Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Contoh Judul Proposal dan Bagaimana Cara Menentukannya

Contoh Judul Proposal dan Bagaimana Cara Menentukannya.jpg

Bagi kalian saat ini yang sedang mencari informasi seputar contoh judul proposal, artikel ini akan membahas mengenai beberapa contohnya dan bagaimana cara menentukan suatu judul untuk proposal yang baik dan benar.

Beberapa contoh yang akan diberikan, bisa kalian jadikan referensi untuk tugas proposal yang diberikan oleh guru maupun dosen kalian. Jadi simak terus artikel ini sampai selesai untuk mendapatkan penjelasan lebih lengkapnya.

Inilah Beberapa Contoh Judul Proposal Sebagai Referensi

Contoh judul proposal dibawah ini telah dikumpulkan dari beberapa sumber yang ada di internet. Kalian bisa menggunakannya sebagai referensi untuk judul proposal yang sedang kalian kerjakan. Tapi ingat, jangan sekali-kali mencontek judul proposal yang pernah ditulis orang lain karena pasti pembahasan di dalamnya akan berbeda dengan milik kalian.

1. Judul proposal penelitian

Proposal penelitian adalah proposal yang berisi pokok-pokok pertanyaan penelitian dan langkah-langkah pemecahan masalah penelitian. Isi rencana penelitian pada prinsipnya adalah garis besar dan desain penelitian yang harus diperhatikan.

Berikut contoh judul dari proposal penelitian

“Perlindungan Anak Korban Kekerasan Seksual dalam Perspektif Hukum Islam”

2. Judul proposal kuantitatif

Proposal penelitian kuantitatif dimulai dengan kerangka teori, ide ahli, atau pemahaman empiris dari seorang peneliti dan mengembangkannya menjadi masalah untuk penelitian selanjutnya, dengan menggunakan pendekatan induktif.Ini adalah proposal penelitian yang dibuat.

Berikut contoh judul dari proposal kuantitaif

“Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Offline Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas X di Sman 5 Banjarmasin”

3. Judul proposal kualitatif

Proposal penelitian kualitatif adalah proposal tertulis yang dimaksudkan untuk menyajikan suatu masalah secara komprehensif dan kontekstual dengan mengumpulkan data dari konteks alamiah dan menggunakan diri sendiri sebagai alat penelitian utama.

Berikut contoh judul dari proposal kualitatif

“Kontribusi Dana IDT dalam meningkatkan kesejahteraan Masyarakat Desa Sidomulyo, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo”

Cara Menentukan Judul Proposal yang Baik dan Benar

Setelah kalian melihat beberapa contoh dari judul proposal yang telah ditulis oleh orang lain, kini saatnya untuk kalian bisa membuat judul proposal kalian sendiri. Berikut cara yang tepat dalam penentuan judul proposal kalian.

1. Tentukan masalahnya

Memilih judul bukanlah langkah awal dalam menyusun proposal, melainkan memilih masalah yang akan dijadikan bahan penelitian. Topik adalah dasar untuk persiapan proposal penelitian yang sepenuhnya sistematis.

2. Tentukan ruang lingkup pembahasan

Ruang lingkup masalah membantu menentukan judul proposal penelitian. Ini akan berisi rentang yang akan diselidiki. Ini termasuk:
- Faktor-faktor yang mempengaruhi tema penelitian
- Jumlah objek yang akan diselidiki
- Keterbatasan ukuran subjek penelitian

3. Selami informasi dari berbagai penelitian serupa

Setelah kalian mengidentifikasi masalahnya, kalian dapat mencoba mencari informasi yang baik dari beberapa sumber referensi yang ada. Pilih topik penelitian dan judul yang mirip atau terkait dengan topik penelitian kalian.

4. Buat judul kalian dengan bahasa yang sederhana, langsung, namun spesifik

Jangan terjebak dalam membuat judul berdasarkan teori. Judul sebaiknya didasarkan pada pengamatan terhadap fenomena dan peristiwa yang terjadi pada objek yang kalian coba pelajari.

5. Gunakan referensi

Kalian dapat memilih referensi selain pencarian kesamaan dengan metode berikut:
- Membaca buku tentang suatu topik atau masalah
- Baca majalah dan artikel yang berkaitan dengan topik yang dimaksud
- Diskusi dengan instruktur atau supervisor
- Pengamatan langsung terhadap fenomena dan kejadian di tempat

6. Pilih judul yang berhubungan dengan bidang studi kalian

Jangan memilih gelar yang menyimpang dari bidang ilmu yang sudah kalian tempuh selama ini. Pada dasarnya, kalian harus melakukan riset yang bisa kalian kuasai. Dengan cara ini kalian dapat yakin bahwa penelitian kalian berisi konten berkualitas tinggi sesuai dengan pengetahuan kalian.

Itulah informasi mengenai contoh judul proposal yang bisa kalian jadikan referensi sekaligus mengenai cara penentuan judul untuk proposal yang baik dan benar. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian yang saat ini sedang mencari informasi terkait penulisan judul proposal.

Keywords: adalah, administrasi bisnis, arsitektur, agroteknologi, anak usia dini, akuntansi sektor publik, agribisnis, administrasi publik, administrasi negara, penelitian, ptk, akuntansi, judul proposal penelitian tentang pendidikan, judul proposal pendidikan

Posting Komentar untuk "Contoh Judul Proposal dan Bagaimana Cara Menentukannya"

close