Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

9 Lagu Led Zeppelin Terbaik, Salah Satu Band Rock Legendaris di Dunia

Lagu Led Zeppelin Terbaik, Salah Satu Band Rock Legendaris di Dunia.jpg

Lagu Led Zeppelin terbaik jadi pilihan favorit para pecinta musik rock. Band rock ini berasal dari Inggris yang terbentuk di London pada tahun 1968. Band ini digawangi oleh sederet musisi berkualitas dan profesional.

Sebut saja Robert Plant sebagai vokalis, Jimmy Page sebagai gitaris, John Paul Jones sebagai basis/keyboardis, dan John Bonham sebagai drummer. Kerjasama yang epic dari setiap member tersebut melahirkan karya terbaik sepanjang masa.

Deretan Lagu Led Zeppelin Terbaik

Di bawah ini adalah beberapa lagu Led Zeppelin yang terpopuler dan mampu membius para penikmat musik.

1. Good Times Bad Times

Salah satu lagu Led Zeppelin yang berhasil mencuri perhatian para pecinta musik rock ialah Good Times Bad Times. Perlu untuk kalian ketahui, ternyata lagu ini menjadi gerbang kejayaan band rock Led Zeppelin.

Melalui lagu ini, Led Zeppelin menampilkan ciri khasnya dalam melahirkan karya. Adapun ciri khas tersebut seperti halnya penggunaan jeda hingga bagian patah-patah.

Di dalam lagu ini, sang vokalis melantunkan nada tak beraturan tanpa sumbang. Karena hal tersebut, lagu ini jadi terdengar lebih unik. Menariknya lagi, intro lagu Good Times Bad Times kerap diputar di berbagai film, acara, dan iklan.

2. Fool in the Rain

Selain Good Times Bad Times, lagu terbaik dari Led Zeppelin yang tak kalah menarik untuk kalian dengarkan ialah Fool in the Rain. Ada berbagai fakta menarik yang melibatkan lagu Fool in the Rain ini.

Adapun salah satu fakta menarik tersebut ialah ternyata lagu ini jadi single terakhir yang diluncurkan oleh Led Zeppelin sebelum resmi bubar. Lagu ini bisa kalian temukan dalam album studio berjudul In Through the Out Door.

Sebagai single terakhir, banyak penggemar yang masih sering mendengarkan lagu Fool in the Rain saat ini. Bahkan lagu ini bisa meraih posisi #21 dalam chart single pop AS.

Fakta menarik selanjutnya, ternyata Led Zeppelin menerapkan struktur polyrhythmic yang unik. Dalam struktur tersebut, bass dan pianonya memainkan enam ketukan. Lalu untuk melodi dan drum memainkan empat ketukan.

3. Stairway to Heaven

Lagu Stairway to Heaven pernah membuat kehebohan pada masanya. Publik heboh membicarakan Stairway to Heaven karena dianggap meniru karya dari band Spirit yang berjudul Taurus.

Terlepas dari kabar tersebut, nyatanya lagu terbaik di dalam album Led Zeppelin IV ini masih dikenang penikmat musik dunia sampai sekarang. Bahkan sebagian besar penikmat musik menilai bahwa lagu Stairway to Heaven adalah masterpiece.

Tak mengherankan karena notasi dan irama lagu Stairway to Heaven mampu menyedot perhatian setiap penggemarnya. Bagian pembuka lagu juga terdengar kontras dengan bagian tengah dan akhirnya.

4. Heartbreaker

Heartbreaker jadi salah satu lagu yang bisa kalian dengarkan untuk melihat kepiawaian Jimmy Page dalam memainkan gitarnya. Lagu ini memang memperlihatkan sang gitaris dalam bermain gitar solo.

Permainan gitarnya pastinya mampu menginspirasi siapa saja untuk menerapkan teknik tapping legendaris. Apabila selama ini kalian menyukai permainan gitar, maka jangan sampai lewatkan Heartbreaker.

Tak kalah penting untuk kalian pahami pula bahwa Heartbreaker sering diputar di radio. Pemutaran lagu ini biasanya bersama Livin' Lovin' Maid. Namun khusus untuk Maid, Led Zeppelin tak pernah menyanyikannya saat konser.

5. Trampled Under Foot

Trampled Under Foot diluncurkan sebagai single lagu terbaik Led Zeppelin dan berhasil berada di posisi #38 chart single pop Amerika Serikat. Ada banyak kesan positif yang didapat dari lagu Trampled Under Foot.

Bahkan sang vokalis menyebut bahwa Trampled Under Foot menjadi salah satu lagu favoritnya. Tak berhenti di situ saja, produser Inggris yang bernama Danny Boyle juga menggunakan lagu ini sebagai pembuka Olimpiade London pada tahun 2012.

Karena hal tersebut, lagu ini pun kembali hits dan dinyanyikan oleh generasi muda saat ini. Bahkan bisa kita bilang bahwa Trampled Under Foot mampu menggaet penggemar dari berbagai kalangan usia.

6. Ramble On

Lagu terbaik dari Led Zeppelin lainnya yang juga menarik untuk kalian dengarkan ialah Ramble On. Ramble On ini membuktikan bahwa Led Zeppelin tak hanya menampilkan musik blues rock saja, tetapi juga lagu folk.

Lagu ini pun menyiratkan lirik hasil inspirasi dari kisah fiksi atau folklor Inggris. Untuk lagu Ramble On itu sendiri terinspirasi langsung dari buku berjudul The Lord Of The Ring. Tentu kalian sudah mengetahui bahwa buku ini juga difilmkan dengan judul yang sama.

Buku ini mengisahkan tentang petualangan Frodo Baggins. Petualangan tersebut ditemani oleh para hobbit. Inspirasi dari lagu bisa kalian temukan melalui lirik the darkest depths of Mordor. Selain itu, juga ada penggalan lirik yang berbunyi Gollum and the evil one.

7. Kashmir

Kashmir juga termasuk salah satu lagu dari Led Zeppelin yang tak kalah menarik untuk kalian dengarkan. Hal ini karena lagu Kashmir jadi salah satu pencapaian terbaik band rock Led Zeppelin.

Pencapaian tersebut juga diakui oleh para kritikus rock. Berkat Kashmir, band rock ini banjir pujian dan bahkan mampu menduduki posisi # 1 Physical Graffiti. Posisi tersebut berkaitan dengan pujian soal album hitsnya.

Sang vokalis mengaku bahwa inspirasi untuk menulis lirik lagu Kashmir datang setelah melakukan perjalanan ke wilayah Maroko selatan. Karena hal tersebut, lagu ini memperdengarkan tuning gitar dari gitaris yang menampilkan kesan Timur.

8. D'yer Mak'er

Lagu ini bisa kalian temukan di album kelima LED Zeppelin berjudul Houses of the Holy. Saat mendengar lagu berjudul D'yer Mak'er ini, kalian bisa mengetahui adanya aliran musik Jamaika dan reggae.

Meski begitu, lagu terbaik ini tidak menghilangkan ciri khas dan karakter dari band rock Led Zeppelin. Sang vokalis menampilkan vokal khasnya saat membuka tiap lirik lagu ini.

Perihal tempo di sepanjang lagu ini, kalian tak akan menemukan tempo naik. Karena hal tersebut, lagu dari Led Zeppelin ini sangat cocok apabila kalian dengarkan sembari rileks.

Alunan musiknya yang santai membuat lagu ini mudah disukai oleh banyak kalangan. Bahkan kalangan remaja juga tak sedikit yang menggemari dan mendengarkan lagu D'yer Mak'er.

9. Rock and Roll

Penting untuk kalian ketahui bahwa lagu terbaik berjudul Rock and Roll ini kerap Led Zeppelin bawakan sebagai pembuka saat mengadakan konser. Menariknya lagi, 4 anggota yang menggawangi Led Zeppelin terdaftar sebagai penulis lagu Rock and Roll ini.

Dari nama lagunya saja sudah diketahui bahwa struktur paling populer di musik rock and roll yakni 12 bar blues progression. Hal inilah yang membuat setiap pembuka konser Led Zeppelin selalu mengundang decak kagum penonton.

Dari review di atas, kalian bisa tahu apa saja lagu Led Zeppelin terbaik. Tak bisa kita pungkiri bahwa tiap lagu yang merupakan karya dari band rock Led Zeppelin mampu membuai para penikmat musik dunia.

Posting Komentar untuk "9 Lagu Led Zeppelin Terbaik, Salah Satu Band Rock Legendaris di Dunia"