Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Profile, Biografi dan Biodata Ava Max

Profile, Biografi dan Biodata Ava Max.jpg

Ava Max yang lahir pada 16 Februari 1994 ini memiliki nama asli Amanda Ava Koci, ia adalah seorang penyanyi dan penulis lagu. Max menandatangani kontrak dengan label rekaman Atlantic Records pada 2016 dan kemudian merilis lagu "Sweet but Psycho" pada Agustus 2018. Lagu tersebut menjadi hit dan membawa kepopuleran pada dirinya setelah mampu mencapai posisi satu di 22 negara seperti Britania Raya, Jerman, Austria, Swiss, Swedia, dan Selandia Baru. Lagu tersebut juga mampu menduduki posisi dua di Australia dan posisi 10 di Billboard Hot 100. Pada Maret 2020, Max merilis lagu "Kings & Queens" yang mencapai posisi 13 di Billboard Hot 100 dan posisi 19 di UK Singles Chart. Diikuti dengan perilisan debut albumnya yang berjudul "Heaven & Hell" pada September 2020. Album tersebut berhasil menduduki posisi dua di UK Albums Chart dan posisi 27 di Billboard 200. Pada November 2020, lagu "My Head & My Heart" dirilis dan mampu menempati posisi 45 di Billboard Hot 100 dan posisi 18 di UK Singles Chart.

Orang tua Max berasal dari Albania. Ayahnya, Paul berasal dari Qeparo dan ibunya, Andrea berasal dari Sarande. Max juga memiliki saudara laki-laki yang umurnya sekitaran tujuh tahun lebih tua darinya. Orang tua Max meninggalkan Albania setelah komunisme runtuh di negara tersebut dan mereka tinggal di gereja yang mendukung Red Cross di Paris selama kurang lebih satu tahun. Ketika di Paris mereka bertemu dengan seorang wanita dari Winconsin dan wanita tersebut memberikan passport kepada mereka untuk berimigrasi ke Amerika Serikat. Saat masa kecilnya, Max kerap melihat orang tuanya kesulitan dalam mencari uang, mereka bekerja di tiga pekerjaan tanpa berbicara Bahasa Inggris. Ibunya adalah seorang penyanyi opera terlatih dan ayahnya adalah seorang pianis.

Max dan keluarganya pindah ke Virginia saat usianya delapan tahun, dimana ia tumbuh besar di Hampton Roads. Saat di Virginia, ia mengikuti beberapa kompetisi Radio Disney di Greenbrier Mall di kota Chesapeake. Max kemudian melakukan debut penampilannya di the NorVa di kota Norfolk saat usianya baru sepuluh tahun dengan membawakan lagu "I Wanna Dance with Somebody (Who Loves Me)" dari Whitney Houston. Selanjutnya Max sering bepergian ke Florida untuk mengikuti kontes menyanyi, ia juga sudah mulai merilis musik menggunakan nama panggilan Amanda Kay. Pada usia 13 tahun, ia menambahkan nama tengah Ava pada namanya dan kemudian menjadikan Ava sebagai nama panggilannya karena ia merasa kurang suka dipanggil dengan nama depannya, Amanda, ketika ia mulai beranjak dewasa.

Max mengadopsi nama Ava sebagai nama panggungnya pada usia 14 tahun. Ibunya menyarankan Max untuk pindah ke Los Angeles dalam upaya mengejar karier bermusiknya, namun disana ia terus menerus ditolak karena Max masih dibawah umur. Max direlokasi ke South Carolina setahun kemudian, dimana disana ia mulai menulis lagu tentang sebuah hubungan yang ia amati, termasuk hubungan kakak laki-lakinya. Ia kemudian mengatakan kalau ia sangat bersyukur bisa pindah tempat tinggal karena itu memungkinkannya menjalani masa anak-anak yang normal. Saat di South Carolina, Max pernah bersekolah di Lexington High School selama setahun setelah sebelumnya menjalani homeschooling, namun Max mengaku kalau disana ia kerap jadi korban bullying. Setelah berusia 17 tahun, ia kembali ke Los Angeles bersama kakanya yang berperan sebagai manajernya. Namun, semuanya tidak berjalan lancar disana. Max kesulitan mencari produser dan penulis lagu karena kurangnya koneksi yang ia dan kakaknya miliki disana. Kegagalan tersebut membawanya pada jalan hidup yang buruk, ia menjadi peminum alkohol di usia dini dan harus bertahan hidup dengan penghasilan $20 perminggu.

Max sempat merilis "Take Away the Pain" pada 2013 yang kemudian di-remix oleh dua musisi Kanada, Project 46, pada Juli 2015. Untuk beberapa tahun, demo yang dia kirimkan ditolak dan tidak dikembalikan oleh para produser rekaman dan penulis lagu. Dalam kurun waktu itu ia juga beberapa kali menghadapi kasus pelecehan. Pada 2014, Max bertemu dengan produser rekaman asal Kanada, Cirkut, saat pesta makan malam di Chateau Marmont. Cirkut juga merupakan kenalan kakak Max. Max menyanyikan lagu "Happy Birthday" untuk Cirkut yang membawa mereka berujung pada kerja sama menulis ratusan lagu dan merilis lagu "Anyone but You" di SoundCloud pada Juli 2016. Lagu tersebut menarik perhatian beberapa label rekaman yang langsung menghubungi Max lewat email, hingga akhirnya ia menandatangani kontrak dengan Atlantic Records pada 2016. Max kemudian mengakui bahwa bekerja sama dengan Cirkut adalah momen dimana hidupnya berubah, bahkan sebelum pertemuan mereka Max sempat berencana meninggalkan industri musik karena merasa ia terus dibungkam secara kreatif.

Setelah menandatangani kontrak di usia 22, ia kemudian mencari nama belakang yang akan ia gunakan sebagai nama panggungnya, ia kemudian memilih nama Max sebagai nama belakang untuk nama panggungnya. Nama tersebut dipilih karena menggabungkan unsur maskulin dan feminin.

Max merilis lagu "My Way" pada 20 April 2018 dan mampu mencapai posisi 38 di Romanian Airplay 100 chart. Pada 11 Mei 2018, "Slippin" sebuah lagu hasil kolaborasinya dengan musisi Amerika-Albania, Gashi, dirilis. Pada 8 Juni 2018, Max muncul di lagu "Into Your Arms" dari rapper asal Amerika, Witt Lowry. Sebulan kemudian, "Salt" dikirim ke SoundCloud. Pada 13 Agustus 2018, Max merilis lagu "Not Your Barbie Girl" sebagai promotional single. Lagu "Sweet but Psycho" yang dirilis pada 17 Agustus 2018 menjadi awal Max meraih kepopuleran yang luar biasa. Lagu tersebut berhasil mencapai nomor satu tangga lagu di 22 negara termasuk di Britania Raya dimana disana lagu ini bertahan di puncak selama empat pekan berturut-turut. Pada Januari 2019, lagu ini memuncaki Billboard Dance Club Songs dan berhasil mencapai posisi 10 di Billboard Hot 100. Max juga tampil dalam lagu "Make Up" dari Vice dan Jason Derulo yang dirilis pada 23 Oktober 2018 serta ikut menyumbangkan suaranya di lagu "Let It Be Me" dari David Guetta.

Pada 7 Maret 2019, Max merilis lagu "So Am I" yang mampu menduduki posisi sepuluh besar di Polandia, Norwegia, dan Finlandia. Pada 3 Juli 2019, versi remix dari lagu ini dirilis dimana Max berkolaborasi dengan boyband asal Korea Selatan, NCT 127. "Blood, Sweat & Tears" dan "Freaking Me Out" dirilis sebagai promotional single pada Juli 2019. Pada 7 Agustus 2019, Max muncul di lagu "Slow Dance" dari AJ Mitchell dan Max merilis lagu "Torn" sebagai sebuah singel pada 19 Agustus 2019. Pada tanggal 4 September 2019, ia menandatangani kesepakatan penerbitan bersama dengan Warner Chappell Music dan Artist Publishing Group. Pada 31 Oktober 2019, dia merilis musik video untuk lagu "Freaking Me Out" sebagai spesial Halloween. Max berhasil memenangkan Best Push Act di ajang MTV Europe Music Awards 2019. Pada 6 November 2019, Max berkolaborasi dengan Pablo Alborán dan menghasilkan lagu berjudul "Tabú". Max juga berkolaborasi dengan Alan Walker di lagu "Alone, Pt. II" yang dirilis pada 27 Desember 2019. Lagu "On Somebody" dirilis pada 30 Desember 2019 sebagai promotional single.

Pada 12 Maret 2020, Max merilis lagu "Kings & Queens" yang menjadi singel kelima di debut album studionya, "Heaven & Hell", yang saat itu belum dirilis. Lagu tersebut berhasil memuncaki Billboard Adult Top 40. Dia kemudian hadir sebagai featured artist di lagu "On Me" dari Thomas Rhett dan Kane Brown. Lagu tersebut menjadi soundtrack di film "Scoob!" yang dirilis pada tahun 2020. Max merilis "Who's Laughing Now" pada 30 Juli 2020 dan "OMG What's Happening" pada 3 September 2020 sebagai singel dari album. Album "Heaven & Hell" dirilis pada 18 September 2020 bersamaan dengan video klip lagu "Naked". Album tersebut mampu menduduki posisi dua di UK Albums Chart dan posisi 27 di Billboard 200. Pada 13 November, Max ikut serta menyumbangkan suaranya di lagu "Stop Crying Your Heart Out" dalam bagian dari BBC Radio 2 Allstars Children in Need. Lagu yang merupakan lagu amal tersebut mampu mencapai posisi tujuh di UK Singles Chart. "My Head & My Heart" dirilis pada 19 November 2020 sebagai bonus track pada digital re-issue album "Heaven & Hell". Max merilis "EveryTime I Cry" pada 8 Juni 2021 dimana Max menyebut lagu ini sebagai 'kelanjutan' dari album studionya. Max muncul di lagu R3hab dan Jonas Blue yaitu "Sad Boy" sebagai featured artist bersama Kylie Cantrall. Lagu tersebut dirilis pada 10 September 2021. Ia juga berkolaborasi dengan Tiësto di lagu "The Motto" yang dirilis pada 4 November 2021.

