Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Sully (2016), Kisah Nyata Pendaratan Pesawat di Sebuah Sungai

Sully (2016), Pendaratan Pesawat di Sungai.jpg

"Sully" adalah sebuah film berdasarkan kisah nyata yang disutradarai oleh Clint Eastwood yang juga menjadi produser bersama Frank Marshall, Tim Moore dan Allyn Stewart, sementara di bagian penulis ada Todd Kormanicki. Film ini merupakan adaptasi dari buku berjudul Highest Duty karya Chelsey Sullenberger dan Jeffrey Zaslow. Untuk para pemainnya ada Tom Hanks sebagai Chesley "Sully" Sullenberger, Aaron Eckhart sebagai Jeff Skiles, Laura Linney sebagai Lorraine Sullenberger, Mike O'Malley sebagai Charles Porter, Anna Gunn sebagai Dr. Elizabeth Davis, Jamey Sheridan sebagai Ben Edwards dan Ann Cusack sebagai Donna Dent.

"Sully" berhasil menjadi nominasi di ajang Academy Awards dalam kategori Best Sound Editing. Film ini pertama kali ditayangkan di Telluride Film Festival pada 2 September 2016 di Amerika Serikat, kemudian dirilis secara komersial pada 9 September 2016 di beberapa negara di dunia, termasuk di Indonesia. Film berdurasi 96 menit ini mendapatkan rating 7,6/10 di IMDb, 74 di Metacritic dan 85% di Rotten Tomatoes. Dari segi pendapatan, film yang mengolaborasikan Clint Eastwood dan Tom Hanks untuk pertama kalinya ini berhasil mendapatkan total pendapatan sekitar $240 juta di seluruh dunia dari estimasi biaya produksi $60 juta.

Sinopsis: Kapten Chesley "Sully" Sullenberger (Tom Hanks) memutuskan mendaratkan pesawatnya di Sungai Hudson setelah terhantam kawanan burung hingga mesinnya rusak. Namun seiring penyelidikan berjalan, kasus ini bisa berakibat fatal bagi karier penerbangannya.

Review No Spoiler!

Film ini akan menceritakan sebuah kejadian yang benar-benar terjadi pada Januari 2009. US Airways Flight 1549 yang membawa 155 penumpang dari bandara LaGuardia mengalami kerusakan mesin parah setelah menabrak sekawanan burung. Kapten Sully yang menjadi pilot di pesawat tersebut mengambil langkah untuk mendaratkan pesawat di Sungai Hudson. Ajaibnya, pendaratan tersebut berhasil dan tak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

Cerita di "Sully" tidak berfokus pada saat kejadian tersebut tapi setelah kejadian. Memang pendaratan ajaib di Sungai Hudson juga diperlihatkan di film ini namun ditampilkan hanya dalam flashback. Film ini lebih berfokus pada apa yang dialami Kapten Sully setelah kejadian tersebut. Disebut sebagai pahlawan sampai dipojokkan pihak pemerintah atas kejadian tersebut, dimana pihak berwenang menganggap Kapten Sully tak perlu mendaratkan pesawat di Sungai Hudson karena pesawat diperkirakan bisa mendarat seperti biasa di bandara terdekat.

"Sully" mencoba membawakan cerita dengan alur maju-mundur yang terlihat rapi. Dramanya juga bikin kita gregetan, bagaimana seorang Kapten Sully yang sudah menyelamatkan nyawa para penumpangnya justru seperti menjadi tersangka dalam kasus tersebut. Untunglah ending-nya bisa dibilang memuaskan dan melegakan. Secara keseluruhan cerita, "Sully" tampil begitu apik.

Tom Hanks juga sangat berhasil memerankan karakter Kapten Sully di film ini. Bagaimana Hanks menunjukkan terguncangnya mental seorang Kapten Sully pasca kejadian tersebut terlihat sangat baik. Ini memang bukan penampilan terbaik Hanks, tapi aktingnya disini sangat layak diberikan apresiasi.

Sayangnya, film ke-35 Eastwood sebagai sutradara ini memiliki sedikit cacat dalam visual, yaitu adegan saat pesawat mendarat di sungai Hudson, terlihat CGI-nya tidak terlalu baik. Tapi, fokus film ini memang bukan kesana, jadi itu tidak terlalu menjadi masalah.

Baca juga: The 33 (2015), Kisah Perjuangan Bertahan Hidup di Bawah Tanah

Overall, "Sully" adalah film adaptasi kisah nyata yang menarik. Alih-alih fokus saat kejadian, film ini justru menyuguhkan kita drama pasca kejadian tersebut. Dengan akting Hanks yang ciamik, kadar drama dan keseruan film ini semakin terasa maksimal. Meskipun ada kekurangan di bagian CGI tapi jelas itu sangat bisa dimaafkan.

Nilai: 7/10

Untuk kalian yang suka menonton film di ponsel smartphone, tentu kalian membutuhkan earphone/headset dengan kualitas yang mamadai agar pengalaman menonton kalian semakin maksimal. Cek link di bawah ini untuk melihat rekomendasi earphone/headset terbaik dengan harga yang murah!
- Rekomendasi Headset/Earphone Terbaik & Termurah Untuk Ponsel

Referensi:
www.indozone.id
www.imdb.com
www.wikipedia.org
www.rottentomatoes.com

Keywords: Review & Ulasan Film 12345, Informasi Lengkap, Daftar Pemain Kru, Fakta Unik, Trivia, Penghargaan, Sinopsis, Full Movie Download Subtitle Indonesia, Bluray, Mp4, Mkv, Avi, DVDRip, HD, IMDb, Wikipedia, Rotten Tomatoes, Review, Ulasan, Rating, Nilai, Plot, Sub Indo, Nonton Online Streaming, Trailer, apakah kisah nyata, bioskopkeren, bluray, tanggal berapa, tentang apa, cerita

Posting Komentar untuk "Sully (2016), Kisah Nyata Pendaratan Pesawat di Sebuah Sungai"