No Escape (2015), Upaya Keluar dari Negara Konflik

No Escape (2015).jpg





"No Escape" adalah sebuah film Amerika bergenre action dan thriller keluaran tahun 2015 yang disutradarai oleh John Erick Dowdle yang juga menulis ceritanya bersama saudaranya, Drew Dowdle. Film ini dibintangi oleh Owen Wilson, Lake Bell, Sterling Jerins, Claire Gaere, Pierce Brosnan dan Sahajak Boonthanakit. "No Escape" sendiri dirilis pada 26 Agustus 2015 dan didistribusikan oleh The Weinstein Company.

"No Escape" menceritakan tentang Jack Dwyer (Owen Wilson) dan keluarganya yang mencoba bertahan hidup di sebuah negara yang sedang terjadi konflik. Para pemberontak tersebut menargetkan para warga asing untuk dibantai, itu membuat keluarga Dwyer juga menjadi target. Sanggupkah mereka lolos dari para pemberontak dan keluar dari negara tersebut?

Di film ini tidak disebutkan berlokasi di negara mana, hanya diketahui negara yang sedang mengalami konflik tersebut adalah negara di Asia Tenggara dan berbatasan dengan Vietnam. Satu dua petunjuk merujuk pada Thailand atau Kamboja namun sampai akhir pun film ini tak menyebutkan berlatar di negara mana, mungkin untuk menghindari kontroversi. Namun, tetap saja kontroversi datang pada film berdurasi 103 menit ini. Pada saat perilisan trailernya, pemerintah Kamboja kurang suka dengan adanya tulisan-tulisan Khmer di tameng para polisi, film ini pun sempat dilarang tayang di Kamboja dan pemerintah Kamboja meminta agar tulisan tersebut disunting namun pihak pembuat film tidak menyetujuinya. Tapi, untuk lokasi syutingnya sendiri, "No Escape" menjadikan Thailand sebagai tempat pengambilan gambar di film ini.

Konflik yang terjadi di negara ini adalah tidak setujunya para pemberontak dengan keputusan pemerintah untuk terus bekerja sama dengan perusahaan luar negeri khususnya Amerika Serikat dimana kerja sama tersebut dinilai merugikan negara. Itulah kenapa para pemberontak amat sangat membenci orang luar negeri dan menjadikan mereka sebagai target, bahkan tak segan untuk membunuh mereka.

"No Escape" memiliki alur cerita yang predictable dan terlalu bermain aman, padahal film ini memiliki rating R dari MPAA, seharusnya sekalian saja gilanya jangan tanggung-tanggung. Selain cerita yang mudah ditebak, banyak hal dalam film ini yang cukup mengganggu, seperti dialog-dialog sok romantis sampai istilah "10 langkah di depan" yang terdengar cringe.

Kekurangan lainnya yakni konflik yang merupakan kudeta pemerintahan di negara tersebut. Konflik ini bisa lebih menarik andai dieksekusi lebih detail, para pemberontak di sini kurang jelas pergerakannya, seakan-akan misi mereka hanya membantai orang asing, sementara tujuan utama gerakan mereka tidak diceritakan secara gamblang.

Disamping semua kekurangan itu, ketegangan yang diberikan "No Escape" cukup berhasil. Mungkin sang sutradara memang ingin cerita berfokus pada ketegangan upaya keluarga Dwyer untuk menyelamatkan diri dari negara tersebut tanpa sub-plot lain. Beruntungnya lagi, para pemain yang menjadi karakter sentral berhasil memainkan perannya dengan cukup baik. Setidaknya mereka berhasil menunjukkan kecemasan berada di negeri orang yang berbahaya, khususnya dua pemeran anak kecil di keluarga Dwyer.

Sayangnya, karakter yang dimainkan Pierce Brosnan terlihat kurang dimaksimalkan. Ia seharusnya bisa membawa unsur action yang lebih besar di film ini.

Baca juga: In the Heart of the Sea (2015), Perburuan Paus Raksasa

Yang patut dipuji juga adalah penggambaran kekacaun kotanya yang terasa nyata. Set lokasi yang cukup berhasil, menunjukkan ini film yang niat dan bukan film asal jadi.

Overall, "No Escape" menyajikan ketegangan yang luar biasa, mungkin setara film horor. Sayangnya, alur ceritanya tergolong biasa saja, tak ada yang menarik. Visual kekacaun dan akting yang terbilang lumayan turut menyelamatkan film ini dari kelemahan ceritanya.

Nilai: 6/10

Referensi:
www.imdb.com
www.wikipedia.org
www.rottentomatoes.com
www.moviexplorers.com
www.detik.com

Sumber gambar:
www.imdb.com

Keywords: Review & Ulasan Film No Escape (2015), Informasi Lengkap, Daftar Pemain Kru, Fakta Unik, Trivia, Penghargaan, Sinopsis, Full Movie Download Subtitle Indonesia, Bluray, Mp4, Mkv, Avi, DVDRip, HD, IMDb, Wikipedia, Rotten Tomatoes, Review, Ulasan, Rating, Nilai, Plot, Sub Indo, Nonton Streaming, menceritakan tentang apa

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "No Escape (2015), Upaya Keluar dari Negara Konflik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel