Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Materi MTK Kelas 5 Semester 2

Materi MTK Kelas 5 Semester 2.jpg

Pada kelas 5 semester 2 di sekolah dasar, kalian akan banyak mempelajari tentang operasi bilangan pecahan, luas bangun datar, segi banyak beraturan dan lingkaran, bangun ruang, serta perbandingan rasio dan diagram. Di dalam artikel ini, kalian akan diberikan beberapa rangkuman garis besar materi MTK kelas 5 semester 2.

Bangun Datar

Bangun datar dapat didefinisikan sebagai bangun dua dimensi yang dibatasi oleh beberapa garis lurus ataupun garis lengkung. Bangun datar yang akan dipelajari pada semester ini adalah jajargenjang, segitiga, trapesium dan belah ketupat. Untuk menyelesaikan soal terkait bangun datar, kalian perlu mengingat rumus luas masing-masing bangun datar antara lain:

Menghitung luas jajargenjang = alas x tinggi
Menghitung luas segi tiga = (alas x tinggi) / 2
Menghitung luas trapesium = ½ (sisi bawah + sisi atas) x tinggi
Menghitung luas belah ketupat = ½ (diagonal x diagonal)

Segi Banyak Beraturan dan Lingkaran

Segi banyak beraturan adalah bagian dari bangun datar yang semua panjang sisinya sama panjang dan semua sudutnya sama besar. Contoh dari segi banyak beraturan antara lain segitiga sama sisi, persegi, pentagon dan heksagon. Sedangkan lingkaran adalah bangun datar yang sisinya dibentuk dari garis lengkung dimana jarak semua titik pada garis lengkung tersebut adalah sama terhadap titik pusat.

Segi banyak beraturan dan lingkaran perlu kalian pahami sebelum mempelajari materi MTK kelas 5 semester 2 mengenai bangun ruang tabung dan prisma. Karena tabung dan prisma terbentuk dari segi banyak beraturan dan lingkaran yang menjadi sisi alas bawah dan atas bagi bangun ruang tersebut.

Bangun Ruang

Bangun ruang dapat didefiniskan sebagai bangun tiga dimensi yang dibatasi oleh beberapa sisi yang membentuk volume atau isi. Jika kita berbicara mengenai bangun ruang, maka kita akan membahas volume atau isi dari bangun ruang dan jaring-jaring atau luas permukaan dari bangun ruang tersebut. Bangun ruang bisa berbentuk tabung atau prisma. Jika kedua sisi alas bangun ruang tersebut berbentuk lingkaran maka bangun ruang disebut tabung. Namun jika kedua sisi alas bangun ruang tersebut berbentuk segitiga, segiempat, atau segibanyak maka bangun ruang tersebut adalah prisma.

Mencari Volume Bangun Ruang

Untuk mencari volume atau isi dari bangun ruang yang berbentuk tabung atau prisma, kita harus mencari tahu terlebih dahulu luas dari sisi alasnya kemudian dikalikan dengan tinggi bangun tersebut. Oleh karena itu kita harus terlebih dahulu belajar tentang mencari luas bangun datar sebelumnya di materi MTK kelas 5 semester 2.

Mencari Luas Permukaan (Jaring-Jaring) Bangun Ruang

Untuk mencari luas permukaan (jaring-jaring) pada bangun ruang, kalian harus membayangkan membuka bangun ruang tersebut dan memisahkannya menjadi 3 bagian yaitu sisi alas bawah, sisi alas atas dan sisi selimut/selubung bangun ruang. Contohnya pada bangun ruang tabung dan prisma, selimut/selubung bangun adalah persegi panjang. Sehingga untuk mencari luas jaring kalian harus mengingat rumus mencari luas pada bangun datar. Untuk luas permukaan tabung, kalian harus mengingat rumus luas lingkaran dan luas persegi panjang. Sedangkan untuk luas permukaan prisma, kalian harus mengingat materi MTK kelas 5 semester 2 mengenai rumus luas segitiga, segiempat, jajargenjang, belah ketupat yang merupakan alas prisma dan harus mengingat rumus luas persegi panjang sebagai selimut prisma.

Link download Buku Matematika Kelas 5 Semester 2:
https://static.buku.kemdikbud.go.id/content/pdf/bukuteks/kurikulum21/Matematika-Vol-2-BS-KLS-V.pdf

Keywords: volume bangun ruang, materi mtk kelas 5 semester 1 dan 2, kurikulum merdeka, rangkuman, kurikulum 2013, materi mtk kelas 5 semester 2

Posting Komentar untuk "Materi MTK Kelas 5 Semester 2"

close