Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

32 Lagu Barat Paling Romantis

Lagu Barat Paling Romantis.jpg

Lagu-lagu bertemakan percintaan masih menjadi yang paling laris dan diminati banyak orang. Tak sedikit orang yang mengungkapkan rasa cinta dan kasih sayangnya pada orang yang ia cintai lewat sebuah lagu.

Sebuah lagu bisa memberikan kesan romantis entah karena liriknya yang memang indah atau karena pembawaannya yang memang lembut nan syahdu. Bahkan untuk lagu-lagu berbahasa Inggris, kita bisa merasakan nuansa romantisnya walaupun kita tidak paham betul liriknya, ya itu karena pembawaannya serta musik pengiringnya yang memberikan kesan romantisme.

Kali ini saya akan membuat daftar lagu-lagu Barat atau lagu yang berbahasa Inggris paling romantis versi saya pribadi. Buat kalian yang kebetulan sedang mencari lagu Barat romantis semoga bisa menjadi referensi yang berguna.

Berikut 32 Lagu Barat Paling Romantis Versi AzizPedia

1. Can't Help Falling in Love (Elvis Presley)

Saya sebenarnya bukanlah penggemar lagu-lagu klasik, bahkan saya pertama kali mendengar lagu "Can't Help Falling in Love" ini bukanlah versi aslinya dari Elvis Presley melainkan versi remix-nya dari Gustixa. Kemudian saya iseng-iseng mendengarkan versi aslinya dari Elvis yang dirilis tahun 1961. Kok enak ya?

Lagu "Can't Help Falling in Love" ini dirilis pada 1 Oktober 1961 dan masuk dalam album Elvis yang bertajuk "Blue Hawaii". Lagu berdurasi 2 menit 59 detik ini ditulis oleh Hugo Peretti, Luigi Creatore dan George David. Lagu ini juga muncul dalam film Elvis yang berjudul "Blue Hawaii".

"Can't Help Falling in Love" berhasil menduduki posisi 2 di tangga lagu Billboard Hot 100 serta mendapatkan sertifikat platinum di Amerika Serikat dan Britania Raya. Rolling Stone menempatkan lagu ini di posisi ke-5 sebagai lagu Elvis Presley terbaik sepanjang masa sementara itu Billboard memasukkan lagu ini dalam daftar most popular wedding song.

Lagu ini tentang seorang pria yang tak bisa menahan rasa cintanya pada seorang wanita. Ia tidak mau tahu ini itu, pokoknya yang ia tahu kalau ia jatuh cinta pada si wanita dan dia menganggap si wanita adalah jodohnya. Pembawaannya yang kalem membuat kesan romantis lagu ini bertambah apalagi dengan liriknya yang tak kalah romantis.

2. Love Story (Taylor Swift)

"Love Story" adalah lagu yang ditulis dan dibawakan oleh Taylor Swift sebagai lead single di album studio keduanya, "Fearless". Lagu ini dirilis pada 12 September 2008 di bawah naungan label Big Machine.

Lagu "Love Story" sukses secara komersial dengan terjual lebih dari 18 juta kopi di seluruh dunia, menjadikannya masuk dalam jajaran singel terlaris sepanjang masa. Lagu berdurasi 3 menit 57 detik ini berhasil mencapai posisi 4 di Billboard Hot 100 serta berhasil mendapatkan sertifikat 8× platinum di Amerika Serikat, 7× platinum di Australia, 2× platinum di Kanada dan Britania Raya.

Taylor terinspirasi menulis lagu ini saat hubungannya dengan seorang pria dalam keadaan sulit, kabarnya keluarga dan teman Taylor kurang menyetujui hubungan mereka. Karena situasi itulah Taylor mengaitkan hubungannya dengan kisah Romeo dan Juliet. Jadi, lirik lagu "Love Story" adalah tentang penolakan sebuah hubungan dimana Taylor ingin pergi ke sesuatu tempat bersama si pria dimana tidak ada orang lain yang akan mengganggu hubungan mereka. Namun, berbeda dengan kisah Romeo dan Juliet yang berakhir tragis, Taylor membuat kisah di lagu ini menjadi happy ending. Jadi, untuk kalian yang sedang di situasi serupa bisa mendengarkan lagu ini agar menjadi penyemangat agar kalian segera keluar dari situasi sulit tersebut dengan hubungan kalian masih baik-baik saja pada akhirnya.

