Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pertanian berkelanjutan? Pengertian, penerapan, prinsip dan dampak

Pertanian berkelanjutan? Pengertian, penerapan, prinsip dan dampak.jpg

Beragam istilah popular dalam dunia pertanian yang mungkin belum anda ketahui. Salah satunya pertanian berkelanjutan atau lebih dikenal dikalangan besar Sustainable Agriculture. Tentunya istilah konsep pertanian berkelanjutan bukan semata-mata karna nama melainkan juga diikuti dengan inovasi yang dapat diterapkan bagi petani-petani di Indonesia.

Meskipun kegiatan tani merupakan kegiatan gaya hidup zaman dahulu, namun sektor pertanian tetap unggul dimasa sekarang. Sebab semakin banyaknya keterkaitan antara manusia dengan sumber daya alam yang tidak dapat dipisahkan seperti cadangan makanan padi, cabe dan sayuran. Namun perlu adanya transformasi konsep pertanian dalam jangka Panjang dengan memanfaatkan yang ada, meningkatkan nilai tambah namun tetap tidak merusak lingkungan. oleh karena itu kita diperkenalkan dengan istilah pertanian berkelanjutan.

Pengenalan pertanian berkelanjutan

Berbagai definisi merujuk pada istilah pertanian berkelanjutan. Namun secara umum pertanian berkelanjutan ialah pengelolaan sumber daya untuk usaha pertanian demi tercapainya kebutuhan manusia serta membantu mempertahankan dan meningkatkan kualitas-kuantitas lingkungan dalam melestarikan sumber daya alam. Praktik pertanian lingkungan dilapangan lebih ramah lingkungan, mampu memanfaatkan ruangan terbatas, dan penggunaan teknologi modern.

Penerapan pertanian berkelanjutan

Berikut beberapa bentuk penerapan pertanian berkelanjutan yang mudah dilakukan oleh petani di Indonesia.

Pertanian organik

Istilah pertanian organis menjelaskan pada metode pertanian yang menggunakan pupuk hama alami yang hayati tanpa menggunakan unsur bahan kimia maupun pertisida. Jenis pertanian organik berdampak positif untuk  lingkungan hidup seperti satwa, tanah, atmosfer hingga proses pertanian jangka Panjang atau berkelanjutan.

Energi terbaharukan

Praktik pertanian dengan menerapkan energi terbaharukan sangat direkomendasi. Demi mengurangi emisi gas maupun perubahan iklim lingkungan. berbagai energi terbaharukan yang dapat dicoba dan mudah ditemukan yaitu energi matahari, tenaga air, tenaga angin serta surya panel.

Agroforestri

Tidak lengkap istilah pertanian berkelanjutan jika tidak mengenal Teknik agroforestry. Teknik ini dimaksud sebagai Teknik mengkombinasi tanaman pertahian dengan tanaman kehutanan untuk memperoleh nilai tambah.

Prinsip pertanian berkelanjutan

Berikut prinsip-prinsip yang memperkenalkan efisiensi pertanian berkelanjutan:

1. Pertanian dan makanan membutuhkan tata Kelola yang baik agar sektor pertanian tetap eksis dimasa sekarang maupun berkelanjutan dimasa depan.

2. Ketahanan kerja dalam dimensi alam dan manusi dari ketidakstabilan harga maupun konflik sipil yang berpengaruh pada sektor pertanian.

3. Pertanian perlu dilindungan demi meningkatkan gaya hidup pedesaan dan kesejahteraan sosial. Meskipun pertanian merupakan cara hidup orang dahulu namun tetapi bisa popular dimasa sekarang.

4. Eksploitasi sumber daya alam penting untuk dilindungi, dilestarikan dan ditingkatkan. Demi mengurangi dampak negative terhadap kondisi sumber daya alam.

5. Penghematan air, energi dan pupuo organik dalam kegiatan pertanian berkelanjutan juga meningkatkan efisiensi penggunaan sumber daya.

Bagaimana dampak pertanian berkelanjutan?

Pertanian berkelanjutan sebagai konsep pertanian yang ramah lingkungan dalam praktik nyatanya. Menyeimbangi kepentingan lingkungan, hewan dan manusia. Ciri utama pertanian berkelanjutan yaitu menghargai bumi sebagai tempat hidup bagi ingkungan hidup untuk mendapatkan air bersih, udara segar, dan lingkungan sehat. Penerapan pertanian lingkungan seperti pertanian organis, penggunaan energi terbaharukan danagrofo restri berdampak positif terhadap kelangsungan lingkungan hidup.

Jika sebelumnya praktik pertanian memanfaatkan bahan kimia, tidak menghargai tumbuhan yang sudah ada dengan menggantikan tanpa sebab serta menggunakan energi yang berdampak negative seperti polutan dan emisi karbon. Sehingga pertanian berkelanjutan hadir sebagai konsep untuk kalangan petani untuk terus Bertani dalam jangka Panjang atau berkelanjutan.

Keywords: agriculture, alam, prinsip, konsep pertanian berkelanjutan salah satunya yaitu, penyuluhan, jurnal, makalah, contoh, pdf, pertanian berkelanjutan adalah, tujuan, apa yang dimaksud, apa itu, di indonesia, masalah, dampak negatif

Posting Komentar untuk "Pertanian berkelanjutan? Pengertian, penerapan, prinsip dan dampak"

close