Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Daftar Nominasi Asian Film Awards 2023, Autobiography dan Nana Juga Masuk Lho!

Daftar Nominasi Asian Film Awards 2023, Autobiography dan Nana Juga Masuk Lho!.jpg

Ajang pernghargaan yaitu Nominasi Asian Film Awards 2023 akan segera tiba. Pihak penyelenggara juga sudah mengumumkan daftar nomasi terbaiknya untuk berbagai genre film di kawasan Asia.

Acara yang diselenggarakan oleh Persatuan Film Internasional Hong Kong ini sudah memberikan kabar ataupun informasi resminya melalui Twitter. Untuk penjelasan lebih detailnya, yuk simak pembahasannya di artikel berikut ini.

Daftar Nominasi Asian Film Awards 2023

Nantinya akan ada 30 film dari 22 wilayah dan negara yang telah terpilih untuk Nominasi Asian Film Awards 2023. Ada seiktar 81 nominasiu80 dalam memperebutkan 16 penghargaan di ajang bergengsi tersebut.

Adapun ketua juri dari ajang Asian Film Awards 2023 berasal dari China yaitu Zhang Yimou. Kebetulan Zhang Yimou ini adalah sutradara yang sangat terkenal di negara asalnya, jadi sudah sepantasnya dia ditunjuk menjadi juri.

Kategori Sutradara Terbaik

Film asal Korea Selatan yang berjudul Decision to Leave (2022) karya sutradara Park Chan-wook berhasil mengumpulkan nominasi terbanyak dalam ajang Asian Film Awards yang akan digelar Maret mendatang.

Film berdurasi 2 jam 18 menit itu mendapat total 10 nominasi, dua di antaranya termasuk kategori film terbaik dan sutradara terbaik. Namun, masih ada banyak sekali nominasi yang tentunya menghadirkan berbagai film dari genre berbeda.

Kategori Film Terbaik

Untuk kategori film terbaik ada Decision to Leave akan bersaing dengan empat film lainnya yaitu Drive My Car (2021) karya sutradara asal Jepang Ryusuke Hamaguchi.

Kemudian Poet (2021) dari Kazakhstan, Ponniyin Selvan: Part I (2022) karya sineas India, dan When the Waves Are Gone (2022) dari Filipina.

Sementara itu, film Drive My Car karya sutradara Ryusuke Hamaguchi juga menempati urutan kedua dengan menerima total sebanyak delapan nominasi, termasuk kategori film terbaik, sutradara terbaik, dan aktor terbaik.

Autobiography dan Nana Masuk Nominasi Asian Film Awards

Tentunya masyarakat Indonesia perlu berbangga hati, sebab film karya Makbul Mubarak yang berjudul Autobiography (2022) juga meraih nominasi sutradara baru terbaik dan screenplay terbaik.

Sebelumnya film itu pun berhasil memboyong penghargaan FIPRESCI Prize di ajang Venice Film Festival 2022. Tidak hanya itu saja, film Before, Now & Then (Nana) dari Kamila Andini pun turut meraih nominasi di Asian Film Awards dengan total lima nominasi.

Meliputi sinematografi terbaik, desain produksi terbaik, dan desain kostum terbaik. Adapun dua lainnya adalah untuk kategori aktris terbaik untuk aktris Happy Salma, dan aktris pendukung terbaik untuk Laura Basuki.

Ajang Bergengsi Akan Berlangsung Pada Tanggal 12 Maret 2023

Sebelumnya acara bergengsi ini digelar di Busan, Korea Selatan. Namun untuk Asian Film Awards pada 2023 kali ini akan kembali diselenggarakan di Hong Kong. Banyak yang sudah tidak sabar menunggu ajang bergengsi ini.

Untuk malam penghargaan dan acara utama bergengsi ini akan berlangsung pada tanggal 12 Maret 2023. Tempanya berada di Auditorium Klub Joki Hong Kong di Museum Istana Hong Kong.

Kita sebagai warga Indonesia tentunya sangat bangga karena ada film Autobiography dan Before, Now & Then (Nana) yang masuk Nominasi Asian Film Awards 2023. Kita tunggu saja, apakah film dari Indonesia tersebut menang.

Pastinya kita selalu mendoakan yang terbaik agar perfilman di Indonesia semakin maju. Karena yang kita tahu untuk saat ini industri film di Indonesia sudah semakin membaik dari waktu kewaktu.

Apalagi film Indonesia sudah menghadirkan berbagai genre yang berbeda, tidak hanya melulu soal genre horror saja. Mudah-mudahan dengan adanya ajang bergengsi tersebut akan membuat kreativitas film Indonesia semakin luas.

Keywords: asian movie academy award, asianwiki, film asia, eisa award, festival, asian film awards 2023

Posting Komentar untuk "Daftar Nominasi Asian Film Awards 2023, Autobiography dan Nana Juga Masuk Lho!"

close