3. A Thousand Years (Christina Perri)

Untuk kalian yang sudah menonton seri film "Twilight" mungkin tidak terlalu asing dengan lagu ini. Lagu ini menjadi soundtrack di film "The Twilight Saga: Breaking Dawn – Part 1". "A Thousand Years" dibawakan oleh Christina Perri dimana Christina juga yang menulis lagu ini bersama David Hodges. Lagu ini mendapatkan sertifikat 9× platinum di Amerika Serikat sementara video klipnya sudah ditonton lebih dari 1,7 miliar kali dan mendapatkan lebih dari 10 juta like di YouTube, membuatnya masuk dalam 90 video paling banyak ditonton di situs berbagi video tersebut.

Lagu ini memang sebuah lagu yang romantis karena liriknya yang bikin baper parah. "A Thousand Years" menceritakan tentang sebuah cinta abadi. Memang sangat pas dengan film "Twilight" itu sendiri yang menceritakan kisah cinta vampir, sebuah makhluk yang bisa dibilang hidup abadi.

4. I Like You So Much, You’ll Know It (Ysabelle Cuevas)

Lagu ini aslinya berjudul "How Much I Like You, You Would Know" dan dinyanyikan dalam Bahasa Mandarin oleh Wang Junqi untuk serial "A Love So Beautiful". Kemudian seorang youtuber cover asal Filipina bernama Ysabelle Cuevas menyanyikan ulang lagu ini dalam Bahasa Inggris.

Ysabelle sendiri bukanlah orang baru di YouTube, Perempuan kelahiran 2 September 1996 itu pertama kali membuka channel YouTube tahun 2010, Sementara itu video pertama yang ia bawakan adalah lagu "Safe & Sound" dari Taylor Swift & The Civil Wars.

Versi Mandarinnya sebenarnya juga cukup enak didengar, tapi dengan Bahasa Inggris lagu ini terdengar lebih romantis karena saya sedikit bisa paham makna lagunya. "I Like You So Much, You’ll Know It" bercerita tentang seseorang, lebih tepatnya seorang perempuan, yang sedang jatuh cinta. Lagu ini cocok untuk kalian para perempuan yang sedang kasmaran apalagi di masa-masa SMA karena liriknya terdengar sangat teenager banget.

5. All of Me (John Legend)

"All of Me" adalah sebuah hit dari penyanyi asal Amerika Serikat, John Legend. Lagu ini masuk ke album "Love in the Future" yang dirilis pada tahun 2013. Pada pekan terakhir di Mei 2014, lagu yang ditulis oleh John Stephens dan Toby Gad ini berhasil merajai tangga lagu Billboard Hot 100, menjadi lagu pertama John yang mencapai posisi tersebut. Lagu ini juga merajai tangga lagu di Australia, Kanada, Irlandia, Portugal, Swedia, Swiss dan Belanda. "All of Me" menjadi lagu terlaris kedua di Amerika Serikat pada tahun 2014 dengan penjualan mencapai 4,67 juta kopi.

Lagu ini dipersembahkan oleh John untuk istrinya, Chrissy Teigen. Video klip "All of Me" sendiri dibintangi John dan Chrissy dimana video tersebut diambil beberapa hari sebelum pernikahan mereka. Video diakhiri dengan rekaman asli pernikahan mereka di Lake Como, Itali. Video klip tersebut disutradarai oleh Nabil Elderkin, Elderkin sendiri adalah orang yang memperkenalkan mereka satu sama lain. Terhitung sampai September 2020, video klip "All of Me" di YouTube sudah ditonton lebih dari 1,7 miliar kali.

6. My Heart Will Go On (Celine Dion)

Rasanya tak perlu diperdebatkan lagi bagaimana romantisnya lagu ini. Suara merdu Celine Dion, musik syahdu, lirik yang indah ditambah lagu ini menjadi soundtrack film "Titanic", salah satu film romance terbesar baik itu dari biaya produksi, pendapatan dan bagaimana populernya film tersebut.

Lagu ini dirilis pada 24 Desember 1997. "My Heart Will Go On" menjadi hit di seluruh dunia, memuncaki tangga lagu di 12 negara termasuk di Amerika Serikat dan Britania Raya. Penjualannya sendiri diperkirakan mencapai 18 juta kopi di seluruh dunia, menjadi lagu dari penyanyi perempuan terlaris kedua sepanjang sejarah. "My Heart Will Go On" memenangkan penghargaan Best Original Song di Academy Award dan mendominasi Grammy Awards dengan memenangkan empat kategori.

7. Ordinary World (Green Day)

Lagu "Ordinary World" dari Green Day ini masuk ke album "Revolution Radio". Lagu ini menjadi soundtrack di film yang juga berjudul "Ordinary World" dan dibintangi oleh Billie Joe Armstrong, vokalis Green Day. Saya baru tahu Billie pernah bermain film saat mencari tahu soal lagu ini.

Sebenarnya makna lagu ini sendiri sulit dijelaskan atau mungkin setiap orang bisa membuat makna lagu ini menurut perspektif mereka masing-masing. Tapi, jika melihat filmnya, lagu ini seperti menceritakan tentang karakter yang dimainkan Billie yakni Perry Miller. Film "Ordinary World" sendiri seperti menceritakan dunia alternatif dimana Green Day tidak sukses dan Billie menjalani kehidupan biasa, pekerjaan biasa, semua serba biasa tapi ia bahagia dengan itu.

Kenapa saya masukkan lagu ini ke dalam daftar lagu yang paling romantis?

Lagu ini bukanlah lagu Green Day seperti biasanya dimana musiknya keras dengan suara rock khas Billie, "Ordinary World" hanya diiringi permainan gitar yang easy listening dan Billie bernyanyi dengan sangat santai. Kaget juga Green Day punya lagu seperti ini.

"Baby, I don't have much
But what we have is more than enough
Ordinary world
"

Di atas adalah bagian lirik yang saya suka dari lagu ini dan juga membuat lagu ini bisa terlihat romantis. Ini seperti ungkapan kepada pasangan kita untuk menerima keadaan dan hidup dengan sederhana apa adanya. Tak perlu yang mewah-mewah, apa yang kita punya bisa memberikan kebahagian asalkan kita mensyukurinya.

8. Last Night on Earth (Green Day)

Masih dari Green Day, kali ini ada lagu "Last Night on Earth" dari album "21st Century Breakdown". Lagu berdurasi 3 menit 56 detik ini ditulis oleh Billie untuk istrinya. Ini adalah lagu yang liriknya layaknya puisi sebagai ungkapan hati Billie pada sang istri.

"'Last Night On Earth' is a love song I wrote for my wife. I wrote it on piano and then sang it. It’s one of those things where it’s only directed toward one person, like an intimate moment", ucap Billie Joe Armstrong ketika diwawancarai majalah Billboard.

Musisi-musisi yang biasanya jarang mengeluarkan lagu cinta, sekalinya mau bikin lagu romantis emang enggak ada obat.

9. Perfect (Ed Sheeran)

"Perfect" adalah lagu Ed Sheeran yang masuk ke album studio ketiganya, "÷" (dibaca divide). Lagu ini berhasil merajai tangga lagu UK Singles, Billboard Hot 100 dan juga di 16 negara lainnya diantaranya Australia, Kanada, Irlandia serta Selandia Baru. "Perfect" mendapatkan sertifikat diamond di Amerika Serikat serta platinum dan multi-platinum di 11 negara.

"Perfect" menceritakan tentang indahnya kisah cinta masa remaja atau cinta monyet yang kandas karena sebuah alasan. Kemudian, suatu hari mereka dipertemukan kembali untuk kesempatan kedua dan kali ini mereka serius dengan hubungannya.

Pada Agustus 2020, video klip "Perfect" sudah ditonton sekitar 2,5 miliar kali di YouTube, menjadikannya video ke-31 paling banyak ditonton di situs berbagi video tersebut. Lagu ini dinominasikan untuk kategori Song of the Year, Best Pop Video dan Best Direction di ajang MTV Video Music Awards.

10. I'm Yours (Jason Mraz)

"I'm Yours" adalah lagu dari Jason Mraz yang dirilis pada tahun 2008 sebagai singel pertama di album studio ketiganya, "We Sing. We Dance. We Steal Things." Lagu ini masuk nominasi Grammy Awards di kategori Song of the Year dan Best Male Pop Vocal Performance. "I'm Yours" bertahan di tangga lagu Billboard Hot 100 selama 76 pekan, menjadi rekor untuk saat itu sebelum akhirnya dipecahkan oleh "Radioactive"-nya Imagine Dragons yang berhasil bertahan selama 87 pekan.

Lagu "I'm Yours" ini sederhananya tentang seseorang yang sedang jatuh cinta dan ia meyakinkan pada orang ia cintai kalau hidup ini singkat dan hanya sekali jadi jangan kelamaan menunggu dan mencari cinta, ini aku, aku milikmu.

