Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

13 Lagu Coldplay Terbaik & Terpopuler

Lagu Coldplay Terbaik.jpg

Coldplay adalah sebuah grup musik yang dibentuk di London pada 1996. Personelnya ada Chris Martin sebagai vokalis, gitaris, dan pemain piano, Jonny Buckland sebagai gitaris, Guy Berryman sebagai basis, serta Will Champion sebagai drumer. Mereka pertama kali bertemu di University College London kemudian mulai bermain musik bersama dari tahun 1996 sampai 1998 dengan menyebut nama grup mereka Pectoralz kemudian Starfish. Dari sinilah awal mula salah satu grup musik terpopuler dan terbaik di dunia saat ini memulai perjalanannya.

Sampai saat tulisan ini dibuat, Coldplay sudah merilis 9 album studio dan 37 singel. Album studio mereka antara lain "Parachutes", "A Rush of Blood to the Head", "X&Y", "Viva la Vida or Death and All His Friends", "Mylo Xyloto", "Ghost Stories", "A Head Full of Dreams", "Everyday Life", dan "Music of the Spheres". Coldplay sudah menjual lebih dari 100 juta albumnya di seluruh dunia, menjadikannya salah satu band tersukses di abad ke-21. Mereka juga pernah memenangkan berbagai penghargaan bergengsi di dunia musik seperti sembilan Brit Awards, tujuh MTV Video Music Awards, delapan MTV Europe Music Awards, dan tujuah Grammy Awards. Tiga album pertama mereka juga masuk dalam daftar album terlaris di Britania Raya sepanjang sejarah.

Dari begitu banyaknya lagu berkualitas dari Coldplay, ada beberapa yang terbaik dan saya rekomendasikan untuk kalian dengar.

Inilah daftar lagu Coldplay terbaik sepanjang masa

1. Something Just Like This (ft. The Chainsmokers)

"Something Just Like This" adalah lagu dari Coldplay yang berkolaborasi dengan The Chainsmokers. Lagu ini dirilis pada 22 Februari 2017 dan masuk ke debut album The Chainsmokers yang bertajuk "Memories...Do Not Open". Selain itu, lagu berdurasi 4 menit 7 detik ini juga masuk ke album EP "Kaleidoscope" dari Coldplay. Lagu ini mencapai sepuluh besar di tangga lagu beberapa negara di dunia, termasuk posisi ke-2 di UK Singles dan posisi ke-3 di Billboard Hot 100. Lagu ini dinominasikan dalam kategori Best Pop Duo/Group Performance pada pagelaran ke-60 Grammy Awards. "Something Just Like This" mendapatkan sertifikat 8× platinum oleh RIAA pada 15 Oktober 2020.

"Something Just Like This" menceritakan tentang sebuah hubungan yang tak memerlukan hal-hal luar biasa dan menakjubkan seperti kekuatan manusia super atau orang-orang hebat terdahulu.

Video lirik dari "Something Just Like This" yang disutradarai oleh James Zwadlo sudah ditonton lebih dari 2 miliar kali di YouTube, membuatnya masuk dalam daftar 70 video dengan jumlah penonton terbanyak di layanan streaming video tersebut.

2. Viva la Vida

"Viva la Vida" diciptakan oleh semua anggota Coldplay untuk album studio ke-4 mereka, "Viva la Vida or Death and All His Friends" yang keluar pada tahun 2008. "Viva la Vida" dirilis pada 13 Juni 2008 dan menjadi singel kedua di album. Lagu ini berhasil memuncaki UK Singles dan Billboard Hot 100, menjadikannya lagu pertama Coldplay yang berhasil memuncaki dua tangga lagu dari Britania Raya dan Amerika Serikat tersebut. "Viva la Vida" juga berhasil memenangkan penghargaan Song of the Year di ajang Grammy Awards.

"Viva la Vida" sepertinya memasukkan banyak unsur historical serta unsur Kristiani di dalam liriknya.

3. Fix You

Lagu "Fix You" dirilis pada 5 September 2005 dan menjadi singel kedua di album "X&Y". Lagu yang diciptakan oleh para personel Coldplay ini berhasil mencapai posisi empat di UK Singles dan posisi 18 di Billboard Hot Modern Rock Tracks. Pada September 2021, Rolling Stone menempatkan lagu ini pada posisi 392 dalam daftar lagu terbaik sepanjang masa.

