Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

12 Hantu Indonesia Terseram yang Bikin Bulu Kudu Merinding, dari Pocong Hingga Sundel Bolong!

12 Hantu Indonesia Terseram yang Bikin Bulu Kudu Merinding, dari Pocong Hingga Sundel Bolong!.jpg

Berbagai kisah mistis selalu mengiringi cerita dari hantu Indonesia terseram. Bagaimana tidak, karena hantu-hantu yang ada di Indonesia selalu memiliki kisahnya tersendiri, bahkan juga sudah menjadi legenda yang ditakuti oleh masyarakat.

Bisa jadi hantu tersebut dianggap berbahaya oleh sebagian orang karena selalu menampakkan diri dan juga berbuat hal-hal yang diluar kewajaran. Maka tidak heran keberadaan hantu di Indonesia selalu ditakuti olah masyarakat kita sendiri.

Daftar Hantu Indonesia Terseram yang Bikin Bulu Kudu Merinding

Kira-kira apa saja hantu Indonesia terseram yang selalu bikin bulu kudu merinding? Apakah kalian penasaran dengan hantu apa saja itu? Jika iya, mari simak ulasan lengkapnya pada artikel berikut ini.

1. Leak

Berasal dari daerah Bali, Leak menjadi salah satu hantu Indonesia terseram karena keberadannya bisa menyakiti dan mengancam manusia. Karena leak berkeliaran di tanah Dewata untuk mengumpulkan organ manusia untuk dijadikan sembahan dan bahan sihir.

Menurut sejarahnya, hantu leak memiliki banyak jenis, mulai dari perubahan wujud seorang dukun, penyihir, atau manusia biasa.

Leak dapat berubah menyerupai babi, kera, atau harimau, semua wujudnya dapat dikenali karena memiliki ciri khas taring yang tajam dan mata yang menyala.

2. Kuyang

Belakangan ini, sebuah video yang beredar di salah satu media sosial viral diperbincangkan banyak orang.

Video yang memperlihatkan sekumpulan warga sedang memburu kuyang itu ramai dibagikan di mana-mana.

Kuyang adalah perubahan wujud seorang wanita yang menginginkan kehidupan abadi.

Bentuknya hanyalah kepala terbang dengan usus dan dalaman lainnya yang bergantung di bawahnya, mencari mangsa seperti bayi dalam kandungan atau yang baru lahir.

3. Pocong

Keberadaannya tidak hanya sering menggemparkan negeri kita, tetapi tetangga sebelah seperti Malaysia dan Singapura juga pernah kedatangan hantu yang satu ini.

Pocong adalah hantu hantu yang terjadi karena tali lilitan kain kafan di kepalanya tidak dibukakan ketika hendak dikubur.

Pocong berkeliaran menyinggahi rumah-rumah dan mengganggu orang-orang disekitarnya, biasanya untuk meminta orang-orang tersebut untuk membukakan talinya.

4. Kuntilanak

Salah satu hantu Indonesia terseram tidak lain dan tidak bukan adalah Kuntilanak. Di Indonesia sendiri, Kuntilanak memiliki banyak nama tergantung dari daerahnya masing-masing.

Di pulau Jawa, hantu ini memang disebut Kuntilanak, namun di bagian utara Indonesia, banyak juga yang menyebutnya sebagai Pontianak.

Menurut sejarah panjangnya, banyak yang mengatakan sosok Mbak K ini adalah hantu seorang wanita hamil yang kehilangan janinnya karena dibunuh.

Ada juga yang menceritakan bahwa hantu Kuntilanak merupakan wanita yang diperkosa dan dibunuh, lalu mayatnya dibuang, tidak dikuburkan.

5. Genderuwo

Tinggi, besar, hitam, mata, rambut kusut panjang menyala adalah ciri khas hantu Genderuwo.

Kabarnya, kehadiran hantu Genderuwo dapat dirasakan dengan hawa di sekeliling kita yang berubah dingin dan bau singkong bakar yang sudah gosong.

Genderuwo mengincar para wanita untuk dikawini, dan biasanya mulai gentayangan setelah matahari mulai terbenam.

Hantu raksasa ini dapat berubah wujud menjadi seorang pria untuk mengelabuhi para wanita.

Banyak cerita seram tentang hantu ini di tanah air, terutama pada tahun 2000-an.

Para saksi yang bermunculan bercerita tentang sosok Genderuwo yang berubah menjadi pasangan hidupnya hanya untuk merayu dan mengajak para wanita untuk dikawini.

6. Wewe Gombel

Kisah hantu Wewe Gombel sempat diangkat menjadi film pendek oleh sutradara ternama, Joko Anwar, berjudul A Mother’s Love.

