Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

11 Lagu Metallica Terbaik & Terpopuler Sepanjang Masa

11 Lagu Metallica Terbaik & Terpopuler Sepanjang Masa.jpg

Penyuka musik heavy metal tentu tidak asing lagi dengan grup band Metallica. Diantara 10 album yang telah dirilis, sebagian besar lagunya berhasil sukses di pasaran. Mau tau apa saja lagu metallica terbaik yang enak didengar? Berikut daftarnya.

Daftar Lagu Metallica Terbaik yang Enak Didengar

Pada tahun 1981, terbentuklah sebuah grup musik heavy metal Metallica di Amerika Serikat, tepatnya di Los Angeles. Grup band ini didirikan oleh James Hetfield dan Lars Ulrich dengan susunan personil yang terdiri dari:
James Hetfield = vokalis/gitaris
Lars Ulrich= drummer
Kirk Hammet = gitaris
Robert Trujillo = Bassist

Sejak awal kemunculan grup band ini, mereka tetap konsisten memainkan musik garang yang temponya agresif. Berkat konsistensinya tersebut, sejak tahun 1989 hingga 2015 mereka telah 19 kali masuk nominasi Grammy Award.

Tidak hanya itu, mereka juga berhasil meraih 9 penghargaan Grammy Award. Tidak heran jika banyak metalhead, sebutan bagi para penikmat musik Metallica yang mengunduh lagu-lagu terbaik dari grup band ini, antara lain:

1. Nothing Else Matters

Sebagai pecinta lagu Metallica, kalian pasti sering mendengar salah satu lagu metallica terbaik yang berjudul Nothing Else Matters.

Lagu ini berhasil berada di tangga lagu Billboard Mainstream Rock Tracks dan menduduki urutan 11 serta urutan ke-6 pada UK Singles Chart.

Aransemen lagu Nothing Else Matters begitu luar biasa. Sebagai pembuka lagu, kalian akan mendengar petikan gitar yang soulful. Walaupun terdengar mellow, namun grup band ini sukses memadukannya dengan unsur distorsi.

Lagu yang ditulis pada tahun 1990 oleh James Hetfield ini hanya untuk dinikmatinya bersama dengan kekasihnya. Lagu tersebut sebagai ungkapan rasa cintanya ketika harus melakukan roadshow bersama band Metallica.

Namun akhirnya masuk ke album kelima mereka dengan judul Metallica, The Black Album pada tahun 1991 setelah Lars Ulrich mendengar lagu tersebut.

2. Enter Sandman

Lagu metallica terbaik yang wajib kalian dengar adalah Enter Sandman yang dirilis pada tahun 1991. Lagu yang diciptakan oleh James Hetfield, Kirk Hammett, dan Lars Ulrich menjadi track pembuka pada album kelima yaitu Metallica, The Black Album.

Enter Sandman sukses menempati posisi wahid dan kian mempopulerkan grup band Metallica di seantero dunia sehingga ditetapkan sebagai rajanya heavy metal pada dekade 90-an.

Sebagai salah satu pencipta lagu ini, Hetfield menyatakan bahwa lirik lagu Enter Sandman terinspirasi dari mimpi buruk yang dialami oleh anak kecil. Di Amerika Serikat sendiri lagu ini berhasil terjual sebanyak 1 juta copy.

Selain itu, banyak pujian positif yang ditujukan di single ini dari para kritikus musik dan sejumlah fans, diantaranya:
~ Tercatat sebagai lagu ke-40 pada Majalah Rolling Stone dalam daftar 500 Greatest Songs of All Time.
~ Ditempatkan pada urutan ke-22 pada chart 40 Greatest Metal Songs of All Time.
~ Masuk 100 Greatest Songs of the '90s dan berhasil berada di posisi ke-18.

3. Master of Puppets

Ciri khas pada lagu yang satu ini adalah durasinya yang cukup lama yaitu delapan setengah menit. Menurut Lars Ulrich, lagu ini bercerita tentang seseorang yang dikendalikan oleh kekuatan tak dikenal.

Lagu berjudul Master of Puppets ini layak diklaim sebagai lagu terbaik dari Metallica karena berhasil menduduki peringkat ketiga pada VH1 dalam daftar lagu heavy metal terbaik sepanjang masa.

4. Seek and Destroy

Salah satu lagu metallica terbaik yang menjadi "lagu kebangsaan” atau “anthem " bagi para metalhead di seluruh penjuru dunia.

Ini terbukti dari keberhasilan lagu Seek and Destroy menempati peringkat ke-4 pada 10 lagu Metallica yang terbaik versi AOL Radio. Tak heran jika lagu ini kerap menjadi track yang dibawakan saat mereka mengadakan konser.

5. One

Pada album ...And Justice For All yang rilis pada tahun 1988, lagu yang berjudul One berhasil masuk sebagai lagu terbaik karena sifatnya membangun.

Lagu ini menggambarkan prajurit pada Perang Dunia I yang terluka parah sehingga panca inderanya lumpuh total. Hal tersebut membuatnya memohon kepada Tuhan agar segera mengambil hidupnya.

6. For Whom the Bell Tolls

Dilihat dari judulnya terlihat bahwa salah satu lagu metallica terbaik ini terinspirasi dari novel dari penulis Ernest Hemingway.

Pada buku yang terbit tahun 1940 ini berkisah tentang proses kematian yang terjadi dalam Perang Saudara Spanyol dan perang modern yang berdarah.

Pada lirik dalam lagu ini secara khusus menceritakan perihal 5 tentara yang tewas akibat terkena serangan udara ketika bertahan di atas bukit. Lagu For Whom the Bell Tolls ini masuk dalam album kedua Metallica yang berjudul Ride the Lightning.

Pada tahun 1085, pihak Elektra Record merilis lagi ini sebagai single promosi. Artinya, lagu tersebut tidak pernah sukses di tanggal lagu.

Walaupun demikian, lagu ini dianggap sebagai lagu single terpopuler dari Metallica. Buktinya, For Whom the Bell Tolls selalu disertakan dalam setiap album video dan album live yang mereka buat.

7. The Four Horsemen

Lagu metallica terbaik berikutnya berasal dari album Kill `Em All yang rilis pada tahun 1983, yaitu lagu yang berjudul The Four Horsemen. Lagu ini terinspirasi dari teks yang terdapat pada Alkitab mengenai 4 penunggang kuda yang akan datang di akhir dunia.

8. Fade to Black

Lagu dari Metallica yang berjudul Fade to Black ini memang mengusung power ballad pada aransemen musiknya dengan lirik lagu yang membahas tentang perasaan bunuh diri.

Namun, citarasa dari Metallica masih tetap terasa pada lagu ada pada album Ride the Lightning dengan durasi 6 menit.

Berdasarkan hasil wawancara pada acara MTV yang digelar pada tahun 2003 lalu, Lars Ulrich menyatakan bahwa dia dan James Hetfield saat menulis lagu yang akhirnya menjadi salah satu lagu metallica terbaik ini sedang “terobsesi dengan kematian”.

9. Fuel

Salah satu lagu yang ada pada Album Reload yang rilis tahun 1997 juga menjadi lagu terbaik dari Metallica. Hal ini terlihat dari keganasan intro yang diucapkan oleh James Hetfield yang tidak pernah berhenti hingga di 4 setengah menit pertama.

10. Jump In the Fire

Merupakan salah satu lagu metallica terbaik yang ada pada album Kill ‘Em All. Lirik lagu Jump In the Fire untuk versi aslinya ditulis oleh Dave Mustaine ketika ia pertama kali bergabung di band Metallica.

Setelah Mustaine memutuskan untuk hengkang dari Metallica, lirik lagu tersebut kemudian ditulis oleh James Hetfield. Lirik terbaru ini menceritakan tentang orang-orang yang dikutuk di neraka.

11. Battery

Satu lagi lagu terbaik dari Metallica yang patut masuk dalam daftar putar MP3 kalian yaitu Battery. Lagu ini berada di album Master of Puppets yang rilis tahun 1986. Ini termasuk salah satu single yang kerap dimainkan oleh Metallica ketika konser.

Dengan durasi 5 menit, Battery mengisahkan tentang kemarahan yang akhirnya mampu untuk mengendalikan perilaku seseorang.

Terlepas dari berbagai judul lagu beraliran heavy metal tersebut, lagu terbaik adalah tentang selera secara personal. Jadi, diantara kesebelas lagu metallica terbaik yang telah diulas, manakah yang paling terbaik menurut versi kalian?

Keywords: video lagu metallica nothing else matters, video lagu metallica, terbaru, kumpulan lagu metallica, terpopuler, album, lagu rock metallica terbaik, lagu slow metallica terbaik, mp3, download, 10 lagu metallica terbaik sepanjang masa, daftar lagu metallica terbaik

Posting Komentar untuk "11 Lagu Metallica Terbaik & Terpopuler Sepanjang Masa"

close