Saat diwawancarai di acara Billboard Women in Music pada Maret 2022, dia mengakui sudah menulis album keduanya di tahun sebelumnya tepatnya saat di masa-masa sulit hidupnya. Singel utamanya yaitu "Maybe You're the Problem" sudah dirilis pada 28 April 2022. Pada 1 Juni 2022, Max mengumumkan album studio keduanya akan berjudul "Diamonds & Dancefloors" dan sudah dijadwalkan akan dirilis pada 14 Oktober 2022.

Max telah dilabeli sebagai penyanyi pop dan dance-pop yang lagunya sering mengandung interpolasi dari lagu-lagu sebelumnya. Max juga kerap dibandingkan dengan musisi kontemporer seperti Sia, Lady Gaga, Bebe Rexha, Sigrid, dan Dua Lipa. Max sendiri tumbuh besar mendengarkan musik-musik dari musisi seperti Alicia Keys, Norah Jones, Celine Dion, Aretha Franklin, Fugees, Mariah Carey, dan Whitney Houston. Max juga mengakui kalau Beyoncé, Madonna, Gwen Stefani, Fergie, Britney Spears, Christina Aguilera, dan Gaga adalah orang-orang yang mempengaruhi gaya bermusiknya. Namun, khusus untuk album "Heaven & Hell" ia menyebut sosok Mariah Carey adalah yang paling mempengaruhi musiknya di album tersebut, salah satu lagu Carey yang paling sering didengarkan Max secara berulang-ulang adalah "Vision of Love".

Max sering dibandingkan atau disamakan dengan Lady Gaga karena musiknya dan 'presentasi mencolok'-nya, mulai dari gaya rambut, persona, dan nama panggungnya. Chris DeVille dari media Stereogum bahkan mengkritik musik Max karena terlalu mirip dengan Gaga. Max merespons dengan mangatakan meskipun Gaga adalah artis yang luar biasa, tapi ia harap orang-orang tidak membandingkan dirinya dengan Gaga hanya karena kemiripan gaya rambut dan sama-sama berkiprah di musik pop.

Max mengaku sering tampil dengan penampilan yang tak biasa, ia juga kerap memilih para desainer yang tidak memiliki nama besar, dan sering menggunakan pakaian yang terkesan aneh, Max mengaku melakukannya agar orang-orang mendapatkan semacam pengalaman. Max mengaku penampilannya banyak dipengaruhi fashion era 90-an dengan Gwen Stefani dan Cindy Crawford sebagai sosok yang paling berpengaruh. Meskipun begitu, Max mengaku ia tidak terlalu nyaman menjadi sorotan terutama soal fashion-nya dan ia juga kurang nyaman dengan kamera di red carpet.

Max menyebut dirinya 100% orang Albania dan ia ingin melakukan sesuatu untuk komunitas.  Ia bisa berbicara Bahasa Albania namun tak bisa membacanya. Max menjalin hubungan dengan Cirkut sejak tahun 2014. Pada 2019 melalui wawancaranya dengan Attitude, Max mengungkapkan kalau ia pernah tertarik pada perempuan di masa lalunya namun ia tidak terlalu suka melabeli seksualitasnya. Max sangat mendukung kesetaraan pada kaum wanita dimana kadang ia memasukan hal tersebut ke dalam lagunya. Ia juga mengungkapkan kekagumannya pada waria.

