Pocket Build, Salah Satu Game Building Terbaik di Android

Pocket Build adalah sebuah game building di Android yang akan memberikan kebebasan mengeksplorasi kreativitas kita untuk membangun dunia kita sendiri.
Pocket Build, Salah Satu Game Building Terbaik di Android.jpg

Berbicara soal game city building di Android memang game jenis ini banyak bertebaran di Play Store, sayangnya beberapa hanya menjadi duplikat game city building lainnya tanpa perbedaan yang signifikan. "SimCity BuildIt" mungkin adalah game city building yang paling populer dan disebut-sebut sebagai yang terbaik untuk saat ini. Tak heran, "SimCity" adalah judul ternama di ranah game city building, game ini sudah punya modal nama besar sebelum tersedia di Android. Tapi, disamping "SimCity BuildIt" yang dianggap banyak orang sebagai game city building terbaik di Android, ada "Pocket Build" yang saya rasa merupakan game underrated yang layak diperhitungkan.

"Pocket Build" yang di Play Store memiliki judul lengkap "Pocket Build - Unlimited sandbox building game" ini adalah sebuah game berjenis sandbox dan bisa juga disebut game open-world yang dikembangkan oleh MoonBear. Game ini juga bisa disebut game city building layaknya "SimCity BuildIt" karena kita memang bisa membuat kota di "Pocket Build". Tapi, di "Pocket Build" lebih kompleks lagi, jika di "SimCity BuildIt" hanya membangun sebuah kota, sementara di "Pocket Build" lebih tepatnya kita membangun dunia kita sendiri.

"Pocket Build" merupakan sebuah game yang bisa kalian download secara gratis di Play Store untuk Android. Game ini juga tersedia di perangkat iOS. "Pocket Build" dirilis pada 1 November 2017 tapi jika melihat tanggal rilisnya di Play Store, game ini tersedia di Play Store sejak tanggal 17 November 2017. Setelah lebih dari 3 tahun sejak perilisannya, game ini sudah di-download sebanyak 1 juta kali di Play Store dan mendapatkan rating 4,5/5 dari sekitar 74 ribu ulasan.

Di "Pocket Build" kita akan membuat sebuah dunia sesuai keinginan kita. Bukan hanya sebatas kota seperti di "SimCity BuildIt", di "Pocket Build" kita bisa mengatur berbagai hal yang jauh lebih kompleks. "Pocket Build" memiliki banyak item yang bisa kalian gunakan untuk mewujudkan imajinasi kalian dalam membuat sebuah dunia yang ingin kalian tinggali. Sejauh ini, "Pocket Build" adalah game bertemakan building dengan item terbanyak yang pernah saya mainkan di Android, baik itu bangunan, tumbuhan sampai karakter manusianya. Item-item di "Pocket Build" juga memiliki unsur fantasi dengan adanya naga, penyihir, menara penyihir dan lain-lain.

Game ini memiliki dua mode yakni mode Sandbox dan mode normal. Di mode normal kita diharuskan mengumpulkan dulu resource (kayu, makanan, batu) jika ingin membangun sesuatu sementara di mode Sandbox kita diberi kebebasan lebih untuk berimajinasi karena kita tak memerlukan resource ketika ingin membangun sesuatu. Mode Sandbox memang sangat cocok untuk kalian yang ingin menguji kreativitas kalian karena kalian tidak akan terganggu dengan keharusan mengumpulkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat sebuah bangunan atau item. Game ini sepertinya tahu kalau kita kadang bermain game building untuk bersenang-senang dan menguji kreativitas kita bukan untuk bersaing dengan pemain lain, game building lain kadang mengabaikan hal ini termasuk "SimCity BuildIt". Di "SimCity BuildIt" jika kita ingin kreativitas kita tersalurkan secara penuh dalam membangun kota, maka kita direkomendasikan menggunakan cheat agar kreativitas kita tidak terhalangi oleh sistem game yang sengaja dibuat untuk kompetitif. "Pocket Build" tidak seperti itu, kalian akan diberi kebebasan lebih untuk mengeksplorasi kreativitas dan imajinasi kalian.

