Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mr. Robot Season 1, Kisah Hacker Melawan Perusahaan Besar

Mr. Robot Season 1, Kisah Hacker Melawan Perusahaan Besar.jpg

Tontonan bertemakan peretasan selalu menarik untuk diikuti, saya termasuk salah satu penggemar film bertemakan hacker atau peretasan. Salah satu tontonan bertemakan peretasan yang tidak boleh kalian lewatkan adalah "Mr. Robot".

"Mr. Robot" adalah sebuah serial televisi yang dibuat oleh Sam Esmail. Serial ini sebenarnya sudah selesai di season 4 yang keluar pada tahun 2019. Saya sebenarnya sudah tahu dari dulu dengan serial yang satu ini, tapi karena beberapa alasan, saya baru menonton season pertamanya di tahun 2021 ini. Telat ya, tapi tak apalah daripada tidak menontonnya sama sekali. Season 1 ini terdiri dari 10 episode dan setiap judul episode di season 1 ini diakhiri dengan ekstensi file video seperti .flv dan .mov.

"Mr. Robot" bergenre kriminal, drama dan thriller serta diproduksi oleh Anonymous Content dan Universal Cable Productions. Untuk musim pertamanya ini, "Mr. Robot" mendapatkan rating 98% di Rotten Tomatoes sekaligus mendapatkan predikat certified fresh.

Untuk para pemainnya ada Rami Malek sebagai Elliot Alderson, Carly Chaikin sebagai Darlene Alderson, Portia Doubleday sebagai Angela Moss, Martin Wallstrom sebagai Tyrell Wellick, Christian Slater sebagai Mr. Robot, Stephanie Corneliussen sebagai Joanna Wellick, Elliot Villar sebagai Fernando Vera, BD Wong sebagai Whiterose dan masih banyak lagi.

Sinopsis: Elliot Alderson (Rami Malek) adalah seorang hacker yang bekerja di sebuah perusahaan keamanan siber, Allsafe. Ia kerap meretas dan mengintip kehidupan privasi orang-orang di sekitarnya. Ia kemudian bergabung dengan sebuah kelompok hacker bernama Fsociety dan berencana menjatuhkan salah satu perusahaan besar, E Corp.

Review No Spoiler!

Cerita "Mr. Robot" musim pertama ini sangat menarik dan dipenuhi berbagai pertanyaan. Tak lupa plot twist juga ada, berhubungan dengan kepribadian ganda. Agak mengingatkan kita dengan salah satu film bertemakan peretasan lainnya, "Who Am I". Seperti yang saya bilang di atas, cerita "Mr. Robot" di musim pertama ini banyak menimbulkan pertanyaan, bahkan sampai di episode terakhir, masih ada pertanyaan yang belum terjawab bahkan malah muncul pertanyaan baru.

Karena "Mr. Robot" bertemakan tentang peretasan maka tak heran banyak istilah-istilah dalam dunia IT yang mungkin terdengar asing untuk sebagian orang. Kabarnya, teknik peretasan yang ada di "Mr. Robot" benar-benar bisa dilakukan di kehidupan nyata namun tentu saja tidak segampang kita melihat Elliot menerobos sistem ini dan sistem itu. Tapi, tenang saja istilah-istilah tersebut tidak akan menggangu kenyamanan kalian menonton serial yang satu ini, setidaknya bagi saya begitu. Jangan terlalu terpaku pada istilah-istilah rumitnya, nikmati saja alur ceritanya.

Apakah di "Mr. Robot" ada unsur asmara? Plot soal percintaan memang ada, tapi tidak begitu kentara. Tenang saja, tidak ada unsur bucin berlebihan yang mengacaukan plot utama, kepedulian dan hubungan setiap karakter pada karakter lain di serial ini sangat beralasan dan masuk di akal.

Rami Malek sebagai karakter utama, Elliot Alderson, berhasil tampil luar biasa gila. Apalagi karakter Elliot ini adalah karakter yang akan mudah kita sukai. Opini-opininya terhadap dunia memang ekstrem tapi kalau dipikir-pikir ada benarnya juga, selain itu penampilannya keren parah. Penampilan Elliot ketika memakai hoodie hitam memberikan kesan kalem, misterius namun ambisius. Karakter Elliot ini juga diceritakan menderita penyakit mental seperti anti sosial, depresi dan kepribadian ganda yang akan menjadi unsur kejutan di musim pertama ini. Karena penyakit mentalnya ini, karakter Elliot dibuat memiliki teman khayalan dan tebak siapa teman khayalannya, jawabannya adalah kita para penonton. Ya, di beberapa momen Elliot seperti berbicara pada kita para penonton, ia kerap mencurahkan kegelisahannya pada kita. Konsep si pemain berbicara pada para penonton ini disebut breaking the fourth wall, kalian cari sendiri di Google kenapa dinamakan demikian. Kita akan semakin suka dengan Elliot ketika melihat aksi-aksi peretasannya atau saat dia mengintimidasi orang dengan keahliannya tersebut.

