Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

22 Aplikasi Streaming Musik Terbaik Untuk Android

Aplikasi Streaming Musik Terbaik Untuk Android.jpg

Musik atau lagu adalah sebuah media hiburan yang paling digemari banyak orang. Kita pasti kerap mendengarkan musik, kita juga pasti punya genre musik favorit masing-masing.

Saya sendiri cukup sering mendengarkan musik, terutama saat menulis untuk postingan di blog ini, saya kerap ditemani musik atau lagu favorit saya. Dengan teknologi yang semakin canggih, mendengarkan musik adalah sebuah hal yang gampang. Adanya layanan streaming musik membuat kita semakin mudah untuk mendengarkan lagu-lagu favorit kita, alih-alih harus men-download-nya terlebih dahulu.

Dengan bermodalkan ponsel Android dan koneksi pada jaringan internet, kita sudah bisa menikmati musik-musik berkualitas dari berbagai aplikasi layanan streaming terbaik di dunia. Lalu, apa saja aplikasi-aplikasi streaming musik terbaik di Android?

Berikut 22 Aplikasi Streaming Musik Terbaik Untuk Android

1. Spotify

Spotify bisa dibilang adalah salah satu aplikasi streaming musik paling populer saat ini. Aplikasi Spotify ini sudah tersedia di 92 negara dengan total pengguna sampai Agustus 2021 berjumlah 356 juta pengguna di seluruh dunia. Aplikasi yang masuk ke Indonesia sekitaran tahun 2016 ini mendapatkan sambutan yang baik dari para penikmat musik tanah air karena koleksi lagunya yang up to date dan lengkap. Mungkin perpustakaan musik Spotify ini bisa dibilang yang terlengkap, dari berbagai genre dan zaman hampir semua lagu ada, kabarnya ada lebih dari 30 juta lagu di aplikasi ini. Tak hanya itu, antarmuka Spotify juga sangat ramah dan nyaman digunakan dengan desain yang modern.

Spotify bisa kalian nikmati dengan gratis namun dengan fitur yang terbatas dan adanya iklan, untuk menikmati semua fitur di aplikasi yang satu ini termasuk menghilangkan iklannya maka kalian harus berlangganan. Di Spotify juga ada paket berlangganan family dimana kalian bisa patungan dengan keluarga kalian untuk berlangganan di Spotify agar pengeluaran kalian lebih irit nantinya. Meskipun Spotify adalah aplikasi streaming musik, namun setelah berlangganan kalian bisa mengunduh lagu-lagu favorit kalian, ini bisa membantu kalian mendengarkan lagu-lagu favorit kalian tanpa harus terhubung ke internet.

Spotify juga tersedia dalam versi lite yang lebih ringan dan ramah untuk ponsel berspesifikasi rendah agar tidak memberatkan kinerja ponsel. Namun, ada beberapa fitur yang dipangkas di versi lite-nya.

2. YouTube Music

Kita mungkin sebelumnya mengenal YouTube sebagai tempat streaming berbagai video menarik tapi saat ini YouTube sudah mulai mengoptimalkan usahanya untuk bersaing di layanan streaming musik. YouTube Music juga punya perpustakaan musik yang tak kalah banyak dari Spotify.

YouTube Music tersedia untuk versi berbayar dan gratis. Saya lebih menyarankan untuk versi berbayar/premium karena dalam versi gratis ketika kita memutar lagu di YouTube Music maka kita tidak bisa melakukan apa-apa lagi, jika keluar dari aplikasi maka musik juga ikut mati. Di versi premium, fitur minimize sudah ada. Langganan premium di YouTube Music ini sudah sepaket dengan YouTube Premium, jadi jika kalian berlangganan YouTube Premium maka kalian juga sudah dapat menikmati YouTube Music dengan fitur penuh.

Keunggulan utama dari YouTube Music adalah lagu-lagunya yang bahkan mencakup hasil cover. Di YouTube sendiri memang ada beberapa channel yang kontennya merupakan konten cover lagu, nah lagu-lagu mereka ini bisa kalian temui di YouTube Music. Sementara di layanan streaming musik lainnya, lagu-lagu cover semacam ini masih sangat minim, setidaknya tidak selengkap YouTube Music. Lagu-lagu live performance juga ada loh di YouTube Music.

