Cara Membuat Blog di Blogger dengan HP Android

Cara Membuat Blog di HP Android.jpg

Untuk kalian yang hobi menulis, memiliki blog sepertinya adalah suatu keharusan. Dengan blog, kalian bisa mempublikasikan tulisan kalian, entah itu puisi, cerpen, opini atau hanya sekadar curhatan kalian tentang kehidupan sehari-hari yang kalian jalani.

Mungkin kalian bisa menulis di Facebook atau media sosial lain tapi menulis di blog memberikan kesan yang berbeda. Tampilan blog lebih nyaman dilihat dan terlihat lebih keren, kalian juga punya kebebasan untuk mengatur tampilannya lebih bervariasi, dengan begitu orang-orang akan semakin tertarik membaca tulisan kalian.

Namun, menulis di blog selain dibutuhkan keahlian menulis juga membutuhkan pengetahuan dasar tentang HTML jika ingin mengatur tampilan blog kalian. Tenang saja, tutorial dasar HTML banyak berserakan di Google dan saya yakin semua orang akan paham asalkan memang niat untuk mempelajarinya.

Banyak sekali blog builder di internet saat ini, salah satu yang paling populer adalah Blogger besutan Google. Blogger awalnya dikembangkan oleh Pyra Labs sampai akhirnya pada 2003 diakuisisi oleh Google. Membuat blog di Blogger gratis dan blog-blog yang dibuat di Blogger akan memiliki subdomain blogspot namun kalian bisa menggantinya dengan domain TLD yang sudah kalian beli di penyedia jasa sewa domain.

Beberapa waktu yang lalu Blogger memperkenalkan tampilan baru yang lebih mobile friendly. Google sepertinya sudah paham betul pengguna ponsel pintar akan terus berkembang dari hari ke hari, maka dari itu Google memperbarui tampilan Blogger jadi lebih ramah untuk ponsel pintar. Ada kekurangan dan kelebihan dari tampilan baru ini dan semoga saja kedepannya Google terus memperbaiki kekurangan yang masih ada di Blogger.

Kali ini saya akan memberikan tutorial sederhana membuat blog di tampilan baru Blogger dengan HP Android.

Cara Membuat Blog di Blogger dengan HP Android

- Disini kita akan menggunakan aplikasi browser Chrome. Pastikan akun Google kalian sudah login di aplikasi Chrome yang akan kalian gunakan.

- kunjungi www.blogger.com atau www.blogspot.com. Keduanya sama saja.

- Masukkan nama blog yang akan kalian buat di kolom yang sudah disediakan. Lalu klik 'BERIKUTNYA'.

- Masukkan alamat blog yang kalian inginkan, tidak semua alamat tersedia karena mungkin sudah dipakai orang lain. Kalian bisa mengakalinya dengan menambahkan angka dibelakangnya jika alamat yang kalian inginkan sudah terpakai tapi ini sangat tidak disarankan karena menggunakan angka pada alamat blog bukan hal yang bagus. Setiap blog yang kita buat di Blogger akan memiliki subdomain blogspot.com, jadi jika kalian memasukkan alamat 'blogku' maka alamat link blog kalian akan menjadi blogku.blogspot.com. Kalian bisa memakai domain TLD (tanpa subdomain blogspot.com) dengan membelinya atau lebih tepatnya menyewanya di situs penyedia sewa domain terpercaya seperti Namecheap atau Rumahweb. Setelah memilih alamat blog kalian selanjutnya klik 'BERIKUTNYA'.

- Selanjutnya masukkan nama tampilan untuk profil kalian di Blogger, setelah itu klik 'SELESAI'.

- Kalian sudah berhasil membuat blog di Blogger lewat HP.

Sampai disini kalian sudah berhasil membuat blog di Blogger dengan ponsel Android tapi karena sepertinya postingan ini terlalu pendek maka saya akan menambahkan informasi beberapa pengaturan di Blogger yang saya tahu. Kalian membuat blog pasti ingin mengaturnya dong supaya blognya seperti yang kalian inginkan, jadi silakan simak beberapa pengaturan di Blogger yang akan saya jelaskan di bawah. Untuk masuk ke menu pengaturan di Blogger silakan masuk ke bagian "Setelan".

Dibagian "Dasar" ini kalian bisa mengatur judul blog, deskripsi blog, dan bahasa blog kalian.

