Aplikasi-Aplikasi Android yang Harus Dimiliki Para Blogger

Aplikasi-Aplikasi Android yang Harus Dimiliki Para Blogger.jpg

Menjadi seorang bloger adalah aktivitas yang menyenangkan untuk seseorang yang memiliki hobi menulis. Namun, untuk orang yang tidak menyukai hal tersebut tentu menjadi seorang bloger tidak akan cocok.

Menariknya, menjadi seorang bloger kini bukan hanya sebatas kegiatan sampingan untuk menyalurkan hobi menulis tapi kita juga bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah dari blog. Ada banyak cara menghasilkan uang dari blog, yang paling umum adalah memasang iklan dari layanan penyedia iklan seperti Google Adsense.

Menulis adalah hal utama dalam mengelola sebuah blog namun sekarang ini faktor-faktor lain seperti SEO serta tampilan blog yang rapi juga harus diperhatikan jika kita ingin dianggap sebagai bloger dengan blog yang bagus, apalagi jika kita berniat menjadikan blog kita ladang uang.

Idealnya mengelola sebuah blog itu melalui komputer atau laptop karena bisa memudahkan kita dalam banyak hal saat mengelola blog. Lalu, apakah tidak bisa dari ponsel seperti ponsel Android? Jelas bisa, namun kita harus berpikir lebih keras.

Pengalaman saya pribadi selama saya menjadi seorang bloger, saya mengelola blog hampir 95% lewat ponsel. Saya membuat blog di layanan blog builder Blogger yang ada dibawah naungan Google. Saya menggunakan ponsel karena saya memang belum punya komputer atau laptop. Mungkin hanya saat mengedit template saja saya meminjam laptop teman saya.

Selain Blogger salah satu lagi penyedia layanan blog lainnya yang bisa dibilang sama populernya dengan Blogger yakni WordPress. WordPress sendiri bukanlah blog builder sepenuhnya karena juga mendukung jenis situs web lainnya selain blog.

Sebenarnya ada beberapa blog builder yang khusus untuk ponsel namun karena kasus tutupnya MyWapBlog dulu saya jadi agak ragu untuk memakai blog builder semacam itu lagi. Apalagi, sekarang Google terus memberikan update di Blogger yang membuatnya semakin nyaman untuk pengguna ponsel, seperti halnya di bagian edit template tadi yang sekarang sudah lumayan mobile-friendly.

Jika kalian adalah orang yang ngeblog lewat ponsel entah itu karena alasan belum punya komputer/laptop atau karena ponsel lebih nyaman dibawa kemana-mana sehingga mendukung aktivitas ngeblog kalian dimana saja, maka kalian harus punya aplikasi-aplikasi Android yang mampu mendukung aktivitas ngeblog kalian.

Ponsel dengan sistem operasi Android saat ini menjadi yang paling laris di Indonesia, karena itulah disini yang saya bahas aplikasi-aplikasi Android bukan dari sistem operasi lain seperti iOS.

Inilah aplikasi-aplikasi Android yang harus dimiliki seorang blogger


Aplikasi Web Browser (Google Chrome & Puffin Web Browser)


Tentu saja yang pertama adalah aplikasi web browser untuk mengakses Blogger atau layanan manapun dimana kita membuat blog. Saya sendiri menyarankan dua aplikasi web browser yakni Google Chrome dan Puffin Web Browser.

Google Chrome atau biasa disebut Chrome saja adalah web browser buatan Google yang tentu saja sangat nyaman dipakai untuk mengelola blog di Blogger yang sama-sama merupakan produk Google. Aplikasi ini juga sangat nyaman dipakai berselancar mencari informasi di Internet untuk menjadi referensi tulisan di blog kalian. Chrome sendiri biasanya sudah terpasang di ponsel Android kalian saat pertama kali kalian membelinya.

Sementara Puffin Web Browser adalah aplikasi web browser yang dikembangkan oleh CloudMosa. Kelebihan Puffin adalah ketika dalam mode tampilan desktop kecepatan aplikasi ini masih sama cepatnya seperti saat mode tampilan normal atau mobile. Jadi, kalian bisa membuka situs-situs dalam tampilan desktop dengan kecepatan di atas rata-rata aplikasi web browser lain di Android, termasuk Chrome. Selain itu, Puffin juga memungkinkan kalian mengunjungi situs-situs yang diblokir di Indonesia tanpa menggunakan VPN. Awas, fitur ini jangan digunakan untuk membuka situs enak-enak ya...

Kalian bisa menambahkan aplikasi web browser Android lain yang sekiranya berguna untuk aktivitas ngeblog kalian seperti Opera Mini atau UC Browser. Tapi saya pribadi hanya menggunakan aplikasi Chrome dan Puffin untuk ngeblog, saya juga menginstal Opera Mini dan UC Browser namun untuk hal lain bukan untuk keperluan ngeblog.

Aplikasi Keyboard (Keyboard SwiftKey)


Aplikasi keyboard alias papan ketik juga sangat penting untuk para bloger. Ada banyak aplikasi keyboard di Android namun untuk bloger saya sangat menyarankan menggunakan SwiftKey.

Apa keunggulan SwiftKey?

SwiftKey memiliki keunggulan yang sangat menguntungkan para bloger yakni simbol-simbol atau tanda baca yang biasa dipakai para bloger ditempatkan di tempat yang mudah dijangkau. Tanda-tanda baca yang penting dalam penulisan kode HTML seperti < > (kurung sudut), = (sama dengan), " (tanda petik), / (garis miring) dan lain-lain sangat mudah dijangkau, itu membuat kita lebih efisien dalam menulis. Fitur papan klipnya juga sangat membantu kita dalam menyalin hal-hal penting untuk keperluan menulis artikel kita di blog seperti menyalin dan menempelkan sebuah tautan misalnya. Hal-hal seperti ini lebih penting untuk seorang bloger, tapi jika kalian juga ingin mempercantik tampilan keyboard kalian maka SwiftKey juga menyediakan fiturnya. Ada fitur tema di SwiftKey yang memungkinkan kalian mengutak-atik tampilan papan ketik kalian. Tapi, untuk saya fitur tersebut tidak terlalu penting, selama saya menggunakan SwiftKey lebih dari 2 tahun saya belum pernah merubah tema keyboard-nya, saya lebih suka tampilan yang simpel satu warna bukan yang penuh warna cerah yang malah mengganggu saat kita menulis.

Jika kalian punya aplikasi keyboard pilihan kalian sendiri dan merasa sudah nyaman menulis artikel dengan aplikasi tersebut ya lanjutkan saja menggunakan aplikasi tersebut.

Aplikasi Catatan (Keep My Notes)


Meskipun kita punya aplikasi web browser untuk mengakses Blogger tapi sangat tidak nyaman menulis langsung di halaman postingan Blogger. Solusinya adalah menulis di aplikasi catatan lalu nanti kita salin dan tempel hasil tulisan kita ke halaman postingan di Blogger. Lantas, aplikasi catatan mana yang paling nyaman untuk menulis artikel? Jawaban saya adalah Keep My Notes.

Saya sudah mencoba banyak sekali aplikasi catatan dan pada akhirnya saya memilih Keep My Notes sebagai "teman" menulis saya. Keep My Notes memiliki tampilan yang simpel dan ada fitur map yang membuat kita bisa mengelompokkan tulisan kita agar lebih rapi dan teratur. Fitur pencariannya pun memudahkan kita untuk mencari kata disebuah artikel, ini sangat membantu apalagi jika artikelnya panjang. Fitur pencarian juga membantu kita mencari kode HTML yang salah di artikel kita, inilah tantangan lainnya menulis di blog, bukan hanya memperhatikan tulisan saja tapi kode HTML-nya juga harus kita periksa dengan teliti, satu karakter saja salah bisa kacau.

Kalian juga tidak perlu khawatir kehilangan tulisan kalian di Keep My Notes karena kalian bisa melakukan backup. Nanti kalian akan mendapatkan file dengan ekstensi kmnb, unggah file tersebut di Google Drive agar nantinya jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan seperti ponsel kalian rusak kalian bisa mengembalikan tulisan kalian di ponsel baru kalian dengan file tersebut. Sebenarnya tidak semua tulisan kalian akan dipulihkan, hanya tulisan yang ada saat kalian melakukan backup maka dari itu backup dan unggah ke Google Drive seminggu sekali agar tulisan kalian yang hilang tidak terlalu banyak, atau kalau bisa setiap hari malah lebih bagus.

Sama seperti aplikasi keyboard, jika kalian merasa sudah punya aplikasi catatan favorit kalian sendiri yang memberikan kenyamanan menulis artikel maka lupakan Keep My Notes. Tapi, jika kalian ingin mencoba Keep My Notes saya sarankan berlangganan versi premium, murah kok hanya Rp16 ribu pertahun. Dengan berlangganan versi premium kalian tidak akan diganggu iklan lagi, iklan di Keep My Notes mengganggunya bukan main, bahkan bisa sampai membuat performa aplikasi Keep My Notes itu sendiri jadi lambat. Jika sudah berlangganan versi premium lancar jaya kok.

Aplikasi Edit Gambar (Tambahkan Teks di foto)


Gambar adalah sebuah hal penting untuk ditambahkan ke dalam artikel sebuah blog, menyisipkan gambar akan membuat artikel di blog kita terlihat lebih menarik. Karena itulah aplikasi edit gambar wajib hukumnya dimiliki oleh para bloger. Tapi, tidak perlu aplikasi edit gambar yang terlalu "mewah", cukup yang sederhana saja. Saya sendiri memakai aplikasi edit gambar bernama Tambahkan Teks di foto, meskipun dari namanya membuat kita mengira aplikasi ini hanya bisa menambahkan teks di gambar tapi kenyataannya aplikasi ini juga punya berbagai fitur menarik. Bagi saya aplikasi ini sudah cukup, fitur-fitur yang sering saya pakai di aplikasi ini adalah potong gambar, ubah ukuran, dan memasukkan tanda-tanda seperti tanda arah panah yang sangat berguna untuk gambar di artikel tutorial.

Untuk aplikasi edit gambar saya tidak tahu banyak jadi silakan gunakan yang menurut kalian bagus saja.

Google Translate


Google Translate sangat berguna untuk kita para bloger yang suka menulis. Menambahkan sepatah dua patah kata Bahasa Inggris di artikel kita akan membuat artikel kita lebih menarik.

Mungkin orang tahunya Google Translate hanya untuk menerjemahkan saja namun ternyata kita bisa mencari tahu definisi kata dalam Bahasa Inggris yang tentunya akan menambah sedikit demi sedikit pengetahuan kita soal Bahasa Inggris.

Google Translate juga berguna saat kita mencari referensi informasi di situs-situs Bahasa Inggris, mungkin terjemahannya tidak sempurna tapi lumayanlah menurut saya sedikit membantu. Aplikasi Google Translate juga membantu kita jika kita ingin memasukkan kata dalam Bahasa Inggris di artikel kita, kita bisa mengecek terlebih dulu kata tersebut jangan sampai kita salah penempatan dalam menggunakannya di artikel blog kita, apalagi salah dalam penulisannya, jangan sampai.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)


Sebenarnya tidak ada keharusan untuk mematuhi EyD (Ejaan yang Disempurnakan) atau EBI (Ejaan Bahasa Indonesia) dalam perihal menulis di blog. Namun, kualitas sebuah blog tentu saja dilihat dari tulisannya, jika tulisannya kacau maka pengunjung blog akan menilai blog tersebut sebagai blog yang buruk dan enggan mengunjunginya lagi. Jadi, sebisa mungkin sedikit demi sedikit perbaiki tulisan kalian meskipun blog kalian hanya sebagai tempat curhat saja, jangan terlalu disamakan menulis di blog dengan menulis di status Facebook. Apalagi jika kalian memang punya cita-cita menjadi penulis profesional maka sebuah keharusan menaikan kualitas tulisan kalian.

