapi bagaimana kalau main game sampai lupa waktu? Terlalu banyak main game juga sering dianggap memiliki dampak negatif pada kesehatan. Memang ada benarnya juga, agar badan tetap sehat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat gaming.

Siapa sih yang tidak suka main game? Main game di smartphone telah menjadi pilihan hiburan utama bagi sebagian besar orang. Tidak hanya itu, banyak juga para gamers profesional yang memang sumber pendapatannya adalah dari main game. Ada juga yang memang main game dengan tujuan untuk mendapatkan uang, misalnya main game taruhan online di link alternatif M88.

Sayangnya, pada kondisi tertentu, main game yang terlalu lama dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Dari sakit kepala, berkurangnya fokus, sakit punggung, dan sebagainya. Untuk itu, selalu perhatikan beberapa hal berikut ini agar kesehatan tubuh tetap terjaga meskipun hobi gaming.

Minum air putih yang cukup

Minum air putih yang cukup merupakan salah satu kunci menjaga kesehatan tubuh. Asupan air minum yang cukup akan menjaga organ tubuh kita untuk berfungsi secara normal. Menjaga asupan air minum saat gaming dapat mengatasi dan mencegah dehidrasi dan gejalanya, seperti mata dan otot yang cepat terasa lelah.

Memang terdengar sederhana, tapi membiasakan diri minum air putih saat main game kadang tidak mudah. Tidak banyak yang rela mengganti segelas kopi atau sekaleng soda sebagai teman main game dengan air mineral yang lebih sehat.

Untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi, biasakan untuk minum setiap 15 menit saat gaming. Agar tidak lupa, atur alarm untuk menunjukkan waktunya minum.

Siapkan cemilan sehat

Main game biasanya lebih seru kalau disertai dengan kudapan. Tapi jangan sampai tergoda cemilan yang mengandung banyak gula, ya. Tetap perhatikan asupan kalori pada tubuh kita. Main game selama berjam-jam artinya tubuh kita tidak banyak bergerak, dan semakin besar kemungkinan bagi tubuh kita untuk kelebihan kalori yang akibatnya bisa menjadi timbunan lemak.

Istirahatkan mata sejenak

Main game dalam waktu yang lama dapat menyebabkan ketegangan pada otot mata, dan seringkali hal ini kita abaikan. Akibatnya, mata dapat menjadi lelah, dan dapat berujung pada sakit kepala hingga mual. Karena itu, jangan terus terfokus pada layar HP. Istirahat mata secara teratur dengan melihat pada objek yang jauh selama beberapa saat. Main game dengan pencahayaan ruangan yang cukup juga dapat mengurangi keletihan pada mata.

Gerakkan badan sejenak

Main game online selama berjam-jam tanpa jeda dapat menyebabkan kelelahan pada otot. Karena itu, usahakan untuk bergerak dan menjeda main game, misalnya dengan berjalan untuk mengambil makanan, minum, dan sebagainya. Anda juga bisa melakukan stretching ringan di sela-sela main game. Hal ini akan membuat tubuh menjadi lebih segar, meningkatkan mood, dan juga kalian akan lebih fokus saat melanjutkan main game.

Tidur yang cukup

Masalah yang sering dialami para gamer adalah kurangnya waktu tidur. Karena tanggung main game, waktu tidur pun sering dikorbankan. Padahal tidur yang cukup memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Saat tidur, selain mengistirahatkan tubuh, sel-sel tubuh kita juga akan mengalami perbaikan.

Tidur yang cukup akan meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah, meningkatkan fokus, dan menyehatkan tubuh kita. Sebaliknya, kurangnya waktu tidur dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan menurunnya kualitas kesehatan tubuh.

Keywords: Game HP, Tips Kesehatan Gamer, Gaming

Posting Komentar untuk "Hobi Ngegame di HP? Ini Tipsnya Agar Badan Tetap Fit Saat Gaming"

close