Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Beta dan Beta Tester? Inilah Kelebihan dan Kekurangan Menjadi Beta Tester

Apa Itu Beta dan Beta Tester.jpg

Apa kalian pernah mendengar istilah beta? Beta disini bukan beta Bahasa Ambon yang artinya aku, melainkan sebuah istilah yang biasa ada di dunia game atau software.

Apa Itu Beta dan Beta Tester?


Beta pengertian umumnya adalah versi yang belum sempurna dari sebuah produk game, aplikasi atau yang lainnya. Jadi, dalam versi beta sebuah produk biasanya akan banyak ditemui bug atau kekurangannya karena seperti yang saya bilang di atas kalau versi beta belum sempurna dan pada dasarnya belum layak pakai. Sementara beta tester adalah sebutan untuk orang-orang yang menguji versi beta dari sebuah produk.

Saya kepikiran untuk membuat postingan ini setelah saya secara tidak sengaja menjadi beta tester sebuah game android di Google Play. Game tersebut adalah game Pro Evolution Soccer.

Game dan aplikasi android sekarang ini berkembang sangat pesat. Selain dari developer ternama ada juga para pengembang baru yang coba merangsek ke platform android, itulah yang membuat game dan aplikasi android semakin berkembang. Semua orang bisa menyumbangkan aplikasinya di Google Play bahkan kalau kita bisa membuat aplikasi android kita juga bisa memasukkannya ke Google Play. Para developer aplikasi ternama maupun yang baru tingkat semenjana terus bersaing menyempurnakan aplikasinya. Dengan merilis versi beta maka para developer bisa mendapatkan masukan yang lebih banyak dan kemungkinan terdeteksinya bug alias eror pada aplikasinya juga lebih besar. Itulah keuntungan merilis versi beta untuk para pembuat aplikasi lalu untuk kita apa untungnya mencoba aplikasi atau game versi beta alias menjadi seorang beta tester?

Kelebihan dan Kekurangan Menjadi Seorang Beta Tester


Dengan menjadi beta tester maka kita akan mendapatkan beberapa keuntungan namun di lain sisi ada juga kerugian yang akan kita alami.

Kita akan tahu lebih awal fitur baru sebuah aplikasi atau game android


Secara berkala setiap pengembang akan meng-upgarde aplikasi atau game keluarannya ke versi terbaru dengan fitur yang baru pula. Dengan menjadi beta tester maka kita akan mencoba versi terbaru dari sebuah aplikasi atau game yang belum dirilis secara resmi. Kita akan selangkah di depan dibanding orang lain untuk mengetahui fitur baru tersebut.

Masukan kita akan lebih ditanggapi oleh developer


Tujuan utama para developer merilis versi beta adalah selain untuk mengetahui eror yang ada di aplikasi atau game juga untuk mengetahui tanggapan orang-orang terhadap versi atau fitur terbaru di aplikasi atau game tersebut. Jika kalian tidak suka dengan fitur terbarunya kalian bisa mengirim masukan ke pihak pengembang baik itu lewat email atau tempat yang sudah disediakan. Memang di Google Play ada kolom tanggapan terhadap sebuah aplikasi atau game android dan itu bisa di akses oleh kalian yang bahkan bukan seorang beta tester tapi masukan kita di kolom tanggapan kecil kemungkinannya untuk di tanggapi atau di respons oleh pihak developer. Walaupun saya tidak bisa memastikan seratus persen tapi secara logika masukan dari beta tester memiliki persentase untuk ditanggapi lebih besar.

kekurangannya adalah kita akan rentan mengalami eror di aplikasi atau game tersebut


Meskipun itu tidak selalu tapi bersiap-siaplah jika kalian menjadi seorang beta tester dan menginstal aplikasi atau game android yang masih versi beta maka ada kemungkinan kalian akan mengalami bug alias eror. Masalah yang ditemui di versi beta biasanya hanyalah masalah kecil jarang ada masalah besar.

Baca juga: Aplikasi-Aplikasi Android yang Harus Dimiliki Para Blogger

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan menjadi seorang beta tester apakah kalian berminat untuk menjadi seorang beta tester?

Sumber gambar:
www.mobile.aivanet.com

Keywords: whatsapp beta, youtube studio, vainglory 5v5, minecraft, paytren, download, beta tester adalah, play store, sao, game, lol, minecraft pocket edition, cod mobile, aplikasi beta, server, indonesia, fungsi, android, artinya, aplikasi beta itu apa, pengertian, penjelasan

Posting Komentar untuk "Apa Itu Beta dan Beta Tester? Inilah Kelebihan dan Kekurangan Menjadi Beta Tester"