Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menonton Film dengan Subtitle Indonesia di Android Menggunakan MX Player

Cara Menonton Film dengan Subtitle Indonesia di Android Menggunakan MX Player.jpg

Dulu saya pernah membuat postingan Cara Menerjemahkan Subtitle Otomatis ke Bahasa Indonesia Secara Online di Android, nah sekarang saya akan membagikan cara menonton film di Android dengan subtitle Indonesia yang terpisah dengan aplikasi MX Player.

Apa maksudnya subtitle yang terpisah?

Jadi, jika kalian men-download film di internet, kalian akan menjumpai film hardsub, softsub dan film polos. Hardsub berarti film tersebut sudah ditempel subtitle-nya, sementara softsub memang tersedia subtitle-nya tapi harus dengan pemutar video tertentu untuk memunculkan subtitle-nya. Untuk film polos berarti film tersebut masih bersih belum ditempel subtitle. Saya biasanya mengutamakan film polos atau softsub. Hardsub saya kurang suka karena jika subtitle tidak sinkron maka kita tidak bisa berbuat apa-apa. Beda halnya dengan softsub ataupun film polos yang kita pakai subtitle secara manual, kita memungkinkan untuk mengatur kecepatan subtitle dan membuatnya sinkron dengan film. MX Player juga mendukung fitur sinkronisasi subtitle tapi di tutorial kali ini saya tidak membahas cara mengatur subtitle agar sinkron di MX Player, melainkan cara untuk memutar film dengan subtitle yang terpisah dengan filmnya menggunakan aplikasi pemutar video MX Player.

Catatan: Jika gambar agak buram klik saja gambarnya untuk memperbesar agar kelihatan lebih jelas.

Berikut Tutorial Cara Menonton Film dengan Subtitle Indonesia di Android Menggunakan MX Player

- Pastikan kalian sudah punya file film dan subtitle-nya. Kalian bisa mencari filmnya di situs download film di internet, banyak kok. Kalau untuk subtitle kalian bisa cari di situs www.subscene.com tapi harus pakai VPN karena situsnya sudah diblokir. Untuk subtitle-nya biasanya masih dalam arsip zip jadi kalian harus mengekstraknya terlebih dahulu.

- Ada dua cara untuk memutar film dengan subtitle yang terpisah di MX Player. Yang pertama yaitu menyamakan nama file film dan file subtitle lalu memasukkannya ke dalam satu folder yang sama. Contohnya "The Wolf of Wall Street (2013).mkv" untuk nama file filmnya dan "The Wolf of Wall Street (2013).srt" untuk nama file subtitle-nya. Kenapa akhirannya mkv dan srt? Mkv itu format videonya sementara srt itu format subtitle-nya, saya hanya menyuruh kalian menyamakan nama filenya bukan sampai menyamakan formatnya. Lihat gambar di bawah!

- Selanjutnya buka aplikasi MX Player dan cari filmnya. Silakan putar dan lihat subtitle-nya sudah muncul.

- Untuk cara kedua, kalian tidak perlu menyamakan nama file film dan subtitle-nya, juga tidak perlu memasukkannya ke dalam satu folder yang sama.

- Buka aplikasi MX Player, pilih gambar kotak di bagian sudut kanan atas saat sudah memutar film.

- Lihat disini ada dua subtitle Inggris yang bisa kalian pilih. Inilah yang disebut softsub. Film yang sudah ada subtitle-nya tapi cara menampilkan subtitle-nya harus dengan cara ini, lalu kemudian centang subtitle Inggris tersebut maka subtitle-nya akan tampil. Kebanyakan film softsub hanya menyertakan subtitle Inggris saja, tidak ada Indonesia. Jika film polos maka tidak akan ada pilihan dua subtitle Inggris tersebut, alias akan kosong. Selanjutnya, pilih Buka.

- Lalu cari file subtitle yang akan kalian pasang tadi di penyimpanan kalian. Klik subtitle-nya kalau sudah ketemu.

- Pilih TAMBAH.

- Selesai, subtitle akan tampil. Jika subtitle belum tampil atau ada subtitle lain yang tidak kita inginkan malah tampil, silakan klik gambar kotak di pojok kanan atas seperti tadi. Pastikan disini yang di centang itu adalah subtitle yang ingin kalian tampilkan, untuk yang lainnya jangan di centang.

Itulah tadi tutorial sederhana cara menonton film dengan subtitle di ponsel Android menggunakan aplikasi MX Player. Jika ada yang tidak paham silakan bertanya melalui kolom komentar atau bisa menghubungi admin lewat halaman Contact.

Keywords: aplikasi untuk menonton film di hp Android, cara menonton film di hp tanpa aplikasi, cara nonton film di hp ada subtitle nya, dengan subtitle terpisah, serasa di bioskop, sambung ke tv, cara nonton film di youtube dengan subtitle bahasa indonesia, bioskopkeren, barat, online gratis, 2020, nonton film dengan subtitle bahasa indonesia, 2021 2022, 2023

Posting Komentar untuk "Cara Menonton Film dengan Subtitle Indonesia di Android Menggunakan MX Player"