Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mengenal Apa Itu Literatur, Jenis, dan Manfaatnya

Mengenal Apa Itu Literatur, Jenis, dan Manfaatnya.jpg

Dalam dunia kepenulisan tentu kita tidak asing lagi dengan ide, sumber atau referensi untuk menulis. Tentu semua tulisan, baik itu cerpen, novel, jurnal, hingga karya tulis membutuhkan referensi berupa cerita, alur, atau gaya kepenulisan. Pada kesempatan ini kalian akan mengenal apa itu literatur, jenis dan juga manfaatnya.

Apa itu literatur?

Sebelum mengetahui jenis dan manfaat literatur, saya akan menjelaskan tentang pengertian literatur. Dalam pemahaman ringkasnya, literatur dapat diartikan sebagai sumber rujukan atau referensi dalam kepenulisan. Referensi ini tidak terbatas hanya pada buku, tetapi bisa berupa jurnal, video, film, maupun benda lain yang mengandung informasi yang dapat digunakan sebagai rujukan.

Literatur sendiri lebih sering digunakan pada bidang pendidikan atau penelitian. Karena bidang tersebut memerlukan banyak sumber rujukan atau referensi dalam aktivitasnya. Jika literatur adalah objek yang berfungsi sebagai sumber rujukan informasi, maka literasi adalah kemampuan menulis, membaca, mengolah dan memahami informasi.

Jenis-jenis Literatur

Setelah memahami pengertian literatur, kalian perlu mengetahui jenis-jenisnya. Hal ini berguna bagi kalian saat menentukan jenis literatur yang akan kalian gunakan sesuai dengan tujuannya. Ada banyak sekali jenis literatur yang dapat kalian gunakan, diantaranya:

Literatur menurut lokasi penempatannya

- Koleksi umum, merupakan jenis literatur yang dapat diakses oleh semua orang. Koleksi ini terdiri dari berbagai macam buku, seperti buku budidaya tanaman hidroponik, budidaya ikan lele, dan lain sebagainya.
- Koleksi referensi, merupakan koleksi yang tersedia secara khusus yang digunakan untuk menjawab pertanyaan pembaca. Jenis literatur ini dapat berupa kamus, ensiklopedia, atau buku teks.

Literatur sesuai dengan tingkat analisisnya

- Literatur primer yang merupakan hasil penelitian yang biasanya berisi gagasan atau teori baru yang belum diterbitkan. Literatur ini dapat berupa jurnal, karya ilmiah, tesis, makalah, dan lain sebagainya.
- Literatur sekunder adalah literatur yang dibuat dengan menjadikan literatur primer sebagai referensi. Sehingga literatur ini juga memuat gagasan atau infromasi yang sudah ada sebelumnya, misalnya abstrak, surat kabar atau majalah.
- Literatur tersier merupakan literatur yang berisi petunjuk dari literatur sekunder. Contoh dari literatur tersier yang biasa kalian temukan adalah direktori pustaka, daftar index, pedoman literatur dan lain sebagainya.

Literatur berdasarkan sifatnya

- Literatur berupa dokumen tekstual atau dalam bentuk teks
- Literatur yang berupa dokumen non tekstual

Manfaat Literatur

Setelah memahami pengertian literatur dan mengetahui berbagai jenis literatur yang ada, saya akan menjelaskan berbagai manfaat literatur untuk kalian. Secara singkat literatur memuat berbagai informasi yang dibutuhkan oleh pembacanya, sehingga berguna untuk bahan referensi dalam penulisan atau penelitian.

- Literatur berguna sebagai sumber rujukan untuk membantu kalian menemukan informasi apa yang sedang dibutuhkan
- Literatur dapat digunakan sebagai informasi tambahan atau melengkapi informasi yang telah kalian dapatkan sebelumnya
- Literatur juga dapat digunakan sebagai sumber rujukan atau referensi yang memperkuat informasi dalam proses analisis atau hipotesis yang sedang kalian lakukan

Dalam dunia pendidikan dan penelitian, literatur sangat membantu dalam proses penulisan dan juga aktivitas lainnya. Dengan literatur yang ada, peneliti dapat mulai mengembangkan penelitian yang sudah ada atau membuat penelitian baru.

Demikian penjelasan mengenai literatur, mulai dari pengertian, jenis-jenis hingga manfaat literatur. Kalian dapat menggunakan literatur sebagai sumber atau referensi dalam aktivitas kalian terutama dalam bidang kepenulisan.

Keywords: arti literatur itu apa, apa yang dimaksud dengan literatur adalah, apa itu analisis literatur, anak, asing, sekunder, primer, ilmiah, apa itu literatur review dan contohnya, apa itu literatur jurnal, apa itu literature review, apa itu literatur

Posting Komentar untuk "Mengenal Apa Itu Literatur, Jenis, dan Manfaatnya"

close