11. One Call Away (Charlie Puth)

"One Call Away" menjadi singel kedua di debut album studio Charlie Puth yang berjudul "Nine Track Mind". Lagu berdurasi 3 menit 12 detik ini berhasil mencapai posisi 12 di Billboard Hot 100, menjadi lagu ketiga dari Charlie yang masuk ke 40 besar di Billboard Hot 100. Lagu ini juga mendapatkan sertifikat platinum dan multi-platinum di 9 negara termasuk Britania Raya, Amerika Serikat dan Australia.

"One Call Away" tentang seseorang yang akan selalu ada untuk orang yang ia cintai, cukup satu panggilan maka ia akan datang menghibur, menjadi teman ngobrol, membantu mengatasi masalah dan menghilangkan kesedihannya.

12. Just the Way You Are (Bruno Mars)

"Just the Way You Are" merupakan debut singel solo Bruno Mars dan masuk ke album studio pertamanya, "Doo-Wops & Hooligans". Lagu ini memenangkan penghargaan Best Male Pop Vocal Performance di Grammy Awards. Lagu ini berhasil merajai tangga lagu Billboard Hot 100 dan juga di 9 negara lainnya. Lagu yang dirilis pada tahun 2010 ini mendapatkan sertifikat 12× platinum di Amerika Serikat, 7× platinum di Australia dan 6× platinum di Kanada. "Just the Way You Are" menjadi lagu dengan penjualan digital terlaris pada 2011, total penjualannya mencapai lebih dari 12,5 juta kopi.

Video klip "Just the Way You Are" disutradarai oleh Ethan Lader dan dirilis pada 8 September 2010. Video klipnya dibintangi aktris kelahiran Australia, Nathalie Kelley. Sampai Juli 2020, video klipnya sudah ditonton lebih dari 1,5 miliar kali di YouTube.

"Just the Way You Are" merupakan lagu pujian untuk kecantikan wanita. Lelaki jika sudah jatuh cinta pada wanita, akan mengabaikan kekurangan si wanita dan si wanita akan selalu terlihat cantik di matanya. Sebenarnya cantik itu relatif, pandangan setiap lelaki itu berbeda-beda, termasuk definisi cantik itu sendiri, jadi untuk kalian para wanita, seperti judul lagu ini, just the way you are, jadilah diri kalian sendiri, yakinlah kalian itu cantik di mata lelaki yang benar-benar tulus mencintai kalian.

13. It Will Rain (Bruno Mars)

Masih dari Bruno Mars, kali ini ada lagu "It Will Rain". Sama seperti lagu "A Thousand Years" dari Christina Perri yang sudah dibahas sebelumnya, lagu ini juga menjadi soundtrack film "The Twilight Saga: Breaking Dawn – Part 1". Bruno sendiri terinspirasi menulis lirik lagu ini setelah menyaksikan versi awal dari filmnya.

Lagu ini bercerita tentang rasa sakit yang diderita setelah ditinggalkan sang kekasih. Lirik lagu ini seperti mati-matian menunjukkan rasa sakit tersebut. Ini terdengar seperti lagu patah hati alih-alih romantis, tapi sebenarnya sudut pandang di lagu ini diambil dari orang yang belum berpisah, ia hanya mengandaikan bagaimana rasa sakit dan hancur hidupnya jika ditinggalkan sang kekasih. Jadi, ini terbilang romantis karena orang yang diceritakan dalam lagu ini benar-benar membutuhkan pasangannya dan tak mau kehilangannya.

14. Nothing's Gonna Change My Love for You (George Benson/Glenn Medeiros/Westlife)

Ini adalah lagu legendaris yang sudah melintasi zaman yang berbeda namun tetap saja kesan romantisnya masih terasa. Lagu ini awalnya dibawakan oleh George Benson dan masuk ke albumnya yang berjudul "20/20". Versi George dirilis pada 1985, dua tahun kemudian pada 1987, Glenn Medeiros men-cover lagu ini lalu versi Glenn menjadi hit di seluruh dunia. Jika kalian ingin mendengarkan versi yang lebih modern bisa mendengarkan versi Westlife, versi Westlife lebih cocok untuk telinga orang zaman sekarang, kecuali kamu memang penyuka berat lagu-lagu klasik pasti lebih suka yang versi George Benson atau Glenn Medeiros.

15. A Thousand Miles (Vanessa Carlton)

"A Thousand Miles" adalah debut singel dari Vanessa Carlton dan menjadi singel utama di album "Be Not Nobody" yang dirilis pada 2002. Ini adalah lagu yang membawa Vanessa pada kepopuleran, lagu ini menjadi salah satu yang terpopuler di tahun rilisnya. Lagu ini juga menjadi lagu satu-satunya dari Vanessa yang masuk 10 besar di Billboard Hot 100. Lagu berdurasi 4 menit ini menjadi nominasi dalam kategori Record of the Year, Song of the Year dan Best Instrumental Arrangement Accompanying Vocalist(s).

Vanessa mengatakan kalau "A Thousand Miles" adalah sebuah lagu tentang cinta yang hilang, tetapi ia tidak mengatakan pastinya tentang siapa lagu ini. Menariknya lagu ini sempat populer di kalangan tentara Amerika Serikat yang sedang bertugas di Irak dan pada April 2003, Chicago Sun-Times melaporkan kalau lagu ini menjadi lagu yang paling banyak di-request di radio British Forces Broadcasting Service Middle East, sebuah stasiun radio yang dikhususkan untuk para tentara Britania Raya. Lagu ini memang seperti ungkapan kerinduan para tentara untuk orang yang mereka cintai di rumah tanpa kepastian apakah mereka bisa bertemu kembali atau tidak.

16. Unconditionally (Katy Perry)

"Unconditionally" merupakan singel kedua di album studio keempat Katy Perry, "Prism". "Unconditionally" adalah lagu favorit Katy di album tersebut. Lagu ini dirilis pada 16 Oktober 2013. Lagu berdurasi 3 menit 48 detik ini mendapatkan sertifikat 2× platinum di Amerika Serikat serta platinum di Venezuela, Norwegia, Kanada, Australia, Itali dan Norwegia.

"Unconditionally" adalah sebuah lagu tentang cinta tak bersyarat dan menerima apa adanya pasangan kita. Katy terinspirasi menulis lagu ini saat melakukan perjalanan ke Madagaskar dalam rangka kerja samanya dengan UNICEF, disana ia melihat anak-anak bermain dan bersuka cita bersama, tanpa hal-hal yang mewah atau semacamnya, saat itu Katy seperti melihat cinta yang benar-benar murni.

17. Marry Your Daughter (Brian McKnight)

Tak perlu dipertanyakan lagi ini tentang lagu apa, "Marry Your Daughter" seperti judulnya merupakan ungkapan seorang pria kepada ayah kekasihnya bahwa ia akan menikahi kekasihnya tersebut. Liriknya memang terdengar romantis apalagi kalau kalian cewek yang sebentar lagi akan dinikahi pasangan kalian, mendengarkan lagu ini akan membuat kalian melayang.

18. Wonderful Tonight (Eric Clapton)

Lagu klasik lainnya yang ada di daftar ini. "Wonderful Tonight" dibawakan oleh Eric Clapton, dirilis pada November 1977 dan masuk ke album Eric yang berjudul "Slowhand". Lagu ini sempat menduduki posisi 16 di Billboard Hot 100.

Lagu Wonderful Tonight menceritakan tentang kekaguman Eric terhadap kekasihnya, Pattie Boyd. Lagu ini dibuat ketika dia sedang menunggu Pattie yang bersiap untuk pergi ke suatu acara. Kecantikan Pattie membuatnya bangga sekaligus percaya diri untuk datang ke acara tersebut.

19. If You're Not the One (Daniel Bedingfield)

"If You're Not the One" adalah sebuah lagu dari penyanyi asal Inggris, Daniel Bedingfield. Lagu ini dirilis pada 25 November 2002 sebagai singel ketiga di album "Gotta Get Thru This" yang merupakan debut album Daniel. Lagu yang ditulis Daniel sendiri ini berhasil masuk ke 20 besar tangga lagu di beberapa negara termasuk Amerika Serikat dan Britania Raya. Lagu berdurasi 4 menit 19 detik ini juga berhasil mendapatkan sertifikat platinum di Norwegia dan Britania Raya serta sertifikat gold di Australia dan Denmark.

Daniel menulis lagu ini karena terinspirasi dengan lagu-lagunya Westlife, bahkan ia awalnya tak ingin memasukkan lagu ini ke albumnya karena lagu ini terlalu terdengar seperti lagu Westlife. Tapi, Natasha Bedingfield, saudara perempuannya Daniel, menyukai lagu ini, ia berpikir para wanita akan menyukai lagu ini.

20. Iris (Goo Goo Dolls)

"Iris" aslinya dibuat untuk menjadi soundtrack film "City of Angels" yang dirilis pada tahun 1998. Lagu ini kemudian disertakan dalam album milik Goo Goo Dolls, "Dizzy Up the Girl". Lagu yang ditulis oleh John Rzeznik ini sangat berkontribusi besar pada kesuksesan Goo Goo Dolls. Lagu ini mencapai posisi satu di chart di Australia, Kanada dan Itali, posisi tiga di Britania Raya serta posisi sembilan di Amerika Serikat. "Iris" menjadi lagu Irlandia terlaris sepanjang masa, mendapatkan sertifikat 4× platinum di Amerika Serikat serta masuk dalam daftar 100 greatest pop songs yang dibuat oleh majalah Rolling Stone.

Untuk lebih memahami makna lagu ini kalian harus menonton film "City of Angels" terlebih dahulu. "City of Angels" sendiri menceritakan tentang seorang malaikat yang rela melepas kehidupan abadinya untuk bisa hidup bersama seorang wanita yang ia cintai. Judulnya pun cukup mengundang pertanyaan, apa itu Iris? Ada yang bilang judul Iris diambil dari nama seorang dewi pembawa pesan dalam kepercayaan Yunani. Tapi, bisa juga diambil dari nama bunga berwarna biru keunguan, perlambang kelahiran di bulan Februari yang berarti kesejahteraan dan cinta. Tapi, ada juga kabar kalau judul lagu ini diambil dari nama seorang penyanyi bernama Iris DeMent. Nama Iris DeMent sendiri diketahui sang penulis, John Rzeznik, saat ia membaca majalah LA Weekly.

"Iris" memiliki permainan gitar yang khas, orang-orang bahkan meperdebatkan kunci apa yang dipakai John dalam lagu ini karena sekalipun mereka mencobanya, suaranya tidak sama persis seperti di lagu "Iris". Dalam sebuah wawancara, John mengaku bahwa ia mematahkan dua senar pada gitarnya, kemudian mencoba memainkan nada, dan terciptalah lagu Iris.

21. Fall for You (Secondhand Serenade)

"Fall for You" merupakan singel pertama di album studio kedua Secondhand Serenade, "Twist in My Story". Lagu ini dirilis dalam format digital download pada 21 Januari 2008 dan berhasil mendapatkan 2× platinum di Amerika Serikat.

Lagu ini ditulis oleh John Vesely, anggota satu-satunya Secondhand Serenade (ini band tapi personelnya cuma satu). Dia mendapat inspirasi untuk membuat lagu ini saat dia berlatih dengan pianonya. Lagu ini cukup mudah untuk ditulis karena sebenarnya lagi ini bercerita tentang apa yang terjadi di kehidupan pribadinya selama ini. Dia bercerita bahwa lagu ini tentang hubungan yang semakin memburuk dan sekarang telah berada pada titik tertentu yang sudah sangat sulit untuk diselamatkan, namun pada akhirnya ia menyadari bahwa ia sangat mencintai sang kekasih. Pesan yang bisa kita ambil dari lagu ini adalah kita harus menghargai apa yang menjadi milik kita karena kita baru akan menyesal setelah apa yang dulunya menjadi milik kita, sekarang tidak lagi bersama kita. Penyesalannya akan semakin dalam jika penyebab kepergiannya karena kesalahan bodoh yang kita lakukan sendiri.

22. Awake (Secondhand Serenade)

Lagu "Awake" ini merupakan lagu kedelapan di album yang juga berjudul "Awake" dimana album tersebut merupakan debut album studio Secondhand Serenade. Lagu ini tentang seseorang yang sangat mencintai kekasihnya dan meminta si kekasihnya untuk tetap bersama dengannya selamanya, lagu yang cocok diberikan pada pasangan kalian untuk menunjukkan betapa kalian mencintainya.

23. Always (Bon Jovi)

"Always" adalah lagu dari band rock Bon Jovi yang masuk dalam album "Cross Road". Lagu ini menjadi salah satu lagu terlaris dari Bon Jovi dengan penjualan yang mencapai 1 juta kopi di Amerika Serikat dan lebih dari 3 juta kopi di seluruh dunia. Lagu ini berhasil mencapai posisi empat di Billboard Hot 100 dan menjadi hit di seluruh dunia dengan memuncaki tangga lagu di Belgia, Kanada, Irlandia dan Swiss, posisi kedua di Australia dan Britania Raya serta posisi empat di Jerman.

"Always" awalnya ditulis oleh Jon Bon Jovi untuk film "Romeo Is Bleeding" tapi setelah ia menyaksikan preview screening film tersebut dan merasa kecewa, ia membatalkan niatnya tersebut. Ia kemudian membiarkan lagunya dan tak merilisnya sampai seorang teman Jon bernama John Kalodner menemukan lagu itu dan meyakinkannya untuk memproduksi dan merilis lagu tersebut.

Lagu ini tentang seorang pria yang menyesal telah menyia-nyiakan kekasihnya. "Always" ditulis dengan lirik yang sangat puitis nan romantis.

24. Total Eclipse of the Heart (Bonnie Tyler/Westlife)

"Total Eclipse of the Heart" pertama kali dibawakan oleh penyanyi asal Wales, Bonnie Tyler. Lagu ini masuk ke album studio kelima Bonnie, "Faster Than the Speed of Night". Lagu yang dirilis pada 19 Februari 1983 ini berhasil masuk nominasi di kategori Best Female Pop Vocal Performance pada ajang Grammy Awards. Versi Bonnie ini terjual sebanyak 6 juta kopi di seluruh dunia.

Bagi saya pribadi, saya lebih suka "Total Eclipse of the Heart" veris Westlife yang dirilis tahun 2007. Terdengar lebih modern tapi kesan romantisnya tetap ada.

25. Spectrum [Versi Akustik] (Zedd ft. Matthew Koma)

Lagu ini memang bergenre EDM dan kalian mungkin akan sulit menangkap kesan romantisnya karena kalian akan lebih fokus ke musiknya tapi beda lagi untuk versi akustik dari lagu ini. Lagu ini tentang dua orang yang saling cinta tapi tidak disetujui atau mendapat restu dari semua pihak. Namun mereka berusaha untuk menciptakan "tempat aman" mereka sendiri, dengan tidak memedulikannya.

Lagu "Spectrum" ini merupakan singel kedua di album "Clarity" yang merupakan debut album studio dari Zedd.

26. Chasing Cars (Snow Patrol)

Lagu "Chasing Cars" mulai mendapatkan ketenaran setelah muncul dalam musim terakhir serial televisi Grey's Anatomy pada 15 Mei 2006. Lagu ini masuk pada album "Eyes Open" dan menjadi lagu terlaris dari Snow Patrol. "Chasing Cars" juga menjadi nominasi sebagai Best Rock Song pada ajang Grammy Awards.

Lagu ini ditulis oleh Gary Lightbody, sang vokalis Snow Patrol, untuk wanita yang membuatnya tergila-gila.

27. Heaven (Bryan Adams)

Lagu ini merupakan soundtrack dari film "A Night in Heaven" dan kemudian masuk ke album Bryan Adams berjudul "Reckless" yang dirilis pada tahun 1984. Lagu ini berhasil merajai Billboard Hot 100 pada Juni 1985, satu setengah tahun setelah pertama kali lagu ini diperdengarkan.

Saya tidak hidup di era 80-an tapi mendengar lagu ini rasanya seperti saya pernah hidup di masa tersebut dan sedang mengenangnya sekarang. Lagu "Heaven" sendiri bercerita tentang bahagianya seseorang ketika bersama kekasihnya, ia merasa seperti di surga, ini hanya perumpamaan ya, karena kita semua belum pernah merasakan surga itu seperti apa.

28. Halo (Beyonce)

"Halo" merupakan lagu dari Beyonce yang masuk ke album "I Am... Sasha Fierce". Lagu ini menjadi nominasi di kategori Record of the Year serta menjadi pemenang di kategori Best Female Pop Vocal Performance pada ajang Grammy Awards. Lagu yang diciptakan oleh Ryan Tedder, Evan Bogart dan Beyonce ini juga terpilih sebagai Best Song pada MTV Europe Music Awards. "Halo" berhasil merajai tangga lagu di Brazil, Norwegia dan Slovakia serta mencapai lima besar di Australia, Jerman, Irlandia, Itali, Selandia Baru, Swiss, Britania Raya dan Amerika Serikat.