Tampilan game ini akan mengingatkan kalian pada tampilan game "Minecraft". Kalau soal grafis memang harus diakui "Pocket Build" bukan yang terbaik tapi juga bukan berarti buruk. Grafis "Pocket Build" punya keindahan tersendiri, apalagi disini ada mode siang dan malam. Saat mode malam kalian akan melihat tampilan game ini lebih indah. Untuk grafis, kalian bisa sesuaikan dengan kemampuan ponsel Android kalian, kalau ponsel Android kalian dirasa kuat maka kalian bisa menggunakan grafis rata kanan. Tapi, "Pocket Build" sebenarnya tidak membutuhkan spesifikasi smartphone Android kelas atas, ponsel di kisaran harga 2 jutaan sudah bisa memainkan game ini dengan kualitas grafis terbaik, meskipun agak bikin ponsel hangat dan bisa tersendat-sendat jika dunia yang kalian bangun sudah luas dan memiliki banyak item.

"Pocket Build" juga punya mode tampilan first-person dimana kita akan melihat tampilan dari sudut pandang salah satu karakter yang kita pilih. Adanya mode ini membuat kita bisa menikmati dunia yang kita buat secara lebih nyata. Kita bisa berjalan-jalan di dunia buatan kita sendiri.

Musik "Pocket Build" juga cukup terdengar khas dan ikonik. Musik yang easy listening selaras dengan game ini yang menyuguhkan kita permainan yang santai dan menenangkan. Pemilihan musiknya benar-benar pas dengan nuansa yang diberikan game itu sendiri.

Game ini bisa dimainkan secara offline maupun online. Di mode online kalian bisa melihat dunia yang dibuat pemain lain dan juga kalian bisa menyimpan data dunia yang kalian buat di akun "Pocket Build" kalian, jadi kalian tidak akan kehilangan dunia yang kalian buat meskipun kalian berganti ponsel, tinggal masuk lagi saja ke akun "Pocket Build" kalian di ponsel baru kalian. Tenang saja, di mode online game ini tidak menampilkan iklan sama sekali.

Pihak pengembang sepertinya akan terus memberikan update untuk game ini bahkan di dalam game ada menu yang menjelaskan fitur apa saja yang kemungkinan tersedia untuk kedepannya di game ini. Untuk saat ini, pihak developer sedang mengembangkan fitur multiplayer dimana kita bisa bermain bersama pemain lain di satu dunia yang sama. Fitur atau item yang sudah masuk dalam rencana pengembangan game ini adalah item binatang laut, kendaraan, kereta, fitur cuaca, fitur memasuki bangunan, fitur pertarungan dan perang serta zombie apocalypse. Pihak developer sepertinya cukup percaya diri dengan game ini dan tentu saja kita sebagai pemain juga sudah tidak sabar menunggu semua update terdebut terealisasi meskipun tentu saja kita harus menunggu untuk waktu yang tidak sebentar hingga semua fitur yang sudah disebutkan di atas tersedia.

Jika kalian suka game ini, kalian bisa mendukung pihak developer untuk terus mengembangkan "Pocket Build" dengan cara berlangganan fitur premium di game ini seharga Rp15 ribu per minggu, Rp46 ribu per bulan atau Rp500 ribu per tahun. Dengan berlangganan fitur premium ini kalian akan otomatis membuka semua item premium yang tersedia. Tenang saja, kalian tetap bisa membuka semua item premium tanpa berlangganan dengan cara membukanya setiap item satu jam sekali.

Overall, "Pocket Build" adalah sebuah game building yang sangat menarik. Item segudang, kebebasan mengeksplorasi kreativitas, serta grafis dengan keindahan tersendiri membuat "Pocket Build" rasanya layak berada di jajaran atas game building di Android. Apalagi dengan rencana update sang developer yang akan semakin menyempurnakan game ini.

Nilai: 8/10

Catatan:
- Game mungkin dirilis juga di platform lain, tapi artikel ini khusus membahas game Pocket Build yang dirilis di platform Android.
- Beberapa game biasanya terus mendapatkan update dari developer. Jadi ulasan, deskripsi fitur dan informasi tentang game di artikel ini bisa saja sudah berbeda dengan gamenya jika game sudah di-update oleh pihak pengembang.

Keywords: Game Pocket Build Download, Apk, Trivia, Informasi Lengkap, Fakta Unik, Terbaru, Mod, Cheats, Permainan, Berita, Review, Ulasan, Resensi, Konsol, Permainan PC, Laptop, Playstation, PS 1, 2, 3, 4, Xbox One, 360, HD, Gratis, Free, Gim, Mobile, Ponsel, Android, all items, unlimited money, mod apk 3.44, ultimate sandbox mod apk