Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Membahas Mengenai Pertanyaan Jelaskan Pengertian Tata Hukum Indonesia

Membahas Mengenai Pertanyaan Jelaskan Pengertian Tata Hukum Indonesia.jpg

Apakah kalian saat ini sedang kebingungan untuk mencari jawaban atas pertanyaan jelaskan pengertian tata hukum Indonesia? Jika iya, kalian tepat datang ke artikel kali ini karena akan dibahas lebih lanjut mengenai pengertian tata hukum secara jelas.

Seperti yang kalian ketahui bahwa Indonesia adalah negara hukum dan tentunya ada banyak sekali tata hukum yang berlaku di Indonesia untuk kalian pelajari. Tanpa menunggu lama-lama, dibawah ini adalah penjelasan selengkapnya mengenai tata hukum di Indonesia.

Bagaimana Jawaban untuk Jelaskan Pengertian Tata Hukum Indonesia?

Untuk menjawab pertanyaan seputar jelaskan pengertian tata hukum Indonesia, kalian bisa menjawabnya dengan mengacu kepada pengertian daripada tata hukum itu sendiri. Jadi apa yang dimaksud dengan tata hukum Indonesia?

Tata hukum disebut juga “rechtorde” yang berasal dari bahasa Belanda. Yang dimaksud dengan "rechtorde" adalah susunan hukum. Jadi tata hukum adalah memberikan tempat yang sebenarnya pada hukum.

Yang dimaksud dengan menyediakan tempat yang sebenarnya adalah pengaturan aturan hukum yang benar dan teratur dalam kehidupan masyarakat, mengetahui ketentuan yang berlaku dan menerapkannya untuk menyelesaikan semua masalah hukum yang timbul.

Jenis-Jenis Tata Hukum di Indonesia

Setelah kalian mengetahui mengenai apa itu tata hukum, berikut ini adalah informasi mengenai jenis-jenis tata hukum yang ada di Indonesia. Apa saja itu?

1. Hukum Perdata

Hukum perdata adalah klausula yang mengatur dan membatasi segala perbuatan manusia untuk memenuhi kepentingan/kebutuhan pribadi atau untuk mengatur kepentingan pribadi. Hukum perdata juga disebut hukum perdata atau hukum privat, sebagai lawan dari hukum umum.

Hukum perdata Indonesia bersumber dari hukum perdata yang berlaku di negeri Belanda, khususnya hukum perdata kolonial Belanda. Bahkan KUHP yang berlaku di Indonesia merupakan terjemahan dari undang-undang yang berlaku di Kerajaan Belanda.

2. Hukum Pidana

Hukum pidana adalah ketentuan yang mengatur dan membatasi segala tingkah laku manusia guna meniadakan pelanggaran terhadap kepentingan umum.

Menurut profesor. Dr.Moeljatno, SH. Istilah hukum pidana mendefinisikan hukum pidana mana yang merupakan bagian dari hukum umum yang berlaku untuk suatu negara dan mendefinisikan dasar dan aturan untuk:

a. Penetapan perbuatan yang tidak boleh dilakukan dan perbuatan yang dilarang, dengan ancaman atau hukuman berupa delik khusus terhadap orang yang melanggar larangan tersebut.
b. Menentukan kapan seseorang yang melanggar larangan tersebut akan dituntut atau dijatuhi hukuman intimidasi.
c. Menentukan bagaimana sanksi pidana akan dilakukan jika seseorang diduga melanggar suatu larangan.

3. Hukum Tata Negara (HTN)

Hukum Tata Negara (HTN) adalah hukum yang mengatur negara. Ia menjadi dasar pendirian, pembentukan lembaga negara, struktur kelembagaan, hubungan hukum (hak dan kewajiban) antara lembaga negara, daerah dan warga negara.

Hukum Tata Negara adalah juga hukum yang mengatur negara secara diam-diam, dan merupakan undang-undang tentang negara dalam arti luas, daripada menyiratkan status substantif negara tertentu mana pun.

4. Hukum Administrasi Negara (HAN) / Hukum Tata Usaha

Hukum Tata Usaha/Hukum Administrasi Negara (HAN) adalah ketentuan yang mengatur penyelenggaraan pemerintahan dan secara garis besar dimaksudkan untuk memperjelas bagaimana seharusnya sikap negara dan lembaga negara.

Memang ada persamaan antara ini dengan UUD, dimana persamaannya terletak pada kebijakan pemerintah dan perbedaannya dengan Undang-Undang Dasar (HTN) mengacu pada fungsi ketatanegaraan yang digunakan oleh negara.

5. Hukum acara atau formal

Hukum acara, atau hukum formal, adalah ketentuan hukum yang menyediakan cara untuk memastikan kepatuhan dan penegakan hukum fisik. Juga, hukum acara meliputi bagaimana menyelesaikan perkara dan memperoleh keadilan dari seorang hakim ketika orang lain melanggar kepentingan atau hak seseorang, atau sebaliknya, bagaimana mempertahankan kebenaran ketika orang lain menuntutnya.

Itulah informasi yang bisa menjawab pertanyaan perihal jelaskan pengertian tata hukum Indonesia. Semoga adanya artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian.

Keywords: jelaskan yang dimaksud tata hukum indonesia, brainly, apa pengertian dari tata hukum indonesia, dan berikan contohnya, jelaskan pengertian tata hukum di indonesia, uji kompetensi bab 3, apa, jelaskan pengertian tata hukum indonesia

Posting Komentar untuk "Membahas Mengenai Pertanyaan Jelaskan Pengertian Tata Hukum Indonesia"

close