Salah satu cara memperbaiki tulisan kita adalah dengan cara mengoreksi apakah kata-kata yang kita gunakan sudah benar penggunaannya atau masih ada yang salah. Aplikasi KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) akan membantu kita dalam hal ini, jika kalian masih ragu akan makna sebuah kata maka buka saja KBBI dan periksa apa maknanya. Masih banyak orang-orang yang sering salah menggunakan sebuah kata, termasuk saya. Karena itulah KBBI akan meminimalkan kesalahan seperti itu.

Untuk penulisan dalam bentuk baku atau tidak baku itu terserah kalian saja, kalau blog personal yang isinya curhatan kebanyakan menggunakan kata baku agak gimana gituh.

Icode Go


Saya sering menggunakan aplikasi ini untuk mengedit template blog. Namun, semenjak bagian edit template di Blogger mulai mendapatkan update sehingga nyaman di akses melalui ponsel saya jadi jarang menggunakan aplikasi ini, kecuali jika saya mengedit bagian-bagian yang rumit di template maka saya baru menggunakan aplikasi ini.

Sepertinya aplikasi ini fungsinya masih banyak tapi saya hanya menggunakannya untuk mengedit template blog saja.

Google Analytics


Kalian sudah tahu apa itu Google Analytics? Google Analytics adalah sebuah layanan Google dimana kita bisa melihat statistik pengunjung blog kita. Saya yakin untuk kalian para bloger apalagi yang sudah menjadi bloger cukup lama pasti mengenal apa itu Google Analytics, jadi tak perlu dibahas lebih jauh lagi.

Versi aplikasi Android-nya memang tidak selengkap versi webnya tapi jika untuk sekedar melihat jumlah pengunjung hari ini, jumlah pengunjung yang sedang berada di blog kita, dan statistik umum lainnya maka aplikasi Android Google Analytics sangat bisa diandalkan. Daripada harus buka versi webnya yang lumayan agak berat dan tampilan yang juga kurang nyaman di ponsel mending lewat aplikasi Android-nya saja.

Itulah tadi aplikasi-aplikasi Android yang harus dimiliki kalian para bloger untuk menunjang aktivitas ngeblog kalian. Sebenarnya disamping aplikasi-aplikasi di atas ada juga aplikasi lain yang bisa dicoba diinstal oleh kalian para bloger.

Baca juga: Manfaat dan Keuntungan Menjadi Seorang Blogger

Tahukah kalian kalau di Play Store ada aplikasi Blogger dan WordPress hanya saja saya tidak menggunakannya dan juga tidak merekomendasikannya. Untuk aplikasi Blogger tidak ada gunanya, minim fitur dan dipakai untuk menulis pun juga kurang nyaman. Sementara untuk aplikasi WordPress saya belum pernah mencobanya karena saya belum pernah membuat blog di WordPress.

Kalian para bloger juga harus aktif di media sosial maka dari itu kalian harus memiliki aplikasi media sosial di Android seperti Facebook. Kalian bisa mendapatkan pengunjung blog dari media sosial dan juga kalian bisa berinteraksi dengan bloger lain agar bisa bertukar ilmu serta pengetahuan seputar dunia blog.

Google Drive juga akan sangat berguna bagi bloger untuk menyimpan file yang sangat penting. Sebenarnya orang yang bukan bloger pun banyak yang menggunakan dan membutuhkan aplikasi ini.

Jika kalian sudah memasang iklan Google Adsense (GA) di blog kalian maka kalian juga harus menginstal aplikasi Android Google Adsense. Di aplikasi versi Android-nya kita hanya bisa melihat laporan-laporan terkait pendapatan sementara untuk mengatur iklan dan lain-lain masih harus lewat situs web GA.

Sumber gambar:
www.decluttr.com

Keywords: aplikasi blogger adalah, aplikasi blogger, aplikasi blogger di android, aplikasi blogger iphone, aplikasi blogger pc, download aplikasi blogger, aplikasi blogger android terbaik, download aplikasi blogger untuk laptop

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Aplikasi-Aplikasi Android yang Harus Dimiliki Para Blogger"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel