Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Sinopsis Film Grave of the Fireflies (1988)

Sinopsis Film Grave of the Fireflies (1988).jpg

Trailer

Gambar

Informasi & Sinopsis

Apakah kalian termasuk penyuka anime? Jika iya, maka kalian harus menonton anime yang satu ini. Namun sebelum itu, simak sinopsis Grave of the Fireflies dulu, Film anime yang satu ini diproduksi oleh Ghibli Studio di tahun 1988 yang mana merupakan anime tersedih. Film yang mengisahkan mengenai keadaan keluarga pasca perang dunia ke II.

Grace of the Firflies sendiri memiliki arti yaitu kuburan kunang-kunang. Menyangkut pada kisah di orang kakak beradik yang menjadi korban perang dunia ke 11. Perang dunia dinksna melinatkan Amerika yang menyerung Jepang ini membuat kedua saudara itu harus bisa bertahan hidup meski diterpa sulitnya keadaan tanpa keluarga.

Sinopsis Grave of the Fireflies berawal dari tokoh utamanya bernama Seita yang pada saat itu tengah terbaring di pinggiran stasiun kereta api dengan keadaan menyedihkan. Tak lama kemudian, Seita justru harus meninggal dengan keadaan memeluk kaleng bekas permen. Nah, dari sini semua bermula. Di mana petugas stasiun menemukan kaleng bekas milik Seita.

Di dalam kaleng tersebut justru berisi abu tubuh Seita yang lantas dibuang petugas stasiun ke rumput. Setelahnya, muncul penggelan cerita masa lalu yang mana semua ini diawali dari munculnya kunang-kunang yang berasal dari abu milik Seita di dalam kaleng tadi. Ini berarti menunjukkan jika film anime ini memiliki alur mundur yang mengesankan bukan.

Ada satu moment paling sedih yang pertama ditunjukkan juga di awal film. Di sinopsis Grave of the Fireflies di mana Seita yang pada kala itu tengah mengubuh bahan makanan yanh dimilikinya ketika sekutu yang sempat meluncurkan serangan udara. Seita lantas langsung menggendong Setsuko setelah ibunya mengingatkan untuk segera beralih ke pengungsian.

Tepat pada saat ini pula secara tanpa sadar, ibunya menyampaikan pesan agar Setsuko menjadi anak yang baik dan penurut kepada kakaknya. Lantas setelahnya, Seita yang tak sempat membawa banyak barang dan segera berlari menggendong adiknya untuk mengungsi. Kota nyatanya telah hancur akibat serangan, dan ibu dari Seika dan Setsuko ternyata mengalami luka.

Luka bakar yang dialami bahkan sangat serius dan petugas menyarankan agar dibawa ke rumah sakit. Namun ternyata belum sampai di bawa ke rumah sakit ibunya justru sudah tidak sempat tertolong. Di sini, kalian pasti akan merasakan kesedihan yang sangat mendalam juga saat mengetahui Seika yang memiliki sikap sangat dewasa.

Bagaimana tidak, pada momen ketika ibunya dinyatakan meninggal dunia, Seita justru merahasiakan ini semua dari Setsuko dan langsung mengajak pulang ke rumah bibinya. Seita bahkan hanya mengatakan jika ibunya sakit dan akan segera membaik. Di momen ini, mereka sangatlah diterima dan kehidupan berjslan dengan baik.

Nsmun tetap saja, di kondisi semacam ini, lama kelamaan pasti jumlah persediaan akan semakin menurun. Apalgi jatah makanan dari pemerintah hanya sedikit. Di momen ini, Seita membantu sang bibi dengan menjual pakaian ibunya. Namun saat Seita sudah tidak memiliki apapun, keadaan semakin memburuk dan sang bibi yang semakin menunjukkan ketidaksukaannya ini.

Pada momen ini pula Seita langsung pergi mencari tempat perlindungan bersama Setsuko dan memutuskan tinggal di sana. Nah, tempat perlindungan ini merupakan sebuah gua yang lengkap dengan penerangannya. Penerangan yang dimaksud ini adalah kunang-kunang, dan kunang-kunang inilah yang selalu menemani mereka berdua.

Sinopsis Grave of the Fireflies tidak sampai di sini, kalian juga harus mengetahui kisah perjuangan Deita untuk menghidupi Setsuko. Di mana setelah ini Seika juga sudah kehabisa makanan dan mencuri bahan makanan dari ladang. Namun tindakan Seika judtru diketahui oleh pemikirannya dan langsung dibawa ke kantor polisi detik itu juga.

Tak hanya itu saja, suatu hari Seita juga harus menerima jika adiknya mengalami kekurangan gizi dan perlu energi yang cukup. Setia langsung mencari makanan untuk di makan Setsuko. Namun saat pulang, ia judru mendapati adiknya yang jatuh pingsan di tepian danau dengan kondisi terbaring lemah. Tanpa berfikir panjang, Seita langsung mengambil uang ke bank.

Setelah mengambil uang, justru Seita mendapatkan kabar jika Jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu dan kapal pasukan salah satu tentara tenggelam tanpa sisa. Di sini, yang menjadi korban adakah ayah Seita. Ia langsung pulang dengan kesedihan mendalam untuk kembali menemani Setsuko.

Nah, demikian sinopsis Grave Of the Fireflies. Dari sini aja, bukankah kalian langsung mendapatkan titik terang mengenai apa saja pelajaran yang disampaikan dari film tersebut?

Pesan Penting yang Terkandung dalam Film Grave Of The Fireflies

Tidak Selamanya Semua Orang Itu Baik, Bahkan Keluarga Sendiri

Bukankah manusia memang sudah diajarkan untuk tidak berharap pada manusia? Patokan pedoman ini memang benar adanya. Dari sinopsis Grave of The Fireflies kalian bisa membayangkan momen saat di mana Seika dan Setsuke tidak diterima lagi dikeluarkannya. Faktanya, keadaan seperti ini banyak terjadi juga di kehidupan nyata.

Di mana semua harus ada imbal balik yang didapatkannya. Jika tidak ada, manusia akan cenderung melupakan sisi kemanusiaannya. Setidaknya, kita semua harus menyadari jika harus bisa berdiri sendiri. Sebab banyak orang hanya berpura-pura dekat hanya untuk mendapatkan sesuatu apa yang mereka mau.

Manusia Seringkali Tidak Menyadari Menjadi Pemeran Antagonis di Kehidupan Orang Lain

Dari sinopsis Grave of The Firflies di atas, ditunjukkan juga adegan pembukanya yang menggambarkan kehidupan realita pada saat itu. Di mana di sekitar kereta api terdapat banyak orang yang meninggal dengan keadaan yang tidak wajar, namun orang yang berkeliaran disekitar justru tidak mau tahu dan menampik semuanya dengan kata-kata yang justru tidak simpatik.

Tidak Ada Kebahagiaan Ketika Terjadinya Peperangan

Meskipun kekejaman dalam perang dunia II di film ini tidak diperlihatkan seerti aksi-aksi brutal seperti adegan penembakan. Namun tetap saja, yang diperlihatkan justru kehidupan manusia yang sangatbsesara ketika terjadi perang. Bahkan dari kedua belah pihak ini baik yang menang maupun kalah tetap mengalami kerugian dan kesedihan yang mendalam.

Bahkan kehidupan di zaman ini sangatlah susah, banyak sekali keluarga yang terpisah dan berakhir meninggal di akhir peperangan. Tak hanya itu, rumah-rumah yang ada bahkan di bumi hanguskan dan banyak sekali orang yang tidak teratur. Makanan dan air bersih pun akan sangat sulit ditemukan jika di dalam keadaan seperti ini.

Nah, demikian sinopsis Grave of The Firflies ini, semoga dari film animasi ini bisa diambil banyak sekali pelajaran lain. Semoga pula bisa menyadarkan manusia akan sisi kemanusiaan yang seharusnya. Untuk kalian semya yang penasaran akan film ini,  bisa langsung menyaksikan film animasi kedua kakak beradik ini. Sakiskan dan pahami setiap kisahnya di dalamnya ya.

Keywords: Review & Ulasan Sinopsis Alur Cerita Film Grave of the Fireflies (1988), Informasi Lengkap, Daftar Pemain Kru, Fakta Unik, Trivia, Penghargaan, Full Movie Download Subtitle Bahasa Indonesia, Bluray, Mp4, Mkv, Avi, DVDRip, HD, IMDb, Wikipedia, Rotten Tomatoes, Review, Ulasan, Rating, Nilai, Plot, Sub Indo, Nonton Online Streaming, Trailer, LK21, Pahe, HBO Max Go, Netflix, Disney Plus Hotstar

Posting Komentar untuk "Sinopsis Film Grave of the Fireflies (1988)"

close