Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

9 Cara Mengembalikan File yang Sudah Dihapus di Ponsel Android (Update Terbaru 2023)

9 Cara Mengembalikan File yang Sudah Dihapus di Ponsel Android (Update Terbaru 2023).jpg

Bikin kesal bukan main kalau tiba-tiba file yang ada di HP kita terhapus secara tidak sengaja ataupun hilang secara tiba-tiba. Lantas bagaimanakah cara mengembalikan file yang sudah dihapus di ponsel android itu?

Sebenarnya sangat sulit untuk mengembalikan data yang sudah terhapus di android. Apalagi data yang sudah terhapus itu cukup lama, biasanya HP android harus di-root terlebih dahulu untuk mengembalikan file yang terhapus tersebut.

Bagaimana Cara Mengembalikan File yang Sudah Dihapus di Ponsel Android?

Setidaknya ada beberapa tips dan cara untuk mengembalikan file yang sudah dihapus di android. Akan tetapi, kalian memerlukan aplikasi tambahan ataupun aplikasi pihak ketiga, agar file yang sudah terhapus bisa kembali ke memori internal ponsel.

1. Aplikasi Dumpster

Ada banyak aplikasi untuk mengembalikan file yang terhapus di ponsel, salah satunya yaitu menggunakan aplikasi dumpster. Aplikasi ini bisa kalian download di Playstore, sehingga aplikasi ini tergolong cukup aman.

Kelebihan lainnya ketika kalian menggunakan aplikasi ini untuk mengembalikan file yang terhapus adalah tidak memerlukan akses rooting terlebih dahulu. Berikut ini langkah-langkah yang perlu kalian lakukan.

- Download terlebih dahulu aplikasi Dumpster di Playstore. Selain itu, aplikasi ini juga tidak memerlukan akses rooting sehingga lebih mudah menggunakannya.
- Perlu kalian ingat, bahwa aplikasi ini bisa mengembalikan data yang telah terhapus setelah Dumpster terpasang di ponsel kalian masing-masing.
- Izinkan aplikasi untuk bisa mengakses memori penyimpanan smartphone.
- Biasanya di halaman utama akan muncul data yang telah terhapus. Kalian bisa mengkategorikan data apa saja yang dicari.
- Pilihlah kategori yang sesuai agar file bisa dikembalikan dengan mudah.
- Setelah itu, kalian bisa memilih data, lalu pilih tombol restore. Nantinya secara itimatis data akan muncul pada folder penyimpanan terkahir.
- Apabila data yang terhapus belum kembali juga, pilihlah deep scan recovery dan tunggu beberapa saat.
- Kemudian tekan tombol restore gallery pada ponsel. Maka data yang terhapus bisa kembali ke ponsel kalian.

2. Gunakan Google Photos

Aplikasi bawaan yang ada di ponsel android sekarang memang sangat memudahkan penggunannya, apalagi jika ada file yang terhapus maka gunakanlah google photos untuk mengembalikan file tersebut.

Untuk penggunaannya, aplikasi ini biasanya akan mencadangkan foto-foto ataupun video secara otomatis jika diizinkan oleh pengguna di pengaturan awal. Proses ini biasanya terjadi ketika ponsel android terhubung ke dalam jaringan internet.

Akan tetapi, apabila file foto maupun video tidak sengaja dihilangkan, maka kalian bisa memanfaatkan fitur trash. Fitur tersebut bisa menampilkan galeri dari file yang terhapus. Biasanya fitur restore tersebut akan menyimpan secara otomatis selama 60 hari.

3. Gunakan File Manager Ponsel Andorid Bawaan

Cara yang cukup mudah untuk mengembalikan file yang terhapus dan tanpa aplikasi pihak ketiga adalah menggunakan file manager di ponsel android bawaan. Karena file manager bawaan fungsinya mirip dengan recycle bin yang ada di laptop.

Sebenarnya cara kerjanya sama dengan recycle bin, apabila kalian tidak sengaja menghapus filenya, maka langsung pulihkan saja ataupun tekan restore. Jika kalian menekan restore, maka file akan kembali ke memori di aplikasi file manager bawahan.

4. Aplikasi Gallery/Photos Bawaan

Ketika menggunakan aplikasi gallery ataupun photos bawaan, maka kegunaannya sama dengan google photos. Sehingga aplikasi bawaan di ponsel juga bisa digunakan untuk mengembalikan file foto ataupun video yang terhapus.

Selama kurang lebih 30 harian, maka file foto maupun video yang tidak sengaja terhapus bisa dikembalikan dengan mudah. Selama hari tersebut, maka kalian bisa mengembalikan file yang terhapus tersebut.

