Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

10 Lagu Indonesia Tentang Mantan Terbaik

Lagu Indonesia Tentang Mantan Terbaik.jpg

Saat kita menjalin hubungan percintaan dengan orang lain kadang semuanya tak berjalan seperti yang kita inginkan, perpisahan kerap kali menjadi akhir cerita sebuah perjalanan diantara dua insan. Dari perpisahan itulah muncul seorang mantan.

Setiap orang memiliki cara yang berbeda ketika menyangkut masalah mantan, ada yang biasa saja, bahkan masih menjalin komunikasi sebagai seorang teman, namun ada juga yang ingin melupakan mantan sampai ke akar-akarnya hingga menghapus semua kontak dan tidak lagi menjalin komunikasi dengannya. Semua orang punya alasan atas pilihannya memperlakukan mantan, bukan berarti orang yang masih berkomunikasi dengan mantannya sebagai teman dia sudah merelakannya, bisa saja ia masih berharap agar perasaan diantara mereka berdua dulu bisa muncul kembali dan menyatukan mereka untuk kedua kalinya. Hati manusia siapa yang tahu.

Lagu saat ini khususnya lagu Indonesia didominasi dengan tema percintaan. Karena itulah sudah pasti ada lagu bertemakan mantan, atau setidaknya cocok untuk mengenang kenangan bersama si dia.

Kali ini saya akan coba memberikan list lagu-lagu Indonesia terbaik yang bertemakan mantan.

10 Lagu Indonesia Tentang Mantan Terbaik

Untuk kalian yang suka mendengarkan musik di ponsel, tentu kalian harus punya earphone/headset dengan kualitas yang mamadai. Ingin membeli earphone/headset dengan kualitas terbaik dan harga murah, cek link dibawah ini:
- Rekomendasi Headset/Earphone Terbaik & Termurah Untuk Ponsel

1. Tinggal Kenangan (Caramel)

Jika kalian mendengar lagu ini pasti kalian akan langsung teringat dengan mantan kalian, bagaimana tidak, petikan gitar yang indah, suara yang syahdu dan lirik yang deep namun mudah diingat akan membawa kalian melayang-layang diantara kenangan bersama mantan.

Lagu ini dipopulerkan oleh band Caramel yang merupakan band asal Makassar, Sulawesi Selatan. Band ini didirikan pada tahun 2005 dan masih aktif sampai sekarang dibawah label Nagaswara.

Lagu "Tinggal Kenangan" yang juga memiliki judul lain "Jauh" ini juga lah yang membawa ketenaran pada Caramel. Apalagi dengan beredarnya isu-isu mistis terkait lagu ini membuat band Caramel semakin terkenal. Lagu "Tinggal Kenangan" memang terdengar horor, iya terdengar horor untuk orang-orang yang sedang patah hati.

Baca juga: Cerita Misteri Lagu Tinggal Kenangan

2. Semua Tentang Kita (Peterpan)

Ini adalah lagu lainnya yang akan membawa kalian kembali ke momen-momen indah bersama mantan. Kekuatannya masih sama seperti lagu "Tinggal Kenangan". Musik yang easy listening, suara Ariel yang merdu serta lirik yang menusuk hati paling dalam.

Peterpan saat ini sudah merubah namanya menjadi Noah sejak tahun 2012. Tapi, entah mengapa saya tidak terlalu menyukai lagu-lagu mereka setelah mereka berganti nama, kebanyakan lagu-lagu mereka yang saya sukai adalah lagu-lagu yang mereka buat saat masih menyandang nama Peterpan. Itulah kenapa saya pribadi masih sering menyebut band ini Peterpan walaupun mereka sudah berganti nama, karena saya lebih suka mereka sebagai Peterpan bukan Noah.

Lagu ini ditulis sendiri oleh sang vokalis, Ariel, dan masuk ke album "Taman Langit" yang dirilis pada 6 Januari 2003 sebagai album studio pertama mereka.

3. Menghapus Jejakmu (Peterpan)

Masih dari Peterpan, kali ini ada lagu "Menghapus Jejakmu". Lagu ini masuk ke album "Hari yang Cerah..." bersama lagu-lagu andalan mereka lainnya seperti "Dibalik Awan", "Hari yang Cerah untuk Jiwa yang Sepi", "Sally Sendiri" dan "Cobalah Mengerti". Album "Hari yang Cerah..." sendiri dirilis pada 25 Mei dan menjadi album studio ke-4 Peterpan.