3. JOOX Music

Aplikasi JOOX juga merupakan salah satu aplikasi layanan streaming musik yang cukup populer dengan jumlah unduhan yang mencapai lebih dari lima juta unduhan. Aplikasi ini memungkinkan kalian memutar lagu secara online dan mendapatkan rekomendasi lagu-lagu yang sedang populer, jadi kalian pasti selalu up to date dengan lagu-lagu yang lagi booming. Di aplikasi ini juga ada fitur radio dan karaoke.

Aplikasi keluaran Tencent Holdings Ltd ini juga punya opsi langganan premium yang memberikan fitur lebih lengkap. JOOX sendiri menargetkan pasar Asia salah satunya Indonesia. Karena itulah JOOX dikenal dengan koleksi lagu dangdutnya yang bisa dibilang cukup banyak bahkan katanya lebih banyak dari Spotify, jadi jika kalian penggemar lagu dangdut, JOOX lebih direkomendasikan.

4. Resso Musik

Resso adalah salah satu aplikasi streaming musik yang cukup populer, meskipun kepopulerannya belum menyamai Spotify. Resso sendiri sudah diunduh lebih dari 100 juta kali di Play Store dengan rating dan ulasan yang lumayan positif.

Kabarnya Resso dikembangkan oleh pihak yang sama dengan yang mengembangkan aplikasi TikTok. Untuk fiturnya, aplikasi yang masuk ke Indonesia di tahun 2020 ini memiliki fitur yang umum ditemui di aplikasi layanan streaming musik lainnya seperti lirik dan playlist. Resso juga tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Versi berbayar memberikan dukungan bebas iklan, audio berkualitas tinggi, download lagu sepuasnya, dan lain-lain.

5. SoundCloud

SoundCloud juga adalah salah satu layanan streaming musik yang cukup populer. Layanan ini dikenal karena menjadi tempat musisi indie mengunggah karyanya, jadi jika kalian tertarik mencari lagu-lagu baru dari musisi yang namanya belum dikenal luas saya rasa SoundCloud menjadi tempatnya. Atau kalian juga berniat untuk mengunggah lagu kalian disini juga bisa loh.

Aplikasi layanan streaming musik yang satu ini juga punya fitur-fitur yang umum seperti di layanan streaming musik lainnya, sebut saja fitur playlist dan follow musisi.

Layanan yang dibuat pada 2007 ini sudah mendapatkan penghargaan Schroders Innovation Award pada acara European Tech Tour Awards Dinner 2011.

6. Amazon Music

Amazon juga ikut melebarkan sayapnya ke layanan streaming musik. Amazon Music memiliki koleksi jutaan lagu dari mulai lagu baru sampai lagu lama yang klasik. Namun, Amazon Music katanya memiliki UI atau user-interface yang kurang modern dan terkesan kuno.

Amazon Music juga memiliki versi gratis dan berbayar dengan versi berbayar tentu saja fitur dan layanannya lebih lengkap.

7. Deezer

Deezer adalah aplikasi streaming musik populer lainnya yang sangat direkomendasikan. Deezer memiliki puluhan juta lagu, 30 ribu channel radio, podcast dan masih banyak lagi. Fitur playlist yang merupakan salah satu fitur yang sudah umum ditemui di layanan streaming musik juga ada disini.

Aplikasi yang berasal dari Paris, Prancis ini dalam versi gratis kerap menampilkan iklan, hal ini tergolong lumrah ditemui di aplikasi serupa. Untuk menghilangkan iklan kalian harus berlangganan. Selain menghilangkan iklan, dengan berlangganan kalian juga akan mendapatkan kualitas audio yang lebih baik dan bisa mengunduh lagu agar bisa didengarkan secara offline.

8. Pandora

Pandora adalah aplikasi layanan streaming musik lainnya yang cukup populer namun sayangnya koleksi lagu di Pandora tidak selengkap seperti di kompetitornya. Aplikasi Pandora bisa dibilang adalah salah satu layanan streaming musik tertua yang sudah berdiri sejak 2002 dan memiliki pengguna lebih dari 70 juta pengguna aktif.

Pandora tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Dalam versi gratis kalian hanya bisa melakukan skip lagu beberapa kali saja dalam sehari sementara dalam versi berbayar kalian bisa melakukan skip lagu sepuas kalian.

9. TIDAL Music

TIDAL Music adalah sebuah aplikasi layanan streaming musik yang dimiliki rapper ternama, Jay Z. Dalam layanan streaming musik satu ini tersedia lagu dengan audio lossless, yaitu audio yang belum dikompresi sehingga kualitasnya maksimal bahkan mendekati versi rekaman musik di studio. Selain itu, di TIDAL Music juga ada video klip musik HiFi (High Fidelity). Fitur menarik lainnya dari TIDAL Music adalah Tidal X yang bisa mendekatkan para pendengar dengan musisi idola mereka.

Namun, TIDAL Music adalah aplikasi berbayar, hal ini mungkin karena TIDAL Music kabarnya menjadi layanan streaming musik yang paling besar membayarkan royalti pada para musisi untuk menghargai karya-karya mereka.

10. Audiomack

Audiomack adalah salah satu aplikasi pemutar musik secara streaming online namun juga menyediakan fitur download. Aplikasi satu ini memiliki perpustakaan musik luar yang lumayan lengkap bahkan lagu dari artis-artis yang kurang dikenal juga bisa kalian temukan disini. Namun, sayangnya untuk lagu-lagu Indonesia aplikasi ini masih sangat tertinggal.

Fitur playlist juga bisa kalian temui disini yang dikelompokkan berdasarkan genre, suasana hati, dan sebagainya.

11. IDAGIO

IDAGIO adalah layanan streaming yang memiliki keunggulan di koleksi lagu klasiknya yang lengkap dan sulit disaingi aplikasi-aplikasi layanan streaming musik lainnya. Buat kalian yang memang suka mendengarkan lagu klasik maka IDAGIO akan menjadi aplikasi pemutar musik favorit kalian karena di aplikasi ini kalian bisa menemukan lagu-lagu klasik yang cukup langka. Di aplikasi ini kalian juga bisa mencari komposer, solois, hingga orkestra favoritmu dengan mudah.

Namun, IDAGIO masih memiliki beberapa bug yang mengganggu dan juga untuk merasakan kenyamanan maksimal menggunakan aplikasi ini kalian harus berlangganan.

12. SoundHound

SoundHound adalah aplikasi streaming musik yang punya fitur unik yaitu bisa mengidentifikasi sebuah lagu. Jadi, jika kalian secara tidak sengaja mendengarkan sebuah lagu yang tidak kalian ketahui judulnya dan kalian ingin mengetahuinya kalian bisa menggunakan aplikasi ini. SoundHound juga bisa dikendalikan lewat kontrol suara. Benar-benar terlihat modern ya aplikasi yang satu ini.

Kalau kalian pengguna Spotify atau Apple Music, kalian bisa loh mengintegrasikannya dengan aplikasi yang satu ini.

13. Bandcamp

Bandcamp adalah aplikasi layanan streaming musik yang belum populer di tanah air. Bandcamp menjadi tempat para musisi indie dan label kecil mengunggah lagu-lagu mereka. Jadi, buat kalian yang suka mencari lagu-lagu dari musisi indie yang belum terlalu terkenal, kalian direkomendasikan untuk memasang aplikasi yang satu ini. Aplikasi Bandcamp ini hanya mendukung streaming, jadi kalian tak bisa mengunduh lagu-lagu yang ada di aplikasi ini. Kalian hanya bisa menggunakan Bandcamp saat terhubung dengan koneksi internet.

14. Shazam

Fitur unggulan dari aplikasi ini adalah fitur untuk mengenali sebuah lagu yang sedang diputar, seperti judulnya dan penyanyinya. Fitur yang sama yang ada di aplikasi SoundHound yang sudah saya bahas sebelumnya.

Koleksi lagu di Shazam juga lumayan lengkap dan juga bisa kalian dengarkan secara online maupun offline. Aplikasi yang sudah diakuisisi Apple ini bisa menemukan orang lain yang juga menggunakan Shazam di sekitar kalian.

15. Musixmatch

Musixmatch adalah aplikasi streaming yang fitur unggulannya atau fitur paling dikenalnya adalah memutar lirik disertai lirik. Jadi, kalian bisa sambil ikut bernyanyi saat mendengarkan lagu di aplikasi ini. Selain itu, Musixmatch juga sudah terintegrasi dengan aplikasi streaming musik lain seperti Spotify, Youtube, Pandora, dan SoundCloud.