Nama: Amanda Koci
Tanggal Lahir: 16 Februari 1994
Tempat Lahir: Milwaukee, Wisconsin, AS
Almamater: Lexington High School
Pekerjaan: Penyanyi
Tahun Aktif: 2013-Sekarang

Karier Musik
Genre: Pop, Dance-Pop
Instrumen: Vocal
Label: Atlantic
Website: avamax.com

Diskografi
Album Studio: 1
Video Musik: 22
EP: 1
Singel: 21
Singel Promosi: 1

Album Studio
- Heaven & Hell (2020)

EP
- Amanda Kay (2008)

Singel
- Sweet but Psycho
- So Am I
- Torn
- Tabú ft. Pablo Alborán
- Salt
- Alone, Pt. II ft. Alan Walker
- Kings & Queens
- Who's Laughing Now
- OMG What's Happening
- Christmas Without You
- My Head & My Heart
- EveryTime I Cry
- The Motto ft Tiësto
- Maybe You're the Problem
- Million Dollar Baby
- Clap Your Hands (Le Youth ft. Ava Max)
- Into Your Arms (Witt Lowry ft. Ava Max)
- Make Up (Vice & Jason Derulo ft. Ava Max)
- Slow Dance (AJ Mitchell ft. Ava Max)
- Stop Crying Your Heart Out (BBC Radio 2 Allstars)
- Sad Boy (R3hab dan Jonas Blue ft. Ava Max dan Kylie Cantrall)
- Take Away the Pain (sebagai Ava)
- Anyone but You (sebagai Ava)
- My Way
- Slippin (ft. Gashi)
- Not Your Barbie Girl
- Blood, Sweat & Tears
- Freaking Me Out
- On Somebody
- On Me (Thomas Rhett dan Kane Brown ft. Ava Max)

Musik Video
- My Way
- Sweet but Psycho
- So Am I
- Torn
- Freaking Me Out
- Tabú
- Alone, Pt. II
- Kings & Queens
- Who's Laughing Now
- Naked
- OMG What's Happening
- My Head & My Heart
- EveryTime I Cry
- The Motto
- Maybe You're the Problem
- Million Dollar Baby
- Clap Your Hands
- Into Your Arms
- Make Up
- Slow Dance
- On Me
- Stop Crying Your Heart Out

Penghargaan
=> Attitude Awards 2019
- Breakthrough Award (Menang)
=> BreakTudo Awards 2019
- International New Artist (Nominasi)
=> Global Awards 2019
- Rising Star (Nominasi)
=> GAFFA Awards (Sweden) 2019
- Best Foreign New Act (Nominasi)
- Best Foreign Song: Sweet but Psycho (Nominasi)
=> LOS40 Music Awards 2019
- Best International Song: Sweet but Psycho (Menang)
- Best International New Artist (Nominasi)
=> MTV Europe Music Awards 2019
- Best New Act (Nominasi)
- Best Push Act (Menang)
=> MTV Video Music Awards 2019
- Best New Artist (Nominasi)
=> MTV Video Play Awards 2019
- Top 20 Music Videos: Sweet but Psycho (Menang)
=> NRJ Music Awards 2019
- International Breakthrough of the Year (Nominasi)
=> Teen Choice Awards 2019
- Choice Summer Female Artist (Nominasi)
- Choice Song: Pop: Sweet but Psycho (Nominasi)
=> BreakTudo Awards 2020
- Artist on the Rise (Menang)
=> iHeartRadio Music Awards 2020
- Best New Pop Artist (Nominasi)
=> iHeartRadio Titanium Awards 2020
- Winning Songs: Sweet but Psycho (Menang)
=> LOS40 Music Awards 2020
- Best Spanish Song: Tabú ft. Pablo Alborán (Nominasi)
- Best Spanish Video: Tabú ft. Pablo Alborán (Menang)
- Best International Video: Kings & Queens (Nominasi)
=> MTV Video Music Awards 2020
- Push Best New Artist
=> NRJ Music Award 2020
- International Female Artist of the Year (Nominasi)
- International Song of the Year: Kings & Queens (Nominasi)
=> People's Choice Awards 2020
- New Artist of the Year (Nominasi)
- Soundtrack Song of the Year: On Me ft. Thomas Rhett & Kane Brown (Nominasi)
=> Spotify Awards 2020
- Most-Streamed EDM Female Artist (Nominasi)
=> GAFFA Awards (Denmark) 2021
- New International Name of the Year (Nominasi)
=> Hungarian Music Awards 2021
- Foreign Modern Pop-Rock Album of the Year: Heaven & Hell (Nominasi)
=> Premio Lo Nuestro 2021
- Pop Song of the Year: Tabú ft. Pablo Alborán (Nominasi)
- Pop Collaboration of the Year: Tabú ft. Pablo Alborán (Nominasi)
=> Swiss Music Awards 2021
- Best Solo Act International (Nominasi)
- Best Breaking Act International (Menang)
=> TopHit Music Awards 2021
- Best Female Artist Song: Salt (Menang)

Referensi:
https://en.m.wikipedia.org/

Keywords: umur ava max, bio ava max, biodata lengkap ava max, age, asli, alan walker, akb48, album, alone, ava max profile picture, profil ava max, barbie, bercerai, berat badan, berat, umur, anak, pacar, awards, bahasa indonesia

Posting Komentar untuk "Profile, Biografi dan Biodata Ava Max"

close