Berbeda dengan "Semua Tentang Kita" yang memberikan kesan sedih saat mengenang sang mantan, "Menghapus Jejakmu" justru memberi kita semangat untuk melupakan seseorang dari masa lalu kita dan terus melangkah ke depan, tak perlu melihat hal-hal yang sudah berlalu.

4. Puisi (Jikustik)

Jikustik pernah menjadi band favorit saya sampai Pongki keluar dan saya tidak terlalu mengikuti lagu-lagu terbaru mereka lagi. Salah satu lagu favorit saya saat Jikustik masih dihuni Pongki adalah "Puisi".

Lagu "Puisi" ini ditulis oleh sang gitaris, Dadi. Lagu ini masuk ke album "Siang" yang dirilis pada tahun 2006. Pongki sempat mengatakan dalam sebuah wawancara kalau lagu "Puisi" ini adalah penyelamat karier Jikustik setelah album-album mereka sebelumnya mengalami penurunan penjualan. Lagu ini berhasil merajai tangga lagu di beberapa radio serta chart MTV Ampuh, sebuah tangga lagu musik bergengsi di Indonesia waktu itu.

Lagu ini cocok banget buat kalian yang punya mantan dan saat berpacaran dulu sering menulis puisi untuk dia, bertukar puisi atau mungkin menulis puisi bersama. Sayangnya, sekarang sepertinya jarang ya orang pacaran saling kirim puisi, yang ada bikin video TikTok enggak jelas untuk menunjukkan kemesraan serta keromantisan mereka tapi yang jatuhnya malah cringe.

5. Setia (Jikustik)

Selain "Puisi", masih ada lagu lainnya dari Jikustik yang berkaitan dengan mantan yaitu "Setia". Bagi saya, lagu ini kesan sedihnya setara dengan "Tinggal Kenangan" dan "Semua Tentang Kita".

"Setia" masuk ke album "Seribu Tahun" versi repackage. Album ini awalnya dirilis pada tahun 2000 dan berisi 10 buah lagu, kemudian pada tahun 2001 Jikustik menambahkan 3 lagu pada album ini dan salah satunya yaitu lagu "Setia".

Meskipun liriknya yang dalam dan musiknya yang menyayat hati namun latar belakang terciptanya lagu ini agak nyeleneh. Pongki menciptakan lagu ini untuk menyindir sahabatnya yang selalu terlihat galau.

Lagu berdurasi 3 menit 45 detik ini cocok untuk kalian yang ditinggalkan orang yang kalian cintai namun kalian memilih tetap setia dalam artian tidak bisa melupakannya dan berharap suatu saat dia akan kembali.

6. Untuk Dikenang (Jikustik)

Lagi-lagi Jikustik, kali ini lagu berjudul "Untuk Dikenang". Tenang saja, nuansa sedih "Untuk Dikenang" tidak separah "Setia".

"Untuk Dikenang" masuk ke album "Sepanjang Musim" dan diciptakan oleh Pongki. Lagu ini dirilis pada Maret 2003.

"Untuk Dikenang" menceritakan seseorang yang berharap agar mantannya tidak pernah melupakan hal-hal indah yang pernah mereka lalui meskipun kini mereka sudah tidak bersama.

7. Mantan Jadi Teman (Endank Soekamti ft. Melanie Subono)

Endank Soekamti adalah grup musik asal Yogyakarta yang aktif dari tahun 2001 sampai sekarang. Sementara Melanie Subono adalah penyanyi dan presenter berkebangsaan Indonesia yang lahir di Hamburg, Jerman pada 20 Oktober 1976.

"Mantan Jadi Teman" masuk ke album "Angka 8" milik Endank Soekamti. Tidak seperti lagu tentang mantan sebelumnya yang memberikan kesan sedih, "Mantan Jadi Teman" tampil dengan lirik serta pembawaan yang fun. Lagu ini memberikan pesan pada kita walau sudah tidak menjadi pacar bukan berarti tidak bisa menjadi teman. Tapi, memang kebanyakan orang jika sudah berpisah sebagai sepasang kekasih biasanya tidak saling berkomunikasi lagi, seakan mereka lupa kalau mereka pernah berbincang di telepon berjam-jam, saling mengirim pesan dengan wajah berseri-seri dan memberikan kata-kata mesra yang bikin senyum-senyum sendiri.