Lagu ini diciptakan untuk menghibur istri Chris Martin saat itu yaitu Gwyneth Paltrow yang ayahnya baru saja meninggal. Namun, liriknya secara umum merupakan motivasi saat keadaan tak sesuai yang kita harapkan dan membuat kita berada di titik terendah dalam hidup kita.

4. Paradise

"Paradise" adalah lagu dari Coldplay yang masuk ke album studio kelima mereka yang bertajuk "Mylo Xyloto". Lagu yang dirilis pada 12 September 2011 ini adalah lagu rock terlaris pada 2011 di Britania Raya. Lagu ini juga menjadi pemuncak pada tangga lagu UK Singles, menjadi lagu kedua dari Coldplay yang berhasil melakukannya, yang pertama adalah "Viva la Vida" pada tahun 2008. "Paradise" berhasil memenangkan penghargaan Best Rock Video pada ajang MTV Video Music Awards dan dinominasikan untuk kategori Best Pop Duo/Group Performance pada Grammy Award.

5. The Scientist

"The Scientist" adalah salah satu singel di album studio kedua Coldplay yang berjudul "A Rush of Blood to the Head". Video klipnya berhasil memenangkan tiga penghargaan di MTV Music Video Awards, tak aneh, konsep reverse yang diusung video klip "The Scientist" memang terlihat sangat unik.

"The Scientist" adalah sebuah lagu sedih tentang seorang pria yang mencoba untuk mengungkapkan permintaan maaf pada pasangannya dan berharap untuk kesempatan kedua.

6. Up&Up

"Up&Up" datang dari album "A Head Full of Dreams". Lagu ini dirilis pada 22 April 2016 lewat label Parlophone sebagai singel ketiga di album tersebut.

Lagu "Up&Up" ini adalah lagu penyemangat agar kita selalu memiliki rasa optimisme di kehidupan kita. Kita harus terus berkembang dan berproses agar kita bisa terus naik ke kehidupan yang lebih baik, walaupun itu secara perlahan.

Video klip "Up&Up" sangat menarik karena penuh dengan visual efek menawan. Visual efeknya dikerjakan oleh GloriaFX, sebuah perusahaan visual efek asal Ukraina. Video klipnya berhasil menjadi nominasi di kategori Best Direction dan berhasil menjadi pemenang di kategori Best Visual Effects pada ajang MTV Video Music Awards. Selain itu, video klip "Up&Up" juga masuk nominasi dalam Best Music Video pada ajang Grammy Awards.

7. Hymn for the Weekend

"Hymn for the Weekend" berasal dari album studio ketujuh Coldplay, "A Head Full of Dreams". Dalam lagu ini Beyonce turut menyumbangkan suaranya namun ia tidak disertakan di credit. Lagu yang dirilis pada 25 Januari 2016 ini diciptakan oleh para member Coldplay.

"Hymn for the Weekend" berhasil mencapai posisi enam di UK Singles dan top 20 di beberapa negara seperti Swiss, Irlandia, Prancis, Swedia, Austria, Belgia, Italia, dan Spanyol. Di Amerika Serikat, tepatnya di Billboard Hot 100, lagu ini sempat menduduki posisi 25.

8. Princess of China (ft. Rihanna)

Dalam lagu "Princess of China" Coldplay berkolaborasi dengan Rihanna, dimana duet Martin dan Rihanna banyak menuai pujian dari kritikus musik di lagu ini. Lagu yang dirilis pada 14 Februari 2012 ini menjadi singel keempat di album "Mylo Xyloto". "Princess of China" berhasil mencapai posisi 20 di Billboard Hot 100 sementara di UK Singles sempat menduduki posisi empat. Di Australia dan Selandia Baru, lagu ini mencapai posisi sepuluh besar di tangga lagu.

Lagu ini bercerita tentang sepasang kekasih yang mengalami patah hati karena cinta mereka tidak bisa bersatu.

9. Fun (ft. Tove Lo)

"Fun" adalah hasil kolaborasi antara Coldplay dengan penyanyi asal Swedia, Tove Lo. Ini adalah lagu keenam di album "A Head Full of Dreams".

"Fun" kabarnya menceritakan hubungan antara Martin dan mantan istrinya, Gwyneth Paltrow. Lagu ini menceritakan tentang kenangan-kenangan indah semasa mereka bersama, walaupun kini mereka sudah berpisah tapi mantan teteplah mantan, ia pernah menjadi bagian hidup kita, dan beberapa bagian tersebut adalah bagian yang menyenangkan.

10. A Sky Full of Stars

"A Sky Full of Stars" dirilis pada 2014 sebagai salah satu singel di album studio ke-6 mereka, "Ghost Stories". Lagu ini mendapatkan ulasan positif dari para kritikus dan berhasil menempati 10 besar dalam tangga lagu di 16 negara diantaranya Amerika Serikat, Kanada, Australia, Jepang, Meksiko, dan Selandia Baru. Lagu yang mendapatkan 3× platinum di Amerika Serikat ini dinominasikan di kategori Best Pop Duo/Group Performance pada Grammy Awards.

Lagu "A Sky Full of Stars" menceritakan seorang pria yang terus memuji kekasihnya walaupun kekasihnya kerap kali menyakitinya.

11. Clocks

Datang dari album studio kedua Coldplay, "A Rush of Blood to the Head", "Clocks" diciptakan oleh semua anggota band. Lagu yang mendapatkan pujian di bagian permainan pianonya ini berhasil menduduki posisi 29 di Billboard Hot 100 dan posisi sembilan di Billboard Modern Rock Tracks serta UK Singles. Lagu yang dirilis pada 2003 ini berhasil menjadi pemenang dalam kategori Record of the Year pada Grammy Awards 2004.

Lagu ini kabarnya tentang seseorang yang sedang mengalami banyak beban di hidupnya karena banyaknya masalah yang ia hadapi. Ia kemudian takut tak mampu menyelesaikan semua masalah itu karena waktunya tidak akan cukup.

12. Yellow

"Yellow" dirilis pada 26 Juni 2000 sebagai salah satu singel dari debut album studio Coldplay, "Parachutes". "Yellow" saat itu mampu mencapai posisi empat di UK Singles, menjadikannya lagu pertama Coldplay yang mampu masuk lima besar di tangga lagu tersebut. "Yellow" adalah lagu yang membawa nama Coldplay naik di panggung internasional dan masih dikenal sampai saat ini sebagai lagu paling populer dari Coldplay.

Kabarnya lagu ini ditulis Chris Martin untuk ibunya. Ibu Chris saat itu menderita kanker yang membuat kulitnya menguning. Ia kemudian membuat lagu ini sebagi ungkapan bahwa semua hal yang berwarna kuning itu indah, seperti ibunya.

13. Adventure of a Lifetime

"Adventure of a Lifetime" adalah lead single di album "A Head Full of Dreams" yang dirilis pada tahun 2015. Singel ini berhasil mencapai posisi tujuh di UK Singles dan posisi 13 di Billboard Hot 100. Selain itu, lagu yang berdurasi 4 menit 24 detik ini juga berhasil menduduki posisi 20 besar di beberapa negara seperti Australia, Austria, Kanada, Prancis, Jerman, Irlandia, Italia, Belanda, Selandia Baru, dan Swiss.

Coldplay menyuguhkan sebuah musik bernuansakan dansa dengan makna lirik yang membahas kehidupan dan cinta.

Itulah tadi daftar lagu Coldplay terbaik menurut penulis secara pribadi. Daftar tersebut tentu saja akan ada yang setuju ada yang tidak, jika ada lagu favorit Coldplay kalian yang tidak masuk ke dalam daftar di atas kalian bisa menuliskannya di kolom komentar di bawah. Mungkin jika saya suka saya akan menambahkannya ke dalam daftar, jika tidak setidaknya akan menambah rekomendasi pembaca yang lain yang sedang mencari lagu Coldplay yang enak didengar.

Referensi:
https://en.m.wikipedia.org/
https://genius.com/
https://www.interpretasilirik.com/
https://www.wowkeren.com/
https://www.idntimes.com/

Keywords: Review Makna Lirik Lagu Coldplay Terbaik, Mp3, Audio, Download, Unduh, Ulasan, Trivia, Informasi Lengkap, Terbaru, Kabar, Update, Fakta Unik, Artinya, Lyrics Terjemahan Bahasa Indonesia, Video Klip, Video Music, Latar Belakang, Interpretasi, Chord, Kunci Gitar, Reff, Acoustic, Acapella, Akustik, Cover

Posting Komentar untuk "13 Lagu Coldplay Terbaik & Terpopuler"

close