Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Resep Gudeg Komplit Khas Ibu Kota Yogyakarta, Lengkap dengan Sambal Krecek Maknyus

Resep Gudeg Komplit Khas Ibu Kota Yogyakarta, Lengkap dengan Sambal Krecek Maknyus.jpg

Gudeg sendiri terbuat dari nangka muda yang di masak dengan menggunakan santan punya cita rasa manis bercampur gurih yang khas. Sajian tersebut paling enak jika di nikmati dengan nasi hangat dan sambal krecek yang di olah sangat pedas. Untuk menikmati perpaduan nangka muda dan juga bumbu gula kelapa dan aneka rempah yang nikmat ini, kalian dapat memasaknya sendiri di rumah.

Sejarah Gudeg

Gudeg telah di kenal oleh masyarakat khususnya Indonesia sebagai salah satu makanan khas dari Kota Yogyakarta. Popularitas tersebut juga yang menjadikan kota Yogyakarta di kenal dengan nama Kota Gudeg. Gudeg merupakan makanan tradisional yang terbuat dari Nangka muda (nangka) yang di rebus selama beberapa jam dengan tambahan gula kelapa serta santan.

Dengan di lengkapi tambahan berbagai bumbu tambahan membuat Gudeg menjadi terasa manis di lidah dan memiliki rasa yang khas dan enak sesuai dengan selera masyarakat Jawa pada umumnya. Pada penyajiannya, Gudeg sering kali di lengkapi dengan nasi putih, ayam, telur rebus, tahu atau tempe, dan rebusan terbuat dari kulit sapi segar atau lebih dikenal dengan nama sambal goreng krecek.

Ada beberapa jenis Gudeg yang di kenal sekarang ini yaitu jenis Gudeg kering dan Gudeg basah. Gudeg kering hanya memiliki sedikit santan sementara untuk Gudeg basah mencakup lebih banyak susu kelapa atau santan. Jenis-jenis Gudeg tersebut juga mempengaruhi cita rasa yang di miliki oleh Gudeg. Meskipun rasanya manis, Gudeg kadang juga memiliki rasa yang pedas seperti terdapat pada kawasan Jawa Timur.

Resep Gudeg Komplit Paling Maknyus

Bahan Gudeg

300 gram nangka muda
1 ekor ayam kampung, potong 10 bagian
5 buah tahu 100 gram
krecek
500 ml santan kental
1700 ml santan cair
500 gram gula kelapa
3 ruas lengkuas, bagi 5 bagian dan memarkan
3 buah cabai rawit
10 lembar daun salam

Bumbu Gudeg

Halus 40 butir bawang merah
20 siung bawang putih
6 sendok makan ketumbar
Garam secukupnya
Bumbu sambal krecek
40 buah bawang merah
20 siung bawang putih
5 buah cabai merah

Cara Membuat Gudeg Komplit Paling Maknyus

- Pertama bagi bumbu halus menjadi 4 bagian.
- Mulai masak gudeg, kupas nangka muda dan cincang kasar hingga habis.
Masak cincangan nangka muda dengan 1 bagian.
- Masak bumbu yang sudah halus, 2 lembar daun salam, 1 bagian lengkuas, 200 gram gula kelapa, dan 800 ml santan cair.
- Aduk sesekali supaya nangka tidak menjadi hancur.
- Masak potongan ayam dengan 1 bagian. Tambahkan bumbu halus, 2 lembar daun salam, 1 bagian lengkuas, 100 gram gula kelapa, serta 350 ml santan cair.
- Masak hingga semuanya benar-benar matang.
- Masak tahu dengan 1 bagian bumbu halus. Dengan menggunakan 2 lembar daun salam, 1 bagian lengkuas, 100 gram gula kelapa, dan 250 ml santan cair. Masak semuanya hingga matang.
- Masak areh dengan menggunakan santan kental, 1 bagian bumbu halus, 2 lembar daun salam, 1 bagian lengkuas, serta 100 gram gula kelapa.
- Jangan lupa masak dengan api kecil sambil di aduk hingga mengental.
- Kemudian mulai masak sambal krecek. Haluskan bumbu sambal krecek terlebih dahulu, masak bersama krecek, 2 lembar daun salam, 1 bagian lengkuas, garam secukupnya, dan 200 ml santan cair. Aduk hingga rata.
- Masukkan cabai rawit sesaat sebelum akhirnya di angkat. Aduk lagi sambal krecek, Kemudian angkat dan sajikan.
- Sajikan gudeg, ayam, tahu, areh, dan sambal krecek dengan nasi putih hangat sudah siap untuk di santap.

Keywords: resep gudeg jogja komplit ncc, resep gudeg jogja komplit ncc, resep membuat gudeg jogja komplit, resep gudeg komplit kering, resep gudeg komplit jogja, resep gudeg komplit enak, asli, dari mana asal makanan gudeg, bumbu, cara, masak, komposisi

Posting Komentar untuk "Resep Gudeg Komplit Khas Ibu Kota Yogyakarta, Lengkap dengan Sambal Krecek Maknyus"

close