8. Gagal Bersembunyi (The Rain)

Sama dengan Endank Soekamti, The Rain juga berasal dari Yogyakarta. Band ini dibentuk pada tahun 1997 dan masih aktif sampai sekarang, itu berarti umur band ini sudah 20 tahun lebih.

"Gagal Bersembunyi" masuk ke album The Rain yang burjudul "Jabat Erat". Album ini merupakan album studio ke-6 The Rain yang dirilis pada tahun 2016.

Lagu ini menyindir orang-orang yang sok kuat, sering mengunggah kata-kata bijak di media sosialnya dan terlihat sudah melupakan mantannya padahal dalam hati dia hancur lebur.

Video klipnya seperti kebalikan dari video klip "Terlatih Patah Hati" yang merupakan kolaborasi The Rain dan Endank Soekamti. Jika di "Terlatih Patah Hati" yang tampil adalah cowok-cowok, maka di "Gagal Bersembunyi" yang tampil itu cewek-cewek.

9. Mantan (Stand Here Alone)

Stand Here Alone bisa dibilang band yang tidak terlalu populer jika dibandingkan band-band yang sudah disebutkan di daftar ini. Band ini awalnya beranggotakan Ocan di posisi gitar dan vokal, Mbenk di posisi bas serta Chio di posisi drum. Namun, Ocan keluar karena ingin fokus pada pendidikannya. Stand Here Alone tidak mencari pengganti Ocan dan kemungkinan akan menunggu dia menyelesaikan pendidikannya, meskipun kepastian Ocan akan kembali masih abu-abu.

Lagu "Mantan" ini feel-nya jauh berbeda dari lagu-lagu di atas, meskipun masih bertemakan mantan dan liriknya berbau patah hati tapi pembawaan Stand Here Alone jauh dari kata galau. Lagu ini menceritakan seseorang yang kerap bertemu mantannya dan si mantan sudah punya pacar bahkan gonta-ganti pacar sementara dia masih sendiri.

10. Mudah Saja

"Mudah Saja" adalah sebuah lagu dari Sheila on 7 (SO7). Masih sama dengan Endank Soekamti, Jikustik dan The Rain yang juga masuk dalam daftar ini, SO7 juga berasal dari Yogyakarta. Emang ya, Yogyakarta itu tempatnya musisi-musisi luar biasa.

Lagu "Mudah Saja" ini berasal dari album "Menentukan Arah" yang merupakan album studio ke-6 dari SO7. Lagu berdurasi 3 menit 33 detik ini diciptakan oleh sang gitaris SO7 sendiri, Eross Candra.

"Mudah Saja" menunjukkan bagaimana ketidakadilan dalam percintaan disaat cinta yang satu tidak sebesar cinta yang satunya lagi. Menceritakan seseorang yang ditinggalkan dengan begitu mudahnya oleh pacarnya kemudian selang beberapa waktu si pacar yang sekarang sudah menjadi mantan tersebut datang kembali menghubungi seakan tidak pernah terjadi apa-apa diantara mereka, padahal ada cinta yang begitu besar yang ia hancurkan.

Itulah tadi deretan lagu-lagu terbaik Indonesia yang bertemakan tentang mantan. Ada yang memberikan kesan sedih ada juga yang nyeleneh, karena tak semua tentang mantan itu harus bikin kita sedih. Mantan memang orang dari masa lalu kita, tak perlu melupakan dia sepenuhnya, ingat dia sebagai hikmah dan pelajaran dalam perjalanan kita menuju kedewasaan, agar kita tidak perlu menyakiti atau disakiti lagi.

Kalian punya lagu favorit kalian sendiri tentang mantan dan tidak ada di daftar ini, silakan tulis di kolom komentar judul lagu dan penyanyinya ya!

Keywords: lagu untuk mantan agar menyesal, lagu tentang mantan pacar, minta balikan, menikah, yang sudah punya pacar, terbaru, 2020, 2021, 2022, 2023, ngajak balikan, lirik, lagu apa kabar mantan

Posting Komentar untuk "10 Lagu Indonesia Tentang Mantan Terbaik"