Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

8 Macam Unsur-unsur dalam Seni Rupa

8 Macam Unsur-unsur dalam Seni Rupa.jpg

Kesenian merupakan bagian penting dalam kehidupan terutama hiburan untuk manusia. Ada banyak sekali jenis kesenian, seperti seni tari, seni musik, teater, seni rupa dan lain sebagainya. Dalam seni rupa sendiri memiliki berbagai unsur yang sangat penting untuk membuat suatu karya seni yang indah.

Jika kalian sedang belajar seni rupa, maka tidak ada salahnya untuk menyimak penjelasan saya kali ini. Untuk menciptakan suatu karya seni tentu kalian harus belajar lebih dahulu tentang kesenian tersebut. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan unsur-unsur seni rupa yang bisa kalian pelajari nantinya.

Sebutkan dan Jelaskan Unsur-unsur Seni Rupa

Pendidikan seni rupa bisa kita dapatkan di sekolah dan atau dimana saja. Dan jika saat ini kalian sedang mencari jawaban untuk tugas dari guru kalian seperti, sebutkan dan jelaskan unsur-unsur seni rupa. Maka kalian wajib menyimak penjelasan ini hingga akhir. Dalam seni rupa ada beberapa macam unsur, berikut ini adalah penjelasan dari unsur-unsur tersebut.

1. Titik

Unsur pertama dalam seni rupa adalah titik. Titik merupakan wujud paling dasar dan sederhana dalam seni rupa. Selain itu dari sebuah titik kalian dapat membuat garis dan berbagai bentuk lainnya. Dapat dikatakan bahwa titik merupakan awal mula dari semua unsur lainnya.

2. Garis

Garis merupakan suatu kumpulan titik yang ditarik sehingga menghasilkan goresan panjang. Atau bisa juga garis merupakan hasil tarikan dari titik satu ke titik lainnya. Beberapa garis dapat digunakan untuk membuat suatu bentuk atau bidang.

Selain itu ada teknik yang menggunakan garis, yaitu sketsa. Garis juga dapat digunakan sebagai arsiran untuk menentukan sisi gelap terang suatu gambar.

3. Bidang

Bidang merupakan unsur yang terbentuk dari kumpulan garis. Bidang adalah bentuk dua dimensi, selain itu bidang memiliki panjang dan juga lebar. Contoh bidang adalah lingkaran, segitiga, persegi, dan lain sebagainya.

4. Bentuk

Bentuk merupakan sebuah unsur yang memiliki 3 demensi yaitu panjang, lebar, dan tinggi yang di gabung sehingga menciptakan volume atau isi. Bentuk dapat berupa bangun (shape) atau bentuk plastis (form).

Shape merupakan sifat dari sebuah bentuk, contohnya kotak, bundar, atau tak beraturan. Sedangkan form bisa di rasakan, misalnya seperti almari, meja, kursi, dan lain sebagainya.

5. Ruang

Ruang dapat berupa dimensi karena ruang merupakan unsur yang memberikan kesan kedalaman dalam suatu karya. Contohnya 2 dimensi dan 3 dimensi.

6. Warna

Warna membuat suatu karya seni menjadi lebih ekspresif. Secara garis besar, warna sendiri dibedakan menjadi 3 yaitu warna primer, warna sekunder dan warna tersier.

Warna primer merupakan warna utama, terdiri dari merah, kuning, dan biru. Warna sekunder merupakan campuran dari warna primer. Sedangkan warna tersier adalah campuran dari beberapa warna sekunder.

7. Tekstur

Tekstur merupakan unsur yang dapat dirasakan dengan indra penglihatan atau indra peraba. Tekstur sendiri terbagi menjadi dua macam yaitu tekstur semu yang hanya dapat dilihat dan tekstur nyata yang dapat diraba. Contoh tekstur kasar, halus, licin, dan lainnya.

8. Gelap terang

Gelap terang merupakan unsur yang memberikan volume atau isi berupa bayangan dalam sebuah karya seni agar terlihat lebih nyata. Gelap terang menjadi pembeda bagian yang mendapat intensitas cahaya rendah dan tinggi.

Demikian pembahasan mengenai unsur-unsur dalam seni rupa. Mempelajari lebih dalam mengenai unsur-unsur ini akan membantu kalian dalam menciptakan karya seni yang indah.

Keywords: unsur seni rupa 2 dimensi, unsur seni rupa yang dihasilkan dari pertemuan beberapa garis disebut, unsur seni rupa yang paling dasar adalah, unsur seni rupa yang dimanfaatkan dalam teknik linear adalah, unsur seni rupa yang paling sederhana adalah

Posting Komentar untuk "8 Macam Unsur-unsur dalam Seni Rupa"

close