Kalian juga bisa mengatur apakah konten di blog kalian khusus untuk orang dewasa atau tidak, jika "Konten khusus orang dewasa" diaktifkan maka orang yang akan mengunjungi blog kalian akan mendapatkan peringatan bahwa blog berisi konten dewasa dan akan diberikan pilihan apakah akan melanjutkan mengunjungi blog atau tidak.

Di bagian ini juga kalian bisa memasang ID Google Analytics agar traffic blog kalian bisa kalian pantau. Juga ada pengaturan favicon di bagian ini, favicon adalah gambar di samping alamat link blog kalian di browser.

Ini adalah bagian untuk menentukan apakah kalian ingin blog kalian bisa terbaca oleh mesin telusur seperti Google dan Bing atau tidak. Opsi ini tentu harus diaktifkan jika kalian ingin blog kalian muncul di hasil pencarian Google.

Di bagian ini kalian bisa mengubah link blog kalian. Disini juga kalian bisa memasang domain TLD agar blog kalian tidak lagi memakai subdomain blogspot.

Bagian ini untuk mengalihkan versi HTTP dari link blog kalian ke versi HTTPS. Opsi ini sangat disarankan untuk diaktfikan.

Di bagian ini kalian bisa mengatur siapa saja yang bisa mangakses blog kalian dan apakah blog kalian bisa diakses oleh umum, orang tertentu atau kalian saja. Kalian juga bisa menambahkan orang lain yang kalian kenal dan percaya tentunya untuk ikut mengurus blog kalian disini.

Kalian bisa mengatur jumlah postingan yang tampil di halaman depan blog kalian disini. Atur sesuai keinginan kalian.

Bagian ini untuk mengatur komentar di blog kalian seperti bagaimana bagian komentar ditampilkan di blog kalian, siapa saja yang bisa berkomentar, apakah komentar harus melalui moderasi kalian dulu atau langsung dipublikasikan dan menambahkan beberapa kata di bagian komentar.

Saya jarang mengutak-atik bagian ini. Bagian ini adalah untuk mengatur pemberitahuan komentar baru dikirim ke email mana dan pengaturan untuk memposting artikel lewat email.

Bagian ini untuk mengatur format waktu dan zona waktu mana yang kalian pakai.

Aktifkan opsi ini untuk mengaktifkan deskripsi penelusuran. Deskripsi penelusuran adalah deskripsi yang kita buat yang akan tampil di mesin pencari dibawah judul artikel ketika artikel kita tampil disana.

Bagian ini untuk mengatur jika ada eror di blog kalian seperti eror 404 yang biasanya terjadi jika kalian menghapus sebuah artikel sementara link artikel tersebut masih ada di blog kalian di salah satu artikel, jika ada yang mengeklik link artikel tersebut maka otomatis akan masuk ke halaman eror 404. Kalian bisa mengubah pemberitahuan di halaman eror 404 tersebut di bagian ini. Ada juga opsi untuk mengalihkan link artikel yang sudah dihapus tersebut ke tempat lain.

Bagian ini sebaiknya jangan diapa-apakan jika kalian tidak paham apa yang kalian lakukan karena bisa memengaruhi kinerja blog kalian di mesin pencari. Saya sendiri juga jarang mengubah bagian ini kecuali jika memang sangat perlu untuk diubah.

Bagian ini untuk mengatur ads.txt di blog kalian. Opsi ini akan berguna jika kalian akan memasang iklan Adsense di blog kalian, sejauh ini hanya itu fungsi bagian ini yang saya tahu.

Dibagian ini kalian bisa menghapus blog, mencadangkan isi blog dan mengimpor isi atau konten blog kalian yang lain ke blog ini.

Ini adalah bagian feed yang jujur saja jarang saya utak-atik, tapi kalau kalian memang perlu mengubahnya ya ubah saja asalkan kalian sudah tahu dan paham apa yang kalian lakukan.

Di bagian ini kalian bisa merubah profil Blogger kalian dengan mengeklik "Profil Pengguna".

Baca juga: Pengertian, Dampak Positif dan Dampak Negatif Blogwalking

Itulah tutorial sederhana membuat blog di tampilan terbaru Blogger melalui ponsel serta beberapa informasi pengaturannya. Tunggu apa lagi, buat kalian yang suka menulis aya buat blog dan mulailah menulis disana.

Sumber gambar:
www.pxhere.com

Keywords: membuat blogger, membuat blog, gratis, pribadi, menarik, di blogspot, membuat blog dengan wordpress, cara membuat blog yang menarik, blog spot, cara membuat blog di hp, handphone, tampilan bogger blogspot terbaru, update, terkini, template

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Blog di Blogger dengan HP Android"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel