Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Penjelasan Lengkap NIPT Test dan Manfaatnya Bagi Kehamilan, Pahami Sekarang Juga!

Penjelasan Lengkap NIPT Test dan Manfaatnya Bagi Kehamilan, Pahami Sekarang Juga!.jpg

Non Invasive Prenatal Test atau yang sering disebut dengan NIPT Test adalah pemeriksaan awal pada masa kehamilan. Pemeriksaan ini dilakukan dengan cara non invasif untuk mendeteksi segala kemungkinan.

Kemungkinan yang dimaksudkan dalam test tersebut adalah mendeteksi kelainan genetik pada janin. Jadi sebisa mungkin, para ibu hamil harus melakukan Non Invasive Prenatal Test pada awal kehamilannya.

Apa Itu NIPT Test?

Di Indonesia sendiri NIPT Test pada awal kehamilan sudah menjadi program unggulan dan harus dilakukan. Hal tersebut untuk mengantisipasi sedari awal, agar bisa mendeteksi kemungkinan terjadinya kelainan genetik pada calon bayi.

Pemeriksaan Non Invasive Prenatal Test ini dilakukan dengan cara mengambil darah dari vena ibu lalu memeriksa materi genetik pada janin dari plasenta yang yang juga bercampur dari darah si ibu.

karena pemeriksaanya dilakukan secara Non Invasive, maka bisa dikatakan kalau pemeriksaan ini relatif lebih aman untuk ibu dan juga janin. Bahkan penelitian juga mengatakan akurasinya lebih aman sampai 99%.

Untuk proses pemeriksaanya sendiri, Non Invasive Prenatal Test atau yang sering disebut dengan NIPT Test ini dapat dilakukan pada saat atau semenjak usia kehamilan 10 minggu, hingga akhir kehamilan.

Kelainan Genetik yang Bisa Dideteksi dari Non Invasive Prenatal Test

Pada saat melakukan pemeriksaan NIPT Test nantinya dapat mengetahui kelainan genetik seperti:
- Trisomi Aneuploidi
- Sex Kromosom Aneuploidi
- Microdeletion Syndrome

Kelainan pada kromosom ini dapat mengganggu ataupun menghambat tumbuh kembang dari janin dan bahkan anak. Bisa jadi anak tersebut akan mengalami kecatatan mental, keterbelakangan mental, dan ganguan fungsi organ.

Akan tetapi yang lebih parahnya lagi, kelainan pada kromosom juga bisa menyebabkan keguguran pada ibu hamil hingga kematian dari calon bayi.

Maka dari itulah, Non Invasive Prenatal Test sangat dianjurkan untuk awal kehamilan, agar bisa mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Selain itu, Non Invasive Prenatal Test ini juga bisa mendeteksi calon kelamin, hingga golongan darah rhesus dari janin tersebut. Sebaiknya Non Invasive Prenatal Test ini direkomendasikan pada wanita yang;
- Wanita yang punya anak dengan kromosom bawaan (kelainan)
- Mempunyai keluarga dengan kelainan genetik tertentu
- Hampir berusia 35 tahun lebih ketika melahirkan nanti
- Pada hasil pemeriksaan terjadi sesuatu, maka wajib melakukan test ini

Keuntungan Non Invasive Prenatal Test

Jika berbicara soal keuntungan dari NIPT Test ada banyak dan juga beragam, diantaranya yaitu: sangat aman untuk ibu dan juga janin. Karena tingkat akurasinya mencapai 99% untuk pemeriksaan secara menyeluruh 23 pasang kromosom Non Invasif.

Akan tetapi yang perlu diingat disini adalah pemeriksaan ini hanya memiliki tujuan untuk mendeteksi secara dini (screening) pada kehamilan. Jadi bukan untuk pemeriksaan diagnostik kelainan tertentu.

Hasil dari Pemeriksaan

Pemeriksaan ini mendapatkan hasil berupa interpretasi risiko rendah atau risiko tinggi terhadap (kemungkinan) kelainan bawaan. Kalau hasilnya tinggi maka perlu dilakukan pemeriksaan diagnostik lanjutan.

Contohnya saja pemeriksaan genetik dari cairan ketuban ataupun chorinic villus sampling. Adapun beberapa kondisi yang dapat mempengaruhi tingkat akurat dari pemeriksaan NIPT ini adalah usia kehamilan kurang dari 10 minggu.

Selain itu yang dapat mempengaruhinya lagi adalah sang ibu hamil anak kembar, obesitas, mengidap kanker, dan pernah menerima donor sumsum tulang belakang.

Melakukan Pemeriksaan di Tempat yang Tepat

Apabila para ibu hamil kesulitan ataupun kebingungan mau memeriksa Non Invasive Prenatal Test ini dimana? Alangkah baiknya untuk memeriksakannya atau coba dulu menghubungi TANYADNA.ID.

TANYADNA.ID akan memberikan solusi dan pengarahan yang tepat untuk memeriksa Non Invasive Prenatal Test pada kehamilan sang ibu. Jadi tidak usah ragu-ragu, silahkan kontak ataupun hubungi media sosialnya di @tanyadna.id sekarang juga.

Posting Komentar untuk "Penjelasan Lengkap NIPT Test dan Manfaatnya Bagi Kehamilan, Pahami Sekarang Juga!"