Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

17 Lagu Indonesia tentang Patah Hati Terbaik

Lagu Indonesia tentang Patah Hati Terbaik.jpg

Patah hati adalah sebuah hal yang tidak ingin dialami siapapun di dunia ini. Namun, nyatanya kebanyakan orang atau bahkan hampir semua orang pernah patah hati, meskipun mereka mengalaminya dengan cara yang berbeda-beda. Tapi, yang namanya patah hati mau bagaimanapun caranya akan meninggalkan luka dan rasa sakit yang luar biasa, tidak tampak dari luar tapi bergejolak di dalam.

Lagu adalah sebuah ungkapan perasaan yang bisa mewakili banyak orang termasuk orang-orang yang sedang patah hati. Tak sedikit orang yang suka pada sebuah lagu karena merasa liriknya sangat relate dengan kisah hidupnya khususnya soal percintaan.

Kali ini saya akan memberikan rekomendasi beberapa lagu Indonesia terbaik bertemakan patah hati yang semoga saja cocok ditelinga kalian, atau bahkan mungkin bisa jadi ungkapan perasaan kalian yang sedang terluka saat ini.

Berikut 17 Lagu Indonesia tentang Patah Hati Terbaik Versi AzizPedia

1. Mudah Saja (Sheila on 7)

Yang pertama ada lagu dari salah satu band legendaris tanah air dan juga band Indonesia favorit saya yaitu Sheila on 7. Lagu "Mudah Saja" ini masuk ke album "Menentukan Arah". Album ini sendiri merupakan album studio ke-6 dari Sheila on 7 dan dirilis pada 23 Oktober 2008 dibawah naungan label Sony BMG.

Lagu "Mudah Saja" ini menceritakan tentang perasaan seorang lelaki yang dianggap remeh oleh pasangannya. Sang kekasih meminta menyudahi hubungan dengan entengnya tanpa memikirkan perasaan si lelaki tersebut. Kemudian si wanita datang kembali tanpa rasa bersalah, seolah ia tak pernah meninggalkan luka pada si lelaki.

2. Berhenti Berharap (Sheila on 7)

"Berhenti Berharap" merupakan soundtrack dari film berjudul "30 Hari Mencari Cinta" yang rilis pada tahun 2004. Lagu berdurasi 5 menit 41 detik ini kemudian masuk ke album "Jalan Terus".

Lagu ini terdengar sangat menyayat hati karena liriknya yang dalam dan pembawaannya yang juga turut memberikan kesan sedih. Inti dari lagu ini adalah tentang perjuangan yang sampai pada titik untuk menyerah. Mungkin kebanyakan orang sering menyuruh kita untuk jangan menyerah tapi dalam sebuah hubungan percintaan, menyerah kadang menjadi solusi terakhir untuk kebaikan bersama, memaksakan sebuah hubungan yang hanya menyakiti kedua belah pihak adalah sebuah hubungan yang harus disudahi. Menyerah dalam sebuah hubungan adalah hal yang sulit tapi berjuang di hubungan yang salah juga tak kalah sulitnya.

3. Dan (Sheila on 7)

Masih dari Sheila on 7, kali ini ada lagu "Dan" yang merupakan ciptaan Eross Candra dan masuk ke album berjudul "Sheila on 7". Album ini merupakan album pertama dari Sheila on 7 dan berhasil masuk dalam daftar 150 Album Indonesia Terbaik Sepanjang Masa yang dibuat oleh majalah Rolling Stone Indonesia. Selain itu lagu "Dan" juga termasuk dalam 150 Lagu Indonesia Terbaik juga oleh majalah Rolling Stone Indonesia. "Dan" berhasil mencatatkan rekor dengan bertahan selama 40 minggu di tangga lagu MTV Ampuh. Ngomongin MTV jadi berasa nostalgia ya...

Lagu "Dan" merupakan permohonan maaf seorang lelaki pada wanita yang ia cintai karena dirinya sudah berbuat kesalahan. Meskipun si lelaki juga masih mencintai si wanita dan akan terluka jika si wanita pergi, tapi si lelaki pasrah jika si wanita ingin meninggalkan dan melupakannya kalau itu memang yang terbaik untuk si wanita.

4. Asal Kau Bahagia (Armada)

"Asal Kau Bahagia" merupakan lagu Armada yang masuk ke album "Maju Terus Pantang Mundur" yang dirilis pada tahun 2017. Lagu berdurasi 4 menit 5 detik ini menceritakan tentang seseorang yang rela melepaskan kekasihnya karena si kekasih belum bisa melupakan mantannya.

5. Harusnya Aku (Armada)

Sama-sama dari Armada tapi uniknya lagu "Harusnya Aku" ini seperti kebalikan dari lagu "Asal Kau Bahagia". Jika di lagu sebelumnya merelakan, kalau di lagu "Harusnya Aku" ini tidak merelakan dan merasa si aku di lagu ini seharusnya yang bersama si wanita bukan orang lain. Kalau kalian pernah ditinggal nikah sama mantan kalian lagu ini sangat cocok untuk kalian, apalagi kalau kalian masih mencintai mantan kalian tersebut, duh galaunya bisa level atas.

Pada akhirnya, ketika orang yang kita sayang bahagia bersama orang lain, pilihannya adalah apakah kalian mau jadi aku di lagu "Asal Kau Bahagia" atau jadi aku di lagu "Harusnya Aku"? Tapi, merelakan atau tidak, yang namanya ditinggalkan pasti menyisakan luka.

6. Kenangan Terindah (Samsons)

Pada masanya, ini adalah lagu kebangsaan untuk para sadboy. "Kenangan Terindah" masuk ke album Samsons yang berjudul "Naluri Lelaki". Lagu berdurasi 4 menit 27 detik ini pernah merajai tangga lagu MTV Ampuh.

Lagu ini tentang seorang yang selalu menyayangi dan setia pada kekasihnya namun sang kekasih malah pergi, ia pun menerima takdir tersebut, ia berpikir mungkin ini yang terbaik untuk semuanya, kini ia hanya bisa menjadikan kekasihnya yang dulu atau sekarang disebut mantan itu sebagai sebuah kenangan terindah yang tentu saja akan sulit dilupakan.

7. Cinta Dalam Hati (Ungu)

Lagu "Cinta Dalam Hati" ini merupakan lagu dari band Ungu yang masuk ke album "Untukmu Selamanya". Album "Untukmu Selamanya" sendiri adalah album studio ke-4 dari Ungu yang dirilis pada tahun 2007.

Video klip "Cinta Dalam Hati" ini memiliki cerita yang cukup unik. Dalam sebuah sesi wawancara, Pasha, selaku vokalis Ungu, pernah mengatakan bahwa konsep video klip lagu ini adalah ada seorang wanita yang tidak bisa hidup di darat, tapi di air. Tetapi uniknya disini adalah wanita yang hidupnya di air jatuh cinta dengan pria yang berada di alam yang berbeda. Ini semakin menegaskan makna lagu ini tentang hubungan yang tak bisa berjalan karena sesuatu perbedaan yang menjadi penghambatnya, namun umumnya semua jenis patah hati bisa relate dengan lagu ini.

8. Pupus (Dewa 19)

"Pupus" adalah lagu andalan Dewa 19 di album "Cintailah Cinta", sebuah album yang dirilis pada tahun 2002 di bawah naungan label Aquarius Musikindo dan menghasilkan penjualan yang cukup baik dengan terjual lebih dari 1 juta kopi.

"Pupus" menceritakan tentang seseorang yang menyimpan perasaan pada orang yang ia cintai, setelah sekian lama menyimpan perasaan tersebut ia baru sadar bahwa orang yang ia cintai tidak membalas cintanya. Sederhananya lagu ini tentang cinta yang bertepuk sebelah tangan.

9. Waktu yang Salah (Fiersa Besari ft. Thantri)

Fiersa Besari adalah musisi Indonesia yang tergolong baru namun karyanya sangat menarik. Selain bermusik, ia juga adalah seorang penulis. Fiersa dikenal dengan kata-kata puitis di karya-karyanya termasuk di lagunya. Dalam lagu "Waktu yang Salah" yang masuk ke album "Tempat Aku Pulang" ini dia berkolaborasi dengan Thantri Sundari. Lagu ini berhasil mendapatkan penghargaan di ajang Billboard Indonesia Music Awards untuk kategori Top Collaboration Song Of The Year.

Lagu ini merupakan kisah rumit antara dua orang dalam sebuah hubungan. "Waktu yang Salah" menceritakan kisah pasangan yang saling mencintai, namun salah satu dari mereka masih terus mengingat kisah masa lalu dengan mantan kekasihnya dan belum mampu move on dari kisah sebelumnya. Mirip makna lagu "Asal Kau Bahagia" dari Armada yang sudah dibahas sebelumnya ya, tapi uniknya karena ini lagu duet cowok dan cewek maka ada dua perspektif di lagu ini. Yang pertama si cowok yang meminta si cewek untuk pergi saja jika belum mampu melupakan mantannya walaupun si cewek sudah bersamanya, sementara si cewek meminta kepada si cowok untuk bersabar dan memberikan waktu agar ia bisa melupakan mantannya.

10. Tetap Dalam Jiwa (Isyana Sarasvati)

Lagu "Tetap Dalam Jiwa" ini merupakan singel kedua dari Isyana Sarasvati. Lagu berdurasi 3 menit 28 detik ini masuk ke albuk "Explore!".

Lagu yang dirilis pada 18 Maret 2015 ini bercerita tentang ratapan seorang wanita yang hubungannya dengan sang kekasih hancur berantakan. Inspirasi dari lagu "Tetap Dalam Jiwa" ternyata datang dari curhatan salah satu teman Isyana. Sudah bertahun-tahun Isyana mengikuti kisah cinta temannya tersebut, tapi suatu hari ia malah mendapat kabar bahwa hubungan mereka putus karena suatu hal. Padahal, sebenernya mereka berdua masih saling mencintai.

11. Apa Salahku (d'Masiv)

Lagu "Apa Salahku" adalah salah satu lagu dari d'Masiv dari album "Perjalanan". Album ini sendiri dirilis pada tahun 2010 melalui Musica Studio's.

Lagu "Apa Salahku" yang berdurasi 4 menit 6 detik ini menceritakan tentang seorang pria yang cintanya selalu dipermainkan pasangannya. Si pasangannya tersebut tidak pernah serius terhadap si pria, ia dengan seenaknya mempermainkan perasaan si pria.

12. Lumpuhkan Ingatanku (Geisha)

"Lumpuhkan Ingatanku" adalah lagu ciptaan Roby Satria yang merupakan gitaris band Geisha. Lagu ini ada di album "Bersinar Terang" yang dirilis pada tahun 2014. Pada saat perilisannya, album ini hanya dijual di seluruh gerai Texas Chicken di Indonesia.

Lagu ini mengisahkan tentang ratapan hati seseorang yang secara semena-mena telah ditinggalkan oleh kekasihnya. Rasa terluka, rasa terabaikan, rasa harga diri yang terendahkan, sangat menyiksa.

13. Rahasia Hati (Element)

Bersama lagu "Maaf dari Surga" dan "Cinta Sejati", lagu ini menjadi lagu andalan di album "Paradoks" yang dirilis pada tahun 2002.

Lagu ini bercerita tentang seseorang yang belum bisa move on dari mantan tercintanya, sehingga merasa sulit untuk jatuh cinta lagi. Sebuah lagu memorable dari Element yang masih enak didengar hingga kini, tapi hati-hati kadar galau yang berlebihnya.

14. Terendap Laraku (Naff)

Lagu "Terendap Laraku" ini masuk ke album self-titled dari Naff yang dirilis pada 2003. Album ini berisi 12 buah lagu dimana lagu "Terendap Laraku" menjadi lagu andalannya.

Makna lagu ini adalah menceritakan tentang seseorang yang mencoba melupakan mantan kekasihnya, tapi seiring berjalannya waktu malah membuat dia semakin teringat. Yang saya suka dari lagu ini adalah liriknya yang mantap, terlebih ini lagu rock-ballad yang entah kenapa selalu terdengar unik di telinga saya, musiknya tidaklah lembut bahkan cenderung keras namun liriknya justru melankolis.

15. Menjaga Hati (Yovie & Nuno)

Album "The Special One" yang menjadikan lagu "Menjaga Hati" ini sebagai lagu andalannya berhasil terjual sebanyak 75 ribu keping CD atau kaset. Dulu lagu ini sempat mencapai angka 2 juta ponsel yang menggunakannya sebagai nada sambung, hmm nada sambung, satu dari banyak hal yang bisa bikin nostalgia ya, sekarang masih ada enggak sih yang berlangganan buat pasang lagu di nada sambung?

Lagu yang berisi tentang kesetiaan ini membuat setiap pendengarnya terbawa perasaan. "Menjaga Hati" adalah lagu tentang seseorang yang tetap setia menjaga perasaannya walaupun sang kekasih sudah pergi meninggalkannya, simpelnya ini tentang orang gagal move on.

16. Selepas Kau Pergi (La Luna)

"Selepas Kau Pergi" bisa dibilang lagu paling populer dari La Luna. Lagu ini masuk ke album "Menanti Pagi" yang dirilis pada tahun 2003 dan merupakan album studio kedua dari La Luna. Ada yang unik dari album "Menanti Pagi" ini. Di kover atau sampul album ini ada sebuah jam yang menunjukkan pukul 23:10 dan jika semua lagu di album ini diputar dari yang pertama sampai yang terakhir pada waktu tersebut maka akan selesai tepat pukul 24:00. Selain itu, rumornya ada sebuah misteri di lagu "Selepas Kau Pergi" ini dimana ada suara semacam gamelan di lagu ini yang tidak sinkron dengan musiknya.

Lagu "Selepas Kau Pergi" merupakan sebuah lagu tentang susahnya melupakan mantan kekasih, lagi-lagi soal gagal move on. Hmmm, sudah berapa lagu ya di daftar ini tentang gagal move on, sesusah itukah untuk move on?

Baca juga: Lagu-Lagu Barat Paling Romantis

17. Pura-Pura Lupa (Mahen)

Petrus Mahendra atau lebih dikenal dengan panggilan Mahen adalah seorang penyanyi kelahiran 17 Desember 1996 asal Jakarta.

Lagu yang dibawakan dengan lirik dan melodi sendu ini menceritakan tentang bagaimana cara untuk seseorang merelakan orang tercinta. Setelah menjalin hubungan yang begitu lama, tiba-tiba dia pergi begitu saja. Saat dalam usaha melupakan semua kenangan indah yang pernah terjadi, dia datang kembali hanya untuk memperlihatkan dia sudah bersama orang lain. Akhirnya, merelakan adalah jalan terakhir.

Itulah tadi daftar lagu-lagu Indonesia tentang patah hati terbaik versi AzizPedia. Mana yang paling cocok menggambarkan perasaan kalian ketika patah hati?

Keywords: lagu patah hati indonesia, makna, dj, ditinggal nikah, dangdut koplo, cover, cowok, cinta bertepuk sebelah tangan, chord, bertempo, lirik, 2020, 2021, 2022, 2023, 2024, terbaik sepanjang masa, rekomendasi, kumpulan, lagu galau, lama, lagu yang cocok, daftar, lagu sedih patah hati indonesia, lagu rock patah hati indonesia, 2000an, 90an, lagu untuk patah hati indonesia, terbaru

Posting Komentar untuk "17 Lagu Indonesia tentang Patah Hati Terbaik"