Lagu ini tentang seseorang yang baru sembuh dari patah hati, yang mencoba untuk tak terluka lagi dengan menghindari jatuh cinta dengan siapapun. Ia menerapkan disiplin hati beberapa lama, hingga suatu hari, cinta itu tetap mengusiknya juga. Tak bisa ia bendung, tak mampu ia cegah.

29. Make You Feel My Love (Bob Dylan/Adele)

"Make You Feel My Love" pernah dibawakan oleh Bob Dylan dan Adele, tentu saja versi Bob Dylan keluar lebih dulu. Sebenarnya bahkan sebelum Bob, lagu ini pertama kali dibawakan oleh Billy Joel namun dengan judul "To Make You Feel My Love".

Untuk versi Bob dirilis pada tahun 1997 dan masuk ke album "Time Out of Mind". Sementara versi Adele keluar pada tahun 2008 dan masuk ke debut album studio Adele, "19". Versi Adele mendapatkan sertifikat 3× platinum di Britania Raya. Mana yang lebih bagus? Tidak ada jawaban mutlak untuk ini, semua kembali ke selera. Tapi, kalau saya lebih suka mendengarkan versi Adele.

Lagu "Make You Feel My Love" menceritakan tentang seseorang yang rela berkorban apa saja untuk orang yang ia cinta agar orang yang ia cintai tahu bahwa dia benar-benar mencintainya.

30. You & I (One Direction)

"You & I" diciptakan oleh Julian Bunetta, John Ryan dan Jamie Scott. Lagu ini masuk ke album studio ketiga One Direction, "Midnight Memories". Lagu berdurasi 3 menit 58 detik ini mendapatkan sertifikat platinum di Meksiko, Denmark, Kanada dan Australia. Video klip "You & I" mendapatkan penghargaan British Video Award di Brit Awards.

Lagu ini tentang sebuah hubungan dimana dalam hubungan tersebut terdapat banyak rintangan termasuk perbedaan diantara mereka, banyak lirik tentang kata berlawanan dalam lagu ini seperti day (siang) dan night (malam), silence (diam) dan sound (suara), up (naik) dan down (turun), black (hitam) dan white (putih), wrong (salah) dan right (benar), ini menunjukkan perbedaan diantara mereka menjadi penghalang yang sukar untuk dihadapi. Bahkan orang-orang sebelum mereka menyerah dalam situasi seperti ini, tapi dua orang dalam hubungan ini berjanji mereka akan berjuang dan tidak akan berakhir seperti orang-orang sebelumnya yang mengalami masalah serupa.

31. 1000× (Jarryd James ft. Broods)

"1000×" (dibaca a thousand times) adalah lagu dari penyanyi asal Australia Jarryd James berkolaborasi dengan grup pop asal Selandia Baru, Broods. Lagu berdurasi 4 menit ini dirilis pada 17 Juni 2016.

"1000×" diciptakan oleh Jarryd James dan menceritakan tentang sepasang kekasih yang saling mencintai dan berharap cinta mereka akan bertahan sampai di kehidupan berikutnya. Kalau dipahami liriknya, lagu ini cocok dinyanyikan saat pernikahan karena liriknya sangat romantis.

32. Make You Mine (PUBLIC)

Lagu ini sebenarnya sudah dirilis sejak 2014 namun semakin dikenal luas semenjak viral di TikTok. menurut vokalis dari PUBLIC, lagu ini bermakna tentang pentingnya melakukan hal-hal kecil dalam sebuah hubungan yang menjadi sangat penting untuk keintiman sebuah hubungan. Tatapan, senyuman, tawa dan berpegangan tangan adalah hal yang harus sering dilakukan agar bisa lebih dekat dengan orang yang dicintai dan untuk saling memahami satu sama lain. Dan dalam lirik "Make You Mine" ini juga menceritakan tentang perjuangannya dalam menaklukan hati seseorang itu, dia akan mencoba lagi dan lagi sampai orang yang ia cintai jadi miliknya.

Itulah tadi daftar lagu-lagu barat paling romantis, versi AzizPedia. Apa ada lagu favorit kalian dalam daftar di atas? Atau kalian tahu lagu barat romantis lainnya yang belum masuk daftar, silakan tulis di kolom komentar ya!

Keywords: Need Update, lagu paling romantis buat pacar, barat, sedunia, lirik, untuk kekasih, untuk anniversary, untuk pernikahan, buat istri, indonesia, tahun 80'an bikin baper, lagu inggris paling romantis dan artinya, barat sepanjang masa

Posting Komentar untuk "32 Lagu Barat Paling Romantis"