16. SongFlip

SongFlip adalah aplikasi streaming musik yang memiliki koleksi lagu yang cukup lengkap dengan berbagai kemudan fitur didalamnya. Fitur playlist dan lagu favorit juga tersedia di aplikasi ini, jika kalian ingin mencoba aplikasi streaming musik yang kurang populer namun direkomendasikan, kalian bisa coba SongFlip.

Yang menarik dari SongFlip dengan fiturnya yang lumayan memuaskan ini, aplikasi ini juga bisa kalian nikmati secara gratis untuk menikmati fitur tersebut.

17. TuneIn

TuneIn bukanlah aplikasi streaming musik yang terbaik jika melihat dari perpustakaan musiknya yang tidak bisa dibandingkan dengan aplikasi lain, misalnya Spotify atau YouTube Musik. Fitur yang membuat TuneIn menarik adalah fitur streaming radionya yang menyediakan kurang lebih 100 ribu stasiun radio yang terdiri dari kategori musik, komedi, olahraga, dan lain sebagainya. Ada juga tambahan 600 stasiun radio musik komersial jika kalian berlangganan premium di aplikasi ini, tentu saja dengan dengan berlangganan kalian juga tidak akan mendapati iklan.

18. iHeart

iHeart Radio sebenarnya merupakan jaringan radio ternama asal New York namun juga menyediakan fitur streming musik secara online. Sama seperti aplikasi TuneIn yang kita bahas sebelumnya, iHeart dibandingkan aplikasi streming musik semacam Spotify memang kalah dari segi popularitas apalagi di Indonesia tapi keunggulannya ada di streaming radionya yang menghadirkan berbagai podcast favorit.

19. Jango Radio

Jango Radio adalah layanan streaming musik yang dimana lagu-lagunya terdiri dari lagu-lagu musisi mainstream dan musisi independen. Yang menarik dari aplikasi ini adalah Jango Radio tidak memiliki iklan sama sekali, jadi kalian taku perlu membayar untuk merasakan kenyamanan optimal menggunakan aplikasi ini.

20. Langit Musik

Langit Musik adalah aplikasi streaming musik asal Indonesia. Musiknya cukup lengkap namun kurang up-to-date jika ada lagu yang baru saja dirilis. Aplikasi ini cukup ringan dengan UI yang simple dan tidak rumit. Kualitas audio yang dihasilkan juga sudah lumayan baik.

21. Mixcloud

Mixcloud ini lebih cocok untuk kalian yang suka dengan jenis musik remix, EDM, dubstep, deep house, atau musik-musik yang lebih modern lainnya. Pasalnya, Mixcloud menjadi tempat para penyiar atau DJ ternama mengunggah hasil karya-karya musik mereka.

Apakah kalian salah satu orang yang menggemari musik-musik EDM atau remix? Jika iya, maka kalian harus segera mencoba aplikasi streaming musik yang satu ini.

22. Apple Music

Meskipun aplikasi yang satu ini berasal dari Apple namun Apple Music juga tersedia untuk perangkat Android tidak hanya untuk iOS saja. Apple di industri musik bukanlah pemain baru, mereka pernah membuat berbagai gebrakan salah satunya lewat iPod dan iTunes.

Apple Music memiliki koleksi lagu yang tak kalah dengan Spotify bahkan kualitas audionya kabarnya lebih baik dari Spotify, tapi perihal ini kembali ke preferensi masing-masing. Layanan Apple Music ini sudah hadir di 167 negara.

Itulah daftar beberapa rekomendasi aplikasi streaming musik terbaik yang bisa kalian nikmati di ponsel Android. Saya tidak bisa menentukan mana yang terbaik, karena preferensi setiap orang bisa beda-beda. Penjelasan singkat saya tentang setiap aplikasi diatas juga tidak bisa menjadi acuan aplikasi tersebut cocok atau tidak untuk kalian, kalian harus mencobanya sendiri dan memutuskan aplikasi mana yang akan menemani kalian menikmati lagu-lagu favorit kalian.

Referensi:
https://www.idntimes.com/
https://carisinyal.com/
https://jalantikus.com/
https://teknoinside.com/
https://metroandalas.co.id/
https://www.pricebook.co.id/
https://telset.id/
https://hookspace.id/
https://www.unbox.id/

Keywords: ada liriknya, alat, anime, apa saja, spotify, tanpa iklan, offline, gratis, tanpa berlangganan, hemat kuota, apk streaming musik terbaik

Posting Komentar untuk "22 Aplikasi Streaming Musik Terbaik Untuk Android"

close