Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Fungsi Insulin bagi Penderita Diabetes

Fungsi Insulin bagi Penderita Diabetes.jpg

Fungsi insulin bagi penderita diabetes untuk menetralkan lonjakan gula darah dalam tubuh. Insulins ebenarnya diproduksi secara alami oleh tubuh melalui pankreas. Namun, pada beberapa kondisi, terdapat gagal fungsi pankreas sehingga insulin tidak diproduksi, atau terdapat produksi insulin namun mengalami resistensi.

Insulin ini diberikan dalam bentuk suntikan. Disuntikkan secara rutin pada penderita diabetes melitus tipe satu, serta disuntikkan ketika terjadi resistensi insulin pada penderita diabetes tipe dua. Treatment yang berbeda ini dikarenakan penyebab penyakit yang berbeda pula.

Pada penderita diabetes melitus tipe 1, mereka memang mengalami kelainan pada fungsi pankreas sehingga tidak dapat memproduksi insulin yang akan mengatur kadar gula darah, karbohidrat, dan asupan lainnya dalam tubuh. Sedangkan pada penderita diabet tipe 2, mereka mengalami resistensi akibat pola makan dan gaya hidup yang salah, sehingga gula darah mengalami lonjakan signifikan dan tidak terkontrol.

Selain perbedaan fungsi insulin bagi penderita diabetes, terdapat juga perbedaan dosis, merk dagang, serta kapan waktu penyuntikannya. Berikut beberapa merk dagang insulin agar kamu lebih familiar: Apidra, Insulatard HM, Insuman Basal, Insuman Comb 25, Insuman Comb 30, Insuman Rapid, Lantus, Mixtard 30 HM, Sansulin Log-G.

Penanganan pada Pasien yang Membutuhkan Insulin Suntik

Pemberian insulin suntik haruslah dengan resep dokter, tidak bisa sembarangan. Selain harus dengan resep dokter, pasien nantinya juga akan menjalani proses skrining lengkap dan diharapkan pasien berkata jujur agar dokter tidak salah ketika akan mengambil tindakan. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan:
- Jangan pernah berbohong mengenai alergi yang kamu punya. Katakan jujur alergi apa saja yang pernah atau sedang kamu alami, termasuk jika alergi akibat makanan dan minuman tertentu.
- Apabila kamu sedang atau mungkin pernah mengidap satu diantara beberapa penyakit berikut; penyakit ginjal, penyakit tiroid, penyakit liver, gagal jantung, hipoglikemia, penyakit infeksi, lipoatrophy (berkurangnya jaringan lemak di daerah tubuh tertentu), atau hipokalemia, katakan juga de gan jujur pada dokter.
- Hindari konsumsi minuman beralkohol ketika kamu menjalani pengobatan insulin suntik, yang mana artinya, pasien diabetes baik tipe 1 maupun 2 harus tidak lagi mengkonsumsi segala bentuk makanan atau minuman dengan kandungan alkohol.
- Hindari berkendara atau melakukan aktivitas yang membutuhkan fokus tertentu karena penggunaan insulin suntik akan membuat kamu merasa sedikit pusing.
- Beritahu dokter jika kamu tengah hamil atau sedang merencanakan kehamilan.
- Beritahu dokter jika kamu sedang mengkonsumsi suplemen tertentu atau minuman makanan tradisional untuk pengobatan.
- Segera beritahu dokter jika terjadi reaksi tertentu pada tubuh setelah pemberian insulin suntik ini.

Bagaimana Pemberian Insulin Suntik

Karena fungsi insulin suntik bagi penderita diabetes cukup penting, maka pemberian insulin juga harus dilakukan dokter atau tenaga ahli di bawah pengawasan. Pemberian insulin suntik ini melalui pembuluh darah atau intravena (IV) ke dalam otot atau intramuskular (IM), atau bisa juga di bawah kulit.

Berikut ini dosis penggunaan insulin suntik sesuai arahan dokter (bisa berubah tergantung kondisi pasien, maka dari itu, diharuskan konsultasi terlebih dahulu):

Suntik intramuskular/IM

Dewasa: Dosis suntikan awal adalah 20 unit, diikuti dengan 6 unit per jam sampai gula darah turun ke 10 mmol/l atau di bawah 180 mg/dl.

Suntik intravena/IV

Dewasa: Dosis diberikan melalui infus dengan dosis awal 6 unit per jam, dosis digandakan 2 atau 4 kali lipat jika kadar gula darah tidak juga turun.

Anak-anak: Dosis diberikan melalui infus dengan dosis awal 0,1 unit/kgBB per jam, dosis digandakan 2 atau 4 kali lipat jika kadar gula darah tidak juga turun.

Suntik subkutan

Dewasa: Dosis akan disesuaikan oleh sesuai kebutuhan. Suntikan dilakukan ke area paha, lengan atas, bokong, atau perut.

Nah, semoga ulasan fungsi insulin bagi penderita diabetes ini bermanfaat, ya!

Keywords: apa fungsi hormon insulin pada proses regulasi, apa gunanya insulin, akan menyebabkan, anak, apa saja, adalah, fungsi suntik insulin bagi penderita diabetes, fungsi insulin bagi penderita diabetes melitus

Posting Komentar untuk "Fungsi Insulin bagi Penderita Diabetes"