Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5 Tips Mendaki Gunung untuk Pertama Kalinya, Pemula Wajib Menyiapkan Mental dan Fisik Juga!

5 Tips Mendaki Gunung untuk Pertama Kalinya, Pemula Wajib Menyiapkan Mental dan Fisik Juga!.jpg

Banyak yang bilang kalau healing yang paling murah adalah naik gunung, yap itu benar sekali, karena perjalannnya tidak membutuhkan transportasi berbahan bakar. Akan tetapi, tips mendaki gunung bagi pemula itu apa saja yang harus dipersiapkan.

Terkadang karena keinginan yang menggebu-nggebu, seseorang biasanya melupakan hal-hal yang mendasar, salah satunya yaitu mendaki gunung bagi pemula. Simak beberapa tips mendaki gunung yang aman, baik untuk pemula ataupun pertama kalinya.

Apa Tips Mendaki Gunung Bagi Pemula?

Saat melakukan pendakian gunung, apalagi untuk pemula, maka harus menyiapkan terlebih dahulu mental dan keselamatan, agar pada saat naik gunung tidak mengalami cidera yang parah, ataupun bahkan sakit.

1. Membulatkan Tekat

Tips mendaki gunung yang pertama adalah membulatkan tekat terlebih dahulu, tanyakan kepada diri kalian apakah layak ataupun enggak. Jika sudah membulatkan tekat, maka rintangan apapun bisa dilalui.

Berbeda halnya dengan mendaki gunung dengan hati yang setengah-setengah, hal itu malah menjadi beban bagi rekan tim yang saat itu juga mendaki gunung dengan kalian. Oleh karena itu, tips ini sangat penting bagi kalian yang pertama kali mendaki gunung.

2. Menentukan Tujuan

Sebenarnya menentukan tujuan ini harus dilakukan di jauh-jauh hari, agar pada saat pendakian juga semakin enak. Maksudnya adalah, gunung mana yang akan didaki, dan perjalanan sejauh apa yang akan ditempuh.

Kalau masih belajar dan pemula pada saat melakukan pendakian, alangkah baiknya tentukan gunung yang tidak terlalu tinggi, sembari belajar dan memperbaiki kesalahan, setelah itu bisa lanjut lagi next timenya naik gunung yang lebih tinggi.

3. Menyiapkan Mental dan Fisik

Segala kemungkinan bisa terjadi di alam liar, oleh karena itulah menyiapkan mental juga merupakan tips mendaki gunung bagi pemula. Jangan mudah panik ketika mengalami kendala yang berarti di alam liar.

Selain itu, siapkan fisik yang kuat, minimal selama seminggu sebelum pendakian, cobalah untuk olahraga ringan, seperti halnya lari, ataupun olahraga yang lainnya. Dengan kondisi badan yang fit, maka pendakian akan terasa sangat menyenangkan.

4. Mengajak Teman itu Wajib Bagi Pemula

Kalau kalian baru pertama kali mendaki gunung, alangkah baiknya dan wajib membawa pemandu ataupun mengajak teman yang sudah sering mendaki gunung, karena kalian juga bisa mempelajari apa saja yang ada di gunung tersebut.

Misalnya saja, kalian bisa mempelajari jalan dan bisa meminimalisar terjadinya kehilangan arah atau yang biasa kita sebut dengan tersesat. Pastikan perjalanan kalian lebih aman dengan mengajak seseorang yang sudah sering naik gunung.

5. Membaca Perkiraan Cuaca

Saat ini jaman sudah semakin canggih, begitu juga didukung dengan teknologi yang sangat bagus. Maka dari itu, membaca perkiraan cuaca juga sedikit lebih mudah, tidak sama seperti pada jaman dahulu.

Karena jika kalian nekat naik dengan cuaca yang buruk pada saat itu, maka bisa jadi kalian akan tersesat dan mungkin menyebabkan risiko kehilangan nyawa. Jangan sampai hal itu terjadi, hanya dikarenakan hal-hal yang sepela.

Cobalah membaca perkiraan cuaca pada saat itu, selalu hindari mendaki gunung pada saat musim hujan, ataupun badai, mungkin saja hujan akan menyebabkan longsor di gunung yang akan kalian daki nanti.

Mendaki gunung adalah healing yang paling murah, ditambah lagi kalian bisa merasakan kesejukan di pagi hari pada saat matahari mulai terbit. Maka dari itulah, beberapa tips mendaki gunung diatas mungkin bisa jadi refrensi kalian jika masih pemula dalam mendaki.

Posting Komentar untuk "5 Tips Mendaki Gunung untuk Pertama Kalinya, Pemula Wajib Menyiapkan Mental dan Fisik Juga!"