Hebatnya, Rami berhasil memainkan karakter Elliot yang kacau secara mental ini dengan sangat sempurna, saya tidak akan dan tidak mau membayangkan karakter Elliot di "Mr. Robot" diperankan orang lain. Berkat penampilannya sebagai Elliot, Rami berhasil memenangkan kategori Outstanding Lead Actor in a Drama Series di ajang Primetime Emmy Awards 2016 serta menjadi nominasi di kategori Best Performance by an Actor in a Television Series - Drama dalam ajang Golden Globes 2016. Menariknya, kabarnya ada sekitar 164 aktor yang dipertimbangkan untuk memerankan karakter Elliot Alderson sebelum pada akhirnya sang kreator dan produser menjatuhkan pilihan pada Rami Malek. Rami merupakan rekomendasi dari pacar sang kreator, Emmy Rossum, setelah Emmy melihat penampilan Rami di "The Pacific".

Baca juga: The Little Things (2021), Kisah Dua Polisi Menangkap Pembunuh Berantai

Selain karakter Elliot, karakter Tyrell Wellick yang diperankan Martin Wallstrom juga cukup menarik. Ia dari pihak E Corp dan punya ambisi besar yang malah membawanya pada ketidak jelasan. Tentu saja, tak boleh kita lewatkan adalah karakter Mr. Robot itu sendiri. Serial ini judulnya "Mr. Robot" tapi fokusnya ke Elliot, nah terus siapa Mr. Robot ini? Jika saya jelaskan disini tentu akan jadi spoiler karena karakter yang satu ini adalah karakter yang penuh dengan pertanyaan, siapa dia, apa motifnya melawan E Corp dan darimana ia tahu Elliot semuanya akan membuat kita bertanya-tanya dan sekaligus membuat kita anteng menonton "Mr. Robot" untuk mencari jawabannya.

Visual di "Mr. Robot" agak muram dan depresif dalam artian bagus, mungkin menyesuaikan dengan kepribadian Elliot. Musiknya lumayan lah, meskipun tak seikonis "Stranger Things", "Breaking Bad" atau "Peaky Blinders", setidaknya tidak merusak suasana.

Satu hal yang saya kurang suka adalah adanya unsur LGBT khususnya gay. Perlu banget ya ada hal ginian di serial TV sekarang? Rasanya doyan banget gituh kreator sana masukin unsur-unsur kaya gini. Kalau ngaruh ke cerita ya saya sih oke-oke aja. Di "Mr. Robot" ini sendiri ada unsur LGBT yang pas di cerita ada juga yang tidak jelas dan malah bikin jijik.

Overall, "Mr. Robot" adalah salah satu serial televisi terbaik yang masuk jajaran teratas di daftar pribadi saya. Cerita oke, akting mantap dan faktor pendukung lainnya seperti visual dan musik juga berkontribusi selayaknya yang diperlukan. Tak ada cacat yang terlalu besar dan harus dipermasalahkan di serial yang satu ini. Apalagi untuk kalian yang pencinta tontonan tentang peretasan sudah wajib hukumnya nonton "Mr. Robot", saya saja agak menyesal baru nonton serial ini sekarang.

Nilai: 8/10

Keywords: Review & Ulasan Film Mr. Robot Season 1 Episode, Informasi Lengkap, Daftar Pemain Kru, Fakta Unik, Trivia, Penghargaan, Sinopsis, Full Movie Download Subtitle Indonesia, Bluray, Mp4, Mkv, Avi, DVDRip, HD, IMDb, Wikipedia, Rotten Tomatoes, Review, Ulasan, Rating, Nilai, Plot, Sub Indo, Nonton Online Streaming, Trailer, mr robot berapa season, a series like mr robot, actors, angela, amazon prime, batch, recap

Posting Komentar untuk "Mr. Robot Season 1, Kisah Hacker Melawan Perusahaan Besar"