Filmnya kurang lebih menceritakan hal yang sama dengan sejarah dan legenda hantu penculik anak-anak ini.

Wewe Gombel, atau Kalong Wewe, suka anak-anak yang berkeliaran saat magrib.

Ia akan menculik anak-anak tersebut dan menyusuinya sampai mereka semua hilang akal dan tidak mau pulang ke rumah.

Akan tetapi, menurut mitos Sunda, Kalong Wewe hanya bisa membawa seorang anak apabila orang tuanya sudah tidak mengiginkan si kecil itu lagi.

7. Jenglot

Walaupun bentuknya kecil, Jenglot merupakan salah satu hantu Indonesia terseram dan membahayakan yang pernah ada.

Bagaimana tidak? Jenglot membutuhkan darah manusia untuk tetap hidup. Menurut mitos yang beredar, asal muasal Jenglot berasal dari seorang pria sakti yang bertapa terlalu lama sehingga ia berubah menjadi boneka tulang kecil yang kering.

Jenglot sering sekali dijadikan peliharaan banyak orang sakti demi mendapatkan umur yang panjang.

8. Jerangkong

Bukan, ini bukan jelangkung, Jika jelangkung adalah permainan mistis untuk memanggil dan berkomunikasi dengan hantu, beda halnya dengan jerangkong.

Jerangkong ini adalah hantu yang memiliki wujud seperti tengkorak berjalan. Katanya, hantu yang memiliki arti tulang manusia ini berasal dari Jawa.

Katanya, jerangkong sangat suka dengan telur ayam. Makanya, makhluk menyeramkan ini sering menampakkan diri di lingkungan yang sepi sekitar kandang ayam.

Kehadiran jerangkong ditandai dengan suara gemeletuk tulang. Ketika jerangkong keluar, akan muncul asap dari dalam kuburan.

9. Suanggi

Suanggi adalah hantu yang terkenal di Papua dan Maluku. Berdasarkan cerita sekitar, suanggi merupakan jelmaan penyihir atau dukun yang memiliki ilmu hitam tinggi.

Hantu Suanggi disebut bisa berubah menjadi sosok wanita cantik yang suka mengincar pria hidup belang. Ia nantinya akan menyerang dan memakan alat vital si pria.

Suanggi biasanya akan menampakkan diri pada malam hari. Ketika suanggi datang, ia akan muncul seperti bola api yang terbang di atas rumah korbannya.

10. Begu Ganjang

Di wilayah Sumatera Utara ada sosok hantu yang tak kalah menakutkan, yakni begu ganjang. Orang dari Tapanuli biasanya tahu mengenai hantu yang satu ini.

Jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia, nama begu ganjang akan menjadi hantu panjang. Bahkan katanya, makhluk ini punya tubuh yang tinggi seperti slenderman.

Karena kepercayaan orang Tapanuli akan makhluk gaib masih sangat kental, jika ada warganya yang meninggal misterius, maka yang biasanya disalahkan adalah hantu ini.

11. Banaspati

Nama banaspasti mulai sering terdengar di telinga orang Indonesia. Alasan hantu ini tidak begitu terkenal adalah karena hantu ini hanya ada di daerah tertentu saja.

Tapi warga Jawa Tengah biasanya tahu apa itu banaspati. Banaspasti berbentuk bola dengan api menyala yang bisa membakar dan menghisap darah manusia.

Menurut cerita, banaspati adalah perwujudan manusia yang mempelajari ilmu hitam tingkat tinggi. Ketika meninggal, orang ini akan berubah menjadi banaspasti.

Banaspati memiliki sifat negatif sehingga harus dihindari. Untuk bisa selamat dari serangannya, orang harus lari secepat mungkin dan menceburkan diri ke sungai.

12. Antu Banyu

Orang-orang Sumatera Selatan mengenal antu banyu sebagai hantu yang mendiami Sungai Musi dan Muara Dua.

Tak ada yang tahu seperti apa sosok hantu ini sebenarnya. Konon, hantu ini berwujud seperti wanita berambut panjang dan memiliki tubuh yang sangat berat. Maka dari itu kenapa setiap kapal yang dinaiki oleh Untu Banyu selalu tenggelam.

Orang yang menaiki kapal tersebut akan dibunuh dan dimakan oleh antu banyu. Jika mayatnya ditemukan, akan terlihat lubang di bagian ubun-ubun dan punggungnya.

Itulah 12 hantu Indonesia terseram yang selalu bikin bulu kudu merinding. Bagaimana, apakah ada salah satu hantu yang kalian takuti?

Posting Komentar untuk "12 Hantu Indonesia Terseram yang Bikin Bulu Kudu Merinding, dari Pocong Hingga Sundel Bolong!"