5. Gunakan Google Drive

Masih sama dengan aplikasi buatan google yang lainnya, aplikasi drive masih menjadi salah satu primadona dikalangan pengguna ponsel android. Karena bisa mengembalikan file yang terhapus tanpa perlu adanya aplikasi lainnya.

Akan tetapi, cara ini hanya berlaku ketika data yang kalian hilangkan sudah diunggah terlebih dahulu kedalam sistem cloud google. Jadi selama data yang diunggah tersebut sudah ada maka file akan lebih mudah dikembalikan.

Untuk cara kerjanya sendiri sebenarnya hampir sama dengan aplikasi dari google yang lainnya. Kalian hanya perlu masuk kedalam fitur trash dan melakukan restore ataupun mengembalika data yang tidak sengaja di hapus.

6. Menggunakan DiskDigger

Cara berikutnya untuk mengembalikan file yang sudah terhapus di android adalah dengan menggunakan DiskDigger. Aplikasi ini bisa kalian daatkan secara gratis di Playstore, tampilannya juga cukup sederhana.

Nantinya aplikasi DiskDigger ini bisa mengembalikan data yang hilang dengan mudah, selain itu kelebihan lainnya adalah aplikasi ini tidak banyak iklan, sehingga pengguna dengan mudah menggunakannya.

Akan tetapi, kekurangan dari aplikasi DiskDigger ini adalah file yang dikembalikan harus terpasang dulu. Jadi intinya, file yang terhapus tidak akan bisa kembali jika aplikasinya belum terpasang di ponsel android kalian.

7. Cara Mengembalikan Data Game

Selain file video ataupun foto yang terhapus, kalian juga bisa mengembalikan file data game yang ada di Android. Caranya cukup mudah, yaitu prosesnya dilakukan dengan cara memasang cloudnya terlebih dahulu.

Jika kalian menguhubungkan sistem gamenya ke data cloud, maka sudah bisa dipastikan kalau data game akan lebih mudah dikembalikan jika terdapat corrupt data atupun data yang tidak bisa dibuka.

8. Mengembalikan Email yang Terhapus

Apabila kalian sering berhubungan lewat email dengan klien ataupun orang, maka mengembalikan email yang sudah terhapus untuk kebutuhan pekerjaan sangatlah penting. Karena bisa jadi email yang terhapus tersebut berisi data perkejaan.

Oleh karena itulah, jangan khawatir lagi, karena aplikasi bawaan gmail yang ada di ponsel android sudah bisa mengembalikan email yang terhapus. Caranya cukup mudah, kalian hanya perlu menekan tombol trash.

Akan tetapi, email yang tidak sengaja terhapus tadi akan kembali dan tersimpan selama kurang lebih 30 hari. Jadi jika email tersebut sudah lebih dari 30 hari, maka bisa dipastikan emailnya tidak akan bisa kembali.

9. Menggunakan EaseUS

Cara terakhir untuk mengembalikan data file foto maupun video yang terhapus di HP adalah menggunakan aplikasi EaseUS. Aplikasi ini dapat kalian dapatkan secara gratis di google Playstore.

Aplikasi ini juga terdapat beberapa fitur menarik yakni tidak memerlukan akses rooting untuk mengembalikan datanya. Sehingga untuk merestore foto, video, musik, kontak, dan juga pesan akan lebih mudah lagi.

Adapun cara penggunaanya sangatlah gampang, kalian hanya perlu memilih kategori apa saja dari file yang terhapus tersebut. Kemudian biarkan sistem android yang memindai memori di HP kalian masing-masing.

Ketika proses pemindaian tersebut sudah selesai, maka kalian hanya perlu melakukan restore saja. Akan tetapi, untuk mendapatkan fitur dari aplikasi EaseUs lebih lengkap, kalian perlu melakukan proses root ponsel terlebih dahulu.

Penutup

Bagaimana cara mengembalikan file yang sudah dihapus di ponsel android diatas cukup mudah bukan? Ikutilah langkah-langkah yang sudah disebutkan diatas tadi, maka dijamin file yang kalian hapus di ponsel akan kembali lagi.

Referensi:
https://telset.id/
https://kiaton.kontan.co.id/

Keywords: cara mengembalikan foto yang sudah dihapus permanen di android, cara mengembalikan file yang sudah terhapus di android, cara mengembalikan foto yang sudah dihapus tanpa aplikasi, di hp xiaomi, di hp oppo, di komputer, di wa, permanen, di hp, di recycle bin, cara mengembalikan file yang sudah dihapus di laptop

Posting Komentar untuk "9 Cara Mengembalikan File yang Sudah Dihapus di Ponsel Android (Update Terbaru 2023)"

close