Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5 Dampak Negatif Kebiasaan Menyontek, Apa Kabar Pendidikan Jika Terus Dibiasakan!

5 Dampak Negatif Kebiasaan Menyontek, Apa Kabar Pendidikan Jika Terus Dibiasakan!.jpg

Mungkin banyak orang yang tidak menyadari bahwa kebiasaan menyontek itu sangat buruk dampaknya bagi pendidikan di Indonesia. Apalagi kebiasaan buruk tersebut sudah menjamur dari nenek moyang kita hingga masa sekarang.

Tentunya hal itu sangat merugikan bagi perkembangan peserta didik, baik dari tingkat sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, hingga ke tingkat mahasiswa. Saran saja, jangan pernah ulangi kebiasaan buruk agar tidak tertular di generasi penerus.

Apa Saja Dampak Negatif Kebiasaan Menyontek Bagi Siswa dan Siswi?

Akan ada banyak sekali dampak buruk dari kebiasaan menyontek ini, bahkan sekarnag ini kebiasaan tersebut sudah mendarah daging dan biasanya orang-orang tidak menyadari akan dampak negatifnya. Berikut ini ada beberapa dampak negatif dari kebiasaan tersebut.

1. Membuat Pelajar jadi Malas Belajar

Syarat untuk menjadi pelajar adalah belajar dari apa yang mereka tidak ketahui, lantas untuk apa susah-susah belajar jika ada yang mudah yaitu mencontek, dengan demikian mencontek akan membiasakan pelajar jadi malas belajar.

Karena pelajar jadi malas belajar, tentunya hal ini sangat merugikan bagi lembaga pendidikan ataupun individu itu sendiri. Jadi jangan sampai meneruskan kebiasaan menyontek, agar pendidkan dan pelajarnya juga semakin mandiri.

2. Nantinya Pelajar akan Menyukai Hal Instan

Hal instan memang sangatlah menyenangkan, akan tetapi dari hal instan itu tidak ada pembelajaran yang akan diambil, dari menyontek kita bisa belajar bahwa cara instan memang lebih mudah.

Akan tetapi, dampaknya benar-benar luar biasa, karena dari menyontek pelajar akan memiliki sifat malas dan tidak menjadi ambisius dari apa yang mereka inginkan, kelak pelajar tersebut akan menjadi sampah yang tidak berguna.

3. Ketidak Adilan yang Marak Terjadi

Belajar adalah kegiatan untuk mendapatkan ilmu dari apa yang tidak diketahui, lantas buat apa mencari ilmu jika sudah dimudahkan dengan menyontek dari siswa lain ataupun tidak jujur dari apa yang sedang terjadi.

Begitu juga dengan ketidakadilan dari menyontek itu sendiri, karena biasanya pelajar yang sering menyontek akan dapat nilai unggul dan tidak memperhatikan hilangkap sikap jujur akan sportivitas dari apa yang mereka kerjakan.

4. Contoh yang Buruk Bagi Generasi Penerus

Apa itu generasi penerus? Generasi penerus adalah orang-orang yang akan memimpin suatu organisasi/perkumpulan, perusahaan, ataupun bahkan negara di masa depan. Namun dengan adanya budaya menyontek hal tersebut dapat memberikan contoh yang buruk.

Contoh yang curuk disini dimaksudkan untuk generasi penerus, maksudnya dari menyontek yang sudah dibiasakan dan sudah mendarah daging akan dicontoh lagi terus menerus, maka dari itu hindarilah menyontek untuk generasi penerus yang lebih baik.

5. Mungkin jadi Cikal Bakal Lahirnya Koruptor

Koruptor saat ini tengah merajalela, hal itu mungkin saja disebabkan karena sifat ketidakjujuran dari mereka yang masih ada di lingkungan pelajar. Mungkin saja kebiasaan menyontek itu jadi bakal lahirnya koruptor.

Karena jalan pintas sangat mudah dan memberikan banyak sekali keuntungan dari apa yang tidak mereka miliki. Hal tersebut snagat berbahaya, jika dimasa yang akan datang semua pejabat dari generasi penerus melakukan koruptor secara masal.

Penutup

Bisa dibilang dampak negatif menyontek itu sangatlah banyak, mungkin saja saat ini generasi penerus tidak terlalu menghirauikan hal tersebut, akan tetapi dampaknya mungkin akan dirasakan di kemudian hari.

Selalulah bersikap jujur dari apa yang tidak kamu miliki, hindarilah kebiasaan menyontek dan fokuslah pada pembelajaran dari ilmu yang akan kamu dapatkan. Sebab tidak ada yang instan dan semua yang didapatkan itu berdasarkan kerja keras.

Keywords: apa saja dampak buruk dari menyontek, dampak perilaku menyontek, dampak menyontek secara psikologis, dampak menyontek bagi sekolah, dampak menyontek bagi negara, apa dampak menyontek secara psikologis, dampak menyontek adalah, dampak menyontek menurut para ahli, dampak menyontek saat ulangan, akibat menyontek brainly, akibat dari menyontek, apa dampak positif dan negatif menyontek

Posting Komentar untuk "5 Dampak Negatif Kebiasaan Menyontek, Apa Kabar Pendidikan Jika Terus Dibiasakan!"

close